Mitos Seputar ASI dan Ibu Menyusui [Bagian 1]

Halooo Mommies!

Pernah gak sih denger mitos-mitos seputar ASI? Dulu, sewaktu Aku masih gadis, sering banget denger mitos-mitos ASI, dimulai dari jangan makan pedes, ASI itu sekeut (alias tajam, jahat) jadi ga boleh kena muka, kalau muka bruntusan ASI yang disalahin dan sebagainya. Pasti sering banget kan denger yang kayak gitu? Tapi apa benar ASI itu sebegitunya? Secara ASI merupakan makanan pokok penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan bayi sampai 6 bulan lamanya dilanjutkan sampai 2 tahun. Kok bisa ya ASI banyak ‘jelek’nya karena mitos orang tua zaman dulu.

Sebagai ibu yang baru saja punya anak udah sering banget denger mitos-mitos tentang ASI. Tante-tante paling lantang melarang ini itu buat Busui. Maklum, mereka merasa bertanggung jawab karena Mam Ella (Ibuku) meninggal tepat 21 hari sebelum Baby Kippo lahir. Baru ditinggal Ibu, tiba-tiba lahiran (prematur), dengan segala ilmu yang belum sempurna Aku harus menyambut sang buah hati. Belum sempet mikir ini itu untuk produksi ASI, harus mikirin dulu anak di NICU ditambah ceramah dari sana- sini. Haduuh…. Pusing kan ya pasti. Tapi karena aku dan suami berkomitmen untuk mengurus semua sendiri berdasarkan ilmu yang masuk akal dan ada dasar teorinya (kita gak percaya mitos), makanya banyak mitos yang kita coba untuk patahkan yang terkadang menimbulkan reaksi dari orang sekitar.

Baca juga:ย Perhatikan Red Flags Pada Tumbuh Kembang Anak

Tapi sebenernya mitos tentang ASI dan Ibu Menyusui (Busui) itu bener gak sih? Yuk kita bahas beberapa mitos tentang ASI yang dirangkum dari Ayah Asi.

1. Ibu menyusui gak boleh makan pedas!

Mitos ini pasti sering banget dengerkan? Busui gak boleh makan pedas karena nanti ASI-nya jadi pedas terus anaknya jadi mencret-mencret. Salah! Busui boleh kok makan pedas. Soalnya rasa pedas dari makanan yang dikonsumsi Ibu hanya sampai dilidah ibu saja, ASI tidak akan pernah ikutan jadi pedas. Jadi buat Mommies yang suka banget makan pedes, boleh kok makan pedes tapi tetap batasi yaa konsumsi makanan pedasnya. Soalnya sistem pencernaan bayi masih sensitif, senyawa capsaicin pada cabai yang terbawa ASI bisa menyebabkan bayi rewel.

Prinsipnya, nikmati, batasi, amati reaksi bayi.

2. ASI bikin mandul!

Pernah denger gak katanya kalau ASI gak boleh kena kulit? Kalau kena alat kelamin itu bikin mandul? Aduh! Jahat banget ya ini yang bikin mitosnya.. Jelas-jelas ini mitos ya! Soalnya ASI itu 90% kandungannya adalah air. Jadi aman banget kalau kena kulit.

“Tapi kulit bayiku bruntusan karena kena ASI.”

Coba deh dicek dulu, beneran karena ASI apa karena tempat tidur, baju, udara yang kurang higienis? Atau coba cek apakah bayi nya ada alergi? Kulit bayi masih sangat sensitif. Baiknya kita tetap menjaga kebersihan lingkungan dan kulit bayi.

Baca juga:ย Pengalaman Vaksin Anak di Rumah Vaksinasi Cibiru Bandung

3. Busui gak boleh minum air panas/dingin.

Katanya kalau minum air dingin nanti anaknya jadi pilek, kalau minum air panas nanti lidahnya putih-putih kepanasan. Mommies, payudara itu bukan dispenser yaa! Apa yang masuk ke tubuh ibu mau panas/dingin, ASI yang keluar akan tetap hangat, suhunya akan tetap 37 derajat ya. Sesuai suhu tubuh ibu.

Kalau bayi pilek, bisa jadi imunnya lagi lemah dan terkena virus. Kalau lidah putih-putih itu biasanya sisa-sisa lemak dari ASI.

Jadi minum air dingin/panas gak ada hubungannya ya sama kondisi bayi!

4. ASI harus dibuang!

Ada mitos juga yang bilang kalau habis bepergian jauh dan keujanan ASI harus dibuang. Aduh… aku termasuk ibu yang bakalan nangis kalau lihat ada asi yang dibuang. Huhu. Secara gak semua orang dianugerahi ASI yang lancar dan melimpah, jadi setiap lihat atau denger ada yang buang ASI (apalagi yg dibuang ASIP fresh yang dikeluarin karena payudara keras/ngabagel/habis bepergian) aduuhh mrembes banget hatiku ini. Sedih.

Jelas-jelas ini mitos ya! ASI itu ada didalam payudara yang tertutup rapat dan tidak ada celah untuk angin masuk. Jadi ASI akan tetap steril dan hangat ya. Jangan dibuang please, langsung mimi-in sama bayi aja amaaaan!

***

Baca juga:ย Mitos Seputar Asi dan Ibu Menyusui [Bagian 2]

Nah, itu sebagian kecil dari banyak mitos yang beredar disekitar kita. Sebagai ibu, kita harus mulai bijak ya dalam memilah informasi. Biasanya mitos tercipta karena dasar ilmu yang kurang. Zaman dulu kan teknologi dan ilmu pengetahuannya masih belum berkembang seperti sekarang. Maksud dari mitos biasanya baik, hanya saja penyampaiannya suka jadi berbelok dari maksud awal. Kalau ada mitos yang baik bisa kita ambil, kalau yang gak masuk akal mending dihempaskan aja ya Mommies!

https://irraoctavia.com/

Comments 36

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *