Rencanaku Menghadapi 2019! Sudah Siap?

Tahun baru tinggal menghitung minggu nih. Kalau ditanya 2019 mau ngapain, suka bingung jawabnya. Sebenernya ada beberapa rencana yang mau dilakukan ditahun depan. Gini-gini suka banget ngayal merencanakan kehidupan sedemikian rupa, realisasinya yaaaa mirip-mirip lah. Sebenernya merencanakan sesuatu ini berpengaruh ke budgeting juga. Sebagai mamak-mamak pelit hemat, perencanaan itu penting! Walau sebenernya Aku termasuk orang yang gak stick to the plan banget yang kalaupun sudah direncanakan dari sekarang, biasanya dipertengahan jalan suka berubah sesuai kondisi. Susah memang jadi Libra, gampang berubah pendiriannya. Huft.

Baca juga: Irra dan Libra. Melihat karakter seseorang dari zodiaknya.

Penasaran gak sama rencana tahun 2019 yang lagi disusun dari sekarang? Siapa tahu kan jadi inspirasi bagi kalian yang ingin tahun barunya diisi dengan lembaran baru yang lebih berfaedah. Walau sebenernya punyaku juga gak faedah-faedah banget.

1. Traveling

Fix sudaaah setelah lahiran dibulan Maret, sepanjang 2018 berasa kurang bisa banget menikmati hidup. Perubahan dari terbiasa hidup single and free, lalu bersuami dan langsung hamil kemudian tiba-tiba lahiran sempet bikin shock. Bagaimana tidak, diotak udah punya rencana mau pacaran halal dulu bareng Papi G. Eh tau-tau hamil. Honeymoon ke Gili harus dinikmati sambil bedrest. Niatnya mau snorkling, sepedahan keliling pulau, menyelam, harus dikubur dalam-dalam karena gak bisa ‘motah’, aktif dan kecapean dikit, ngeflek. Alhasil kita diem aja di kamar gak kemana-mana. Diem dipulau kecil yang harusnya dinikmati wisata lautnya bikin serba bingung. Sedih.. liburan 4 hari 3 malam harus berakhir dikasur hotel.

Tak bisa snorkling, ku memilih tiduran aja di pinggir pantai.

Lanjut habis lahiran, pas usia baby Kippo 3 bulan diajak ke Pangandaran pas habis lebaran. Perjalanan 12 jam dilalui, pas sampai pantai penuh padat sama orang. Aduh! Lagi-lagi gagal liburan.

Si anak bayi kecil mungil

Makanya selama 2018 ini kurang menikmati hidup banget. Punya bayi kecil yang memaksa kita diem di rumah aja karena takut kenapa-kenapa, giliran pergi eh zonk itu bikin mamak kurang piknik. Jadi, rencana yang bakal dilakuin pertama kali di tahun 2019 adalah liburan!!

2. Menyelesaikan Thesis yang tertunda

Yup! Salah sendiri sih ini, waktu masih bebas bukannya diselesaikan malah males-malesan aja gak dikerjain. Giliran sekarang udah deket deadline baru deh otak ini bekerja super keras berusaha menyelesaikan itu semua. Banyak faktor-faktor yang kurang mendukung untuk segera menyelesaikan thesis. Diantaranya: punya bayi. Dunia bener-bener tercurahkan hanya untuk bayi. Yang lain nanti dulu deh. Sampai akhirnya udah telat dan harus lulus tahun depan kalau gak DO. Sayang juga kan. #2019kuduberes

3. Menciptakan suasana rumah yang lebih positif

Alhamdulillah akhir tahun 2018 dapat rejeki untuk membangun rumah buat baby Kippo. Gak besar dan bukan rumah impian yang ada di lingkungan impian juga, walau begitu tetap disyukuri. Mau bikin ala-ala scandinavian biar nyaman dan menghadirkan suasana yang lebih positif tapi kebentur sama budget. Yaaa namanya juga rejeki dadakan, cukup buat dibangun rumah aja syukur. Semoga cepat selesai ya rumahnya.

4. Membuka kedai sendiri

Kalau ini sih titipan dari Pap Ihin dan teman-teman sekalian, sudah dari kapan tahu nyuruh buka tempat makan. Jual dimsum atau kue balok. Yang penting bisa dipakai nongkrong anak muda. Semoga saja tahun depan udah bisa buka ya ini kedai. Amiin..

5. Menabung untuk pendidikan Baby Kippo!

Ini gatau ya masuknya ke things to do atau bukan. Tapi tahun 2019 ini sudah mau fokus menyiapkan tabungan pendidikan buat baby Kippo. Melihat dulu ketika Aku mau sekolah/kuliah orang tua tidak terlihat kesulitan mengeluarkan biaya untuk pendidikanku, walau berasal dari keluarga yang biasa aja, aku tahu mereka punya tabungan pendidikan untuk anak-anaknya, sehingga membuat Aku harus mengikuti jejak mereka.

Ingin memasukkan anakku ke sekolah terbaik di Bandung memotivasiku untuk menabung dari sekarang. Ingat istilah sedikit-sedikit jadi bukit? Ibuku selalu mengajari itu. Keluar sedikit sekarang lama-lama bisa jadi banyak!

***

Sekiranya itulah kelima hal yang ingin dilakukan di tahun 2019. Semoga masuk kedalam kategori berfaedah yaa! Kalau kalian suka merencanakan apa buat tahun depan?

You Might Also Like

One Reply to “Rencanaku Menghadapi 2019! Sudah Siap?”

  1. Yang nomor 5 penting banget tuh mba, lebih baik emang sejak lahir direncanakan, jadi lebih ringan.
    Biaya pendidikan zaman now seram2 deh hiks.

    Btw, semangat untuk nomor 2 mba, keren banget deh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *