3 Cara Menaikkan Domain Authority 2020

Halo gengs! Kayaknya ini pertama kalinya aku bahas hal teknis mengenai dunia blog, tepatnya mengenai cara menaikkan domain authority yang dimana masih menjadi isu hangat dikalangan blogger.

Intermezzo dikit, jadi aku baru mulai fokus ngeblog itu bulan November 2018, fokus dalam artian mulai beli domain (www.irraoctavia.com), hosting, kenal apa itu domain authority (DA), page authority (PA), hingga dapet job dari blog.

Sebagai pemula, banyak pelajaran yang bisa aku dapatkan dari blog, salah satunya adalah bagaimana cara untuk me-maintain blog agar tetap nangkring di halaman utama Google. Sebenarnya beberapa artikelku ada yang udah mejeng di page one Google. Tapi semenjak DA-ku anjlok dari 22 terjun bebas ke 10 dan terus turun, aku langsung hilang semangat untuk belajar lagi. (Ini gak boleh ditiru ya!) Akhirnya performa blogku ikutan turun tanpa aku sadari.

Saat ada perubahan dari MOZ, aku sedang di kelas menaikkan DA bersama Mas Irwin pemilik blog www.masirwin.com, saat ada pemberitahuan mengenai perubahan cara penilaian DA dari MOZ, metode yang sedang diajarkan pun menjadi mentah dan tidak berpengaruh lagi terhadap menaikkan DA blog. Beruntungnya aku, setelah sekian lama menanti, para suhu didunia blog mulai menemukan lagi cara menaikkan domain authority dalam 30 hari dan alhamdulillah aku termasuk salah satu siswa yang beruntung untuk ikutan kelas gelombang pertama ini secara gratis. Kapan lagi kan ya?

Materi yang diajarkan kali ini jauh berbeda dari kelas sebelumnya, karena materi sekarang erat kaitannya dengan optimasi SEO. Oleh karena itu kelas semakin meriah dengan kehadiran Mas Punto pemilik blog www.pe-we.com yang terkenal dikalangan blogger mengenai ilmu SEO-nya.

Sebelum masuk ke materi 30 Hari Menaikkan DA gelombang 1. Yuk kenalan sama istilah-istilah dalam dunia blog!

https://irraoctavia.comSumber: pixabay

Istilah dalam dunia blog

Domain authority adalah sebuah acuan bagi mesin pencari (contoh: Google) dalam memberikan peringkat terhadap suatu situs web atau blog.

Page authority adalah istilah SEO yang digunakan untuk mendeskripsikan suatu halaman tertentu pada situs web atau blog yang sering dijumpai di mesin pencari.

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya untuk mengoptimasi suatu situs web untuk mendapatkan peringkat teratas hasil pencarian.

SEO on page adalah sebuah teknik optimalisasi halaman yang dilakukan dari dalam situs web dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui situs web kita sudah sesuai dengan apa yang dicari pengguna dan berkualitas baik.

SEO off page adalah teknik optimalisasi dari luar situs web dengan mencari backlink, serta mempromosikan situs web.

Google Search Console (GSC) adalah layanan gratis dari Google yang berfungsi untuk menampilkan trafik berdasarkan mesin pencarian saja.

Google Analytics (GA) adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung situs web. Trafik yang ditampilkan berasal dari mesin pencari, iklan, direct hingga sosial media.

Setelah mengenal istilah-istilah dalam dunia blog saatnya masuk ke materi cara menaikkan Domain Authority dalam 30 hari.

1. Analisis Blog atau Situs Web

Hal paling mendasar yang perlu dilakukan adalah menganalisis situs web atau blog kita. Teman-teman bisa mengunjungi situs www.seoptimer.com untuk menganalisis ‘kesehatan’ blog kita. Kalau mau yang legit bisa langganan MOZ Pro. Selama 30 hari belajar cara menaikkan DA, kami diberi fasilitas analisis blog di MOz Pro secara gratis! Besar pahala kedua Coach terbaik ini.

Selain melalui situs di atas, cek juga GSC secara berkala. Ternyata blogku yang aku anggap performanya biasa aja, setelah dianalisis dan dicek GSC kacau banget penyakitan. Sedih dan menyesal sekali rasanya, pantes page views menurun drastis. Google menilai blogku buruk. Hiks.

Ternyata ini yang menyebabkan artikel page one banyak yang turun.

2. Kuasai SEO on page

Setelah kita mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang ada diblog, saatnya kita mulai memperbaiki satu persatu. Kalau kata Coach sih ini adalah pekerjaan dalam dunia blog yang tiada akhirnya. Makanya harus dicicil agar performa blog kembali fit.

Teknik SEO on page yang perlu diketahui ialah sebagai berikut:

  • a. Keyword

Selalu gunakan 1 artikel untuk 1 keyword.

  • b. Search volume

Data ini digunakan untuk mengetahui banyaknya pencarian pada keyword tersebut.

  • c. Kompetisi (cek allintitle)

Untuk mengecek berapa banyak web yang menggunakan kata kunci yang digunakan. Caranya ketik di www.google.com lalu ketik allintitle:(keywords).

  • d. Keyword Effectiveness Index (KEI)

Menggunakan cara perhitungan KEI = (sv*sv)/allintitle. Hasilnya disarankan diatas 1, semakin tinggi nilainya semakin berat persaingannya.

  • e. Keyword dijudul

Kata kunci ada dijudul dan sebaiknya ditarih diawal. Agar lebih menarik sisipkan angka pada halaman depan judul contoh: 5 Lip Cream Terbaik Tahun 2019.

Note! Judul (meta tag title) tidak lebih dari 55 karakter.

  • f. Keyword dipermalink atau url

Sebaiknya tidak lebih dari 75 karakter dihitung dari h pada “https://” tidak masalah link pendek yang penting ada keywordnya.

Contoh: https://irraoctavia.com/5-lip-cream-terbaik-tahun-2019/

Contoh lainnya: https://irraoctavia.com/cara-membuat-kimchi-resep-asli-korea/

Bisa juga kayak gini: https://irraoctavia.com/review-emina-body-scrub-watermelon/

  • g. Keyword dideskripsi

Meta deskripsi harus ada kata kunci minimal 1 (lebih baik lagi kalau diulang 2 kali) dan panjangnya tidak lebih dari 155 karakter.

  • h. Keyword di 150 karakter paragraf pertama.

Ini tricky banget memang. Jadi kita harus pintar-pintat menyisipkan keyword di 150 karakter paragraf pertama, tapi tetap nyambung sama tulisan kita. PR banget memang!

  • i. Link internal ke kategori.

Contohnya kayak gini ya: https://irraoctavia.com/categories/

  • j. Ada H1, H2 dan H3

H1 untuk judul, H2 untuk Bab, H3 untuk pembahasan. Udah kayak skripsi ya?

  • k. Keyword dinama image

Ini yang masih sering kelupaan, langsung upload tanpa diubah namanya. Mulai perhatikan dan beri nama pada setiap image ya!

  • l. Title dan ALT image/video

Karena Google gak bisa baca gambar maka kita kasih tahu dengan ALT.

  • m. Maksimal 2 eksternal link

Mas Irwin biasa membagask maksimal 2 eksternal link untuk blognya. Kalau lebih juga gapapa asalkan diakali dengan banyak ya internal link. Biasanya gunakan perbandingan 1 eksternal link : 3 internal link.

  • n. Internal link ke dan di artikel sejenis.

Untuk yang satu ini pasti teman-teman paham. Internal link yang digunakan adalah artikel kita sebelumnya dengan tema sejenis, hal ini dibutuhkan agar lembaca betah lama-lama di blog kita.

  • o. Gunakan LSI keyword

LSI atau bahasa Indonesianya padanan kata ini dibutuhkan agar tidak keyword spamming. Contoh padanan kata seperti “Cara menaikkan Domain Authority” bisa diganti dengan Cara Domain Authority naik, metode menaikkan DA, tips naikin DA, dll.

  • p. Share dimedia sosial kalian

Hal ini bertujuan untuk menambah social signal kepada artikel teman-teman.

  • q. Submit di Google Search Console

Ini adalah langkah terakhir, artikel kita wajib disubmit di GSC yang bagian inspect url. Setelah disubmit, besoknya bisa dilihat apakah sudah terindeks atau belum.

Woaah! Panjang sekali ya! Ini baru pembahasan SEO on page, selanjutnya kita bahas SEO off page. Masih semangat?.

3. SEO off page

Seperti yang udah aku jelaskan diatas, SEO off page ini berarti kita mengoptimalisasikan situs web atau blog kita dari luar, atau memanfaatkan faktor eksternal, seperti:

  • a. Bagikan tulisan di media sosial

Seperti yang diketahui, membagikan artikel kita ke media sosial yang kita miliki akan memberikan social signal.

  • b. Google my bussiness

Layanan list bisnis untuk menguatkan dan meningkatkan kualitas off page dari situs web atau blog kalian. Hubungannya pada optimasi web lokal (negara/kota)

  • c. Listing bisnis terarah

Kalian bisa daftarkan situs web atau blog pada situs-situs seperti Tripadvisor, Zomato, dll.

  • d. Brand mention di media sosial

Hal ini dilakukan oleh perusahaan pengadaan kampanye brand tertentu yang dibagikan ke media online.

  • e. Link Building

Link building bisa dilakukan dengan cara menanam backlink pada situs-situs berkualitas yang diukur dari besarnya DA/PA.

***

Jadi, itulah ketiga garis besar yang bisa dilakukan untuk menaikkan DA yang aku pelajari dari kelas 30 hari menaikkan DA.

Perlu digaris bawahi bahwa keberhasilan menaikkan DA selama 30 hari ini harus dibarengi dengan semangat dan niat yang sangat besar. Jujur, selama 30 hari ini aku gak maksimal ikutan kelasnya. Jadi DA-ku belum naik, eh malah turun. Huhu.

Malu rasanya sama coach yang sudah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu meningkatkan DA ini. Maafkan coach! Tapi insha Allah semua ilmu yang didapat akan aku amalkan demi meningkatkan kembali DA-ku. Nanti setelah DA-ku naik mau laporan ya!

Disuruh nulis kesan dan pesan tapi semua sudah tertulis diatas. Saranku kalau ada kelas gelombang kedua langsung ikutan ya! Manfaatkan waktu untuk bertanya, insha Allah coachnya baik-baik semua.🥰

Sampai bertemu dipembahasan selanjutnya!

24 Replies to “3 Cara Menaikkan Domain Authority 2020”

  1. PR banget aku tu kalo udah nyari keyword huhuhu, thank you sharingnya beb, ku masih masih berusaha naikin DA juga setelah beberapa waktu lalu turun drstis huhuhu

  2. Hwaaaa seperti skripsi hahahaha aku oengen belajar bgt ttg perdunia blog ini lebih lanjut kayanya seru banget tetehhhh

  3. Aku blom paham bgt yg beginian kapan coba nangkring di page one huhuhu.. Btw ini smpe aku bookmarked uk dibaca ulang dan di praktekin.. Kalo belajar beginian bisa dr mana si ka?

  4. Pengen jg ikutan kelas ttg seo gini.
    Pr banget buat naikin Da atopun Pa kwkwk. Susah naiknya , kdng malah jadi turun. Masih perlu bnyk belajar

  5. Wah kalau ngebahas soal DA langsung semangat ini bacanya. Aku ngerti semua di atas cuma ada yang belum paham itu tentang penempatan H1, H2 dan H3 gitu perlu belajar khusus ini aku. Makasih Teh sudah diingatkan

  6. Note mbak, cara-cara ini akan ditetapkan untuk setiap penulisan blog serta membangun blog biar DA nya naik dengan baik. Thanks untuk sharingnya, wah kapan ya bisa ikutan kelas master ini hehe.

  7. Wah ini artikel bermanfaat banget nih Mbak. Yang aku belum paham adalah tentang submit artikel di Google Search Console. Itu maksudnya gimana ya? Caranya how? Wkwkw..Terima kasih.

  8. Aku kemarin daftar tapi ngga looks meski begitu tetep dapat ilmunya rest postingan Mbak Ira dan beberapa blogger peserta program lainnya hehe. Jadi warning juga untuk lebih memelihara blog

  9. Aku dari dulu belajar SEO Blog kayanya gak khatam khatam ya mba, selalu afa yang bsru, selalu ada algoritma baru

    Jadi mau tidak mau kalau ingin webnya nongol di page one dan punya kualitas yang bagus harus sering sering optimasi.

    Apalah aku yang kadang abis ikutan kelas SEO cuma beberapa yg bisa dipraktekin. Karena belajar seo itu bener bener gak mudah sih menurutku, ngejelimet banget.

    Tapi kalau sudah hafal formulanya jadi lebih enak.

    Makasih sharingnya mba, akunsave ya semoga bisa dipraktekkan nanti

  10. saya udah ikutan daftar gelombang selanjutnya. tapi…belum lulus deh sepertinya. penasaran banget sebba kalao secara teori begini mudah dijabarkan, prakteknya kita kudu konsisten yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *