Atur Pola Makan Dengan Resep Masakan Penderita Diabetes

Diabetasol Powder Milk dan Diabetasol Sweetener

Sejak pertama didiagnosa diabetes, Mama memang jarang sekali mengontrol makanan yang masuk ketubuhnya. Beliau termasuk pemakan segala yang ‘bandel’, es campur yang manis merupakan salah satu camilan favoritnya. Akibatnya selama berpuluh-puluh tahun gula darah Mama selalu tinggi, bahkan pernah menyentuh angka 800 dan mengakibatkan beliau harus opname.

penyandang diabetes Mama dan Papa

Gula darah yang tinggi ini menyebabkan banyak keluhan yang dirasanya. Mulai dari kaki yang sering kram, pengelihatan beliau yang semakin kabur, hingga resiko cuci darah.

Sadar akan resiko penyakit komplikasi akibat diabetes yang akan menyerang Mama, aku memutuskan untuk memberikan pola makan sehat dengan gizi berimbang buat Mama. Karena bagaimanapun diabetes berawal dari gaya hidup yang tidak sehat.

Pola makan diabetes yang aku lakukan adalah dengan menyajikan makanan berdasarkan resep masakan penderita diabetes dengan pilihan menu diet rendah gula yang tetap enak dan dapat dinikmati.

Kenapa kami sangat memperhatikan betul kadar gula darah pada tubuh? Karena asupan maksimal gula perhari untuk penderita diabetes adalah kurang dari 30 gram atau sekitar 6-7 sendok makan perhari.

Asupan gula yang dimaksud bukan hanya kandungan gula yang terdapat dalam pemanis, namun termasuk seluruh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana itu seperti permen, kue dan biskuit, jus buah konsentrat, sereal sarapan dan banyak lainnya.

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga bisa didapatkan dari nasi putih yang merupakan menu yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Kenalan Yuk Dengan Diabetes!

Diabetes merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan tingginya gula (glukosa) darah diatas normal dan belangsung dalam jangka panjang.

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai, karena hingga 14 Mei 2020 International Diabetes Federation (IDF) melaporkan sebanyak 463 juta orang dewasa diseluruh dunia menyandang diabetes dengan prevelensi global mencapai 9.3%.

Walau begitu, masih banyak penyandang diabetes yang tidak menyadari jika dirinya terkena diabetes, sehingga penyakit ini sering kali disebut silent killer.

Tipe-Tipe Diabetes Melitus

  1. Diabetes Melitus Tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 ini seringkali dikenal dengan istilah insulin dependent diabetes yang dimana tubuh pasien dengan diabetes tipe ini tidak mampu memproduksi insulin. Sehingga pengobatan yang dilakukan dengan menyuntikkan insulin secara teratur. Dati total penedrita diabetes, sekitar 10% penderita mengalami diabetes tipe ini.

  1. Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes melitus tipe 2 ini merupakan diabetes yang paling sering kita temui. Yang dimana pada penderita diabetes tipe ini tubuh pasien masih dapat memproduksi insulin hanya saja jumlahnya tidak cukup atau cacat.

  1. Diabetes Akibat Kekurangan Gizi

Untuk jenis ini, diabetesnya diakibatkan oleh kekurangan gizi yang parah. Meski menunjukkan kadar gula yang tinggi, beberapa komplikasi yang biasa ditemukan pada jenis diabetes yang lain tidak ditemukan di sini.

  1. Diabetes Gestasional

Diabetes jenis ini memiliki kaitan erat dengan kehamilan. Dimana dalam kondisi hamil, kadar gula darah ibu hamil akan melonjak.

World Diabetes Day

Pada tanggal 14 November 2020 seluruh dunia memperingati World Diabetes Day atau Hari Diabetes Sedunia yang merupakan peringatan jika dunia belum terbebas dari ancaman dan bahaya diabetes. Peringatan yang rutin diadakan setiap 14 November ini selalu hadir dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Untuk tema tahun ini ditujukan untuk mempromosikan peran caregiver, khususnya keluarga.

KALBE Nutritionals, melalui brand Diabetasol mendukung penyandang diabetes untuk tetap hidup sehat dengan memberikan nutrisi untuk diabetes serta memberikan edukasi kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan Webinar edukasi bersama narasumber ahli.

Bersama diabetasol sayangi dia Webinar Bersama Diabetasol, Sayangi Dia.

Seperti yang diketahui jika kondisi penderita diabetes di masa pandemi ini memiliki resiko tinggi terkena komplikasi COVID-19. Dengan menjaga gula darah, kita dapat menurunkan resiko tersebut.

webinar diabetasol Tunghadi Indra – Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition

Menurut Director of Special Needs & Healthy Lifestyle Nutrition KALBE Nutritionals, Tunghadi Indra menyatakan meski diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun manajemennya sangat perlu diperhatikan agar diabetesi (penyandang diabetes) dapat hidup dengan sehat. Selain itu dukungan darisupport system di sekitar diabetesi sangat dibutuhkan.

Hal ini sejalan dengan pendapat Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD, KEMD, FACE yang menyatakan jika keluarga merupakan perantara yang paling efektif dan mudah dalam melaksanakan upaya kesehatan, seperti perencanaan makan, perencanaan olahraga, pengaturan obat dan edukasi. Dukungan keluarga yang positif dapat mengontrol gula darah dengan stabil.

Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FACE - Executive Board Member IDF Western Pacific Region. Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FACE – Executive Board Member IDF Western Pacific Region.

Di Indonesia sendiri, kebanyakan penderita diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga angka prevelensi diabetes di Indonesia diprediksi terus meningkat.

Prof. DR dr. Ketut Suastika, Sp.PD (KEMD) - Ketua Umum Perkeni Prof. DR dr. Ketut Suastika, Sp.PD (KEMD) – Ketua Umum Perkeni

Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD menjelaskan gejala klasik diabetes dapat didiagnosa sejak awal ketika penderita mulai banyak minum, banyak kencing dan berat badan turun drastis. Terlebih lagi saat pandemi COVID-19 ini, diabetes merupakan salah satu komorbid (penyakit penyerta) yang banyak ditemukan pada pasien COVID-19 diperingkat kedua.

Dr. dr. Sony Wibisono, SpPD. KEMD, FINASIM - Presiden PB Persadia Terpilih Periode 2020-2023 Dr. dr. Sony Wibisono, SpPD. KEMD, FINASIM – Presiden PB Persadia Terpilih Periode 2020-2023

Dr. dr. Sony Wibisono, Sp.PD-KEMD, FINASIM menyatakan jika perencanaan pengelolaan diabetes melitus harus dilakukan secara bersama antara pasien dengan keluarga agar kadar gula darah dapat terkontrol. Penyandang diabetes memerlukan diet gizi khusus untuk secara efektif mengatur kadar gula darah mereka serta memenuhi kebutuhan nutrisi untuk diabetes.

Bersama Diabetasol, Sayangi Dia

Diabetasol Powder Milk vanilla Diabetasol Powder Milk Vanilla

Dalam rangka World Diabetes Day, Diabetasol juga mengadakan serangkaian aktivitas dengan tema “Bersama Diabetasol, Sayangi Dia”. Kampanye ini mengajak semua pihak mulai dari tenaga medis, keluarga, sahabat dan kerabat untuk memiliki peran aktif dalam memberikan dukungan untuk penyandang diabetes agar kita tetap dapat bersama dia hingga akhir hayat.

Selain itu, tema ini juga menjadi wujud apresiasi dan dedikasi bagi para caregiver yang sudah memberikan kontribusi positif untuk penyandang diabetes di Indonesia.

Ada sebanyak 13 seri edukasi yang digelar Diabetasol secara virtual, bertema 4 pilar manajemen diabetes di masa COVID-19. Acara ini digelar di 21 kota besar di Indonesia pada 9 dan 10 November 2020.

Pada tanggal 14 November 2020, Diabetasol memberikan donasi bagi tenaga medis, berupa APD dan produk nutisi khusus diabetes untuk perlindungan selama pandemi dengan donasi kurang lebih senilai Rp500.000.000.

Resep Masakan Untuk Penderita Diabetes

Setelah mengikuti webinar bersama Diabetasol, aku semakin paham jika caregiver merupakan kunci dalam menjaga kesehatan pasien diabetes. Caregiver dapat membantu penyandang diabetes mengontrol gula darahnya sehari-hari. Salah satu caranya melalui rangkaian menu diet rendah gula yang sesuai dengan pola makan diabetes.

Ada beberapa resep masakan yang aku suka karena memiliki bahan-bahan dan cara memasak yang mudah. Kandungan didalamnya juga sesuai dengan kondisi penderita diabetes, karena rendah gula. Berikut 3 resep masakan untuk penderita diabetes pilihanku.

Resep keripik Bit rendah kalori Keripik Bit rendah kalori
puding beras merah diabetasol Puding Beras Merah
Pasta gurih dengan salmon rendah gula Pasta Gurih Dengan Salmon Rendah Gula

Itu adalah ketiga resep masakan yang semua bahannya mudah didapat dan cocok untuk yang sedang diet gula. Menggunakan Diabetasol Sweetener sebagai pengganti gula, menjadikan makanan tersebut lebih sehat dan enak, sehingga dapat dinikmati oleh penyandang diabetes.

Diabetasol Sweetener merupakan pengganti gula tanpa kalori yang mengandung sukralosa dengan tingkat kemanisannya 600x dibanding gula tebu, tetap stabil pada suhu panas ataupun dingin. Jadi aman untuk digunakan dalam masakan.

Diabetasol Sweetener Diabetasol Sweetener

Selain Diabetasol Sweetener, pada resep terdapat juga Diabetasol Powder Milk yang dapat digunakan pada makanan. Diabetasol merupakan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang dengan sumber serat dan mengandung Glikemik rendah, sumber kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulas,  serta memiliki kandungan Vita Digest Pro yang mengandung isomaltulosa sebagai karbohidrat lepas lambat sehingga membuat kita terasa kenyang lebih lama sehingga gula darah jadi lebih stabil.

Diabetasol Powder Milk Diabetasol Powder Milk Vanila

Seluruh resep yang aku bagikan di sini, aku ambil dari website www.diabetasol.com. Selain terdapat resep masakan penderita diabetes. Kita juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter melalui fitur live chat di websitenya. Untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai diabetes, bisa langsung meluncur ke akun Instagram @diabetasol_id.

https://irraoctavia.com/

 

You Might Also Like

79 Replies to “Atur Pola Makan Dengan Resep Masakan Penderita Diabetes”

  1. Tetangga saya ada yang memiliki riwayat penyakit ini, suatu hari saya tanya mengapa dia mengganti nasi putihnya dengan ubi2an ternyata karena memiliki penyakit diabetes. Sejak saat itu selain olahraga saya juga mengatur pola makanan saya…

  2. Ria, resep kripik dan pudingnya sepertinya menarik bagi penderita diabetes. Namun sayangnya kripik dan pudingnya harus dimasak dengan dipanggang menggunakan oven. Padahal sebagian besar penderita diabetes di Indonesia masih dalam ekonomi menengah ke bawah, yang belum mampu memiliki oven. Apalagi pemanggangannya perlu waktu sampai 2-3 jam, tentu banyak sekali listrik/gas yang harus dipakai. 🙁

    Adakah cara masak lain bagi kripik dan puding ini yang tidak harus menggunakan oven dan tidak memerlukan energi berjam-jam?

  3. Ternyata konsumsi gula yang wajar setiap hari itu ga hanya dari takaran gula yang dikonsumsi bersama minuman saja ya?. Saya sudah memgurangi minum minuman manis tapi masih ga bisa lepas dari makanan yg mengandung tepung yg notabene mengandung gula juga hehe. Semoga kita bisa selalu jaga kesehatan ya

  4. Wahhh penasaran puding nasi merah gimana ya rasanya hehe. Caregiver emang berperan penting dalam menjaga kesehatan pasien diabet. Dan diabetasol juga kunci keberhasilan membantu kesehatan pola makan pasien.

  5. Puding nasi merahnya menarik untuk dicoba nih. Kreatif, yang makan juga jadi berasa ga sedang dibatasi karena diabetes. Sehat2 ya semuanya, yang sudah terlanjur kena tetap jalani pola hidup sehat dan minum diabetasol.

  6. Papa saya juga sempat ada diabetes karena hobi minum coca cola, sprite, dan kawan-kawannya. Sejak ketahuan itu stop minum-minuman bersoda dan lebih banyak minum air putih.

  7. Naksir yang pasta gurih dengan salmon hahaha, trnyata makanan rendah gula juga bisa enak2 ya mbak. Kita memang kudu pinter jaga kondisi, makan asupan sehat, diabeter ini salah satu yg paling mengerikan

  8. Wah es campur ini aku sukaaaa bangettt huhu. Mudah-mudahan aku ngga ada risiko kena diabetes hiks. Alhamdulillah ibu ayah ngga ada keturunan diabetes sih. Tp kalo pola makan ku kek gni teruss serem jg ya

  9. Di keluarga nggak ada yang punya riwayat diabetes sih, tapi ada juga yang kena bukan faktor keturunan kan ya. Emang harus bener-bener diingetin terus nih buat pola hidup sehat. Dan ternyata penderita diabetes masih bisa makan makanan enak ya, resepnya keliatan enak-enak tuh.

  10. om ku sampai pakai alat bantu dengar dan penglihatannya kabur, karena diabetes ini, setiap hari dia mengkonsumsi produk produk dari diabetasol ini menjaga pola makan dan olahraga. Alhamdulillah sudah 2 tahun ini gula darahnya stabil, g ada opname lagi di RS.

  11. Ternyata oh Ternyata dari muda memang harus jaga pola makan ya biar terhindar dari diabetes. Kalau udah kena berabe.

    Aku jadi penasaran sama keripik bit itu. Gak punya oven sih jadi gak bisa bikin.

  12. saya baru ngeh kalo asupan gula per hari yang disarankan itu termasuk asupan gula yang ada di seluruh makanan ternyata ya? apalagi saya hobi ngemil biskuit, kue, permen dll. camilan saya hampir semua mengandung karbohidrat sederhana. kayaknya harus mulai dikurangi nih ngemil2nya supaya kadar gula dalam tubuh tetap normal dan terjaga

  13. Langsung ingat Tante yang punya riwayat sama. Saat ini Tante sering konsumsi nasi merah, tapi sangat jarang buat resep tertentu pakai diabetasol. Baca ini, bisa jadi rekomendasi menu buat Tante juga.

  14. webinar nya berfaedah ya kak, dan baru tau juga kalau gaya hidup yang tidak sehat dapat mengakibatkan diabetes tipe 2 huhu. dan Diabetasol ada untuk menemani asupan makan ya, bisa diolah ke masakan.

    salut dengan Diabetasol yang punya program donasi tenaga medis. keren!

  15. Penyajian yang cukup unik dari Mbak Irra, karena ada resep masakan untuk penderita diabetes. Sebenarnya makanan ini tidak asing tapi memang karena tidak terbiasa ya mbak untuk mengkonsumsinya, jadi terlihat asing. Aku kok tertarik untuk memasak yang keripik bit itu.

  16. Bagus nih sharing nya tentang Diabetes, ada tentang berkenalan dengan Diabetes lalu tentang hari diabetes pada tanggal 14 November dan banyak lagi. bikin tambah tau dengan diabetes 🙂

  17. Diabetes memang penyakit tidak menular tapi dampaknya luar biasa untuk kesehatan, memang pencegahan harus dilakukan dini agar masih bisa mengantisipasinya

  18. Beberapa kali sempet khawatir karena ayah punya turunan diabetes. Cuman karena beliau jaga banget makanan dan minumannya yg masuk, jadi agak lega. Perlu banget kayaknya ni pakai diabetasol

  19. Aku nih peer utk jaga anakku since bapaknya ada riwayat DM, jadi dari sekarang aku udah setting standar manisnya dia tuh low aja lah, dan alhamdulillah sih dia gak terlalu suka yang manis-manis

    1. Kalau gak begitu suka gampang ngontrolnya ya. Kalau yang suka banget manis kaya aku sama anak-anak sulit banget. Tapi akupun berusaha sebisa mungkin untuk di kurang2in mkn manisnya. Takut juga kalau kena Diabet.

  20. Ternyata kuncinya ada di cargiver ya mba. Masya Allah, dulu sewaktu aku kecil, ibuku meninggal karena diabetes. Dan sekarang bapakku juga kena diabetes, hiks….
    Semoga kita semua diberikan kesehatan ya mba

  21. Ternyata diabet itu ada macem2 ya teh, aku baru tau.
    Aku juga ada turunan diabet dari alm. papa nih. Hampir semua keluarga papa mengalami diabet.
    Jadi aku harus banget cegah ya, dengan mengatur pola makan dan olah raga juga

  22. aku baru tau nih kalo diabetes itu ternyata punya beberapa macam yaa, terima kasih yaa info dan sharingnya nih, jadipengen beliin ini juga buat mama mertua aku

  23. bahasan yang menarik ngomongin soal diabetes. saya banyak diceritakan oleh teman-teman saya yang dokter kalau penyakit ini memang cukup berbahaya kalau tidak ditangani dengan baik. saudara saya ada yang orangtuanya terkena penyakit ini dna akhirnya dia harus bener-bener menjaga pola makan yang sehat dan dijaga banget menghindari makanan-makanan yang dpaat memicu diabetes

  24. Di keluarga kami yang kena diabet itu tante saya, kasian banget dulu, sampai diet gula dkk sampai lama, trus pas udah pensiun nggak bisa jalan, kakinya infeksi.

    Emang penderita diabet itu kudu lebih disiplin tentang masakan yang akan dikonsumsi ya 🙂

  25. walaupun masakannya yang mba share resepnya enak-enak, tetapi gula darah juga tetap terkontrol. jadi tetap happy makannya 🙂

  26. OOT dikit. Irra memang jago masak atau karena mama diabetes lalu jadi tertantang belajar masak, terutama yang khusus buat diabetisi? Puding nasi merah dan pasta salmonnya menggugah selera banget.

  27. Jadi ketagihan nyoba pasta gurih dengan salmonnya nih mba hehehe. beneran enak kayaknya. apalagi ayahku jg pinya turunan diabetes. thanks for sharing, resep2nya harus dicoba nih

  28. kupernah baca juga di salah satu artikel, bahwa penyakit diabet adalah penyakit yg berada di urutan pertama menjadi penyakit mematikan…makanya hrs dijaga nih pola makan,,,krn sakit gak pandang tua atau muda sih

  29. Ngomongin diabetes jadi keingetan almarhum bapak. Beliau diabetes di 5 tahun terakhir hidupnya. Bahkan meninggalnya, beliau karena stroke komplikasi diabetes. Gak cuma bapak, keluarga besar juga banyak yang menderita diabetes, termasuk teteh aku. Jadinya aku berisiko besar sama diabetes ini. Selain pola hidup sehat (olahraga, tidur, istirahat, dan juga management stres), aku mau gak mau harus ngatur pola makan. Terutama yang manis2. Kalo lagi pengen yang manis, aku sering nih konsumsi diabetasol. Kebetulan konselor dietku memang mereferensikan gula diabetasol nih buat aku makan yang manis-manis. Bia terhindar dari risiko diabetes.

  30. Duh jadi keidean pengen bikin pasta salmon nih buat anakku secara dia suka banget sama Salmon hehehhe, anakku ini ada turunan diabetes dari Bapaknya makanya ak rajin atur pola makan dan kurangin yang manis-manis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *