Tips Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Rambut rontok udah jadi masalah, ditambah rambut diwarnai? Disasterrrrrr!!

Jadi ceritanya beberapa waktu lalu aku kepengen banget cat rambut sendiri, secara udah bosen banget diem #dirumahaja, gak boleh ke salon dan suami juga lagi work from home jadi kepikiranlah ide untuk mewarnai rambut sendiri dengan menggunakan tenaga suami.

Aku udah beli cat rambut dari lama, belum dipakai karena saat itu aku masih menyusui. Sekarangpun masih hanya saja intensitas menyusuinya mulai berkurang (anakku lagi belajar disapih). Cat warna yang aku beli merk Miranda, cat warna dengan harga murah meriah. Karena rambut dengan warna Ash Grey lagi happening (2 tahun kemarin) dan aku masih penasaran jadilah aku beli warna Ash Blonde, dengan hasil akhir ke abu-abuan. Gak lupa juga aku bleaching rambut sebelum di cat supaya warnanya keluar.

Baca yang ini juga yuk!

Emang dasar bukan profesional, suami bleaching rambutku cuma numpuk di ubun-ubun. Alhasil bagian atas kepala putih karena bleaching yang sempurna, sedangkan bagian bawah masih agak gelap. Singkat cerita proses bleaching berlangsung dengan gagal dan penuh gelak tawa karena hasilnya yang aneh. Tapi gak masalah toh aku kan berkerudung, yang akan lihat keanehan rambutku ya cuma dia.

Kemudian masuklah ke proses pewarnaan. Agak degdegan karena takut semakin gagal dan warnanya gak keluar. Ternyata setelah menunggu proses pewarnaan, warnanya keluar dengan sangat cantik. Yaa walau warna greynya keluar banget hanya dibagian rambut yang dibleaching dengan sempurna, sisanya hanya berubah jadi warna coklat gelap yang cantik.

Nah, sekitar seminggu setelah aku cat rambut ternyata warna rambutku mulai berubah. Sebelumnya aku pernah baca kalau pakai cat rambut Miranda yang Ash Blonde ini warnanya gak akan awet, lama kelamaan akan luntur dan jadi berwarna kuning. Dan itulah yang terjadi. Rambutku berubah warna jadi kuning. Udah gak ada lagi warna cokelat cantik dan ash grey yang aku idamkan selama ini.

Sampai saat ini warna rambutku semakin memudar padahal waktu pengecatan rambut belum ada sebulan. Mungkin baru sekitar 3 minggu sampai aku buat tulisan ini.

Nah, buat kalian yang pernasaran pengen coba bleaching dan mewarnai rambut dengan Miranda, aku mau kasih tips yang berguna.

  • 1. Ketika proses bleaching usahakan mulai dari bawah baru naik keatas, tekstur bleaching Miranda ini agak sedikit aneh. Dia cepat sekali keringnya dan bikin rambut kusut banget. Prosesnya juga maksimal 45 menit, jangan kelebihan nanti rambutnya makin rusak.
  • 2. Menurutku bleaching dengan rambut basah kurang efektif. Aku 2 kali belaching, saat rambut kering (bikin rambut kusut) dan saat rambut basah. Rambut basah ini memang memudahkan pengaplikasian bleachingnya. Hanya saja proses bleaching jadi kurang dan warnanya gak luntur sebanyak proses bleaching dengan kondisi rambut kering.

Tips! Basahi rambut sedikit atau bisa disemprot sampai rambut lembab. Jangan terlalu basah ataupun kering.

  • 3. Rambut yang diwarnai ketika dibilas akan super kusut dan kering. Untuk yang baru pertama kali cat rambut sendiri akan bete kayak aku.
  • 4. Perhatikan cara mengaplikasikan cat rambut dengan benar. Ada 2 cara untuk mengaplikasikan cat rambut.
  • a. Yang pertama, cat rambut setelah bleaching seperti biasa, bilas dengan air mengalir dan conditioner yang banyak.
  • b. Sedangkan cara kedua kalian bisa campurkan semua bahan ditambah shampoo dan conditioner supaya lembut. Oleskan secara merata dengan perlahan, jangan digosok karena ada shampoo-nya, nanti berbusa. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas.
  • 5. Rambut yang diwarnai akan tetap kusut sih pada akhirnya mau pakai cara a atau b sekalipun. Makanya setiap kali keramas jangn lupa untuk mengaplikasikan conditioner supaya rambut lembut dan gak kusut serta kering.
  • 6. Lakukan perawatan rambut seminggu sekali agar rambut tetap sehat walau diwarnai.

***

Oke, permasalahan rambutku selain rontok sekarang nambah jadi kering dan kusut. Tapi cuma sebatas itu kok, sejauh mata memandang gak ada rambut bercabang dan kering dibagian bawah. Malah terliha sehat dan cantik. Efek sering melakukan perawatan rambut dan gak ketinggalan conditioner kayaknya.

Tips ini dibuat supaya yang baru mau mewarnai rambut bisa paham sama kondisi rambutnya setelah diwarnai. Selamat mencoba!

You Might Also Like

2 Replies to “Tips Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *