Menikmati Jajanan Asal Jepang di Kedai Ling Ling, Bandung

Beberapa yang lalu, secara tiba-tiba Momi pengen banget makan Takoyaki. Rasanya udah lama sekali gak makan ini. Gak sengaja pas berkunjung ke rumah teman, ada Kang Takoyaki keliling lagi beberes. Pikirku, ntar aja deh ke rumah temen dulu pulangnya baru beli. Tapi ternyata nasib buruk datang, Kang Takoyakinya keburu ilang. Huhu.

Tidak mau berlarut-larut dalam kesedihan, akhirnya kita memutuskan pergi ke Kedai Ling-Ling (KLL) yang menjual jajanan khas Jepang. Cus!

Kedai terbaru dan terluas dari KLL ini terletak di Jl. Sukajadi, sejajaran dengan mal PVJ. Beruntung saat itu gak macet, karena biasanya daerah sana suka macet.

Pas kita datang suasanya sepiii banget. Sepertinya pamor KLL Sukajadi mulai menurun semenjak kedai di Jl. Sultan Agung mulai direnovasi. Saat itu pengunjung yang datang hanya kita dan sekelompok pengunjung yang gak lebih dari 5 orang.

Gak pakai lama, kita langsung pesan Ramen dan Okonomiyaki. Saat itu kita datang dengan keadaan perut lapar sekali. Beruntung waktu itu lagi ada program beli Okonomiyaki buy one get one. Ihiy!

Suasana di KLL Sukajadi ini sebenarnya sangat enak. Luas dan adem, gak perlu desek-desekan kayak di KLL Sultan Agung. Area makan terbagi menjadi dua, indoor dan outdoor. Waktu itu kita datang pas lagi hujan. Padahal suasana dibagian outdoor-nya nyaman sekali ya?

Untuk pelanggan yang cuma kita ini, menurut Momi pelayanannya cukup lama. Kita menunggu hampir setengah jam untuk ketiga makanan itu hadir di meja. Hmm..

Setelah menunggu cukup lama akhirnya pesanan kita jadi juga.

Ramen KLL

Saat itu pilihan kita pertama jatuh ke Ramen KLL. Ramen ini beneran enak lho! Bisa pilih level kepedasannya. Seperti biasa Momi pilih level paling tinggi. Penambahan level pedas pada ramen membawa rasa tersendiri. Makin wenaaak!

Porsinya juga banyak banget! Kenyang makan ramen berdua. Harga untuk satu porsi ramen KLL ini sebesar Rp 38.000 belum termasuk pajak. Worth it lah malah terbilang murah, kalau mau nyobain ramen authentic Jepang dengan modif dikit.

Baca juga: Ramen Hakata Ikkousha ada di Bandung

Okonomiyaki

Yang ini kayaknya menu favorit sepanjang masa. Perpaduan dari sayuran, telur, adonan terigu dan isiannya yang disesuaikan dengan selera, mengembalikan kenangan waktu kuliah dulu. Walau jauh dari kampus, Momi dan kawan-kawan suka makan ke sini.

Ada beraneka ragam pilihan isi untuk okonomiyaki seperti keju, octopus, crab stick, salmon, dll. Waktu itu kita pesan okonomiyaki keju dan octopus. Penampakan dari luar sih gak keliatan ya isinya apa, tapi KLL ini gak pelit isi kok.

Saus khas okonomiyaki-nya ini enak banget loh! Bikin ketagihan. Harga seporsi Okonomiyaki Rp.

Baca juga: Makan Dimsum Sepuasnya di Bamboo Dimsum

Takoyaki

Bola-bola dengan isian Octopus ini memang menarik hati. Siapa yang bisa menolak coba camilan ini? KLL memiliki Takoyaki yang enak sejajar dengan menu Okonomiyakinya.

Isian Takoyaki mirip dengan okonomiyaki. Harga seporsi takoyaki adalah Rp.

Baca Juga: Ramen Sensei, Bandung. Murah, Meriah, Mantap!

Mango Dessert

Sebenarnya ada satu menu lagi yang jadi favorit di KLL ini. Waktu itu kita udah mulai kekenyangan dan lupa juga buat pesen ini. Mango Dessert namanya.

Dessert yang terbuat dari mangga segar yang diblender dengan es batu dan disimpan di freezer untuk menghasilkan tekstur yang sedikit padat, dengan tambahan berbagai macam topping diatasnya selalu menarik perhatian. Dimakan pas panas-panas, duh rasanya nyes sekali!

Bukan hanya Mango, ada juga rasa lain seperti Lechy, Vanilla, Berries, dan lain-lain.

***

Bandung memang layak disebut sebagai kota kuliner. Berbagai jenis makanan di Bandung pasti ada, apa aja bisa jadi makanan. Dimulai dari Cireng, Cimol, Cilung, semua per-ACI-an sampai baso tahu, batagor. Untuk restopun tersedia dari berbagai macam negara, cari makanan western, ada. Makanan Sunda, jelas. Makanan India, ada. Makanan Jepang. Pasti ada!

Yuk cobain!

My Bucket List: Japan! (Things to do in Japan)

All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them.”  – Walt Disney

Pasti sering banget kan kita berandai-andai ingin mengunjungi suatu daerah dan mulai mengeksplore daerah tersebut. Sering juga kita membaca serunya perjalanan seorang travel blogger yang kerjaannya keliling-keliling bikin ngiler. Sampai akhirnya kita punya cita-cita yang harus terwujud minimal satu kali selama hidup. Hayoo ngaku! Pasti punya kan?

Negeriku Indonesia ini sebenarnya sangat luas dan sangat indah, budayanya beraneka ragam. Keliling Indonesia merupakan salah satu bucket list yang harus dicicil sepanjang hidupku. Jadi ingat, waktu kuliah dulu aku punya kakak kelas yang memiliki rencana mengelilingi 25 wilayah di Indonesia sebelum usia 25 tahun. Walau pada kenyataannya baru terwujud sekitar 20-an wilayah gitu, tapi cukup menjadi motivasi juga ya untuk berusaha mewujudkan mimpi.

Mungkin, suatu saat nanti mimpi itu akan terwujud. Salah satu kendala yang menjadikan wisata domestik kurang diminati, dikarenakan biaya yang dikeluarkan itu lebih besar dibandingkan apabila kita berlibur ke luar negeri. Jadi banyak yang mengurungkan niat untuk berlibur di dalam negeri. Inilah pentingnya infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah saudara-saudara, dapat mengurangi biaya transportasi. Makanya harus kita dukung, jangan dinyinyirin mulu. Eh…

Baca juga: Tips mempersiapkan liburan akhir tahun

Kalau ditanya daerah mana aja sih yang mau didatangi di Indonesia, jawabannya tak terhingga, semua!! Kalau bisa dan mampu, pengen semua dikunjungi, dari Sabang sampai Merauke. Seru kayaknya ya?

Tapi, mengunjungi seluruh wilayah Indonesia merupakan mimpi jangka panjang (ceilah kayak deposito aja), sekarang kita bahas Negara yang ingin dikunjungi dalam waktu dekat aja yuk, JEPANG!

Negeri Sakura yang pesonanya tiada tara ini selalu membuat hasrat ingin mengunjunginya semakin besar. Entah kenapa yang terpikirkan kalau punya list negara impian, Jepang ada di nomor urut pertama! Mendengar cerita dari teman-teman yang sudah pernah ke sana semakin bikin rasa penasaran ini membesar. Kalau ngomongin Jepangnya aja kayaknya kurang seru, sebenernya apa aja sih yang bisa kita lakukan di Jepang? Yuk baca sampai habis!

1. Tokyo Disneyland

Ke Jepang kalau gak ke Disneyland kayaknya kurang afdol ya! Negeri impian anak-anak kecil ini sangat menarik hati. Baby Kippo kalau diajak ke sini pasti bakalan seneng banget! Lha wong orang dewasa aja seneng!

Foto dari sini

Disneyland ini sebenernya mirip-mirip Dufan, tapi versi berkali-kali lipatnya. Wahana yang super banyak dan atraksinya yang seru memikat hati. Ada parade yang berlangsung pada jam-jam tertentu dengan berbagai macam karakter Disney. Membangkitkan kenangan masa kecil. Siapa coba yang kecilnya tumbuh sama film-film Walt Disney? Pasti nostalgia banget ke sini!

2. Onsen

Onsen (温泉) adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut humi. Penginapan yang memiliki tempat pemandian air panas disebut penginapan onsen/onsen yado. (Wikipedia)

Sumber: Wikipedia

Onsen atau pemandian air panas di alam terbuka ini bikin penasaran ya! Menurut teman yang pernah ke sini, ia cerita kalau dia menginap dipenginapan onsen yang letaknya itu di atas pegunungan, dia ke sana ketika musim salju.

Yang unik, kalau mau berendam di sini kita gak boleh pakai sehelai benangpun. Benar-benar telanjang bulat. Jangan khawatir, walaupun berendam di penginapan yang ada onsennya, kolamnya tetap dipisahkan kok antara perempuan dan laki-laki. Jadi kalau kalian pasangan, ya berendamnya tetap terpisah. Kalau mau berdua, di kamar aja. Eh..

Karena lokasinya yang berada di atas gunung, kita akan menikmati berendam air panas di tengah salju. Kan kan bikin penasaran banget! Onsen merupakan wishlist yang harus terwujud! Karena, kapan lagi main salju sambil berendam, ya kan? Hehe.

Seru banget kan kayaknya!!

3. Shibuya Crossing

Pengen foto kayak gini. Wkwk. Sumber

Ya, kalau ini sih udah mainstream banget ya. Gak ke Jepang kalau gak foto di tengah padatnya persimpangan Shibuya. Simpang Shibuya ini merupakan salah satu tempat yang aktivitas lalu lintasnya selalu dipadati oleh para pejalan kaki setiap harinya. Mulai dari orang pergi kerja, sekolah, kuliah, pasti lewat tempat ini. Bahkan banyak yang mengibaratkan orang-orang yang melewati simpang ini seperti kelereng yang keluar dari kotak. Membludak! Meski begitu, mereka tetap mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Itulah yang membuat tempat ini tetap nyaman untuk dilalui walaupun penuh dengan pejalan kaki.

4. Street food

Siapa sih yang gak suka sama makanan Jepang? Sushi, sashimi, ramen, takoyaki dan masih banyak lagi. Nyaaam!

Sebagai umat muslim, kalau urusan makanan dinegara orang pasti harus pilih-pilih ya. Mengutip dari Blog Halal Navi, ini adalah beberapa street food yang dikategorikan halal berdasarkan bahan-bahan yang digunakan.

  • Taiyaki
Foto dari sini

Kue berbentuk ikan yang garing diluar lembut di dalam ini biasanya diisi dengan selai kacang merah atau bahkan selai rasa lainnya seperti cokelat, kacang dsb. Disajikan hangat-hangat dimakan pas musim dingin, duh mantep banget nih pasti. Sebenernya jajajan ini udah ada ya di Indonesia, kalau lagi ada pameran cosplay pasti suka nemu kue ini. Kalau penasaran sama rasanya bisa nyobain dulu Taiyaki versi KW.

  • Dango
Foto dari sini

Dango merupakan cilok dari Jepang. Haha. Iya, gambaran yang sesuai dengan Dango ini adalah cilok rasanya itu ada manis dan ada rasa asin juga, Dango mirip kayak mochi. Biasanya disajikan dengan secangkir teh hijau. Dalam satu tusuk Dango, biasanya berisi 3-5 butir. 🍡🍡 (akhirnya tahu kalau emoticon ini artinya Dango!)

  • Kakigori
Foto dari sini

Wah, kalau ini sih jajanan masa kecil! Es serut ditambah sirup warna-warni. Yang suka beli ini di kang es campur hayoo ngacung! Haduh, ini sih seger banget ya! Apalagi di Jepang yang punya musim panas, makan ini siang bolong ditengah teriknya matahari bisa bikin kepala jadi segar!

  • Jagabata
Foto dari sini

Kalau lihat ini apa yang ada dipikiran kalian? Cuma kentang panggang aja? Apa enaknya? Ya sama! Gatau! Haha. Yang pasti ini merupakan jajanan khas Jepang. Kentang panggang plus butter. Wanginya pasti enak, rasanya? Hmm… Mungkin mirip MPASI Baby Kippo.

  • Shioyaki
Foto dari sini

Kalau kalian pernah ke Serang, Labuan, Banten sekitar. Pasti pernah lihat makanan yang bentukannya kayak gini, namanya Sate Bandeng. Yup! Dari bentuknya sih mirip ya kayak Sate Bandeng, cuma bedanya ini versi kecil dan dijadikan street food. Rasanya pasti seger, karena sate ini terbuat dari ikan segar yang dibakar hanya menggunakan garam sebagai rasanya. Wah, penasaran banget nih!

***

Banyak banget deh kalau udah bahas makanan, apalagi dari Negara yang pengen dituju. List icip-icip semakin panjang nih.

Itulah my bucket list saat ini. Biasanya sih akan nambah lagi. Next bahas lebih banyak makanan khas Jepang ah.

See you!