Bakso Cantika, Bakso Tulang Rusuk Yang Menggoda

Jadi, beberapa waktu lalu gak sengaja liat ini ditwitter.

Rame banget bahasan ini di jagat twitter, Bakso Tulang Rusuk dengan harga cukup murah. Bahkan dibandingkan dengan harga Bakso tulang rusuk paling terkenal di Bandung juga jauh.

Dari penampakannya kok ya menggiurkan sekali. Tulang rusuknya tumpeh-tumpeh. Lokasinyapun gak terlalu jauh (tapi sebenernya jauh sih) dari rumah. Niatnya pas tanggal 25 Desember mau nyobain. Tapi karena satu dan lain hal, barulah bisa nyicip hari minggu kemarin.

Baca juga: 5 Tempat Makan Favorit di Bandung ala #irrajajan!

Awalnya, kita kira tempat makannya ini jauh banget di daerah situ. Tapi ternyata perjalanan kemari cuma menghabiskan waktu sekitar 25 menit total mungkin karena jalanan lancar. Jaraknya juga lumayan, gak terlalu jauh gak terlalu dekat. Sekalian jalan-jalan.

Kalau ke sini tinggal ngikutin maps aja. Lokasinya sesuai tujuan, gak pake nyasar. Tempatnya tepat dipinggir jalan sebelah kiri kalau dari arah datang. Ada plang besar sebagai petunjuknya.

Kirain tempatnya kayak gimana, ternyata kita ada di halaman rumah yang punya. Mejanya pun hanya tersedia lesehan saja. Lumayan santai, bisa makan sambil selonjoran kaki.

Ternyata selain tulang rusuk Bakso Cantika juga menyediakan menu lainnya seperti tulang sum-sum. Harganya beneran murah lho! Karena tujuan utama kita membuktikan kenikmatan tulang rusuknya, maka pilihan kita jatuh pada baso+tulang.

Sambil menunggu bakso tulang disiapkan, Papi G mulai bantuin foto dokumentasi untuk postingan ini. Love you deh. Hihi.

Bisa dipesen pake grab dan bayar pake OVO juga lho!

Akhirnya yang ditunggu tiba! Bakso tulang! Wah, dari wanginya aja udah enak banget. Penampilannya sungguh menggoda. Standar bakso tulang ini dikasih 3 bakso dan 4 potong tulang iga, tanpa mie. Karena kita kelaperan sekali belum makan dari pagi, kita nambah mie yamien tanpa bakso deh satu.

Mau nangis gak sih liat porsinya yang buanyak gini. Gak sabar pengen makan! Sambil ambil foto, aku cobain rasa kuahnya. Ya ampun enak banget dong! Gak paham lagi deh ini gurihnya kuah kaldu sapi ada di sini.

Baca juga: Lomie Pangsit Ayam Enak di Bandung

Gurih kaldu sapinya gak terlalu kental dan bikin pusing kayak makan mie kocok yang di jalan Banteng, Bandung. Semuanya pas! Kayaknya ada campuran daun jeruk deh dikuahnya. Soalnya ada wangi jeruk yang bikin rasa kuahnya makin seger. Kuahnya enak gak perlu ditambah apapun. Aku makan kuah sampai habis tanpa ditambah sambal, saos, kecap bahkan cuka. Karena gak mau menghilangkan citarasanya itu loh! Khas banget.

Rasa senang makan kuahnya ini berlanjut sampai ke setiap gigitan baksonya. Kayaknya ini bakso buatan sendiri, karena rasanya enak banget dan gak kayak bakso di pasaran! Sayang sendok yang disediakan tipis banget. Jadi susah motong baksonya.

Mie yamiennya juga enak lho! Walau mie yang dipakainya mie telor instan yang gambar burung itu. Tapi paduan bumbunya enak banget. Termaafkan deh untuk pemilihan mie telornya. Harganya juga murah. Mie-nya aja tanpa bakso cuma Rp5.000 ajaaa.

Namun, rasa bahagia menikmati bakso tulang rusuk ini harus berhenti ketika kita nyobain tulangnya. Ya Allah beb! Tulang rusuknya keraaaass banget. Entah karena kelamaan difoto terus gak langsung dimakan atau emang ngegodoknya kurang lama. Pokoknya tulang rusuk yang diharapkan menjadi pelengkap hidangan bakso tulang ini sangat jauh dibawah ekspektasi.

Biasanya, kalau pesen apa-apa yang berhubungan sama tulang rusuk/iga, pasti dapetnya yang tulangnya copot-copot empuk gitu. Jadi gak mubazir walaupun cuma makan tulang iga. Beneran deh sayang banget. Kalau lagi pdkt jangan makan bakso tulang, soalnya gak bisa jaim! Kalau punya gigi rapuh juga, mendingan jangan deh. Soalnya keras dan suka nyelap-nyelap di gigi. Jadinya ku tersiksa. Huhu.

Sungguhlah tulang rusuknya failed. Sorry. Gak bisa diperbaiki walau kuah dan baksonya enak! Entah lagi apes atau karena si tulang rusuk ini gak digodog terus atau kurang lama ngegodognya atau karena gak langsung dimakan atau gak pake presto pas buatnya dan atau atau alasan lainnya, yang pasti hatiku hancur. Huhu.

Papi G sempet nanya:

“Nanti mau ke sini lagi gak?”

“Mau sih, soalnya aku suka banget sama kuahnya. Tapi kayaknya jangan pesen bakso tulang lagi deh. Mending yang biasa aja”

“Setuju!”

Yaa gimana dong, rasa daging iganya nyelip masih kerasa digigi. Huhu.

Baca juga: Mie Bakso Miskam

***

Well, kalau penasaran boleh cobain siapa tau tulang rusuknya lebih empuk dan kita aja yang lagi apes. Hehe. Lokasinya di Jl.Katapang, Andir. Di google maps ada kok, tapi lokasinya yang daerah Katapang/Rancamanyar ya! Soalnya ada juga Bakso Cantika di Soreang.

Update!

Jadi, setelah postingan ini di post. Banyak komentar yang masuk terutama dari yang udah langganan banget datang ke sini. Mereka menyarankan:

  1. Datang jam 12 teng biar kebagian tulang rusuk
  2. Mintalah tulang rusuk jangan tulang iga
  3. Bakso pedasnya mantap!

Karena penasaran minggu lalu kita ke sini lagi (13 Januari 2018), dengan syarat yang diatas. Datang jam 12 teng, minta rusuk. Kita datang jam 12 kurang kayaknya, ibunya aja lagi sapu-sapu. Masih beres-beres. Kayaknya kita pelanggan pertama deh. Langsung pesen tulang rusuk, tapi kata ibunya tulangnya dicampur sama iga. Ngg.. beklah oke aja, mau ngebandingin ada perbedaan apa.

Aku pesan bakso pedas. Hmm.. kebayang isiannya cabe semua.

Makananpun datang dan taraaa!

Ini tulang iga juga. Gak ada rusuknya. Haha. Tapiiii, yang ini lebih empuk dari sebelumnya. Walau gak empuk-empuk banget, tapi masih bisa dimakan. Sebelumnya kan gak bisa.

Untuk bakso pedasnya ternyata diluar ekspektasi.

Kirain bakso isi daging cincang plus cabe. Ternyata baksonya sendiri udah dicampur cabe rawit. Mantap!

Rasa bakso pedasnya enak banget. Pedas dan seger. Kuahnya tetap favorit dicampur minyak cabe dari bakso pedasnya bikin makin seger. Bakso Cantika ini tetap jadi idola untuk saat ini.

Adios!

You Might Also Like

44 Replies to “Bakso Cantika, Bakso Tulang Rusuk Yang Menggoda”

    1. Bikin ngiler banget Bang! Harganya juga bersahabat banget. Tapi sayang tulang rusuknya masih keras. Padahal enak bangeeeet… aduh..

    1. Enaaak… lebih enak. Tapi rusuknya masih keras. Dapet info katanya kalau mau ke sini jam 12 teng! Rusuk empuknya banyak..

    1. Enak seger banget teeehhh!! Aku aja pengen lagi. Katanya harus dateng jam 12 teng biar kebagian rusuk yang empuk!

  1. tapi tetep aja harganya bikin melongo.apalagi porsi segitu gede. walo rusuknya keras, ttp murah kebangetan :). kmrn aku makan bakso rusuk di salah satu restobyg udh terkenal di jakarta. enak banget memang, tapi seporsi 58rb wkwkwkwkw. ga mungkin aku bisa nemuin hrs di kisaran 20 rb kyk di atas :p

    1. Itu aku lagi apes mbak kebagian yang keras. Katanya kalai mau dateng ke sini harus jam 12-an teng! Biar kebagian tulang rusuk yang empuk..

    1. Andirnya Andir Katapang bukan? Soalnya ini di Andir Katapang yang Rancamanyar situ..

      iya euy, tulang rusuknya zonk. Tapi katanya ada jam jamnya gitu. Biasanya jam 12 tulang rusuk empuk tersedia. Ntar coba lagi ah ke sini pas jam 12 teng! Haha

  2. Bakso pedesnya beneran beda ya. Baru lihat bakso berwarna warni pakai cabe gitu ngadonannya ya hehehe… kapan kapan ke Rancamanyar mesti coba nih. Ngontak2 dulu urang Bandung sekalian reunian ah

  3. aduh liat fotonya mba goda banget ini jadi kepengen tapi sayang yang tulangnya ga bisa kemakan wkwkwk kayaknya ga lama godok kali mba soalnya kalau aku masak sop iga kalau godok sebentar bisa dipastikana anak dan suami seperti ngunyah sendal jepit wkwkwk

  4. Pas hujan-hujan gini lagi ada tulisan plus foto-foto menggiurkan tentang bakso cantika… langsung deh kepingin bakso… itu yang pentol bakso isinya cabe bagaimana pedasnya yaa…kutak sanggup..

  5. bakso pedasnya bikin ngiler banget, kalo bakso rusuknya atau iganya sebenernya suka tapi kalo sekali baca review ada yang gak sesuai ekspetasi biasanya aq malas nyobain daripada rugi, hihihihi

  6. Kalau makan iga memang kuncinya di kelembutan tekstur. Kalau masih keras, jadi kayak berantem sama gigi hehehe. Tapi, harga segitu termasuk murah, ya. Kayaknya kalau di dekat rumah saya, seporsi bakso iga bisa di atas Rp40 ribu. Makanya rada mikir kalau mau makan bakso iga sering-sering hehe

  7. Duilah mbaaa aku sampe nelen ludah bacany. Hayo tanggung jawab!!! Kepengn nih aku. Huhuhu….
    Untuk udah selesai pdktnya jadi bebasss mau makan dengan ekspresi sejelek apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *