Yuk Ketahui Jenis-Jenis Bekas Jerawat dan Penyebabnya

Bekas jerawat seringkali menjadi masalah yang dapat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun. Biasanya kulit yang memiliki bekas jerawat terlihat lebih kusam dan tidak segar.

Terdapat berbagai jenis bekas jerawat yang bisa muncul setelah jerawat sembuh. Beberapa dapat pudar dengan sendirinya, namun ada pula bekas jerawat yang membutuhkan perawatan khusus untuk menghilangkannya.

Untuk itu, mari kita simak bersama-sama mengenai bekas jerawat dan apa penyebabnya. 

Apa Itu Bekas Jerawat?

jerawat

Bekas jerawat merupakan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat yang sudah mulai sembuh dan hilang. Hal ini merupakan kondisi yang umum terjadi pada kulit berjerawat, biasanya bekas jerawat dapat muncul di wajah, dada atau punggung.

Jenis-Jenis Bekas Jerawat

bekas jerawat bopeng

Terdapat beberapa jenis bekas jerawat berbeda-beda yang dapat kamu ketahui, seperti:

1. Bekas Luka Atrofi

Bekas luka atrofi akan muncuk sebagai lekukan kecil dan dangkal di kulit. Bekas ini disebabkan oleh jerawat batu dengan kondisi yang parah. Terdapat tiga jenis bekas luka atrofi, yaitu:

  • Ice pick scars

Bekas jerawat jenis ini terlihat seperti es batu yang ditusuk-tusuk oleh pemecah es. Ice pick scars memiliki lubang lebar di bagian atas dan semakin mengecil ke dalam. Biasanya bekas luka ini dapat ditemukan di area dahi atau pipi bagian atas karena memiliki kulit yang lebih tipis.

  • Boxcar scars

Selanjutnya ada bekas jerawat boxcar. Bekas jerawat yang terlihat seperti persegi atau lingkaran yang ditekan ke kulit. Boxcar scars muncul akibat jerawat yang meluas, cacar air, virus yang menyebabkan ruam merah dan gatal, dll.

Bekas luka ini paling sering muncul pada area rahang atau pipi bagian bawah.

  • Rolling Acne Scars

Rolling acne scars merupakan jenis bekas jerawat yang membuat kulit terlihat ebrgelomban dan tidak rata. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada bagian permukaan kulit. Pada umumnya, bekas luka ini sering terlihat di bagian bawah pipi atau kulit sekitar rahang.

2. Bekas Jerawat Hipertrofik

Bekas jerawat hipertrofik merupakan bekas luka yang menjorok hingga ke dalam kulit. Bekas jerawat ini membuat jaringan parut datar atau menonjol di tempat bekas jerawat.

Hal ini disebabkan karena terlalu banyak kolagen di area tersebut. Kamu bisa melihat bekas jerawat ini di area dada, punggung, bahu atau wajah.

3. Bekas Jerawat Keloid

Jenis bekas jerawat yang satu ini memiliki tampilan benjolan yang menonjol dan lebih gelap dari kulit lainnya. Ukurannya bisa lebih besar dari jerawat yang sudah sembuh.

Seperti bekas luka hipertrofik, bekas luka keloid juga terkadang terasa gatal atau nyeri.

4. Flek Hitam atau Noda Bekas Jerawat

Flek hitam merupakan noda bekas jerawat paling umum yang sering dialami saat jerawat telah hilang, bekas jerawat ini sering disebut hiperpigmentasi pasca inflamasi (PIH). Hal ini dikarenakan jerawat secara tidak sengaja memicu lebih banyak melanin (pigmen) pada kulit. 

Biasanya bekas jerawat ini akan memudar seiring berjalannya waktu. Kamu juga dapat mempercepat proses menghilang flek hitam dengan menggunakan perawatan yang tepat.

5. Elastolysis Periocular

Jenis bekas jerawat satu ini memiliki tampilan berupa benjolan kecil berbentuk bulat atau oval seperti warna kulit. Jenis bekas jerawat satu ini juga disebut bekas luka papular dan dapat muncul di lengan, dada, punggung, bahu hingga wajah.

Baca juga:

8 Jenis Jerawat Yang Perlu Diketahui dan Cara Mengobatinya

Mengenal Jerawat Hormonal dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab Bekas Jerawat

bekas jerawat

Pada umumnya saat jerawat telah hilang, kulit akan menyembuhkan area berjerawat dalam 7 hingga 10 hari tanpa meninggalkan bekas jerawat. Namun ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya bekas jerawat. Diantaranya:

  • Kerusakan Kulit Yang Dalam

Jerawat jenis apapun dapat meninggalkan bekas jerawat yang bertahan lama. Namun, jaringan parut pada wajah lebih mungkin terjadi jika terdapat jerawat yang berada jauh ke dalam kulit.

Contohnya nodul atau jerawat batu yang terasa seperti benjolan keras di bawah kulit dan Juga kista, yang berisi nanah dan terasa nyeri saat disentuh.kedua jenis jerawat ini dapat meninggalkan jaringan parut pada wajah.

  • Memencet Jerawat

Bekas jerawat juga dapat muncul karena kebiasaan memencet jerawat. Rasa ingin memencet jerawat dan berharap jerawat dapat segera hilang dan sembuh itu hanya akan membuat kulit semakin meradang dan meningkatkan munculnya bekas jerawat.

Sebaiknya hindari memencet jerawat agar kulit wajah tidak semakin rusak yaa!

  • Your Body’s Healing Process

Salah satu penyebab jerawat dapat disebabkan oleh proses penyembuhan yang sedang terjadi pada diri kita sendiri. Misalnya, saat tubuh memproduksi kolagen terlalu banyak untuk menyembuhkan area tersebut, akibatkan akan muncul bekas luka. Sebaliknya jika kolagen yang diproduksi terlalu sedikit dapat menyebabkan bekas jerawat cekung.

  • Gen

Penyebab bekas jerawat terakhir adalah gen. Jika salah satu anggota keluarga ada yang memiliki bekas jerawat, kemungkinan besar kita juga akan mengalaminya.

Kesimpulan

Bekas luka akibat jerawat merupakan hal biasa dan umum terjadi pada setiap orang. Meski begitu, tidak semua jerawat akan menimbulkan bekas luka setelah sembuh.

Untuk mengatasi bekas jerawat membandel, kamu dapat konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk mengetahui cara mengobati bekas jerawat yang tepat dan sesuai.

Logo irraoctavia com baru

Comments 17

  • Kayak saya nih tangan gatal kalo ada jerawat pengen mencet. Jadinya sekarang bekas jerawat sulit hilang total. Ternyata ada beberapa istilah untuk bekas jerawat ini. Saya baru tau nih…

  • Kalo dulu waktu remaja, pernah mengalami punya bekas jerawat yg menghitam, berarti yg ada di poin terakhir ya, Kak? Syukurlah gak sampai jadi jaringan parut.

    Kalau bekasnya sudah dalam bahkan keloid wajib treatment khusus di klinik kecantikan yaa.

  • Bekas jerawat alias bopeng ini punyaku ga bisa hilang. Gatau harus digimanain, katanya sih bisa dilaser tapi aku takut. lebih baik lagi sih kalau konsultasi ke dokter kulit

  • Mamaku sering ngomel soal memencet jerawat ini. Katanya nanti ada bekasnya. Kadang suka nggak tahan buat nggak mencetin jerawat. Hehehe…

  • Artikel menarik! Baru tahu ternyata ada macam-macam bekas jerawat. Pantas bekas jerawat tiap orang kelihaatan bentuknya beda-beda.
    Apakah ada tips khusus untuk mengatasi masing-masing jenis bekas jerawat?

  • Kalau ada jerawat di wajah, enggak mencet kok rasanya enggak puas. Sudah tahu sih kalau nanti ujung-ujungnya bikin meninggalkan bekas jerawat. Jadinya ya tetap aja mencetin jerawat dan akhirnya harus ikhlas bakalan ada bekas jerawat di wajah.

  • Aku termasuk yang susah sekali hilang nih bekas jerawatnya.. butuh waktu lama karena nodanya menghitam 🙂

  • Aku kalo jerawatan malah risih banget pengen mencet juga hahaha. Tapi kadang mencoba menahan diri buat gak mencet biar ilang sendiri

  • salah satu keuntungan kulit normal kering adalah jarang berjerawat, untungnya kulitku normal cenderung kering tapi ya ada amasalah lain untuk mengatasi kulit kering ini
    tapi pernha juga ada bekas jerawat batu di dekat hidung yang meninggalkan bekas cukup dalam, alhamdulillah seiring waktu pudar sendiri

  • Ternyata ada macam-macam bekas jerawat ya. Duh, jadi pengen tau cara menghilangkannya, karena di kulit wajahku juga ada bekas jerawat.

  • Daku ada bekas jerawat kak, jadinya kayak hiperpigmentasi gitu. Dan lagi pakai skincare buat menghilangkannya. Walau ya gitu agak² gak rajin juga efek malas haha

  • Terima kasih atas infonya! Ternyata bekas jerawat ada berbagai macam jenis. Ini sangat membantu untuk menentukan perawatan yang tepat.

  • Aku kemarin pas cacar di usia seginii, huhuhu.. rasanya sedih banget.
    Sedih karena ujiannya justru si cacarnya banyakan muncul di wajah dan leher. Sempet khawatir berbekas yang sampai bopeng gitu.. Jadi aku sabar-sabarin gak dipegang-pegang agar alami si cacar hilang dengan sendirinya.

    • Heeii, aku juga baru kemarenan kena cacar, wkwk.. Tapi alhamdulillah, bekasnya udah ilang sih, kak. Cuma pake salepnya itu aja sih. Kalo bekasnya ilang sendiri.

  • Saya baru tahu ada jenis-jenis bekas jerawat. Dan memang salah satunya bekas jerawat ini, jangan memencet jerawat ya. karena sebenarnya akan menyebabkan luka di wajah.

  • Banyak juga ya jenis bekas jerawat ini. Aku sih bukan si tipe kulit berjerawat ya. Kalo pun ada, paling cuma 1 munculnya. Yg jelas kudu rajin bersihin muka, hihi..

  • sayang gak ada foto dari jenis bekas jerawatnya ya, jadi gak bisa membandingkan bekas jerawat di wajahku ini. yang pasti sih bekas jerawat batu atau Bekas Luka Atrofi tapi gak tau yang mana, hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *