Yuk Kenali Bahan Pangan MPASI Menu 4 Bintang

Hai moms! Ada yang anaknya baru memasuki masa MPASI? Biasanya bagi Mommies yang baru punya anak satu dan baru pertama kali MPASI pasti suka bingung dengan bahan-bahan apa yang boleh diberikan kepada bayi.

Seperti beberapa bulan lalu ketika Baby Kippo mulai MPASI, aku mulai mencari-cari bahan-bahan apa yang boleh dan menu yang seperti apa yang cocok untuk bayi. Sampai akhirnya aku mengenal istilah menu 4 bintang.

Sebenernya, apa sih menu 4 bintang?

Menu 4 bintang merupakan menu yang dianjurkan oleh WHO sesuai standar gizi yang dibutuhkan bayi ketika memasuki usia 6 bulan. Adapun isinya harus mencakupi Karbohidrat, Protein Hewani, Protein Nabati, Sayuran dan Buah.

Bahan-bahan makanan ini pasti sering kita jumpai di warung atau tukang sayur langganan. Tapi ternyata, masih ada sebagian orang yang salah mengklasifikasikan jenis bahan makanan tersebut. Seperti beberapa waktu lalu ketika aku bercerita kalau awal Mpasi Baby Kippo sembelit, tanteku malah memberi saran harus makan pisang yang banyak, padahal pisang merupakan buah dengan serat yang tinggi.

Perlu diketahui kalau pencernaan bayi berbeda dengan pencernaan orang dewasa. Makanan tinggi serat justru akan membuat bayi sembelit. Buah seperti pisang justru akan memadatkan poop, makanya buah ini cocok dimakan ketika kita atau bayi terkena diare, kalau sembelit buah pisang sangat tidak dianjurkan.

Ketika menyiapkan makanan untuk bayipun sudah seharusnya diperhatikan kandungan seratnya. Penyajian menu 4 bintang harus memiliki kandungan serat yang seimbang. Yuk kita mengenal jenis bahan makanan yang bisa dijadikan pilihan menu 4 bintang.

Karbohidrat

Jenis-jenis karbohidrat yang bisa digunakan sebagai berikut:

Beras putih, beras merah*, kentang*, ubi jalar*, singkong*, jagung*, kabocha*, labu parang*, sukun*, oat*, talas*.

Altenatif karbohidrat (olahan tepung) yang bisa digunakan setelah bayi usia 8+ adalah:

Mie, bihun, pasta (spagetti, makaroni, fusili, penne, dll)

Selain karbohidrat, protein juga diperlukan untuk bayi. Terdapat dua macam protein yang diperlukan, yaitu protein hewani dan protein nabati.

Protein Hewani

Daging ayam, daging sapi, daging kambing, hati ayam, hati sapi, telur ayam, telur puyuh, ikan salmon, ikan kakap, ikan tongkol, ikan dori, ikan patin, ikan gurame, ikan bandeng, ikan tenggiri, ikan kembung, ikan tuna, ikan mujair, ikan lele, udang, cumi.

Protein Nabati

Kacang hijau, kacang merah*, kacang polong*, kacang panjang, kacang tolo, kedelai, edamame*, kecambah/tauge, tahu, tempe, tofu, buncis*.

Selain itu, dalam menu 4 bintang diperlukan juga sayuran untuk memenuhi serat.

Sayuran

Bayam*, gambas/oyong, tomat, daun katuk, sawi hijau*, sawi putih, terong, kangkung*, kembang kol, daun singkong*, wortel*, brokoli*, labu siam, kubis/kol.

Buah

Pisang*, mangga*, semangka, apel*, pir, pepaya*, melon, alpukat*, jeruk manis, buah naga, anggur.

Dari berbagai macam bahan-bahan yang dapat digunakan untuk MPASI, bahan dengan tanda bintang (*) merupakan bahan-bahan tinggi serat, oleh karena itu Mommies perlu memadupadankan menu 4 bintangnya dengan bahan-bahan rendah serat. Berikan buah yang kaya akan kandungan air/lemak. Untuk protein hewani dan nabati selalu beri tambahan lemak. Sayuran dan buah umumnya memang merupakan sumber serat.

Bayi memang membutuhkan serat, namun jika terlalu banyak justru akan memberatkan kerja pencernaan.

Selama menu 4 bintang dipadu padannya pas, dengan memberikan bahan yang rendah serat/banyak air/hewani/nabati dan diimbangi dengan lemak tambahan, air putih dan ASI maka dapat mengurangi resiko sembelit.

Masih banyak Mommies yang hanya fokus pada sayur dan buah saja untuk MPASI-nya. Padahal bahan-bahan tersebut mengandung banyak serat. Bayi memerlukan lebih banyak protein dan lemak, oleh karena itu adanya anjuran pemberian variasi bahan pangan sejak awal MPASI terutama protein hewani.

***

Bagaimana, sudah mengenal bahan pangan berdasarkan jenisnya? Semoga setelah membaca ini kita bisa memenuhi kebutuhan gizi anak ya Moms.

You Might Also Like

20 Replies to “Yuk Kenali Bahan Pangan MPASI Menu 4 Bintang”

  1. Ulasannya sudah menambah wawasan serta pengetahuan saya Mom. Memang waktu putra saya Fahmi berusia enam bulan ke atas saya sempat bingung mau kasih apa dan gimana cara masaknya. Hehehe… Akhirnya ngegugling deh. Bisa dibilang saya gagal dalam memberi Fahmi MPASI karena lebih banyak tidak dimakannya daripada dimakan.

  2. Noted nih, mau cobain macam2 lauk buat anak saya yang lagi males makan.
    Dulu waktu awal2 MPASI sih Alhamdulillah mau makan apapun yang saya buatin.
    Sekarang giginya udah banyak ,malah males makan hehehe

  3. menu MPASI 4 bintang andalanku buat anak bungsuku: Beras merah, tahu sutra, salmon, kabocha, bayam dan wortel. Tambahan unsalted butter dan baby cheese. Untuk buah andalan ku pepaya, semangka, pisang, dan buah naga.
    aaahhh jadi rindu masa-masa si bungsu masih baby

  4. Jaman anakku kecil belum ada istilah 4 bintang ini keknya…tahunya bikin aja hiks
    Tapi memang ya, kebanyakan serat juga enggak bagus. Variasi menu penting sekali agar nutrisi berimbang tercukupi
    Keren nih ulasan MPASI nya Mommy Kippo

  5. Waktu anak-anak saya masih bayi, kayaknya gak ada bahasan seperti ini. Makanya sempat bingung kenapa setiap kali dikasih MPASI pisang, anak-anak saya pasti sembelit. Jadinya sampai usia batita, saya gak berani kasih anak-anak pisang. Kalau sekarang sih udah bebas. Mereka malah seneng makan pisang

  6. Jadi kangen masa MPASI anakku dulu, seru soalnya kalau anak sudah mulai makan. Dulu sampai bikin list menu makanan selama seminggu karena aku bekerja jadi persiapan ditinggal dirumah harus aman. Kalau MPASI gini si ibu dituntut lebih kreatif bikin menunya ya.

  7. Walau aku sudah melewati 6 tahun masa-masa MPASI anak ehehe, tapi selalu suka saja baca sharing dari teman-teman mengenai dunia tumbuh kembang anak. Sebagai seorang ibu, menurut aku perlu banget tahu perkembangan ter-update mengenai apapun yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak. Sebab kita kan bisa saling memberikan informasi. Seperti sharing mu ini, aku langsung forward ke adik aku yang baru punya anak dan anaknya sekarang lagi proses MPASI. Sangat bermanfaat sekali mba, terima kasih

  8. Aaakk bermanfaat banget ini Mom. 2 bulan lagi bayiku maem. Bookmark ya. Udah ga zaman lagi harus buah dulu saat mengawali mpasi ya mom. Thanks banget mom sharingnya

  9. Wuiihh, ini basic banget ya mba buat emak-emak newbie yang mau kasih mpasi buat si kecil. Meski basic, tapi ini penting banget supaya kebutuhan gizinya tercukupi. Bermanfaat banget nih mba buat newbie kayak aku hihi

  10. Ahh jadi ingat awal awal MPASI aku belajar banget soal menu 4 bintang dan varian nya walaupun pas praktiknya masih suka kebingungan kombinasi menunya hehe. Kalo Moms pernah gtu jg ga?

  11. aku tuh dulu minim banget deh info soal menu MPASI ini, taunya yang penting ada ikan ata daging, sayur sama buah gak paham yang bintang-bintang. tapi karena penasaran dan cari tau akhirnya belajar juga, biarpun telat.. anaknya udah keburu gede…

  12. Alhamdulillah sudah kenal mbak dan Alhamdulillah juga anak saya selalu saya berikan 4 bintang itu. Karena asupan nutrisi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya…

  13. Belajar lagi tentang makanan yang baik untuk si buah hati. Dulu aku pure satu menu padahal sekarang mah sudah bisa 4 jenis ya. Tinggal dihaluskan saja dan gak menggunakan gula garam. Tapi ada dokter juga yang bilang sudah boleh pakai gula garam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *