Tips Memilih Jasa Pengiriman Paket Untuk Toko Online

tips memilih jasa pengiriman

“Kak, kalau mau cepat sampai, pilihnya jasa pengiriman paket apa ya?”

“Kalau pakai kurir A bakalan bisa sampai tepat waktu gak ya?”

“Kalau kirim sekarang basi gak ya makanannya?”

Sebagai pemilik toko online, sering banget aku dapat pertanyaan kayak gini. Banyak yang menanyakan jasa pengiriman apa yang cepat dan tepat waktu. Biasanya pembeli seperti ini adalah mereka yang sibuk dan tidak punya waktu menunggu yang banyak sehingga ingin barangnya cepat sampai. apalagi kalau barang yang kita jual merupakan makanan yang memiliki masa kadaluarsanya. Maunya makanan cepat sampai ke pembeli dan bisa langsung dinikmati.

Pernah membaca review disalah satu marketplace yang isinya menyayangkan waktu tempuh yang diperlukan untuk mengirim barang yang berupa makanan beku terlalu lama, sehingga produk sampai dalam kondisi kurang baik.

Pernah juga aku dapat pembeli yang bertanya hal konyol menurutku, seperti “Kalau mau beli mesin cuci dua tabungnya, kirimnya pakai gojek (motor) bisa gak ya?” kurang lebih. Ini pertanyaan pernah dilontarkan calon pembeliku dulu ketika aku berniat menjual mesin cuci dua tabung kado pernikahanku dulu. Kalau dulu aku mengiya-iyakan saja pembeli seperti ini, mungkin aku akan jadi penjual yang sangat berdosa karena sudah ‘menyiksa’ pak kurir. Padahal jasa pengiriman itu ada banyak jenisnya dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai penjual kita harus pintar memilih jasa pengiriman barang yang sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai niat ingin berjualan dan mendapat untung malah dirugikan dengan kurangnya informasi mengenai jasa pengiriman yang sesuai. Oleh karena itu berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan memilih jasa pengiriman paket.

1. Pengiriman Cepat

Hal paling utama yang perlu diperhatikan ketika mengirim barang adalah kecepatan waktu pengiriman. Ini merupakan peran paling penting ketika kita memutuskan untuk berjualan online. Sebagai penjual, aku paling takut diteror pelanggan yang selalu nanyain barangnya udah dikirim atau belum, padahal produk sudah diserahkan ke kurir. Atau takut kasus makanan beku diatas terjadi, takut produk rusak ketika sampai pelanggan. Oleh karena itu kecepatan pengiriman harus diperhatikan.

2. Tersedia setiap saat

Pilihlah jasa pengiriman paket yang mudah dipesan kapanpun selama 24/7. Jika ada kebutuhan mendesak yang harus dikirim pada malam hari atau dini hari, kita gak perlu kebingungan harus dikirim pakai apa. Jasa logistik ini berguna untuk pemilik restoran yang suka membeli skala besar di pasar yang baru buka tengah malam.

3. Paket dapat dilacak secara real-time

Fitur yang paling berguna bagiku adalah pelacakan secara real-time, hal ini dapat membantuku untuk menghitung estimasi kedatangan suatu produk. Jadi gak perlu repot tunggu-tungguan, ditungguin 15 menit lagi eh ternyata datangnya 20 menit kemudian. Ditunggu 10 menit, gak Taunya 5 menit juga sudah sampai. selain itu, fitur pelacakan secara real-time ini menjaga kalau-kalau kita dapat driver nakal yang bawa kabur barang kita.

lacak jasa pengiriman gosend

4. Dilindungi asuransi

Pilih jasa pengiriman barang yang dilindungi asuransi. Hal ini berguna apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada barang yang kita kirimkan. Kebayangkan niat kita jualan online supaya dapat untung, kalau barang hilang atau dibawa kabur bisa-bisa jadi buntung. Makanya kita perlu memilih jasa pengiriman yang dilindungi asuransi.

5. Tarif yang kompetitif

Namanya pedagang pasti maunya dapat cuan. Oleh karena itu pilih jasa logistik yang gak makan budget besar dan tidak memberatkan pelanggan. Sering sekali melihat pelanggan gak jadi order karena ongkos kirimnya yang terlalu mahal dibandingkan dengan harga produknya sendiri. Oleh karena itu sebagai pedagang yang bijak, jasa pengiriman yang memiliki tarif kompetitif adalah solusi. Sekarang kita bisa dengan mudah membandingkan harga jasa pengiriman yang satu dengan yang lainnya melalui aplikasi. Lumayan perbandingan harganya bisa dibelikan keperluan yang lain.

6. Jasa logistik yang terpercaya

Terakhir adalah perhatikan jasa pengiriman yang akan digunakan. Jangan menggunakan jasa pengiriman abal-abal yang belum terbukti kredibilitasnya. Pilihlah jasa logistik yang terpercaya. GoSend dan GoBox merupakan jasa pengiriman paket yang dapat dipilih karena berasal dari perusahaan start up terbesar di Indonesia, Gojek.

***

Sudah pada tahu kan kalau GoSend dan GoBox merupakan bagian dari Gojek. GoSend merupakan jasa pengiriman barang-barang kecil dengan berat maksimal 20 kg. sedangkan GoBox merupakan jasa pengiriman barang-barang besar dengan berat diatas 20 kg.

Kedua jasa pengiriman ini selalu jadi andalanku apabila ingin mengirim barang dengan cepat dan murah. Karena setelah dibandingkan, tarif yang diberikan GoSend dan GoBox kompetitif banget. Selain itu pengiriman menggunakan GoSend dan GoBox sudah dilindungi asuransi, hal ini membuat penjual dan pembeli merasa aman apabila terjadi sesuatu selama perjalanan pada barang yang dikirimkan.

GoSend

jasa pengiriman paket gosend

Wilayah cakupan GoSend cukup luas. Saat ini GoSend memiliki dua jenis layanan yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila ingin produk cepat sampai ke pelanggan, kalian bisa pilih layanan Instant Delivery dengan tarif yang lebih tinggi dibandingkan layanan Same Day Delivery.

Berdasarkan pengalaman, apabila kita menjual produk menggunakan layanan Instant Delivery waktu driver untuk pick up produk kita sangat cepat, bisa langsung dipick up. Kalau kita menjual melalui marketplace, batas waktu dari request pick up hingga barang diambil oleh driver maksimal 3 jam.

Sedangkan apa bila kita memilih layanan Same Day Delivery, biasanya driver gak langsung pick up. ada jedanya. Kalau menjual melalui marketplace, waktu tunggu yang dibutuhkan setelah kita request pick up itu sekitar 8 jam. Oleh karena itu untuk layanan Same Day delivery ini tarifnya lebih murah.

Pilihan layanan dari GoSend ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan toko kita.

GoBox

jasa pengiriman paket

Pernah memesan barang dari supplier banyak banget tetapi kebingungan karena gak punya armada pengangkutnya? GoBox ini solusinya.

Pengalaman yang aku rasakan ketika membeli banyak produk adalah ketika harus dibawa menggunakan mobil box. Bingung banget menemukan jasa sewa mobil box yang terpercaya, pernah coba nanya yang biasa mangkal eh harganya gak karu-karuan. Dengan adanya GoBox kita yang memerlukan armada pengangkut yang besar terselamatkan.

GoBox merupakan solusi dari Gojek yang menyediakan jasa angkut barang berukuran besar. Proses pemesanannya cepat dan dapat dipesan langsung kapanpun selama 24/7 sesuai kebutuhan. Selain itu gak ada istilah harga saat rame berbeda dengan harga saat sepi yang biasanya ditembak sama supir mobil box ketika orderannya lagi banyak. Kemudahan pengecekan posisi armada GoBox juga merupakan salah satu keunggulan GoBox. Daerah yang dicakupnya luas dan tidak ada Batasan jarak selama dapat dijangkau oleh GoBox. Selain mobil box, ada banyak arrmada GoBox yang dapat dipilih seperti: Pick Up Bak, Pick Up Box, Engkel Bak, & Engkel Box. Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

harga tarif Gobox

***

Itulah tips memilih jasa pengiriman paket untuk toko online. Memiliki berbagai ragam pilihan jasa pengiriman membuat peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar. Untuk mendapatkan fitur GoSend dan GoBox kalian bisa mengunduh aplikasinya melalui playstore dengan nama GoBiz (PT. Aplikasi Karya Anak bangsa).

Selamat mencoba! Semoga usaha kita semakin maju dan cuan terus!!

Sumber foto: Gojek.com

https://irraoctavia.com/

 

You Might Also Like

83 Replies to “Tips Memilih Jasa Pengiriman Paket Untuk Toko Online”

  1. Belum pernah pakai Go Box, kalo Go Send pernah, untuk nganterin kalung mutiara temanku.
    Servicenya memuaskan ,padahal temanku ngga ada di tempat
    Jadi ngga ragu lagi, kalo butuh jasa pengiriman, Go Send dan GoBox aja

  2. Sejak ada pandemi covid-19 saya juga jadi sering pakai jasa Gosend buat antar barang. Sayanya lebih tenang karena nggak perlu keluar rumah, dan yakin paketnya bakal sampai dengan aman di tujuan

  3. Saya tuh suka ngiri de kalau tahu di kota pelayanan segala udah maksimal, sementara di kampung saya, padahal penyangga ibukota negara dan penyangga ibukota provinsi, kok ya jauh tertinggal?

    Ini, gojek dan turunannya, ke pagelaran Cianjur Selatan juga blm sampai lho. Jadi ya masih pakai jasa kurir lainnya saja atau PT Pos Indonesia

  4. Saya membayangkan jasa kiriman same delivery segera mencapai area tempat saya tinggal. Sehingga usaha kuliner yang mulai banyak bermunculan, bisa lebih maksimal dalam marketing dan penjualnya. Selama ini kendala usaha di daerah, khususnya di bidang kuliner, adalah pengiriman yang lama, sehingga kuliner sudah tidak fresh, bahkan rusak

  5. Buat aku yang paling penting dari jasa pengiriman itu, keselamatan barang. Sering banget nemu jasa pengiriman yang ketika barang sampai di tangan malah rusak. Rusak karena perjalanan sih masih mendingan, ini malah sengaja dirusak biar dibawahnya lebih gampang, gak paham lagi emosinya hehehehe… Semoga Gobox bisa menjawab keresahan hati ini.

  6. Saya sudah kenal banget dengan kedua jasa pengiriman barang ini. Yang sering saya pakai adalah yang GoSend karena selama ini kirim barangnya ukuran kecil-sedang aja, enggak pernah yang besar-besar.

  7. Kalau aku paling seneng pakai gosend mba… Karna lebih cepat dibandingkan platform lain, dan akurat banget cepat sampainya… Apalagi saat pandemi ini kepake banget gosend buat kirim2 ke orang tua dan keluarga…

  8. Iya, memilih jasa pengiriman adalah salah satu kunci. Seperti saya nih, yang menjual wall decor dari kayu jati dengan berat di atas 3 kg… Kan lumayan kalau dapat yang bagus harganya dan kecepatan kirimnya

  9. Kemarin pas pindahan aku rugi mba. Harusnya pake gobox lebih murah. Aku malah pake jasa yang di pinggir jalan. Belum lagi gak amanah. Beda sama supir gobox dari go-jek. Mereka gak berani ambil barang pribadi kita. Nah supir nakal itu ternyata bawa lari tabungan anak-anak.

  10. selagi di Jogja sering banget saya menggunakan jasa GoSend ini kirim barang ke beberapa lokasi di Jogja, selain pengirimannya cepat yang paling penting adalah barang yang dikirim ada jaminan aman. satu lagi biasa waktu itu sebagai mahasiswa pasti nyari yang murah ya, dan Gosend ini banyak sekali diskonnya heheheh, lumayan lah buat kantong mahasiswa. kalau Gobox nya belum pernah nyobain.

  11. Layanan gojek semakin lengkap saja ya. Saya malah baru tahu kalau layanan gosend ada 2 pilihan. Instant atau same day. Semakin memudahkan ya. Dan yang pasti pelanggan juga senang. Karena banyak ekspedisi yang bisa jd pilihan

  12. aku selalu pakai gosend kalau kirim makanan atau paket-paket yang urgent. Kalau tidak urgent pakai jasa pengiriman biasa. Cuma memang harus selektif pilih-pilih jasa pengiriman karena ada juga yang tidak profesional.

  13. Aku paling suka pakai gosend untuk pengiriman urgent, baik itu barang maupun makanan. Kalau tidak urgent pakai jasa pengiriman biasa, tapi emang harus selektif karena ada yang tidak profesional juga.

  14. Saya baru tahu kalau ada layanan GoBox untuk pengiriman. GoJek memang semakin inovatif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya pebisnis online

  15. Semoga layanan gosend dan gobox ini meluas hingga ke daerah-daerah ya… Supaya saya juga bisa menikmati layanannnya. Jadi kalau saya mau belanja online khususnya yang barang-barang besar tidak perlu lagi binggung lagi tinggal pakai gobox saja

  16. Semoga layanan gosend dan gobox ini meluas hingga ke daerah-daerah lainnya. Sehingga saya bisa menikmatinya juga. Jadi kalau saya mau belanja barang-barang besar tinggal pakai gobox saja

  17. gosend sameday kucinta banget dehhhh mo beli atau kirim produk sehari sampai dalam 1 kota belum lagi aq seneng jajan duhhh kebantu banget deh, aman banget gak pernah ada komplain sama drivernya

  18. Aku udah coba nih pengiriman pakai gosend maupun go box. Kalau gosend lebih sering karena biasanya brlanja onlinepun sering kirim nya pakai gosend. Apalagi untuk barang urgent atau barang cepat basi . Aku juga sering banget anter makananan , atau dokumen ke kantor suami dirumah pakai gosend. Praktis banget.

    Sedangkan pengalamanku oakai gobox, kemarin kirim barang kantor yg agak besar ke luar kota. Praktis sesuai dengan kebutuhan

  19. ketika jangkauannya worth it dengan GoSend, aku selalu pakai opsi ini. Apalagi di tengah pandemi dan pembatasan ini masih banyak kejadian-kejadian paket yg tak sampai atau malah raib entah kemana, makanya aku emg pilih GoSend

  20. Bicara tentang pengiriman memang harus benar-benar di cek. Karena ini akan berpengaruh kepada citra perusahaan/usaha kita. Makasi ya kak ulasannya

  21. Informasi yang sangat bagus apalagi dimasa pandemi. Bisnis online sedang meningkat banget. Semoga semua yang disini aman sejahtera ya

  22. Bener sekali, selain bisa ditrack secara real time, harga juga menjadi pertimbangan yang penting. Saya biasa gunakan gosend untuk pengiriman yg masih dlm satu kota krn cepat, ternyata ada gobox yang untuk barang yg lebih berat ya

  23. pakai gosend memang pilihan yang tepat ya mbaa.. gak ribet dan cepet sampai nya. barang bs datang cuma dlm waktu beberapa jam aja.. cepet bangeet..

  24. Sebagai pengguna gosend, saya merasa terbantukan banget dengan adanya gosend, kalau gobox memang belum pernah coba sih.
    Tapi memang bermanfaat banget, karena cepat sampainya dan bisa kita track dengan mudah 🙂

  25. Benar banget mba, sebagai penjual online saya setuju fitur lacak real-time itu perlu banget bisa pastikan paket sdh sampai dimana, hati nya gak deg-degan

  26. Setuju nih dengan poin2 yang disebut. Untuk jasa ekspedisi atau pengiriman mesti cari yang terpecaya dan kompetitif apalagi dengan dilengkapi perlindungan asuransi sehingga adanya jaminan keamanan saat paket dikirimkan

  27. Pernah istri kecewa lantaran kurir bilang layanan antar paket ini akan sampai 2 hari eh malah jadinya 5 hari. Akibatnya paket busuk. Kami merugi. Untungnya bisa diurus. Jadi pelacakan realtime emang penting supaya kita bisa cek sampai di mana paket.

  28. Gobox dan gosend ini rekomen sih menurutku. Temenku pernah nih pas mau pindahan kontrakan dia pake jasa Gobox, biaya terjangkau, ada orng juga yang bantuin ngangkatin… Kan jadi ngebantu banget

  29. Dulu awal Gosend para drivernya pasti nolak kalau jaraknya lebih dari 1km. Sekarang sudah ngga. Makanya aku suka pakai gosend juga kalau mau kirim cepat selama masih di area jabodetabek

  30. Kalau ingin memilih gosend instant di ecommerce kadang suka ga keluar menunya deh. Apakah ini tergantung dari settingan tokonya juga ya? Beberapa kali begini kasusnya, huhuhu.

  31. Saya sih pakainya simple, yang paling dekat, jadi kalau mau kirim paket tidak jauh2 amat, tanpa perimbangan . Tapi boleh juga tipsnya

  32. Sejak pandemi gini, kan gak kemana-mana yaa…
    Untuk mengakali punya bacaan (buku) yang tetap beragam, aku sama temen saling pinjem-pinjeman.
    Dan memanfaatkan layanan GoSend doonk…alhamdulillah~
    Terbantu sekali.

  33. jasa pengiriman paket untuk para olshop saat ini tuh prefer pake GoSend memang, aku udah pengalaman skrg lagi nyoba bisnis kecil-kecilan makanan frozen gitu, kirimnya pake GoSend

  34. Pengen banget punya usaha online mbak dan kalau pengiriman yg cepat dan terpercaya memang sangat dibutuhkan dalam mendukung usaha. Gosend memang terbaik beberapa kali pakai jasa ini.

  35. klo aku untuk pengiriman yg penting tracking nya akurat pas di cek, ada tuh yg di web katanya dah diterima penerima eh faktanya belum, itu bikin kesel,

    keknya patut dicoba nih ya kak

  36. Sebagai online seller aku setuju banget dengan pertimbangan memilih jasa ekapedisi Mbak. Karena kepuasan pelanggan is #1 hehe

  37. Gosend oke banget ya kak ternyata. rekomendasi banget buat pengiriman cepat. bisa sehari sampai dan kondisi barang baik baik saja. gak sampai rusak. aku pernah pakai soalnya.

  38. Wah keren nih Ada go box sekarang ya Kak. Nggak ribet lagi nih buat ngirim ngirim barang besar tanpa harus menyewa mobil dengan ongkos yang pasti lebih mahal daripada go-box

  39. Belum pernah nyobain pake Gosend ataupun Gobox. Kalo emang recommended, suatu saat kalo saya butuh jasa pengiriman yang terpercaya, bisa mencoba salah satunya…

    Thank you for your sharing

  40. Perusahaan ini makin banyak ya ngasih alternatif layanan transportasinya. Mau usaha toko online pun kayaknya makin pede nih

  41. Betul, milih jasa pengiriman yang oke itu penting banget buat toko online. GoSend recommended buat pengiriman cepat dalam kota. Kalo GoBox aku blm pernah pake, tapi kayaknya Praktis ya buat pas butuh ngirim barang banyak atau gede2. Skrg ga perlu bingung lagi deh gmn ngirimnya

  42. pickup yang mangkal gitu biasanya harganya emang bikin manyun yaaa, karena harus sewa sekali jalan dan semobil gitu kan hitungannya, dengan adanya GoBox ini bisa lebih hemat dan meyakinkan ya, secara bisa ditracking real time dan ada asuransinya juga.
    GoSend juga praktis dan jadi pilihan paling utama kalau kirim barang kecil 🙂

  43. Pakai GoSend sampainya cepet ya Mbak, buat pengiriman dalam kota & kalo urgent cocok nih. GoBox aku blm pernah coba. Next time kalo butuh kirim barang besar atau banyak udah ada solusinya nih

  44. Bagaimana dengan pengiriman makanan Frozen apakah bisa yah? Karena pengalaman yang tidak mengenakan saat mengirim makanan frozen malah dimarahin sama konsumennya.

  45. Aku pas iduk qurban kemarin dikirimi via gosend ma teman. Isinya daging sapi. Wah packingnya tetep oke dan sampai rumah aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *