6 Jenis Kaktus dan Sukulen Yang Cocok Untuk Pemula

6 jenis kaktus dan sukulen untuk pemula

Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang sedang digemari saat ini. Semenjak pandemi, banyak teman terdekatku yang menemukan hobi baru salah satunya berkebun. Aku juga termasuk salah satu orang yang lagi keranjingan banget berkebun. Mulai dari hidroponik hingga sekarang merambah ke tanaman hias.

Jika beberapa waktu lalu ketika berkunjung ke rumah nenek atau orang tua kemudian melihat tanaman hias di pekarangan rumah masih dengan perasaan biasa saja. Kali ini justru malah pengen boyong semua potnya untuk menghiasi kebun kecilku.

Selain tanaman hias yang biasa ada di pekarangan rumah, aku juga lagi seneng banget sama yang namanya kaktus dan sukulen. Rasanya tuh rumah jadi cantik banget kalau punya tanaman kaktus sukulen. Tanaman ini bisa disimpan di dalam maupun di luar ruangan berdasarkan jenisnya, yang pasti tanaman hias ini wajib terkena sinar matahari.

Namun ternyata ada perbedaan antara kaktus dan tanaman sukulen, selama ini aku menganggap kedua tanaman ini sama, ternyata berbeda loh.

Perbedaan Kaktus dan Sukulen

Kaktus dan sukulen merupakan dua jenis tanaman yang berbeda. Sukulen bukan merupakan nama sebuah family tumbuhan, sedangkan kaktus adalah nama family tumbuhan.

Sukulen merupakan istilah untuk tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya. Jika dilihat secara fisik sukulen memiliki kelopak seperti daun. Sementara, kaktus mengganti  jaringan daun kedalam bentuk duri.

Sehingga dapat disimpulkan jika semua kaktus adalah tanaman sukulen. Namun tidak semua sukulen adalah kaktus. Kaktus memiliki duri sedangkan sukulen tidak.

Jenis Kaktus dan Sukulen

Ada banyak jenis kaktus dan sukulen yang banyak diminati untuk menjadi tanaman hias, diantaranya:

1. Kaktus Koboi

kaktus koboi
Sumber: Pinterest

Kaktus koboi atau nama latinnya cereus peruvianus merupakan jenis kaktus yang paling banyak diminati karena memiliki bentuk yang unik. Bentuknya yang simple, memajang vertikal, namun ada juga yang memiliki cabang. Kaktus jenis ini cocok ditanam di tanah yang kering. Selain dapat disimpan di outdoor, kaktus koboi juga dapat bertahan di dalam ruangan.

Cara merawatnya yang cukup mudah menjadi pertimbangan bagi pemula yang sedang ingin mencoba menanam kaktus.

2. Kaktus Centong

kaktus centong
Sumber: Pinterest

Kaktus Centong (opuntia cochenillifera) merupakan jenis kaktus yang termasuk dalam keluarga cactaceae atau suku kaktus-kaktusan, dan termasuk juga ke dalam genus opuntia.

Bentuknya yang lebar dan lonjong, unik seperti centong nasi membuat kaktus ini memiliki banyak sebutan, seperti di daerah Jawa kaktus ini disebut tentong sedangkan di Inggris tanaman ini disebut warm hand atau nopal cactus.

Kaktus jenis ini biasa tumbuh di lahan kering, baik di luar maupun di dalam ruangan.

3. Kaktus Mickey Mouse

Kaktus Mickey Mouse
Sumber: Pinterest

Selain kaktus centong, kaktus mickey Mouse juga memiliki peminat yang banyak. Kaktus dengan nama latin Opuntia Microdasys Palida ini memiliki bentuk menyerupai telinga Mickey Mouse, tokoh kartun tikus terkenal. Kaktus jenis ini tidak berduri namun memiliki bulu yang dapat menyebabkan gatal.

4. Kaktus Kursi Mertua

Kaktus Kursi Mertua
Sumber: Pinterest

Kaktus kursi mertua atau bernama latin golden barrel cactus merupakan kaktus yang paling populer. Bentuknya yang bulat seperti bola dengan bulu duri di sekitar tubuhnya menarik banyak peminat. Duri-duri kecil yang berwarna keemasan (golden) ketika terkena sinar matahari membuat kaktus kursi mertua tampak cantik.

Tanaman ini dapat diletakkan di dalam ruangan dan pastikan untuk selalu terkena sinar matahari.

5. Kaktus Zebra (Haworthia)

Kaktus Zebra
Sumber: Pinterest

Haworthia merupakan jenis tanaman sukulen yang kerap disamakan dengan tanaman lidah buaya, karena keduanya sama-sama keluarga asphodeloideae. Ada dua jenis tanaman Haworthia yaitu haworthia attenuata dan haworthia fasciata.

Kaktus sukulen ini termasuk tanaman yang sangat lambat pertumbuhannya sehingga dapat ditempatkan di dalam rumah. Bentuknya yang mungil cocok untuk dijadikan hiasan di atas meja kerja, lemari hias ataupun dekat jendela.

6. Kaktus Anggur

Kaktus Anggur
Sumber: Pinterest

Kaktus anggur atau bahasa latinnya sedum morganianum, adalah sejenis tanaman rambat dengan bentuk yang unik. Batangnya yang merambat dipadati oleh dedaunan yang tembem dengan volume cukup tebal namun berukuran pendek dan kecil ini sering kali disebut sebagai tanaman ekor keledai.

Tanaman ini dapat dijadikan dekorasi di dalam rumah. Taruh sukulen di keranjang atau pot gantung, taruh di daerah yang terkena sinar matahari langsung, rumah auto cantik. Cara merawatnya cukup mudah, lalukan penyiraman mingguan dan pastikan pot memiliki sistem drainase yang baik.

Film dan Series Netflix Yang Wajib Ditonton

Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Menjadi Blogger

Petani Newbie: Menanam Cabe (Part.1)

 ***

Itulah keenam jenis kaktus dan sukulen yang banyak diminati untuk dijadikan penghias rumah. Cara merawatnya yang mudah menjadikan pilihan tepat bagi mereka yang baru mulai berkebun. Kalau teman-teman lebih suka tanaman hias seperti apa? Yuk sharing dikolom komentar.

https://irraoctavia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *