7 Benda Yang Kamu Perlukan Untuk MPASI

Halo mommies! Mau absen nih seberapa banyak nih dari pengunjung blog ini yang anaknya lagi memasuki tahap MPAsi? Ayok angkat tangannya!

Tahap MP Asi ini sunggulah tahapan yang menguras tenaga, waktu dan emosi. Adakalanya kita bahagia ketika makanan yang kita persiapkan dilahap habis oleh sikecil, tapi ada kalanya juga sikecil tutup mulut gak mau makan. Disinilah kewarasan kita sebagai ibu diuji.

Bagi Mommies yang sedang mempersiapkan MPAsi si kecil, mungkin suka bingung ya barang apa saja yang diperlukan untuk MPASI. Hal ini terjadi padaku beberapa waktu lalu, tidak mau kejadian belanja barang baby yang terlalu implusif ketika awal kehamilan terulang, makanya aku cari tahu apa saja yang diperlukan untuk MPASI. Sampai akhirnya semua tertuang disini, rangkuman barang-barang yang perlu disiapkan untuk menyambut MPASI!

1. Saringan

Untuk mendapatkan tektur makanan pendamping asi yang baik, biasanya kita menggunakan saringan. Tekstur yang tepat untuk pengenalan makanan pendamping asi ini adalah cair tapi sedikit kental, ketika sedok dibalik makanan tidak langsung tumpah.

2. Parutan

Untuk memudahkan proses pengukusan, sayuran yang keras seperti wortel, kentang dll akan diparut terlebih dahulu. Lama pengukusan biasanya sekitar 5 menit.

Selain itu karena bayi masih memerlukan tekstur yang halus, parutan juga bisa digunakan untuk memarut buah-buahan yang keras.

3. Alat makan

Alat makan yang baik adalah yang sesuai dengan besar sikecil. Terdiri dari mangkuk, porinb dan sendok. Sendok bayi diperlukan agar semua makanan bisa masuk kemulut kecil bayi. Sekarang sudah banyak yang menjual sendok makan bayi dengan heat sensor, menurutku sangat bagus karena kita bisa mengetahui seberapa panasnya makanan yang kita berikan pada anak.

4. Food processor

Bagi sebagian orang, food processor diperlukan untuk menghaluskan makanan bayi. Tapi pernah ada kabar yang menyebutkan bahayanya penggunaan food processor bagi bayi. Tekstur yang terlalu halus membuat bayi jadi terlambat berbicara. Ini cerita dari teman di grup parenting beberapa waktu lalu. Untuk kebenarannya mending tanyakan pada ahlinya ya.

5. Slow cooker

Alat masak ini jadi pilihan bagi sebagian ibu. Dengan cara memasak yang lama hingga hingga beberapa jam, dipercaya dapat menjaga nutrisi makanan tetap utuh. Sehingga kandungan yang didalamnya bisa terserap dengan baik oleh bayi.

Sebetulnya pakai kukusan juga bisa kok. Tapi selama sebulan lebih ini masak mpasi, hal yang paling sulit dilakukan itu cuma satu. Masak bubur!! Alamak! Lelah hati ini nungguin bubur mateng! Huhu.

Bagi ibu pekerja slow cooker menjadi pilihan! Dengan kesibukan kerja selama 8 jam, kita bisa menyediakan MPASI rumahan dengan mudah. Cukup masukkan semua bahan ke slow cooker dan klik aja. Bisa ditinggal tidur dan besok paginya bayi mendapatkan makanan dengan nutrisi yang terjaga.

Slow cooker ini ternyata banyak fungsinya loh! Jangan sedih kalau masa MPASI telah berakhir. Mommies masih bisa masak menu keluarga dengan slow cooker loh! Saranku, kalau mau digunakan untuk lain-lain bisa membeli slow cooker dengan ukuran diatas 1 liter, kalau hanya untuk MPASI saja bisa menggunakan ukuran stantar 0,7 liter.

6. Tempat minum anak

Jangan lupakan hal sepele tapi penting ini. Ada baiknya kalau bayi memiliki tempat minumnya sendiri. Berguna untuk mengenalkan air putih pada si anak, sehingga lebih mudah untuk minum air putih.

Jadi lebih higienis juga, karena kita tahu yang memakai tempat minum itu hanya bayi kita saja.

7. High chair/booster chair

Menurutku, membiasakan anak makan sambil duduk itu baik dibandingkan dengan memberi makan sambil si anak setengah tidur. Selain mengajarkan adab makan yang baik, makan sambil duduk juga mencegah anak tersedak.

***

Itulah barang-barang yang diperlukan ketika akan memulai mpasi. Perhatikan juga menu 4 bintang bagi sikecil. Untuk menu 4 bintangnya bisa baca di sini ya!

Baca juga: Yuk Kenali Bahan Pangan MPASI Menu 4 Bintang

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *