Flash Blogging: 4 Tahun Indonesia Kreatif

Hari ini, saya berkesempatan mengikuti kegiatan Flash Blogging dengan tema 4 Tahun Indonesia Kreatif yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO). Bertempat di Hotel Aryaduta Bandung, acara dimulai pukul 09.00 dan dibuka oleh Ibu Siti Meiningsih selaku Direktur Pengelolaan Media KOMINFO. Ibu Siti bercerita tentang proyeksi Ekonomi Kreatif di Indonesia, contohnya pada Industri Aplikasi yang berupa pembuatan Games, IoT, dll memiliki proyeksi sebesar 130 Milyar USD atau sekitar 1,37 Triliyun Rupiah. Besar banget ya? Ini baru dari satu industri, gimana dengan industri lainnya? Ekonomi kreatif ini memiliki potensi yang besar ya!

Indonesia merupakan negara pengguna internet peringkat ke-4 dari seluruh dunia. Dengan pesatnya teknologi saat ini, media sosial diharapkan bisa menjadi wadah kreatifitas bagi generasi millenial. Dengan mengusung tema 4 Tahun Indonesia Kreatif, anak muda bisa menjadi lebih kreatif, optimis, religius dan menjadi pengguna media sosial yang bertanggung jawab. Ibu Siti juga berharap generasi millenial dapat menjadi Gen Posting atau Generasi Positif Thinking.

Pembicara kedua diisi oleh Bapak Andoko Darta sebagai Staf Ahli Komunikasi Presiden. Bercerita mengenai anak muda yang terbagi menjadi beberapa kategori, diantaranya:

1. Kreator

Anak muda ini berperan dalam menciptakan sesuatu, pemilik startup masuk dalam kategori ini. Blogger, konten creator, penulis, merupakan bagian dari kreator.

2. Peduli

Tipe anak muda peduli adalah yang selalu ingin menolong orang dan menjadikan suatu daerah menjadi lebih baik lagi

3. Orang biasa

Yang termasuk kedalam kategori ini adalah para pekerja yang hanya ingin bekerja saja. Pak Andoko bercerita kalau Bapak Jokowi merupakan orang biasa yang melakukan hal yang luar biasa. Maka beliau berpesan, jadilah orang biasa yang bisa melakukan hal yang luar biasa.

4. Pahlawan

Anak muda yang termasuk dalam golongan ini adalah atlet yang berjuang dalam olahraga demi mendapatkan emas. Contohnya atlet yang turun mengharumkan nama bangsa ketika gelaran Asian Games 2018

5. Cendikiawan

Anak muda yang senang belajar. Tidak pernah berhenti belajar dan terus semangat dalam meraih pendidikan setinggi mungkin.

6. Eksplorer

Anak muda yang senang berpetualang masuk ke dalam kategori ini.

Bapak Andoko juga menampilkan video yang dibuat oleh generasi kreatif Indonesia yang menceritakan tentang kemajuan pemerintah dalam membangun Indonesia, disertai data yang valid.

Flash blogging ini cukup menantang ya! Dengan waktu yang singkat kita harus menerbitkan tulisan mengenai kegiatan hari ini. Setelah baca tulisan diatas, kamu termasuk ke dalam kategori yang mana?

You Might Also Like

21 Replies to “Flash Blogging: 4 Tahun Indonesia Kreatif”

  1. Btw dapat hadiah payung presiden gak nih? Hehehe…
    Waktu saya ikut acara sejenis, yang aktif bertanya dan interaksi oleh Pak Handoko dikasih hadiah payung presiden lho 🙂

  2. Wah anak muda sekarang emang harus kreatif ya mb biar gk ketinggalan & produktif karena persaingan ketat.aku klo masih muda mngkn msk k golongan cendekiawansayang udh tua

  3. Saya masih tergolong anak muda gak, ya? Hihihi. Saya kurang bisa flash blogging sepertinya. Waktu itu pernah ditantang menulis cepat, malah jadinya ngeblank hahaha – Myra –

  4. Wahh beneran Indonesia merupakan negara pengguna internet peringkat ke-4 dari seluruh dunia mba? Bangga dan khawatir ya..ehehe. Bangga jika peringkat 4 ini balance dgn lahirnya industri atau produk kreatif2 dari para generasi milenial. Khawatir nya adalah makin harus siaga terhadap anak-kita yg masih usia golden age akan pengaruh gadget

  5. Aku belum pernah ikutan flash blogging, kyknya seru yaaaa 😀
    Wow banget ya pengguna inet di Indonesia sampai masuk peringkat keempat. Moga diikuti dengan hal2 positif lainnya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *