5 Cara Mudah Memutihkan Gigi Menggunakan Bahan Dapur

CARA MEMUTIHKAN GIGI DENGAN CARA ALAMI

Memiliki gigi putih bersih dan sehat merupakan keinginan semua orang. Namun, semakin bertambahnya usia warna putih alami pada gigi akan semakin berkurang. Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan kita dalam merawat gigi.

Faktor Penyebab Gigi Kuning

  1. Merokok

Merokok merupakan salah satu faktor yang dapat menghilangkan warna putih pada gigi. Nikotin pada rokok dapat menyebabkan gigi menguning.

  1. Kopi

Siapa yang suka jajan kopi kekinian? Jangan lupa untuk merawat giginya agar tetap putih dan sehat. Kafein yang tinggi pada kopi dapat membuat gigi menjadi kuning, apalagi kalau kebiasaan ngopinya berlebihan. Bisa-bisa gigi menjadi hitam.

  1. Alkohol

Kebiasaan meminum alkohol juga dapat membuat gigi menjadi kuning. Oleh karena itu kurangi atau baiknya hindari meminum minuman beralkohol karena alkohol memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

  1. Jarang Menyikat Gigi

Faktor yang paling sering terjadi adalah jarangnya menyikat gigi. Sikat gigilah secara rutin sebanyak dua kali sehari agar gigi tetap sehat.

Baca juga:

7 Cara Sederhana Mengatasi Bau Mulut

Atur Pola Makan Dengan Resep Masakan Penderita Diabetes

Cara memutihkan gigi
Sumber: Unsplash

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Apabila terlanjur memiliki gigi kuning, baiknya mengikuti beberapa tips yang akan aku bagikan mengenai cara mudah memutihkan gigi secara alami, mudah dan murah menggunkan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

  1. Daun Sirih

Pernah gak terfikirkan kalau orang tua zaman dulu giginya bagus-bagus? Salah satu adiknya nenek memberikan sedikit tips mengapa giginya masih tetap kuat diusianya yang telah lanjut.

Ternyata, daun sirih adalah jawabannya. Mungkin zaman sekarang sudah jarang melihat orang mengunyah daun sirih. Terakhir lihat ketka mengunjungi kerabat di perdesaan. Daun sirih dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut karena memiliki antiseptik alami serta dapat membantu untuk memutihkan gigi.

Caranya cukup mudah, ambil 2-3 lembar daun sirih dan gosokkan dengan seksama atau bisa juga dengan dikunyah. Cukup mudah bukan?

  1. Kulit Jeruk

Siapa yang suka makan buah jeruk? Simpan kulitnya ya!

Buah jeruk merupakan buah yang umum dan mudah didapatkan Di Indonesia. Buah dengan rasa yang segar dan mengandung banyak air ini selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi ternyata kulitnya juga memiliki fungsi untuk mencerahkan gigi loh!

Caranya dengan membuat pasta dari bubuk kulit jeruk yang telah dikeringkan kemudian blender sampai halus. Bubuk kulit jeruk dicampur dengan air secukupnya kemudian olehkan pasta kuklit jeruk ke gigi dan diamkan selama 3 menit. Lalu berkumur dengan menggunakan air hangat.

Lakukan tips ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Kunyit mengandung zat antiinflamasi, antipksida, dan juga anti mikroba. Kandungan tersebut efektif dalam mengobati permasalahan pada gigi.

Cara memutihkan gigi dengan kunyit cukup mudah. Kalian tinggal gosokkan bubuk kunyit ke gigi kemudian bilas dengan air bersih. Dilanjutkan dengan sikat gigi seperti biasa.

  1. Garam Dan Lemon

Pernah mendengar perpaudan garam dan lemon sebagai salah satu cara untuk memutihkan gigi? Ya, garam dan lemon merupkaan perpaduan ampuh yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

cara memutihkan gigi menggunakan lemon dan garam
Sumber: Unsplash

Garam mengandung eksfoliator alami yang dapat digunakan untuk mengikis noda pada gigi. Sedangkan lemon mengandung asam yang dapay melunturkan noda pada lapisan enamel.

Caranya sebagai berikut, campur satu sendok the garam dengan beberapa tetesan air lemon. Kemudian gosokkan campuran tersebut pada gigi dna diamkan selama beberapa menit. Kemudian berkumur dengan menggunakan air hangat.

  1. Siwak

Siwak merupakan salah satu sunnah rosul yang terntata dapat membantu memutihkan gigi. Siwak adalah dahan atau bagian dari pohon siwak yang digunakan unruk membersihkan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan siwak adalah sebagai berikut, gunakan siwak yang memiliki tekstur lembut. Haluskan siwak hingga menjadi bubuk kemudian campurkan bubuk siwak dengan sedikit air lalu oleskan pada gigi. Diamkan selama 5 menit kemudian bersihkan dengan berkumur.

Perawatan menggunakan siwak dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca juga:

10 Jenis Sayuran Dan Buah Bagi Kesehatan Jantung Kita

***

Itulah kelima cara memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami sceraa ampuh, mudah dan hemat. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Kalau punya tips memutihkan gigi dengan cara alami, boleh share di kolom komentar ya!

https://irraoctavia.com/

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *