5 Rekomendasi Chemical Sunscreen Yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit

Siapa yang masih suka skip menggunakan sunscreen saat sedang beraktivitas di luar ruangan? Sebaiknya mulai hentikan kebiasaan itu yaa!

Seperti yang kita ketahui, sunscreen merupakan salah satu tahapan dalam rutinitas skincare yang tidak boleh terlewatkan. Sunscreen bekerja untuk melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari.

Gak mau dong terkena permasalahan kulit seperti munculnya tanda-tanda penuaan dini, keriput, hingga paling parah munculnya melanoma yang merupakan salah satu jenis kanker kulit akibat terlalu sering terpapar sinar UV.

Untuk menghindari efek buruk dari paparan sinar matahari yang berlebihan, gunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. Secara garis besar terdapat dua jenis sunscreen, yaitu chemical dan physical sunscreen.

Setelah kemarin kita membahas mengenai perbedaan chemical sunscreen dan physical sunscreen, kali ini aku mau memberikan rekomendasi chemical sunscreen yang cocok untuk semua jenis kulit. Let’s check this out!

Chemical Sunscreen

rekomendasi chemical sunscreen

Seperti namanya, chemical sunscreen adalah jenis sunscreen yang menggunakan chemical UV Filter sebagai perlindungannya. 

Chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas sebelum diserap ke dalam kulit.

UV filter yang digunakan dalam chemical sunscreen antara lain oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate dan octinoxate.

Kelebihan dan Kekurangan Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen memiliki kelebihan teksturnya yang cair dan mudah diaplikasikan pada wajah, tidak membuat white cast, selain itu karena formulanya mudah diserap kulit membuat sunscreen jenis ini tidak meninggalkan rasa lengket di wajah.

Namun yang perlu diingat saat memilih menggunakan chemical sunscreen, dibutuhkan waktu kira-kira 20 menit setelah diaplikasikan untuk sunscreen ini mulai bekerja.

Hal ini dikarenakan UV filter yang menembus ke dalam lapisan kulit memiliki potensi menimbulkan reaksi terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Baca juga:

Apakah Sunscreen Dapat Menyebabkan Jerawat?

Serupa Tapi Tak Sama. Yuk Ketahui Perbedaan Pelembab dan Krim Siang!

5 Rekomendasi Chemical Sunscreen

sunscreen untuk semua jenis kulit

Meski banyak yang lebih menyukai physical sunscreen karena bekerja dengan menciptakan lapisan pada permukaan kulit, dan dapat langsung beraktivitas setelah diaplikasikan ke wajah.

Namun banyak juga kok yang memilih chemical sunscreen atas berbagai pertimbangan, alasannya karena teksturnya yang ringan dan tidak meninggalkan rasa lengket pada wajah.

Berikut adalah 5 rekomendasi chemical sunscreen yang paling disukai dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit!

1. Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

wardah uv shield aqua fresh

Chemical sunscreen pertama datang dari Wardah, brand lokal yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya memiliki produk sunscreen yang patut untuk dicoba.

Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++ merupakan sunscreen yang menggunakan teknologi bernama Aquafused Technology yang dimana menjadi sunscreen terasa menyegarkan seperti air.

Sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit, tidak mengandung alkohol dan memiliki kemampuan untuk melindungi kulit secara menyeluruh,dengan memberikan hidrasi pada kulit.

2. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++

Selanjutnya ada Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++. Sunscreen ini diformulasikan dengan ekstrak delima dan teh hijau yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan.

Tidak hanya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, namun juga dapat menangkal radikal bebas.

Selain itu, sunscreen dari Azarine ini juga mengandung propolis yang memiliki sifat antiseptik dan mampu menutrisi kulit.

3. Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++

Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++

Sunscreen satu ini merupakan salah satu sunscreen favoritku. Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++ memiliki tekstur yang lembut seperti awan, sehingga terasa sangat nyaman saat diaplikasikan ke kulit.

Dengan tekstur seperti itu produknya dapat meresap dengan cepat ke dalam kulit, sehingga tidak meninggalkan rasa lengket dan juga white cast.

Chemical sunscreen satu ini juga cocok digunakan untuk pemilik kulit berjerawat, tidak membuat kusam dan tidak memperburuk kondisi jerawat.

4. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Rekomendasi chemical sunscreen selanjutnya ada Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++. Sunscreen yang satu ini cocok digunakan bagi kamu pemilik kulit kering. 

Hadir dengan formula water capsule, membuat sunscreen ini dapat melembabkan kulit dengan baik.

Tidak hanya itu, sunscreen ini juga water-resistant sehingga cocok digunakan saat pergi ke pantai atau berenang. Teksturnya ringan dan mudah meresap tanpa menimbulkan white cast.

Tidak hanya menjadi sunscreen untuk kulit kering, Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ sudah allergy tested, bebas pewarna tambahan dan dapat mencegah munculnya jerawat loh!

5. Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

Emina Sun Battle SPF 30 PA+++

Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ menjadi chemical sunscreen terakhir yang aku rekomendasikan.

Sunscreen satu ini memiliki tekstur yang ringan namun dapat melindungi dari paparan sinar UV dengan maksimal.

Mengandung Aloe Vera Extract yang dapat memberikan kesegaran ekstra pada kulit, sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Keunggulan lain dari Emina Sun Battle SPF 30 PA+++ adalah harganya yang terjangkau, cocok digunakan untuk anak remaja.

Kesimpulan

Itulah 5 rekomendasi chemical sunscreen yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Jangan lupa untuk cek perbedaan chemical dan physical sunscreen sebelum memutuskan untuk memilih produk sunscreen

Baca juga rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat yang sudah ditulis sebelumnya. Selanjutnya aku akan menuliskan mengenai rekomendasi sunscreen untuk kulit kering, ditunggu yaa!

Logo irraoctavia com baru

Comments 16

  • Selama ini aku pakai sunscreen yang tidak ada dalam list. Kayaknya physical sunscreen ya.

    Tapi, sebenarnya aku pingin pakai sunscreen dari Wardah sih. Nanti kalau sunscreenku sudah habis, aku akan beralih ke Wardah deh.

  • Anak-anak sudah mulai merengk ingin pakai sun screen. Padahal saya masih menganggap mereka masih kecil. Tapi akhirnya beli juga deh, yang emina.

  • saat ini matahari memang sedang panas-panasnya. Jadi sunscreen ini sangat dibutuhkan membantu. Walau baru berproses setelah pemakaian 20 menit. Tapi dengan hadirnya beragam sunscreen, bisa jadi banyak pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Sunscreen yang udah aku coba di sini Wardah. Emang andalan banget sih wardah, skincare yang aku pakai termasuk sunscreennya, menjaga kulit dari paparan cahaya matahari. Lembut banget di kulit.

  • Betul, sunscreen tidak boleh terlewatkan. Sampai hari ini saya masih setia dengan sunscreen dari Azarine, nyaman gitu di wajah saya.

  • Mau tua, dewasa, anak anak, laki laki atau perempuan, wajib pake sunscreen sih sekarang. Mencari sunscreen yang tepat untuk semua jenis kulit bisa menjadi hal yang rumit. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti SPF, PA, tekstur, dan bahan-bahannya. jadi harus dipastikan tepat yah

  • Aku nyoba pakai sunscreen Emina. Memang nyaman. Ringan dan cepat menyerap di kulit. Nggak seperti merek sebelah yang jadi terasa seperti pakai topeng.

  • Beberapa chemical sunscreen itu kalau diaku kadang suka bikin mata perih.. jadi mesti cermat pilih yang super light dan tetap memiliki coverage

  • Oh Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA+++ ini termasuk chemical sunscreen ya. Aku cocok ternyata pake sunscreen ini. Dulu sempat khawatir karena kulitku termasuk sensitif, tapi ternyata aman-aman aja dipakai tiap hari.

  • Saya jarang beraktivitas di outdoor sih, tapi ternyata penting juga ya memakai sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan. Awalnya nggak tau jenis sunscreen , tapi setelah membaca artikel super keren ini, saya jadi punya rekomendasi sunscreen. Very nice info

  • Aku pernah beli dan pakai nih yg Biore Aqua. Emg cocok bgt buat kulit kering kyk aku. Apalagi utk sering beraktivitas outdoor.

    Namun yg ga kusuka, wanginya kurang maskulin. Aromanya blm jls mau ke mana. Apalagi teksturnya terlalu aneh menurutku. Haha. Selera lah ya.

  • Wah, sunscreennya Wardah cocok banget kalau di saya. Teksturnya gak lengket dan mudah menyerap. Saya sudah 3 kali pakai. Tapi yang warna kuning.

  • Disclaimer, aku pernah pake emina sama azarine, tapi malah bruntusan, huhu.. Ttipe kulit normal padahal. Pengen cobain carasun ah atau wardah, nih, cek dulu ah di ecommerce, karena agak syusah kalo cari offline.

  • Aku nih gak bisa banget kalau gak pakek sunscreen. Apalagi kalau aktivitas dilapangan. Beberapa kali pernah pakai Azarine, dan lumayan cocok. enak banget buat muka ku. Ini lagi nyoba merk lain karena ikutan temen katanya bagus, eh tapi kok kayak bruntusan ya..hmm

  • Aku kurang memerhatikan jenis sunscreen yang aku gunakan. Dengan membaca artikel ka Irra mengenai rekomendasi chemical sunscreen, aku jadi paham bahwa menggunakan sunscreen juga masih butuh waktu yaa.. gak bisa buru-buru langsung keluar rumah nih..

    Dan yang namanya suka ada “Aqua” aquanya tuh memang terasa leih light tanpa white cast saat pengaplikasiannya yaa..

  • aku pakai emina nih dan alhamdulillah cocok, gak ninggalin white cast dan gak lengket begitu di aplikasikan ke wajah. harus banget sih pake sunscreen apalagi kalo lagi banyak kegiatan di luar, kalo gak bisa belang beneran nih wajah apalagi pake kerudung kan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *