Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Dibawah Satu Tahun Tersedak

Selamat siang Mommies! Adakah yang pernah mengalami anak bayi tersedak? Kalau ada kita sama!

Ketika awal MPASI lalu, Baby Kippo pernah tersedak sampai mukanya merah. Aku langsung panik dan jadi bingung harus bagaimana. Untung saja waktu itu ada Papi G di rumah. Ia langsung cari informasi tentang pertolongan pada bayi usia dibawah satu tahun yang sedang tersedak. Beruntung waktu itu grup parenting yang kami ikuti merespon dengan cepat, alhasil kitapun langsung mempraktekkan cara tersebut.

Alhamdulillah Baby Kippo bisa sembuh dari tersedak walau ketika melihat prosesnya agak ngeri karena anak dibolak-balik dan mukanya merah, dengan air mata mengalir deras dan tangisan yang semakin kencang, panik karena mau ditelan gak bisa dimuntahin apalagi. Sungguhlah semoga jadi pengalaman pertama dan terakhir kalinya.

Bagi sebagian orang tua, pasti tidak semua ikutan grup parenting, kan? Dalam keadaan panik biasanya mereka mencoba mencari jawaban di internet atau biasa kita kenal mbah Google. Oleh karena itu aku jabarkan bagaimana cara mengatasi anak bayi usia dibawah 1 tahun yang tersedak. Semoga bermanfaat!

  1. Orang tua jangan panik, tetap tenang.
  2. Letakkan bayi pada lengan atau paha dengan posisi kepala lebih rendah.
  3. Berikan 5 pukulan dengan menggunakan tumit dari telapak tangan pada bagian belakang bayi. Tindakan ini disebut Back Blows.
  4. Bila bayi masih tersedak, balikkan bayi menjadi terlentang dan berikan 5 pijatan dada dengan menggunakan 2 jari, satu jari di bawah garis yang menghubungkan dada papila mamae (sama seperti melakukan pijat jantung). Tindakan ini disebut Chest Thrusts.
  5. Bila bayi masih tetap tersedak, evaluasi mulut bayi apakah ada bahan yang menyebabkan tersedak yang bisa dikeluarkan.
  6. Bila diperlukan, bisa diulang dengan kembali melakukan pukulan pada bagian belakang bayi.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat digambar ini ya:

****

Itulah cara yang harus dilakukan ketika anak dibawah usia 1 tahun tersedak. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

34 Replies to “Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Dibawah Satu Tahun Tersedak”

  1. Terimakasih infonya
    Saya pernah belajar cara mengatasi bayi tersedak seperti itu juga ketika saya bekerja di luar negeri sebagai pengasuh anak.

    Semoga anak anak kita senantiasa sehat dan baik baik saja ya….

  2. Ikh kasian baby kippo. Untung bisa dikeluarin ya Bun. Kemarin itu tersedak apa bun? Berbahaya banget ini ya. Makasih ilmunya ya. Ini ilmu penting buat aku. Soalnya anak kecil itu lagi fase oral, semua langsung pengen dimasukin ke mulutnya ya

  3. MaasyaAllah, saya merinding bila ada kejadian bayi tersedak. Alhamdulillah saya tidak pernah mengalami dan semoga di jauhkan dari kondisi ini. Tapi informasi ini enging sekali, semoga bermanfaat bagi banyak orng ya mbak…

  4. Yaampuun Mbak, pasti panik banget ya anak tersedak gitu. Alhamdulillah so far blm pernah ada pengalaman bayi tersedak gitu. But anyway thanks tipsnya ya Mbak.
    Semoga anak2 dijauhkan dari hal spt ini. Huhuhuh. Sedih banget pastinya 🙁

  5. Info spt ini bermanfaat bgt bagi para ibu2…. paling utama ketika hal ini terjadi adalah jangan panik ya krn klo panik kita malah kurang bisa mikir cemerlang… pengalaman ku waktu anakku masuk ke ember dengan kepala dibawah hampir sama spt ini mom….
    pas anakku masuk ember, kakinya aku tarik dan punggung lgs aku pukul2 (tepuk2) dgn tujuan air yg masuk akan keluar… alhamdulillah anaknya baik2 aja mom.

  6. Emang kunci pertamanya kita sbgai ibu g boleh panik tp realitanya klo anak nangis dkit ja aku ud panik huhu, apalagi ibu baru. Btw thanks info nya ya teh

  7. Bay tersedak itu memang bikin horor. Aku sering panik dulu saat anak-anak masih kecil dan tersedak. Malah si sulung, pernah tersedak permen. Huah, sejak itu jadi hati2 banget deh. Ngeri kalo kenapa2.

  8. sangat berguna teh ini artikelnya..
    pengetahuan banget buat ibu muda yang baru punya anak, jadi ga panik dluan hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *