Rumah Makan Padang Enak di Bandung Yang Harus Kamu Tahu

Halo!

Selamat tahun baru 2019!! Selamat membuka lembaran baru dari kehidupan. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Tahun baru itu selalu identik dengan yang namanya liburan, apalagi waktunya bertepatan dengan libur semester anak sekolah maupun kuliah, pasti banyak banget dong yang pergi liburan. Bandung masih merupakan tempat tujuan wisata terfavorit, lengkap banget kalau mau liburan di Bandung. Mulai dari wisata alam, wisata mall, wisata taman sampai wisata selfie ada semua. Kulinernya pun gak kalah seru! Oleh karena itu, dalam rangka menyambut wisatawan lokal maupun internasional yang sedang liburan tahun baru, Momi mau berbagi tempat makan Masakan Padang ter-enak di Kota Bandung! 😆

Siapa sih yang gak suka Masakan Padang? Kayaknya masakan Padang ini selalu bisa diterima oleh lidah manapun. Rasa makanan yang pedas dan kaya akan rempah ini selalu jadi pilihan ketika kita bingung mau makan apa. Ya kan? Dikesempatan kali ini, Momi kasih tahu nih Rumah Makan Padang mana aja yang terkenal di Bandung dan harganya bersahabat! Yuk simak!

Baca juga: 5 Tempat Makan Favorit di Bandung ala #irrajajan!

1. RM Malah Dicubo

Kayaknya semua orang udah pada tahu ya dengan rumah makan ini? Selain RM Padang (RMP) yang katanya Sederhana itu, salah satu RMP paling terkenal di Bandung adalah RM Malah Dicubo! Apa sih yang buat RMP ini terkenal? Konon ceritanya, RMP ini menggunakan rempah-rempah yang dikirim dari Padang langsung. Rasanya mencerminkan Masakan Padang yang sesungguhnya.

Ada banyak cerita yang Momi dengar dari teman-teman asli Padang, mereka yang pertama kali mencoba masakan Padang di Bandung merasa kalau Nasi Padang di tempat lain tidak seperti Nasi Padang di tempat mereka. Entahlah apa bedanya, karena Momi belum pernah ke Padang sama sekali. Tapi, lain ceritanya ketika mereka langsung diajak makan ke RM Malah Dicubo ini. Semua sepakat kalau rasa masakan Padang disini sama kayak masakan Padang di sana. Tanggapan yang sama juga datang dari keluarga besan sepupu yang orang Padang, mereka suka makan di sini. So, kalau kalian mau makan masakan Padang Asli, disini tempatnya!

Untuk ragam makanannya ada banyak khas masakan Padang, tapi yang jadi favorit Momi dan Papi G adalah Daging Cincang dan Dendeng Balado! Rendang-nya juga enak, rasanya lekoh kalo bahasa Sunda. Aduh! Bayanginnya langsung ngiler nih. Nasi yang dipiring cuma dikasih satu porsi, tapi jangan sedih, selalu disediakan satu porsi tambahan dipiring kecil. Jangan khawatir kemahalan, harga nasi tambahannya cuma Rp 1.500 sajaa, eh apa Rp 2.000 ya? Ya sekitar segituan yaa! Haha.

Setelah makan yang pedas-pedas, jangan lupa ditutup dengan Es Timun Serut. Segarnya parutan timun ditambah cincau hitam, dikasih gula dan es batu. Duh, rasanya itu segeeerr banget. Menenangkan perut dan lidah yang habis bertarung melawan pedas. Nyam!

Untuk lokasinya terletak di Terminal dekat Stasiun Bandung. Tempatnya kecil, gak terlalu besar. Biasanya pengunjung yang datang ke sini pegawai PT KAI, penumpang kereta yang kelaperan, warga yang habis berbelanja di Pasar Baru atau warganet kayak Momi yang ingin merasakan citarasa masakan Padang Asli! Kalau lagi rame suka gak kebagian tempat. Siapin camilan untuk menemani nunggu tempat tersedia! Dijamin worth the wait! Seenak itu masakanannya.

Harganya cukup terjangkau, untuk dua porsi makanan sekitar Rp 50.000-75.000 tergantung dengan lauk yang dipilih.

Vedrict: yang punya RM Malah Dicubo mirip penyanyi grup vokal Lingua!

Baca juga: Bebek Sinjay ada di Bandung

2. RM Padang Tanpa Nama

Kalau disini, RMP langganan Momi! Soalnya dekat dengan rumah dan rasanya enak banget walau warnanya tidak terlalu mencolok. Menurut Momi, RMP Tanpa Nama ini merupakan dupe-nya RM Malah Dicubo. Soalnya rasanya juga khas masakan Padang, pemiliknya orang Padang asli.

Yang bikin RMP ini masuk list RMP ter-enak karena, mereka menyediakan Telor Dadar Padang!! Terharuuu.. soalnya, selama ini Momi sudah melakukan perjalanan kuliner mencari telor dadar yang dimasak dengan cara Padang kemana-mana itu susah. Even RM Malah Dicubo-pun gak punya, eh punya deng tapi kayaknya dicampur tepung. Agak lupa, soalnya seringnya gak ada si telur dadar ini. Nah! Tau kan perbedaannya? Kebanyakan RMP lain selalu mencampur telor dadarnya dengan tepung supaya tebal, sedangkan RM Tanpa Nama ini pure telor dadar tebal yang entah bagaimana caranya dimasak dengan cara Padang. Rasanya itu enak banget!!

Ada kepala kakap juga lho! Source

Telor dadar favoritkuu.. source

Masakan di RM Tanpa Nama ini kayaknya favorit semua deh. Soalnya kalau datang kesorean atau pas jam makan siang, masakannya suka habis tak bersisa. Nunggu dimasak kloter berikutnya. Rasanya memang seenak itu. Kaya akan rempah tapi gak bikin enek. Kalau mau makan makanan Padang versi lebih light, bisa ke Tanpa Nama.

Jam 20.00 dan udah mulai abis

Lokasinya berada di Jalan Moh.Toha No. kalau keluar dari pintu tol Moh.Toha, maju terus sampai kurang lebih 200 meter sebelum lampu merah, tengok ke kanan! Posisinya ada di kanan jalan. Tempatnya kecil sebenarnya dan plang namanya juga kecil dan sering ketutup pohon besar di depannya. Jadi harus lebih teliti ya nyarinya!!

Baca juga: Segarnya Menikmati Garang Asem Semarang di Bandung

3. Kedai Padang Ajo

Yang satu ini sebenernya tidak termasuk Rumah Makan Padang, masuknya Kedai karena tempat penyajian makanannya berada roda gitu. Kedai Ajo ini merupakan rumah makan portable! Haha.

Agak susah kalau mau makan di sini. Soalnya kedai ini hanya buka setiap hari Senin-Sabtu saja dan biasanya lewat dari jam 12 suka habis. Hari Minggu dan tanggal merah tutup. Jadi cuma punya waktu hari Sabtu aja buat makan di sini. Bener-bener kejar-kejaran. Haha. Tapi Kedai Ajo ini bikin penasaran. Kakak Ipar selalu cerita betapa enaknya masakan padang di sini. Sampai akhirnya minggu lalu berhasil juga makan di sini. Setelah sebulan lamanya bolak balik ke sini tempatnya tutup terus! Haha.

Lokasinya berada tepat di samping Kobe Tepanyaki. Siang-siang Kobe tutup tapinya.

Untuk menunya standar menu nasi padang. Mereka juga menyediakan kepala ikan kakap sebagai menu andalannya. Jujur, sampai sekarang Momi belum nyobain kepala ikan kakap kayak gimana rasanya. Geli. Hiii..

Kita memesan menu standar aja, rendang, ayam sayur dan cincang. Pas pertama kali mencicipi, rasa kuat rempahnya terasa banget. Bener kata Kakak Ipar kalau rempahnya disini tuh kuat banget. Tapi lama kelamaan kok berasa kayak rasa bumbu rendang instan cap pohon mangga ya? 😂

Untuk harga rendang, ayam dan cincang seporsi Rp18.000, kalau kepala ikan kalap harga seporsi Rp45.000 kalau gak salah.

***

Kesimpulannya, nasi padang favorit masih ditempati RM Tanpa Nama yang punya telur dadar padangnya itu. Malah Dicubo ada diurutan ketiga dan ternyata Nasi Padang Ajo ada diurutan ketiga karena tidak sesuai ekspektasi.

Kalau kalian? Punya RM Padang favorit juga kah? Yuk share di komen.

#AksiFlashBunda Ketika Anak Terjatuh Dari Tempat Tidur

Sebagai orang tua pasti pernah dong panik ngeliat anak bayinya jatuh dari kasur? Anak bayi yang selalu diapik-apik jangan sampai terjatuh dari kasur, sudah dilengkapi pengaman sedemikian rupa, tapi tetap aja kecolongan. I feel you, mommies!

Iya, kejadian ini baru saja terjadi semalam. Ketika baby Kippo lagi mau ganti pospak sama Papi G, secara tiba-tiba aku melihat dia udah terbaring di lantai, nangis. Panik sekaligus marah dan sedih melihat anak bayi kita jatuh dari kasur. Seketika langsung merasa gagal menjaga anak.

Baby Kippo sekarang udah banyak gaya, dia udah bisa muter, membolak balikkan badan dengan berbagai gaya. Kita sebagai orang tua sering kali lalai dan malah masih tetap menidurkannya dipinggir kasur. Menganggap dia masih bayi, padahal duduk udah tegak. Dengan dua kali balikan badan saja Baby Kippo bisa langsung terjatuh. And it’s happened.

Terus anaknya malah dijadiin konten. 🤣 (reka adegan)

Terus apa sih yang harus dilakukan orang tua ketika anaknya jatuh dari kasur? Sebelumnya, mari perhatikan hal-hal berikut:

1. Jangan panik!

Walau sempat panik, marah dan sedih. Aku berusaha untuk mengendalikan emosi dengan tidak memperkeruh suasana. Buah hati kita tahu ketika ibunya sedih atau marah, ia akan menangis semakin kencang. Hal ini malah membuat kita semakin panik. Oleh karena itu sebisa mungkin kita tetap tenang dan berusaha menenangkan bayi kita.

2. Observasi 1×24 jam

Perhatikan kondisinya apakah setelah terjatuh si anak ada muntah, kejang, demam, perubahan perilaku, mata dan anggota gerak (tangan dan kaki) jadi tidak simetris pergerakannya, menjadi lebih cepat atau lambat. Jika mommies melihat tanda-tanda tersebut, segeralah membawa anak ke dokter atau rumah sakit. Jangan ditunda lagi!

Lalu, bagaimana cara mengantisipasi agar anak tidak terjatuh dari kasur?

  • Selalu awasi anak kita.

Perhatikan perilakunya, apakah ia sudah mulai aktif berguling, sudah bisa merangkak atau belum. Kenali anak kita agar kita dapat mempersiapkan segalanya.

  • Buat pagar pengaman disekitar kasur.

Temanku memilih opsi ini sebagai langkah proteksi anaknya. Sebenarnya ini agak ribet ya. Harus pasang pagar pengaman di sekeliling kasur dan membuat orang dewasa agak kesulitan untuk naik ke kasur. Iapun bilang begitu. Tapi menurutnya cukup safety mengingat anaknya yang sudah toddler dan cukup aktif.

  • Hilangkan dipan kasur.

Sebenarnya hal ini sering dilakukan oleh para orang tua. Mereka memilih untuk menghilangkan dipan kasur dan menempatkan matras kasur langsung diatas lantai. Hal ini memang dapat mengurangi resiko anak terjatuh dari kasur, tapi kita sebagai orang tua harus tetap memperhatikan kebersihan kasur, jangan sampai debu lantai masuk ke dalam kasur.

  • Siap sedia Thromboflash di rumah

Terkadang walau sudah dipersiapkan sedemikian rupa, yang namanya kecelakaan tidak dapat kita hindari. Kalau sudah terjadi, kita harus sedia pertolongan pertama. Biasanya anak yang terjatuh dari kasur suka meninggalkan luka lebam di beberapa bagian tubuh. Lebam terjadi karena pecahnya pembuluh darah kapiler dibawah kulit akibat benturan benda tumpuk. Tapi jangan panik moms! Sekarang luka lebam bisa dihilangkan dengan menggunakan Thromboflash!

Thromboflash merupakan anti thrombosis/anti coagulant, berbahan dasar Heparin Sodium 200 IU yang berasal dari mocusa sapi. Heparin bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, mengurangi peradangan, dan melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan. Thromboflash menjadi sahabat keluarga yang aman dan nyaman karena telah bersertifikat HALAL.

Sekarang udah gak takut lebam lagi deh kalau anak terjatuh dari kasur. Thromboflash ini wajib ada di kotak P3K di rumah.

***

Jadi, itulah hal-hal yang harus mommies perhatikan ketika anak terjatuh dari kasur. Apakah ada yang punya pengalaman yang sama denganku? Yuk sharing di komen.

Movie Review: Peppermint (2018)

Halo halo, gimana weekendnya? Sudah ada asupan film terbaru kah yang ditonton?

Belum?

Kalau gitu yuk simak review film terbaru rekomendasi Mommy Kippo.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Terbaik Buat Kamu!

Attention!

SPOILER ALERT! Kalau yang gak suka nonton terus kena spoiler bisa skip postingan ini tapi jangan lupa baca postingan yang lain yaa! Haha. Tapi, kalau butuh referensi tentang film ini bisa baca dengan tenang sampai beres ya. Insha Allah gak akan terlalu banyak spoilernya. Haha.

Oiya! Ini bukan review expert yang akan menjelaskan detail sampai ke teknik pengambilan gambar dan review akting ya. Cuma review dari seorang penonton aja. Here we go!

Jadi ceritanya kemarin baru nonton film dan gatel banget pengen langsung review di blog. Haha. Film ini berjudul Peppermint. Kalau kalian pikir filmnya bakalan bergenre drama melankolis yang menye-menye, ini stereotipe banget sih, karena biasanya yang berbau bunga atau wewangian ini biasanya drama gitu. Kalau sempet kepikiran hal yang sama, kalian salah!

Justru film ini bergenre action. Padahal kalau lihat posternya udah ketahuan kalau filmnya pasti berdarah-darah. Tapi emang dari pas ada di folder movie Momi belum sempet cari tahu film ini tentang apa sampai adek kesayangan pengen nonton di rumah.

Film ini dimulai dengan adegan berantem di dalam mobil. Yang dilakukan oleh Riley North (Jennifer Garner) seorang wanita badass yang sedang memukuli seorang preman. Setelah menang dari pertempuran yang sengit, Riley kembali ke van-nya dan mengobati lukanya akibat berantem di mobil tadi. Ada hadiah kecil untuknya, hadiah itu membawa ingatannya kembali ke kejadian 5 tahun yang lalu. Kenangan akan anaknya dan pertengkaran kecil dengan Peg (Pell James) orang tua dari teman anaknya.

Keluarga North awalnya memiliki kehidupan yang bahagia dengan keluarga kecilnya, hingga suatu ketika Mickey (Chris Johnson) datang menemui Chris North (Jeff Hephner) dan mulai merencanakan perampokan bandar narkoba besar Gracia (Juan Pablo Raba). Rencana perampokan itu bertepatan dengan hari ulang tahun Carly North (Cailey Fleming).

Hari berganti malam, Riley yang baru saja pulang kerja mendapati rumahnya sepi tidak seperti yang diharapkannya. Pesta ulang tahun Carly gagal total. Seluruh teman Carly yang diundang tidak ada yang hadir. Mereka pergi kepesta Penelope anak dari Peg. Carlypun sedih. Untuk menyenangkan hati Carly, Riley dan Chris mengajak Carly ke Karnaval Natal. Melihat keluarganya begitu bahagia hanya dengan tindakan kecil, Chris memutuskan untuk menolak tawaran Mickey karena tidak sepadan dengan resikonya.

Sayang, malang tak bisa dihidar untung tak dapat diraih. Kabar perampokan itu sudah sampai ketelinga Gracia. Anak buah Gracia sudah mengintai keluarga North.

Keluarga North yang tengah merayakan hari ulang tahun Carly dengan bahagia tidak menyadari kalau bahaya sedang mengintai mereka. Ice cream Peppermint! Ice cream kesukaan Carly yang menjadi penutup kebahagian keluarga North malam itu. Anak buah Gracia sukses membunuh Chris beserta anaknya. Tapi tidak dengan Riley yang tertembak dikepala namun masih bisa diselamatkan. Rileypun koma.

Keadaan mulai berubah ketika Riley bangun dari koma. Ia mengingat semua penjahat yang membunuh keluarganya. Sayang, Gracia merupakan orang yang memiliki pengaruh cukup besar sehingga bisa menyogok siapapun untuk membebaskan anak buahnya. Hakim dan pengacara contohnya. Keadilan tidak berpihak pada Riley sehingga para penjahat itu lepas.

Riley tidak menerima keputusan itu. Ia menuntut keadilan. Ia mulai menyerang tersangka dan menyebabkan ia ditahan polisi. Riley yang tengah pingsan sehabis membenturkan kepalanya ke jeruji penjara, harus dibawa ke RS dengan ambulance, ketika akan dinaikkan ke ambulance, Riley terbangun dan kabur.

Setelah 5 tahun lamanya, Riley kembali untuk menuntut keadilan. Ia membalas dendamnya dengan membunuh semua orang yang berhubungan dengan Gracia dan kasusnya dulu. Anak buah Gracia yang bertugas menghabisi Chris digantungnya satu-satu diatas Bianglala. Hakim dan pengacara yang disuap Gracia tidak luput dari pembalasan dendamnya. Teror balas dendampun semakin menjadi-jadi.

***

Film ini mengingatkan kita pada Die Hard atau Rambo yang dimana pemeran utamanya tidak mudah mati mau melawan penjahat sebanyak apapun. Tapi yang unik pemeran utamanya adalah seorang wanita, musuhnya dibuat tidak berdaya. Film yang mengajarkan jangan macem-macem sama mamak, kalau udah niat kalian bakalan habis!! Haha.

Peppermint asyik juga ditonton sama keluarga. Alurnya cukup cepat tapi tetap bisa dinikmati. Walau banyak adegan kekerasannya, tapi melihat akting Jennifer Garner keren banget. Ia mampu berperan baik dari seorang istri dan ibu yang manis, jadi wanita badass dan bikin gempar dunia. Sangat keren! Sekali lagi jangan tertipu dengan judulnya ya yang lebih mirip film drama melankolis, Peppermint film action yang cukup menyegarkan dunia perfilman saat ini.

PS: all image source form Google.com

Pengalaman Berkunjung ke Kampoeng Sawah Bandung

Halo! Siapa yang waktu akhir pekannya suka dihabiskan dengan keluarga besar? Cung! Keluarga Momi termasuk yang selalu menjaga silaturahmi dengan saudara. Karena waktu dan kesibukan masing-masing yang berbeda-beda jadilah kita mewajibkan untuk Arisan setiap bulannya. Nominalnya sebenarnya kecil, pesertanya banyak banget! Terkadang harus sabar sampai 2 tahun lamanya sampai kebagian menang. Tapi prinsi dari arisan keluarga ini bukan nominal yang dikejar, tetapi silaturahminya, karena kalau gak gitu bakalan susah kumpul kecuali lebaran.

Baca juga: Waroeng Steak n Shake Konsep Baru Yang Kekinian

Nah, kebetulan beberapa waktu yang lalu Momi kebagian menyediakan tempat untuk arisan keluarga. Sudah menjadi tradisi yang menang bulan lalu yang harus menyiapkan tempat untuk arisan bulan depannya. Keluarga dari Mama ini termasuk keluarga besar, mereka sepuluh bersaudara dan Mama anak ke-7. Bayangkan! Banyak banget kan? Ditambah sepupu dan keponakan-keponakan. Wah, kalau lebaran gak pernah sepi deh. Tapi yang tinggal di Bandung hanya setengahnya, walau begitu yang setengahnya ini juga cukup ramai karena uwa-uwa udah pada punya anak dan cucu. Ramailah sudah.

Sebenarnya arisan bisa saja digelar di rumah. Cumaaa semenjak tahun 2017 ada banyak acara yang menyangkut keluargaku, seperti persiapan pernikahanku ditambah awal 2018 sakit Mama makin parah, jadi kita sering banget kumpul di rumah. Gak terhitung deh arisan di rumah udah sesering apa walaupun belum kebagian menang. Jadi, keluarga pada request buat arisan di luar. Cari suasana baru gitu. Bosen. Yasud..

Baca juga: Weekend Escape, Dapoernya Paberik

Awalnya Pap Ihin merekomendasikan tempat di Ciwidey, tapi kok gak kebayang ya di mananya soalnya memang jarang banget ke Ciwidey. Sampai akhirnya cari-cari info ketemu deh tempat ini, Kampoeng Sawah.

Dari gambar di google sih kok kayaknya seru ya tempatnya, ada waterboomnya juga. Anak-anak pasti suka main air dulu. Pas diumumkan respon keluargapun senang!

Kampoeng Sawah ini beralamatkan di Jl. Gandasari No. 152, Cangkuang, Soreang, Kab. Banding. Kampoeng Sawah terdiri dari banyak Joglo untuk tempat makan lesehannya. Kitapun bisa memilih joglo-nya sesuai dengan jumlah pengunjung yang datang. Karena waktu itu jumlah keluarga yang hadir sekitar 30 orang, maka kita pilih joglo yang paling besar. Konsepnya unik! Hampir semua joglo terbuat dari kayu dan bambu, ditempatkan tepat diatas kolam ikan. Anak-anak makin senang bisa makan sambil ngasih makan ikan. Gak usah khawatir takut rubuh walau banyak orang, karena struktur bangunan joglo-nya ini kokoh banget!

Untuk acara besar gini, kita memilih menu nasi timbel komplit. Sengaja udah dialasin dari sananya biar tinggal ambil aja tanpa khawatir ada yang kekurangan.

Penataan menunya sunda banget, dengan alas piring kayu yang dilapisi daun pisang, diatasnya sudah terisi penuh dengan ayam, sayur asem, tahu, tempe, ikan asin jambal roti, sambal terasi, lalapan dan nasi timbel. Hmm.. nikmat sekali. Ayamnya enak, walau sayur asemnya agak kemanisan menurutku, tapi tertolong dengan ikan asin jambal roti yang aduhay nikmat sekali dimakan cocol sambal. Bikin lauk yang lain jadi dianggurin. Haha.

Sepaket nasi timbel komplit
Jangan lupa! Karedok!

Untuk harganya cukup standar. Seporsi Nasi Timbel Komplit ini seharga Rp 36.000. Harganya sesuai dengan isi makanannya, banyak banget. Untuk karedok harganya Rp 13.500.

Walau hari Minggu kemarin ketika kita datang pas lagi ada acara nikahan. Tapi itu semua tidak mengganggu acara kita sama sekali, karena ada area khusus tamu kondangan yang gak bercampur dengan tamu yang datang. Suasananya semakin meriah dengan diiringi musik khas kondangan, kayaknya kalau hari biasa bakalan diputerin suara suling kayak di sawah gitu deh.

Kunjungan ke Kampoeng Sawah ini menyimpan kesan tersendiri. Suasanya cukup nyaman untuk melupakan kepenatan rutinitas sejenak, sambil bercengkrama dengan keluarga besar yang cuma ketemu sebulan sekali. Silaturahmi-pun terus berlanjut. Hmm.. penasaran bulan depan acaranya di mana lagi yaaa..

Baca juga: 5 Tempat Makan Favorit di Bandung ala #irrajajan!

PS: Oiya, diawal disebutkan kalau di sini ada Waterboom. Waterboomnya itu terletak disebelahnya persis, hanya saja agak tertutup. Jadi yang punya tiket aja yang boleh masuk ke dalam. Waterboom-nya tidak terlalu luas, cukup untuk menyenangkan buah hati dalam mengisi waktu liburannya. Kampoeng Sawah jadi tempat rekreasi yang komplit!

Review Wardah Instaperfect: Matte Fit Powder Foundation dan Mattesetter Lip Matte Paint

Bagi seorang wanita, yang namanya kosmetik sudah menjadi benda paling penting yang wajib ada di dalam tas. Banyak yang menjadikan kosmetik sebagai standar rasa kepercayaan diri mereka.

Sebagai wanita yang aktif dan sibuk, penampilan merupakan kunci utama dalam berkegiatan sehari-hariku. Termasuk kedalam golongan wanita yang gak bisa dandan tapi gak bisa juga keluar tanpa make up. Menjadikanku lebih memilih make up yang simple, ringkas, cepat, dan than lama. Dengan seabreg kegiatan yang dilakukan setiap harinya, Aku harus mulai menemukan produk kosmetik yang sesuai dengan kriteriaku.

Wardah yang merupakan brand kosmetik halal pertama di Indonesia ini baru saja mengeluarkan lini premiumnya yang diberi nama Wardah Instaperfect. Launching pada bulan Agustus 2018 lalu, Wardah Instaperfect mengeluarkan 11 varian produk yang dua diantaranya adalah Matte Fit Powder Foundation dan Mattesetter Lip Matte Paint.

Aku yang suka dengan make up yang ringkas terbantu dengan rangkaian Wardah Instaperfect ini. Kosmetik ini menghilangkan tahapan make up yang rumit namun tetap memberikan hasil yang maksimal (Your Time Saver), dapat diaplikasikan kapan saja dan di mana saja. Semudah itu, no drama! (Always on The Go), satu aplikasi saja untuk riasan sempurna sepanjang hari (AM to PM), serta membantu meningkatkan kepercayaan diri untuk menjadi yang terbaik! (Unstoppable You). Itulah empat keunggulan dari Wardah Instaperfect yang sesuai dengan keinginanku.

Matte Fit Powder Foundation

Aku sebenarnya jarang sekali menggunakan foundation. Hanya dipakai kalau mau pergi kondangan saja, karena biasanya kalau kita pakai foundation muka terasa ‘berat’ dan agak kurang nyaman. Namun setelah mencoba Matte Fit Powder Foundation ini, Aku jadi suka pakai foundation walau gak pergi ke kondangan. Formulanya yang sangat ringan, membuat tetap nyaman walau digunakan seharian.

Walau formulanya ringan, Matte Fit Powder Foundation tetap mampu menyamarkan pori-pori dan menghasilkan kulit wajah mulus alami secara optimal. Bekas jerawat tertutup sempurna. Suka banget sama hasil akhirnya!

Kemasannya super cantik dengan warna rosegold yang menarik. Partisi didalamnya membuat sponge bawaan jadi tidak mudah kotor dan tetap higienis. Produk ini juga diperkaya dengan superfine minerals dan tersedia dalam tiga warna.

Mattersetter Lip Matte Paint

Yang ini merupakan produk favoritku sepanjang masa. Barang yang wajib ada didalam tas, no matter what! Gak bisa dan gak mau wajah terlihat polos tanpa pulasan lipstick.

Mattersetter Lip Matte Paint ini hadir dengan 5 varian warna, Glee (Lively Peach), Dear (Pinkish Nude), Chic (Earthy Tone). Vibe (Deep Maroon), Hype (Velvety Violet). Fokus pada pemilihan warna yang berani menjadikan Lip Matte ini pilihan yang tepat untuk menemani keseharian kita.

Shade Hype

Lip Matte ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak avocado, minyak jojoba, dan antioksidan yang akan menjaga kelembaban bibir sepanjang hari.

Produk ini memiliki beberapa keunggulan seperti one swatch perfection yang hanya dengan sedikit sentuhan pada bibir dapat membuat kita tampil semakin percaya diri. Dengan efek matte yang intens dan teksturnya yang lembut menonjolkan kesan yang mewah (Lavish Matte). Color trendsetter!.

Untuk Lip Matte shade Hype ini menurutku produknya agak lama mengering dibibir, sedikit transferproof, tapi untuk warnanya memang cucok banget! Suka!

***

Rangkaian Wardah Instaperfect ini hadir dengan kemasan berwarna rose gold dengan sedikit aksen hologram yang memberi kesan eksklusif dan elegan, cocok untuk wanita aktif dan profesional. Untuk pembelian produk Wardah Instaperfect ini, sudah bisa didapatkan di Wardah Beauty House di kota kalian.

Baca juga: Beauty Workshop: The Unstoppable You Bersama Ashry Rabbani

Bagaimana? Tertarik mencoba?

Beauty Workshop: The Unstoppable You Bersama Ashry Rabbani

Hai hai! Ceritanya beberapa waktu lalu Aku menghadiri acara Wardah Beauty Workshop The Unstoppable You bersama Ashry Rabbani di Wardah Beauty House Ciwalk, Bandung.

Dibuka oleh Teh Anis selaku promotion Wardah. Teh Anis menceritakan tentang produk terbaru dari Wardah seri Instaperfect yang baru launching bulan Agustus 2018 lalu. Produk ini jadi incaran para beauty reviewer, terutama cushion-nya. Selain itu juga ada Teh Maya Dewi sebagai pengisi acara, yang berbagi pengalaman mengenai profesi seorang beauty blogger.

Acara dilanjutkan dengan sharing bersama Ashry Rabbani, Influencer dan beauty Vlogger cantik yang baru saja menikah beberapa waktu lalu. Lihat Teh Ashry rasanya iri banget. Pengen muka glowing seperti dia! Haha. Teh Ashry berbagi tips skin care biar muka glowing. Ternyata ia selalu pakai sheet mask hampir setiap hari. Hal ini membantu rehydrate kulit wajah, sehingga kulit muka jadi lebih segar dan kenyal.

Tidak hanya itu, Teh Ashry juga melakukan tutorial make up bepergian yang flawless tapi tetap segar. Cocok untuk digunakan ketika jalan-jalan ke mall. Teh Ashry menggunakan seluruh rangkaian Wardah Instaperfect.

Aku paling suka sama blush on-nya yang berbentuk stick. Warnanya sesuai dengan warna kulit orang Indonesia dan teksturnya ringan banget. Selain itu juga sudah dilengkapi aplikator di bagian bawahnya. Jadi gak usah ribet kalau mau pake blush stick-nya.

Di meja sudah disediakan sample Wardah Instaperfect untuk kita coba. Cushionnya ini memang enak banget dan ringan. Pantas saja cushion ini jadi yang paling difavoritkan. Wardah Instaperfect juga mengeluarkan 5 shade lip matte. Sebenernya agak kecewa sama shade lip matte-nya. Tidak ada pembaharuan warna yang berarti, hampir semua shade sudah ada di produk Wardah yang reguler. Mungkin formulanya kali ya yang berubah. Tapi walau begitu Aku tetap suka sama semua warnanya.

Eyeshadownya menarik hati banget, dominasi warna nude bikin kebayang-bayang sampai rumah. Rasanya pengen punya. Tapi sayang, Aku gak bisa pakai eyeshadow. Huhu.

Rangkaian dari Wardah Instaperfect ini sebenarnya sudah mulai lengkap. Hanya saja ada request dari Teh Ashry dan rekan beauty blogger lainnya yang berharap Wardah Instaperfect mengeluarkan Highlighter. Semoga!

Wardah Instaperfect terlihat begitu premium dengan kemasannya yang elegan. Andai dulu udah ada ya, rangkaian ini cocok banget dijadikan seserahan. Suka sama warna rosegold-nya dan perpaduannya dengan efek hologram.

Tak terasa ternyata Teh Ashry sudah selesai tutorial make up-nya. Hasilnya bagus banget.

Acara ditutup dengan berfoto bersama. Wardah juga memberikan goodie bag berupa produk Wardah Instaperfect untuk direview. Penasaran? Tunggu blogpost selanjutnya yaa!

Baca juga: Review Wardah Instaperfect: Matte Fit Powder Foundation dan Mattesetter Lip Matte Paint

See you!

Berjuta Kebahagiaan di Acara XPANDER Tons of Real Happiness Bandung!

Hai.. hai!
Hawa-hawa liburan mulai terasa ya? Apalagi sekarang anak sekolah sudah memasuki jadwal libur sekolah. Ilya sih masih piyik sekarang, jadi gak ada yang rengek-rengek minta liburan jauh. Tapi kok ibu bapaknya mulai suntuk yaa.
Akhir tahun kayak gini tuh lagi banyak-banyaknya kerjaan. Hal itu bikin suami sibuk banget, hampir setiap hari lembur. Walau kita gak punya rencana liburan jauh di akhir tahun ini, tapi kita juga butuh hiburan. Kerjaan suami ini yang membuat kita gak bisa pergi jauh dan lama-lama, jadi kita cari hiburan dalam kota aja.
Kebetulan banget nih pas lagi suntuk gini dapet kabar kalau dari tanggal 14-16 Desember 2018 kemarin ada acara Xpander Tons of Real Happiness di 23 Paskal Food Market, Bandung. Gak pakai mikir lagi, kita langsung cus dateng ke sana!
 

Di sana acaranya seru banget! Ada berbagai macam wahana yang bisa dimainkan seperti Ferris Wheel, Carousel, Swing Carousel, Mini Xpander Traffic Park, Baloon Castle, Baloon Pool, 360″ Photobooth, Tetris Game, Game Ketangkasan Berhadiah dan berbagai aktifitas lainnya bisa dinikmati oleh keluarga.

Karena Ilya masih kecil, jadi wahana yang kita cobain itu cuma naik Carousel aja. Gak sabar deh nunggu Ilya gede! Semoga tahun depan acara ini ada lagi! haha.
Walau begitu, sebenarnya wahana yang ada disini ini gak hanya ditujukan untuk anak kecil aja kok. Soalnya orang dewasa juga bisa mencoba beberapa permainan seru lainnya salah satunya Tetris Game, yang memasukkan balok-balok Tetris ke dalam bagasi Mobil Xpander yang gede banget. Muat banyak!
Setelah kita main di Tetris Game, kita bakal dapet koin yang nantinya bisa dipake untuk ikutan Game Ketangkasan Berhadiah lho! Seperti melempar kaleng dengan bola. Seru kan!

Selain memainkan permainan itu, kita juga bisa test drive mobil Xpander. Wuah… pertama kali masuk ke dalam mobil ini Momi udah jatuh cinta banget sama interiornya! Xpander ini merupakan satu-satunya Small MPV dengan fitur lengkap dan tenaga besar yang mampu membawa berton-ton kebahagiaan bagi keluarga Indonesia.
Hal yang bikin bahagia dari mobil ini tuh mobilnya yang besar dan bagian dalamnya yang lapang dan nyaman ini bikin Momi jauh cinta pada pandangan pertama! Bagaimana tidak, keluarga Momi ini termasuk keluarga besar yang memang besar-besar! Kabin yang luas merupakan syarat utama dalam membeli mobil. Kan kasian ya kalau kakinya kelipet-lipet gitu. Interior mobilnya elegan dan fungsional banget! Banyak fitur canggih didalamnya. Desain Eksterior yang tangguh dan dinamis membuatnya indah dipandang. Suara mesinnya juga halussss banget seperti berbisik “beli akuu bawa aku pulang…” lho? Ehm.. #kode. Baru nyobain test drive aja Momi udah mesem-mesem kegirangan saking sukanya sama mobil ini soalnya udah dilengkapi berbagai fitur keamanan dan yang pasti nyaman banget.
Oiya! Selain itu ada banyak artis yang mengisi acara Xpander Tons of Real Happiness ini lho! Diantaranya ada Mocca, Naura, Diskopantera, dan Keluarga Sasono yang merupakan “Agent of Happiness” dari acara ini. Selain itu juga ada Talkshow bersama Rifat Sungkar, Ridwan Hanif, Diandra Gautama, dan Motomobi.
Kita bersyukur sekali sempat menghadiri dan mengikuti kegiatan Xpander Tons of Real Happiness ini di Kota Bandung. Acaranya seru banget dan membantu me-refresh otak kita juga. Pulang-pulang kita Happy banget karena bisa bermain beberapa wahana dan menambah daftar target tahun depan! #2019gantimobil! Amiiinnn!!!

Nah, itulah keseruan weekend kita minggu lalu! Bagi yang penasaran dengan acara Xpander Tons of Real Happiness ini, jangan khawatir karena Xpander Tons of Real Happiness masih akan keliling ke kota ke-9 di Serpong, Tangerang pada tanggal 25-27 Januari 2019! Untuk warga Serpong dan sekitar boleh catet tanggalnya ya! Jangan sampai kelewatan! Info selengkapnya bisa cek di website mitsubishixpander.com. Acaranya dijamin seru banget dan gratis!! Cocok buat mengisi waktu weekend kalian.
Sampai ketemu di acara selanjutnya!

Kesetaraan Gender Menjadi Fokus Kemenkes RI

Halo! Hari ini saya datang ke acara Kemenkes RI dengan tema Kesetaraan Gender Wujudkan Kesehatan Keluarga. Di sini saya mendapatkan banyak pelajaran baru mengenai kesetaraan gender dalam mewujudkan kesehatan keluarga. Ternyata, untuk saat ini isu mengenai kesetaraan gender masih terjadi di masyarakat luas. Sering kali kita mendengar pelabelan yang dilakukan masyarakat pada laki-laki dan perempuan seperti, lelaki harus mencari nafkah dan perempuan mengurus rumah. Perempuan sering kali ditempatkan pada posisi kedua dan dianggap tidak memiliki suara yang kuat. Perempuan juga kerap mendapatkan perlakuan yang tidak baik hingga mendapat kekerasan fisik.

drg Widyawati sedang memaparkan materi Sehat Bermedsos

Setiap perempuan dan laki-laki sebenarnya memiliki kebutuhan yang berbeda, perbedaan ini digunakan sebagai dasar atas pembedaan perlakuan yang diterapkan kepada laki-laki dan perempuan.

Kemenkes RI hari ini mengajak kita untuk lebih aware lagi mengenai kesetaraan gender dalam menyambut hari Ibu, 22 Desember 2018.

Sebelumnya mari kita jelaskan sedikit, apa itu Gender?

Menurut drg Juanita P.F. MKM, Gender merupakan hal-hal yang berkaitan dengan tugas, tanggung jawab, wewenang, kegiatan/pekerjaan yang dianggap sesuai atau tidak sesuai dengan masing-masing jenis kelamin.

Apa sih yang dimaksud dengan diskriminasi Gender?

Diskriminasi atas jenis kelamin seseorang didalam mendapatkan alokasi sumber-sumber atau manfaat terhadap pelayanan.

Isu gender yang terkait dengan kesehatan reproduksi wanita, seperti:

  • Ketidak adilan dalam membagi tanggung jawab.

Ketika remaja terjebak dalam pergaulan bebas dan hamil. Sering kali pihak wanita terpaksa harus putus sekolah dan membesarkan anak yang dikandungnya sendiri. Sedangkan pihak pria terbebas dari masalah. Hal ini tentu merugikan pihak wanita.

  • Ketidak adilan dalam aspek hukum.

Ketika ada kasus aborsi ilegal, yang bersalah dan ditetapkan menjadi tersangka pasti pihak perempuan sedanhkan pihak pria sering kali tidak tersentuh hukum.

  • Wanita sering kali menjadi objek intervensi program pemberantasan Infeksi Menular Seks (IMS)

Dalam upaya mengurangi jumlah prostitusi, sering kali wanita dituding sebagai sumber dari penularan IMS. Padahal tidak bisa dipungkiri kalau pria pun bisa menularkan IMS.

Sering kali kita mendapat stereotip-stereotip seperti itu yang menyudutkan pihak perempuan. Diskriminasi gender ini memiliki dampak bagi pihak perempuan seperti:

  1. Kesempatan pendidikan bagi perempuan tidak menjadi prioritas utama.
  2. Perempuan menjadi takut unggul karena takut tidak disukai oleh laki-laki.
  3. Remaja perempuan belum asertif dalam menerima ajakan negatif dari laki-laki.
  4. Tabu bagi perempuan untuk ikut pertandingan yang menggunakan kekuatan fisik.
  5. Perempuan boleh cengeng sedangkan lelaki tidak boleh.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat telah berupaya untuk menghilangkan isu gender ini dengan melakukan berbagai program yang diantaranya:

  1. Setiap gender memiliki persamaan hak dan jon diskriminatif.
  1. Perlindungan terhadap perempuan dan anak.
  1. Menghilangkan praktek-praktek yang merugikan kesehatan
  1. Menjamin partisipasi yang seimbang bagi perempuan dan laki-laki
  1. Akses universal kesehatan yang tidak membeda-bedakan, khususnya terhadap akses reproduksi.

Dengan kegiatan hari ini, Kemenkes RI berharap para blogger dapat membantu memperjuangkan hak kesetaraan gender dan mendukung upaya-upaya tersebut yang diharapkan dapat menjadi jalan untuk melaksanakan kesetaraan gender terutama dalam kesehatan keluarga. Sehingga tidak ada lagi diskriminasi terhadap gender.

Rekan-rekan Blogger Crony Berfoto Bersama

Target irraoctavia.com di tahun 2019!

Alhamdulillah..

Akhirnya dengan segala drama yang ada akhirnya Momi bisa menyelesaikan juga tantangan 30 hari menulis bersama Blogger Perempuan Network. Wuah! Sungguh pencapaian yang luar biasa bagi blogger newbie ini! Soalnya, walau punya blog dengan domain gratisan udah cukup lama dari 2016, Momi sempet vakum selama 2 tahun lamanya sampai seorang teman mengajak untuk ngeblog lagi. Baru aktif lagi sekitar bulan September 2018 rasanya semangat banget setelah lama vakum. Sayang di bulan Oktober rasa malas itu kembali datang dan menyebabkan blog kembali sepi. Sampai di akhir bulan Oktober itu Momi ikutan Collabs bareng Bandung Hijab Blogger dan kembali membangkitkan semangat menulis.

Baca juga: Because I’m Very Happy To Share My Story!

Hingga pertanggal 06 November 2018 Momi memutuskan untuk membeli domain dengan nama sendiri www.irraoctavia.com. Yeay! Rasanya kalau gak posting itu sayang banget. Udah bayar, masa blog dibiarin kosong melompong sih? Akhirnya mulai aktif nulis lagi walau masih agak jarang-jarang, sampai akhirnya ketemu #BPN30daychallenge2018 dan merasa tertantang dengan challenge yang diberikan. Sejak itulah Momi mulai melakukan One Day One Posting. Bener-bener rencana yang tak terduga di domain baru! Tata cara menulis mulai berkembang, bahan buat Blogwalking (BW) makin banyak, traffic mulai naik, page view apalagi dan yang bikin seneng, baru 2 minggu pakai domain baru DA sudah menyentuh angka 10 dengan PA 13. Menurut Momi sih ini pencapaian yang lumayan ya dengan segala perjuangannya ya. BW setiap hari tak terlewati, posting juga. Pokoknya segala cara digunakan deh.

Baca juga: 4 Alasan Ini Bikin Kamu Rajin nge-blog!

Dengan pencapaian yang sudah ada, apakah Momi sudah puas? Oyaa tentu saja tidaaak! Seperti yang selalu dilakukan oleh setiap orang dalam menyambut tahun yang baru, maka Momi juga punya resolusi yag berhubungan dengan blog tentunya untuk tahun 2019. Apa sajakah itu?

1. DA minimal 30!

Ternyata menaikkan DA setelah mencapai DA 10 itu tidak sesuai rencana. Momi pikir DA akan tetap semudah itu naiknya sama seperti ketika DA mulai naik dari 3 ke 7 dalam waktu seminggu dan langsung 10 dalam 2 minggu. Setelah dilaksanakan benar-benar ternyata tidak semudah itu Ferguso! Haha. Banyak hal yang perlu dievaluasi sebenarnya, selama 2 minggu itu Momi rajin sekali BW dalam satu hari minimal BW 20 blog. Setelah mencapai DA 10, kekuatan BW mulai berkurang dan jadilah DA masih mandek disitu-situ aja.

Pernah baca postingan Mbak Rey yang berjudul 8 bulan DA mencapai 30, menurut Momi itu keren banget! Semoga bisa mengikuti jejak Mbak Rey.

2. Perbanyak Blogwalking

Ini merupakan tips! Awalnya karena mengikuti jadwal BW di grup WA, lalu pas cek kok DA cepet banget naiknya, ditambah dengan status dari blogger profesional yang gak sengaja kebaca di tomeline facebook. (Maafkan mas aku lupa namanya) Yang ngasih bocoran kalau DA mau cepet naiknya harus perbanyak BW dengan komentar yang nice. Mulai deh dari situ semakin yakin kalau BE ngaruh ke DA dan ternyata iya! Ngaruh banget!

Baca juga: Why food?

Karenanya BW minimal 20 blog perhari harus mulai dilakukan lagi supaya DA cepat meningkat. Secara ya kalau mau ambil job sekarang ini selalu ditanya DA. Suka sebel letika dulu masih ada job dengan DA 10, sekarang susaaah! Pernah juga dapet tawaran job, tapi mentok di DA dan followers. Huft!

3. Meningkatkan jumlah followers

Nah ini nih! Masih PR banget. Pernah dapet tawaran job tapi mentok di followers. Sedih. Setelah memutuskan untuk menjadi fulltime blogger, Momi sedang giat-giatnya memperbaiki feed instagram dan meningkatkan jumlah followers. Supaya klien banyak yang melirik. Karena pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

Baca juga: Blogger Fulltime VS Blogger Part Time, Kamu Yang Mana?

4. Rajin post blog!

Semoga yang ini bisa berjalan sesuai rencana. Rajin ngepost blog. Buat Momi, nulis blog ini teramat sangat dipengaruhi mood. Kalau mood gak bagus, blog bisa didiemin selama bertahun-tahun. Tapi kalau lagi rajin, sehari bisa produktif banget bikin berpuluh-puluh tulisan. Oleh karena itu selama tahun 2019 harus bisa menghasilkan minimal 100 postingan blog. Setiap minggu minimal harus punya 2 postingan.

Baca juga: Sudahkah keinginanmu terwujud?

Sebenernya yang bikin susah posting selain rasa malas itu karena postingan mentok di draft. Kalau dilihat lagi ternyata draft tulisan banyak banget tapi gak dilanjut soalnya keburu males. Lah, gimana ini? Haha. Selain itu juga suka bingung mau posting apa. Ujung-ujungnya ide suka mentok aja sambil nunggu mood bagus. Huft, hidupku muter-muter aja disitu.

5. Belajar SEO

Ini yang paling penting bagi seorang Blogger! Harus belajar SEO!! Sebenernya kalau boleh jujur Momi masih buta banget sama dunian perbloggingan ini. Terus Google Analytic? Domain Rating? Tulisan SEO friendly? Dll. What kind of food they are? Momi pusing! Haha. Tapi gak mau berhenti belajar, harus belajar sambil berjalan. Pokoknya tahun depan harus bisa bikin tulisan SEO friendly dan belajar tips n trick SEO! Semangat!

6. Perbanyak sharing postingan blog

Cara untuk menambahkan jumlah pengunjung itu salah satunya dengan lebih sering sharing postingan blog di seluruh platform media sosial. Selama ini Momi suka males kalau share postingan blog sendiri. Pasalnya Momi masih suka malu kalau ada yang baca tulisan. Nah loh? Soalnya tulisannya masih kalah jauh sama temen-temen blogger pro. Jadi suka jiper duluan! Haha. Semoga tahun depan lebih banyak share lagi ya!

***

Hmm.. apalagi ya? Kayaknya target tahun depan dalam dunia blogging baru segitu aja, kalau ada yang kurang biar nanti ditambahkan lagi sambil berjalan.

Nah, itulah target Momi tahun depan yang sudah memantapkan hati untuk menjadi fulltime blogger. Semoga semua harapan ini bisa terwujud ya! Amin! Bantu aminin dong temen-temen. Hihi.

Sampai ketemu ditulisan selanjutnya ya! Terima kasih Blogger Perempuan yang telah memberikan kesempatan untuk ikutan challenge. It’s a wrap!! Yuhuuuu!!

5 Situs Yang Paling Banyak Dikunjungi Selama Tahun 2018!

Selama hampir setahun ini pasti banyak banget kan situs-situs di internet yang kita kunjungi. Mungkin dari cuma nyari informasi mengenai harga tiket taman bermain sampai cari mengenai kesehatan. Internet itu udah kayak Pertolongan Pertama Untuk Netizen, semua ada lengkap kap kap.

Dari sekian banyak situs internet yang dikunjungi, Momi sudah merangkum 5 rekomendasi situs yang bagus untuk dikunjungi.

1. Cookpad

Sebagai ibu-ibu yang suka banget masak, situs Cookpad jadi tujuan paling utama untuk cari referensi makan siang apa hari ini. Segala macem ada di Cookpad, mulai dari makanan western, nasional, lokal sampai makanan jadul juga ada! Senang!

Cookpad ini ada aplikasinya juga, kalau suka masak harus download aplikasinya. Beneran membantu banget!

Baca juga: Cooking time: Resep Siomay Ayam Udang dan Chilli oil

Semua hasil makanan di highlight #irramasak merupakan buah hasil dari Cookpad! Rasanya senang sekali berasa punya guru masak pribadi. Momi selalu mencari inspirasi di Cookpad, biasanya dimodifikasi lagi sesuai selera, yang penting bahan-bahannya mirip. Dengan Cookpad kita bisa jadi jago masak lho!

2. Alodokter

Situs kesehatan paling dipercaya saat ini. Kalau lagi kena gejala apa langsung buka aja situs ini, isinya lengkap dan valid. Jangan cari dari sumber yang gak jelas ya!

Yang seru dari Alodokter ini sekarang fungsinya semakin lengkap. Bisa booking dokter dan rumah sakit juga. Artikernya juga super jelas! Oiya, semua artikel di situs ini cuma jadi pertolongan pertama biar gak panik aja ya, kalau sakit berlanjut baiknya hubungi dokter. Bisa cek Alodokter tuh buat tahu jadwal dokter dan nomor rumah sakit.

Baca juga: Tips untuk hidup yang lebih sehat ala Irra!

3. Pinterest

Belakangan ini lagi suka liatin desain-desain di Pinterest. Mulai dari desain denah rumah, desain kamar mandi, dapur sampai interiornya. Suka banget sama ide-ide di Pinterest ini. Senangnya idenya bisa kita sadur dan sesuaikan dengan budget yang ada. Secara kalau bikin plek ketiplek banget kayak Pinterest yang ala-ala scandinavian itu pasti mahal banget, yang penting mirip-mirip lah! Makin seneng soalnya rumah untuk Baby Kippo udah mau jadi.

Baca juga: Sudahkah keinginanmu terwujud?

Harus nabung lagi buat beli isinya! Hap hap! Semangat!

4. Situs investasi

Karena sudah niat 2019 giat menabung, maka lagi gencar-gencarnya nih baca situs investasi yang berada dibawah bank BUMN ternama dan diawasi OJK yaa! Jangan sampai ikut investasi bodong!

Masih newbie untuk masalah investasi ini, karena masih punya waktu beberapa minggu sebelum start invest, jadilah Momi cari-cari info mengenai investasi yang menguntungkan dan juga berkah. Semoga semua sesuai rencana ya.. amin.

Baca juga: Kalau Punya Uang 100 Juta, mau apa?

5. www.irraoctavia.com

Yang terakhir ialah mengunjungi blog sendiri! Haha. Maapkan ya sedikit narsis ini! Soalnya suka aja liatin hasil tulisan sendiri dan koreksi selayaknya netizen yang mengunjungi blog oramg lain dan mencari informasi. Menimbang dan mengkoreksi sendiri isi dari blognya.

Kalau bukan kita yang menyayangi blog sendiri, siapa lagi. Ya kan?

***

Nah! Itulah kelima situs yang sering banget Momi kunjungi selama setahun kebelakang ini. Gimana? Adakah yang suka mengunjungi situs yang sama kayak Momi?