Kembali Aktif dan Percaya Diri Bebas Dari Anyang-Anyangan

Sudah beberapa minggu ini aku merasakan sakit pinggul yang luar biasa. Rasanya pegel banget, sakit, ketika buang air kecil juga gak nyaman. Awalnya aku pikir karena aku kurang kalsium, aku coba minum berbagai macam vitamin plus dibantu pijat, tapi malah makin sakit dan masih tetep gak ngaruh. Akhirnya aku memutuskan untuk cek ke dokter. Ternyata kata dokter aku kena anyang-anyangan. Hah? Apa tuh?

Jujur, anyang-anyangan ini masih asing banget ditelingaku. Pernah dengen sekali-kalinya di infotainment yang lagi ceritain salah satu artis dangdut fenomenal inisial ATT terkena penyakit anyang-anyangan. Sampai ‘diterapi’ dengan menaikkan kaki ke tembok, posisi L gitu. Lihat di tv sih kayaknya ATT tersiksa gitu, sakit dan ternyata memang se-gak nyaman itu. Beneran deh ini ingatan absurd aku tentang anyang-anyangan.

Jadi apa itu anyang-anyangan?

Anyang-anyangan merupakan kondisi yang sering dikaitkan dengan rasa tidak nyaman ketika buang air kecil, dalam istilah medisnya disebut Disuria. Frekuensi buang air kecil umumnya akan menjadi lebih sering dari biasanya, bahkan bisa mencapai dua kali dalam satu jam. (Sumber: HaloSehat.com)

Rasa tidak nyaman pada setiap orang itu bervariasi, bisa sakit, perih, bahkan sampai terasa panas dan seperti rasa terbakar di area kelamin. Pada kasusku, ketika buang air kecil suka terasa perih dan terkadang panas. Hal ini sangat membuat tidak nyaman, apalagi ketika lagi beraktivitas seharian.

Gejala anyang-anyangan

Anyang-anyangan sebenarnya merupakan gejala dari suatu penyakit. Karena itu tanda-tanda yang dialami oleh setiap orang akan berbeda, tidak selalu sama. Gejala yang timbul tergantung dari penyebab anyang-anyangannya.

Kalau ada infeksi dari bakteri yang menyerang organ vital, akan mulai terasa nyeri dan sakit. Biasanya ini yang menjadi penyakit Infeksi Saluran Kemih atau ISK.

Pada beberapa kasus gejala yang ditunjukkan bukan cuma sakit dan nyeri saja. Tanda dan gejalan lainnya yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

  • 1. Ketika rasa ingin buang air kecil meningkat
  • 2. Kesulitan dalam mengontrol kantung kemih
  • 3. Rasa tidak nyaman saat buang air kecil
  • 4. Urin berwarna keruh, gelap atau cenderung lebih pekat
  • 5. Kadang diiringi demam.

Dari kelima gejala tersebut, tiga diantaranya sedang aku alami. Ditambah rasa sakit dipanggul, benar-benar menggangu aktivitas sekali.

Menurut penelitian, anyang-anyang lebih rentan terjadi pada wanita dibandingkan pria. Karena wanita memiliki uretra (tempat keluar air kencing) yang pendek sehingga meningkatkan resiko infeksi. Pria bisa terkena anyang-anyang ketika sudah memasuki usia yang cukup tua.

Penyebab anyang-anyangan

Ada banyak penyebab anyang-anyangan, seperti yang disebutkan sebelumnya anyang-anyangan bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri pada organ vital yang mengarah pada Infeksi Saluran Kemih.

Namun ada juga hal lain yang menjadi penyebab terjadinya anyang-anyangan, seperti:

    Munculnya batu pada kantung kemih.
    Trauma.
    Obstruksi anatomik. Misal karena terjadi pembesaran prostrat atau penyempitan saluran kencing.
    Tumbuh jaringan yang tidak normal dibagian area intim.
    Iritasi pada organ intim.
    Faktor hormonal.
    Kondisi neurologis.
    Kanker
    Penggunaan sabun, parfum atau produk perawatan organ intim lainnya.
    Peradangan pada vagina yang bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, atau virus lain yang menyebabkan gatal dan perih.

Cara mengatasi anyang-anyangan

  1. Konsultasikan pada spesialis urologi.

Anyang-anyangan bisa diakibatkan oleh banyak hal, seperti ISK, tumor saluran kemih atau batu kemih. Oleh karena itu perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter guna mengetahui penyebab anyang-anyangan agar pengobatannya dapat sesuai.

2. Jaga kebersihan organ intim.

Bagi wanita, menjaga kebersihan organ intim sangatlah penting. Area yang lembab dapat menyebabkan jamur berkembang biak dan memicu penyakit lainnya.

Bersihkan vagina dengan cara membasuh dari depan kebelakang, hal ini bertujuan untuk mengurangi perpindahan bakteri dari anus ke vagina.

3. Berendam air hangat.

Rasa sakit dan nyeri yang diakibatkan oleh anyang-anyangan ini memberikan rasa tidak nyaman. Berendam dengan air hangat akan membanu mengurangi rasa tidak nyaman itu.

4. Kosongkan kandung kemih

Biasanya untuk tidak sering menahan kencing, sebisa mungkin ketika rasa ingin buang kecil tiba langsung kosong kan kandung kemih. Hal ini dapat mengatasi anyang-anyangan.

5. Minum obat anyang-anyangan yang mengandung cranberry.

Sejak zaman dahulu, cranberry sering digunakan dalam berbagai macam pengobatan. Kandungan yang terdapat pada buah cranberry amat sangat beragam dan bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh. Hingga akhirnya cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin. Ekstraknya digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan dan kesehatan kandung kemih. Berdasarkan penelitian, jus cranberry terbukti mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Prive Uri-Cran dengan Extract Cranberry

Prive Uri-Cran merupakan obat yang disarankan oleh dokterku. Prive Uri-Cran merupakan obat herbal yang berisi ekstrak Cranberry. Seperti yang disebutkan sebelumnya, cranberry dipercaya dapat menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Ada 2 macam Prive Uri-cran yang dapat dikonsumsi:

Prive Uri-cran

Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry.

Sediaan: Kapsul, Dosis 1-2 kali/hari, isi per box: 30 kapsul/box.

Prive Uri-cran Plus

Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg vitamin C, 0,1 mg Lactobacillus Achidopillus.

Sediaan: Kapsul, Dosis 1-2 sachet/hari, isi per box: 15 sachet/box.

Cranberry di daerahku merupakan buah yang cukup sulit didapatkan. Untung ada Uri-Cran yang mengandung ekstrak cranberry. Aku jadi dapat mengkonsumsi cranberry dengan cara yang lebih praktis lagi.

Prive Uri-Cran bisa didapatkan di apotek terdekat.

Harga:

Prive Uri-Cran Rp152.328/dus

Prive Uri-Cran plus Rp114.081/dus

***

Ketika mulai terasa gejala sakit dan gak nyaman pada saat buang air kecil kalian perlu waspada, bisa jadi kamu terkena penyakit anyang-anyangan. Jangan segan untuk konsultasikan ke dokter dan segera minum obat herbal dengan kandungan cranberry.

Percayalah, anyang-anyangan merupakan penyakit yang dapat menghambat aktivitas. Minum uri-cran agar aktivitas kembali normal dan terhindar dari gangguan anyang-anyangan.

Info lebih lanjut cek media sosial Prive Uri-Cran

Facebook: Prive Uri-Cran

Instagram: @uricran.id

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *