10 Jenis Sayuran Dan Buah Bagi Kesehatan Jantung Kita

Menjaga kesehatan jantung pada masa pandemi ini merupakan hal yang harus kita perhatikan dengan baik. Rutin berolahraga, istirahat yang cukup, banyak minum air putih dan memperhatikan makanan yang kita konsumsi merupakan hal mudah yang dapat kita lakukan setiap hari.

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, serat dan rendah kalori dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Tinggal di negara dengan iklim tropis membuat kita dapat dengan mudah menemukan beraneka macam sayuran dan buah bagi kesehatan jantung kita.

Berikut adalah 10 jenis sayuran dan buah yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Labu Siam

Labu siam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan vitamin B3, B5, selenium, kalium, nutrium, saponin, tannin, dan alkaloid yang berfungsi menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah.

  1. Brokoli

Sayur berwarna hijau ini mengandung sulforaphane, antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Brokoli dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, selada, kale, pakcoy dan semua sayuran hijau yang berdaun besar dapat membantu mengurangi tekanan darah sekaligus meningkatkan fungsi arteri. Sayuran hijau kaya akan kandungan vitamin K dan nitrat.

  1. Wortel

Wortel mengandung likopen yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dialiran darah. Selain itu wortel juga memiliki serat yang dapat membantu menghilangkan [penyumbatan pada arteri.

  1. Buncis

Sayuran dengan bentuk memanjang berwarna hijau ini juga baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Mengandung serat, folat, vitamin A, B, C dan senyawa lutein. Vitamin A pada buncis dapat membantu melawan peradangan dan mencegah hipertensi.

  1. Apel

Apel merupakan buah yang sangat mudah diperoleh dengan harga terjangkau. Buah apel mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar koleterol dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, apel juga jkaya akan vitamin A, C, E, K dan karotenoid.

  1. Kiwi

Buah lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung adalah buah kiwi. Buah ini mengandung vitamin E yang sangat penting untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin A, C, serat dan magnesium yang sangat penting untuk jantung.

  1. Pisang
pisang untuk kesehatan
Sumber: Pixabay

Buah pisang merupakan salah satu buah-buahan yang mudah ditemukan disekitar kita, selain itu harganya juga sangat terjangkau sehingga banyak orang terbiasa mengonsumsinya. Pisang memiliki kandungan kalium yang dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan jantung. Kalium dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah di jantung.

  1. Jeruk

Jeruk juga termasuk buah-buahan yang mudah ditemui di Indonesia. Buah jeruk mengandung vitamin C, serat, kalium dan kolin yang semuanya berfungsi untuk menyehatkan jantung. Kandungan pada jeruk juga dapat memperkuat kekebalan imun, menyehatkan kulit, menurunkan kolesterol dan juga baik untuk kesehatan jantung kita.

  1. Pepaya

Buah tropis ini memiliki banyak serat dan kalium sehingga dapat menyehatkan jantung. Buah pepaya merupakan buah yang dapat dinikmati oleh setiap orang karena rasanya yang manis dan harganya yang sangat terjangkau. Konsumsi pepaya setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung.

Itulah 10 jenis sayuran dan buah-buahan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita. Mengonsumsi sayuran dan buah yang baik untuk jantung merupakan langkah mudah yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan. Dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi, kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dikemudian hari.

https://irraoctavia.com/

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *