Apakah Sunscreen Dapat Menyebabkan Jerawat?

Sunscreen merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya penggunaan sunscreen secara rutin dapat membantu mencegah kanker kulit dan juga penuaan dini.

Namun bagi pemilik kulit sensitif dan berjerawat, penggunaan sunscreen seringkali dipercaya dapat menyebabkan bahkan memperparah kondisi jerawat.

Benarkah sunscreen dapat menyebabkan jerawat, bahkan hingga memperburuk kondisinya?

Pada artikel ini, aku mau membahas hubungan antara sunscreen dan jerawat berdasarkan pendapat dokter kulit dan ahli dermatologi yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk kita simak bersama-sama.

Tentang Jerawat

jerawat

Jerawat merupakan kondisi kulit yang umum terjadi pada setiap orang di dunia. Jerawat akan ditandai dengan munculnya komedo hitam dan komedo putih.

Meski penyebab munculnya jerawat dapat berbeda-beda tergantung kondisi setiap orang, namun pada umumnya jerawat akan muncul karena produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, bakteri, sehingga menyebabkan peradangan.

Hubungan Jerawat dan Sunscreen

Selain faktor-faktor di atas, jerawat juga dapat muncul ketika menggunakan produk kosmetik yang tidak tepat, salah satunya adalah penggunaan produk sunscreen.

Pendapat dokter kulit menyatakan, meskipun sunscreen penting untuk melindungi kulit, beberapa formula bisa terlalu berat sehingga dapat menyebabkan pori-pori tertutup.

Contohnya seperti sunscreen untuk tubuh tidak cocok digunakan pada wajah karena formulanya dapat menyebabkan jerawat. Biasanya sunscreen untuk tubuh mengandung minyak yang digunakan juga sebagai pelembab kulit.

Kandungan inilah yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit berjerawat, karena minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat.

Oleh karena itu, bagi kamu pemilik kulit berjerawat sebaiknya pilih sunscreen yang memang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

Penggunaan sunscreen secara rutin juga disarankan karena beberapa penelitian menyebutkan jika sinar matahari dapat memicu jerawat sekaligus memperburuk jaringan parut.

Jenis-Jenis Sunscreen

sunscreen

Sunscreen memiliki dua jenis utama yang dibuat berdasarkan formulanya, yaitu Physical sunscreen dan Chemical Sunscreen.

– Physical Sunscreen

Physical Sunscreen atau yang dikenal juga sebagai tabir surya alami/mineral ini merupakan jenis sunscreen yang menggunakan lapisan mineral halus, seperti seng oksida dan titanium oksida.

Sunscreen ini melindungi dari permukaan kulit dan menciptakan penghalang untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Physical Sunscreen sering direkomendasikan untuk pemilik kulit berjerawat atau sensitif terhadap sinar matahari.

– Chemical Sunscreen

Selanjutnya ada Chemical Sunscreen merupakan produk sunscreen yang menggunakan bahan-bahan yang terserap sepenuhnya ke dalam kulit dan mengubah radiasi UV menjadi panas yang dapat dikeluarkan kembali oleh tubuh.

Pada Chemical Sunscreen terdapat bahan aktif seperti avobenzone, homosalate, octocrylene, octisalate, octinoxate dan oxybenzone. Bahan-bahan ini membuat sunscreen lebih mudah diaplikasikan ke wajah.

Namun produk dengan kandungan bahan ini juga memiliki potensi dapat menyebabkan iritasi bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif atau rentan berjerawat.

Tips Memilih Sunscreen Untuk Kulit Rawan Berjerawat

tips memilih sunscreen

Bagi kamu pemilik kulit berjerawat, jangan sampai salah memilih sunscreen agar tidak memperburuk kondisi jerawat kamu. Berikut adalah tips memilih sunscreen untuk kulit rawan berjerawat.

1. Gunakan Sunscreen Khusus Wajah

Untuk mencegah munculnya jerawat, hindari menggunakan sunscreen untuk tubuh. Pilih sunscreen yang memang diformulasikan untuk wajah karena memiliki tekstur yang lebih ringan dan mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengurangi jerawat.

2. Perhatikan Bahan-Bahan Yang Terkandung Didalamnya

Setiap sunscreen diproduksi sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Beberapa kandungan pada sunscreen dapat menyebabkan munculnya jerawat, namun ada juga kandungan yang dapat membantu mengatasi jerawat seperti niacinamide, zinc oxide, antioksidan, fragrance-free.

3. Hindari Sunscreen Yang Berbahan Kimia

Kandungan avobenzone pada chemical sunscreen dapat menyebabkan reaksi pada kulit sensitif dan berjerawat. Sebaiknya gunakan physical sunscreen untuk merawat kulit berjerawat.

4. Pilih Sunscreen Dengan Klaim Non-Comedogenic

Pastikan untuk memilih sunscreen dengan klaim non-comedogenic atau bebas minyak.

Sunscreen yang mengandung coconut oil, cocoa butter, mineral oil, and beeswax, merupakan jenis sunscreen dengan tekstur berat dan berminyak sehingga dapat memperburuk kondisi jerawat.

5. Pakai Sunscreen Secara Rutin!

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan sunscreen setiap hari secara rutin mengatasi reaksi buruk dari paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen secara rutin dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Kesimpulan

Apakah sunscreen dapat menyebabkan dan memperburuk jerawat? Jawabannya belum tentu! Jika kamu memiliki kulit berjerawat, sebaiknya hindari bahan-bahan pada sunscreen yang dapat menyebabkan jerawat.

Pilih sunscreen dengan kandungan niacinamide dan zinc oxide untuk membantu mencegah dan mengobati jerawat pada wajah.

Gunakan sunscreen secara rutin setiap hari untuk mencegah efek buruk dari paparan sinar matahari, selain itu SPF pada sunscreen juga dapat membantu mencegah perubahan warna dan membantu memperbaiki tampilan bekas jerawat.

Semoga artikel ini dapat menjawab semua keresahan teman-teman mengenai apakah sunscreen dapat menyebabkan jerawat? Selanjutnya aku akan memberikan rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat yang dapat kamu gunakan!

Logo irraoctavia com baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *