Pengalaman Berkunjung ke Kampoeng Sawah Bandung

Halo! Siapa yang waktu akhir pekannya suka dihabiskan dengan keluarga besar? Cung! Keluarga Momi termasuk yang selalu menjaga silaturahmi dengan saudara. Karena waktu dan kesibukan masing-masing yang berbeda-beda jadilah kita mewajibkan untuk Arisan setiap bulannya. Nominalnya sebenarnya kecil, pesertanya banyak banget! Terkadang harus sabar sampai 2 tahun lamanya sampai kebagian menang. Tapi prinsi dari arisan keluarga ini bukan nominal yang dikejar, tetapi silaturahminya, karena kalau gak gitu bakalan susah kumpul kecuali lebaran.

Baca juga: Waroeng Steak n Shake Konsep Baru Yang Kekinian

Nah, kebetulan beberapa waktu yang lalu Momi kebagian menyediakan tempat untuk arisan keluarga. Sudah menjadi tradisi yang menang bulan lalu yang harus menyiapkan tempat untuk arisan bulan depannya. Keluarga dari Mama ini termasuk keluarga besar, mereka sepuluh bersaudara dan Mama anak ke-7. Bayangkan! Banyak banget kan? Ditambah sepupu dan keponakan-keponakan. Wah, kalau lebaran gak pernah sepi deh. Tapi yang tinggal di Bandung hanya setengahnya, walau begitu yang setengahnya ini juga cukup ramai karena uwa-uwa udah pada punya anak dan cucu. Ramailah sudah.

Sebenarnya arisan bisa saja digelar di rumah. Cumaaa semenjak tahun 2017 ada banyak acara yang menyangkut keluargaku, seperti persiapan pernikahanku ditambah awal 2018 sakit Mama makin parah, jadi kita sering banget kumpul di rumah. Gak terhitung deh arisan di rumah udah sesering apa walaupun belum kebagian menang. Jadi, keluarga pada request buat arisan di luar. Cari suasana baru gitu. Bosen. Yasud..

Baca juga: Weekend Escape, Dapoernya Paberik

Awalnya Pap Ihin merekomendasikan tempat di Ciwidey, tapi kok gak kebayang ya di mananya soalnya memang jarang banget ke Ciwidey. Sampai akhirnya cari-cari info ketemu deh tempat ini, Kampoeng Sawah.

Dari gambar di google sih kok kayaknya seru ya tempatnya, ada waterboomnya juga. Anak-anak pasti suka main air dulu. Pas diumumkan respon keluargapun senang!

Kampoeng Sawah ini beralamatkan di Jl. Gandasari No. 152, Cangkuang, Soreang, Kab. Banding. Kampoeng Sawah terdiri dari banyak Joglo untuk tempat makan lesehannya. Kitapun bisa memilih joglo-nya sesuai dengan jumlah pengunjung yang datang. Karena waktu itu jumlah keluarga yang hadir sekitar 30 orang, maka kita pilih joglo yang paling besar. Konsepnya unik! Hampir semua joglo terbuat dari kayu dan bambu, ditempatkan tepat diatas kolam ikan. Anak-anak makin senang bisa makan sambil ngasih makan ikan. Gak usah khawatir takut rubuh walau banyak orang, karena struktur bangunan joglo-nya ini kokoh banget!

Untuk acara besar gini, kita memilih menu nasi timbel komplit. Sengaja udah dialasin dari sananya biar tinggal ambil aja tanpa khawatir ada yang kekurangan.

Penataan menunya sunda banget, dengan alas piring kayu yang dilapisi daun pisang, diatasnya sudah terisi penuh dengan ayam, sayur asem, tahu, tempe, ikan asin jambal roti, sambal terasi, lalapan dan nasi timbel. Hmm.. nikmat sekali. Ayamnya enak, walau sayur asemnya agak kemanisan menurutku, tapi tertolong dengan ikan asin jambal roti yang aduhay nikmat sekali dimakan cocol sambal. Bikin lauk yang lain jadi dianggurin. Haha.

Sepaket nasi timbel komplit
Jangan lupa! Karedok!

Untuk harganya cukup standar. Seporsi Nasi Timbel Komplit ini seharga Rp 36.000. Harganya sesuai dengan isi makanannya, banyak banget. Untuk karedok harganya Rp 13.500.

Walau hari Minggu kemarin ketika kita datang pas lagi ada acara nikahan. Tapi itu semua tidak mengganggu acara kita sama sekali, karena ada area khusus tamu kondangan yang gak bercampur dengan tamu yang datang. Suasananya semakin meriah dengan diiringi musik khas kondangan, kayaknya kalau hari biasa bakalan diputerin suara suling kayak di sawah gitu deh.

Kunjungan ke Kampoeng Sawah ini menyimpan kesan tersendiri. Suasanya cukup nyaman untuk melupakan kepenatan rutinitas sejenak, sambil bercengkrama dengan keluarga besar yang cuma ketemu sebulan sekali. Silaturahmi-pun terus berlanjut. Hmm.. penasaran bulan depan acaranya di mana lagi yaaa..

Baca juga: 5 Tempat Makan Favorit di Bandung ala #irrajajan!

PS: Oiya, diawal disebutkan kalau di sini ada Waterboom. Waterboomnya itu terletak disebelahnya persis, hanya saja agak tertutup. Jadi yang punya tiket aja yang boleh masuk ke dalam. Waterboom-nya tidak terlalu luas, cukup untuk menyenangkan buah hati dalam mengisi waktu liburannya. Kampoeng Sawah jadi tempat rekreasi yang komplit!

You Might Also Like

25 Replies to “Pengalaman Berkunjung ke Kampoeng Sawah Bandung”

  1. bandung selalu deh memberikan tempat liburan baru, aq baru tahu ini mbak kampung sawah, makanannya ala sunda gitu yah, favorit emang kalau ke bandung makanan seperti itu. datang kesini sama keluarga besar emang paling cocok deh bisa lesehan makannya jadi buat yang punya anak balita atau bayi juga makannya bisa lebih santai sih kalau menurut aq, karena kalo lesehan anak-anak gak bisa kemana-mana karena ruang geraknya terbatas. hihihi

  2. seruu banget keluarga besar yaa. baca ini tengah malem adalah sebuah kesalahan..kan jadi laperrr huhu hehe. kalo ke bandung mampir sana ah. thanks rekomendasinya!

  3. sama mba akupun di keluarga suami ada arisan yang nominalnya ga seberapa cuman yg penting silaturahminya menangnya juga sma 2 th wkwkk terakhir aku dpt y 2018 cuman biasanya kami sih arisannya di rumah

    dan untuk yang pergi keluar ada iuran sendiri tiap bulannya jadi nti selesei arisan bisa rayain dimana gitu mba

    btw aku baru tau kampoeng sawah lumayan jauh euy di Soreang soalna harga timbel komplit jg murah y mb 36k jd pengen kesini

    1. Iya kita juga biasanya di rumah, sekali puteran bisa 2 tahun. Cuma pada pengen suasana baru. Hampir semenjak mama sakit 5 tahun terakhir ini bikin keluarga gak bisa kemana-mana. Ya sekali-kali gak papa. Hehe.

  4. Duuh aku jadi bayangin makan gurame bakar pakai sambel trasi dan nasi panas sambil duduk di salah satu saungnya itu. Setelah kenyang terus numpang bobo siang sekalian di situ hahhaa

  5. Kupikir tadinya ada sawah2nya hehe ternyata kemungkiina dikasi nama Kampung Sawah krn joglo2nya dna suasananya itu kali ya? Cukup luas jg ya mbak lokasinya, sampai bisa dipakai buat pesta2 gtu, bahkan pesta pernikahan. Ada waterbomnya pula, anak2 pasti happy diajakin rennag lalu makan di sana 😀

  6. Nuansa alam banget yh Mba. Cocok buat teman-temen yang di tinggal di hiruk pikuk kehidupan dan keramaian kota. Wajib mampir ke tempat ini. Sesekali buat nenangin Fikiran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *