Nutrisi Untuk Imunitas Anak, Tumbuh Kembang Yang Optimal

Webinar nutrisi untuk imunitas anak

Pemberian nutrisi yang lengkap bagi sikecil merupakan salah satu tugas orang tua dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Asupan nutrisi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak. Selain itu, nutrisi juga mempengaruhi imunitas anak.

Pernah suatu kali aku sering sekali berkunjung ke rumah saudara yang memiliki anak yang seumuran dengan anakku. Setiap kali berkunjung aku selalu mendapati anaknya sedang sakit, entah demam biasa, atau muntaber. Usut punya usut anaknya sering melakukan Gerakan Tutup Mulut (GTM) dan memiliki gangguan saluran cerna, sehingga asupan nutrisi si kecil jadi berkurang dan sistem imunitasnya menurun. Hal ini menyebabkan si kecil jadi mudah terserang penyakit.

Anak-anak usia 0-5 tahun merupakan golongan paling rawan terhadap penyakit. Menurut data RISKESDAS 2018 infeksi dan malnutrisi masih umum ditemui.  Infeksi yang umum dialami anak-anak adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan gastroenteritis akut (diare).

Agar anak tidak mudah terkena penyakit, pemberian nutrisi yang tepat dan sesuai dapat mengoptimalkan sistem imunitas si kecil. Sistem imun pada anak merupakan bekal tubuh anak untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, di sinilah peran orang tua diperlukan untuk memastikan perkembangan imunitas yang optimal.

pengertian imunitas

Pada dasarnya, sistem imun pada manusia sudah terbentuk sejak awal kehidupan, seiring pertambahan usia sistem imun manusia akan berkembang menjadi lebih kuat dan lebih kompleks lagi. Itulah penjelasan yang diberikan oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) saat menyampaikan materi di acara seminar digital yang diselenggarakan oleh Nutriclub pada tanggal 20 Juli 2020 lalu, dengan tema “Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal”.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)

Lebih lanjut dr Ariani mengungkapkan jika penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi  seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut. “Selain itu, mikrobioma pada saluran cerna tidak berkembang dengan baik. Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus,” ungkap dr Ariani.

Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD

Pada kesempatan yang sama, Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD. memaparkan bahwa mikrobioma gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma di dalam usus) yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini.

Menurut Prof. Yvan mikrobioma merupakan seluruh ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ. Mikrobiota usus (bakteri baik bifidobacteria) berperan penting untuk mendukung sistem imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan. Untuk itu, keseimbangan komposisi bakteri baik bifidobacteria harus dipelihara agar dapat terus memberikan manfaat dengan pemberian prebiotik.

Penelitian menunjukkan nutrisi mengambil peran besar dalam menentukan keseimbangan mikrobioma yang ada di dalam usus. Prebiotik yang merupakan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan oleh bakteri dalam usus sehingga mampu merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria. Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. FOS dan GOS juga mampu membantu mendukung daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi.

Pada GIANT study yang dilakukan pada 767 anak sehat berusia di atas 1 tahun di 5 negara yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebotik lcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA yang ditambahkan ke dalam susu. Memberikan hasil risiko infeksi yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi susu sapi. Wah menarik sekali bukan fakta ini?

Saluran pencernaan merupakan organ pendukung sistem imun terpenting. Mikrobiota saluran cerna yang sehat akan mendukung perkembangan sistem imun yang kuat. Prebiotik seperti GOS dan FOS yang difermentasikan dalam saluran cerna memiliki peran penting dalam perkembangan mikrobiota yang sehat. Karenanya prebiotik dapat membantu pengembangan sistem imun yang seimbang. Susu pertumbuhan dengan prebiotik FOS dan GOS dapat membantu menurunkan risiko infeksi pada anak.

Webinar nutrisi untuk imunitas

***

Memenuhi asupan nutrisi bagi si kecil adalah tugas kita sebagai orang tua agar tumbuh kembang anak optimal. Untuk itu yuk kita penuhi nutrisi si kecil dengan memberikan susu pertumbuhan yang mengandung prebiotik FOS dan GOS agar anak terhindar dari risiko infeksi. Anak yang sehat merupakan fondasi masa depan bangsa yang berkualitas! Jangan lupa juga untuk kunjungi nutriclub.co.id untuk informasi lebih jauh seputar imunitas dan tumbuh kembang anak ya!

https://irraoctavia.com/

You Might Also Like

16 Replies to “Nutrisi Untuk Imunitas Anak, Tumbuh Kembang Yang Optimal”

  1. Senang sekali kak ikut webinar dari nutriclub.
    Apalagi ada penjelasan dari dokter Ariani. Salah satu dokter favorit aku nih mba. Soalnya penjelasan beliau tentang tumbuh kembang anak enak banget paparannya.

  2. Wow ada professor dari Brussel yes, daging banged ini Mbak Irra… jd tambah motivasi deh menjaga nutrisi untuk anak, keren ih Nutriclub.

  3. Saya suka lebih galak sama ponakan karena jajan terus dibandingkan orang tua nya, gereget mbak jajanannya camilan kemasan asin yang penuh MSG. Mereka lebih ngalah ketika anaknya ngamuk dan nangis.

  4. Kalau mendengarkan penjelasan langsung dari dokter ahli, rasanya kita lebih yakin dan percaya ya. Momen virtual seperti ini senang bisa diikuti para ibu, saat pandemi khususnya, saat kita ga bebas untuk keluar rumah

  5. Nutrisi yang tepat ternyata mempengaruhi tumbuh kembangnya ya kak, apalagi ponakanku sekarang usianya udah 2 tahun sekarang. Pastinya lagi aktif banget, terutama sangat penasaran sama hal baru yang ia temukan.

    Wajib diperhatikan banget ya kak, apalagi adik ku pernah cerita kalau ponakanku itu alergi sama debu. Yang mengakibatkan ia sering bersin bersin.

  6. Seru sekali materinya mba. Dan iya ya, anak yang sering sakit terutama diare malah penyerapan nutrisinya pun kurang. Salah satu cara membantu menjaga saluran cerna anak agar tetap sehat ya dengan pemberian susu prebiotik.

  7. Asupan nutrisi dan sistem imunitas itu emang beriringan. Jadi kalau anak GTM itu duh, sedih banget rasanya. Btw seru banget webinar dari nutriclub ini ya mbak. Jadi makin banyak dapet input ilmu tentang nutrisi anak.

  8. Baru tau nih ternyata usus anak 0-5 masih belum sempurna yaa, jadi harus semakin perhatian nih ke nutrisi yang di konsumsi anak sehari hari, makasii sharingnya yaa mba Ira bermanfaat banget 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *