Cara menentukan shade foundation Loreal untuk warna kulitmu!

Cara menentukan shade foundation Loreal: Belakangan ini aku lagi seneng banget belajar make up. Beberapa kali aku ikutan make up class, rasanya gak afdol kalau gak di praktekin sendiri di rumah. Tapi sayang, alat make up aku masih seadanya. Semenjak hamil, aku udah jarang banget pakai full make up. Paling banter cuma pake sunscreen, bedak, eyeliner dan lipstick aja. Hasilnya ya seadanya aja, ditambah dulu bekas jerawat masih banyak banget. Yaudah deh dosa jerawat kelihatan kemana-mana.

Kadang suka minder kalau datang ke event bertema beauty , dan lihat temen-temen tampil maksimal. Rasanya kayak jadi upik abu. Huhu. Karena rasa minder ini lah akhirnya sedikit-sedikit aku mulai mengumpulkan alat make up agar bisa tampil maksimal ketika menghadiri event.

Bagian yang cukup tricky dalam make up adalah menentukan . Seperti namanya,  ini merupakan dasar dari make up. Foundation akan menentukan hasil make up-nya nanti. Untuk itu, sebelum menentukan foundation yang cocok ada baiknya kita mengenal lebih jauh kondisi kulit kita yang nantinya bisa kita gunakan untuk memilih foundation.

Baca juga: [Review] Cushion SOCIAL BC Airy Foundation

1. Skin tone atau warna kulit

Yang pertama kita harus mengenali warna kulit kita sendiri. Warna kulit orang Indonesia itu beragam sekali, mulai dari fair, light, medium light, medium, medium dark, dark. Kalau bahasa Indonesianya dari kulit putih, kuning langsat hingga sawo matang.

Cara menentukan skin tone kita ialah dengan rajin-rajin berkaca, perhatikan juga warna kulit kita ketika sedang dibawah sinar matahari. Jujur sama diri sendiri dan jangan denial, karena hal ini penting dalam menentukan shade foundation.

 2. Undertone

Setelah menentukan warna kulit asli kita, selanjutnya kita tentukan under skin tone kita. Ada 3 jenis undertone:

  • Warm undertone: bisa dilihat dari pembuluh nadi yang memiliki warna hijau, untuk kamu yang memiliki undertone warm cocok menggunakan foundation dengan sentuhan kuning.
  • Cool undertone: ketika kamu memiliki warna pembuluh nadi cenderung berwarna biru atau ungu. Undertone ini cocok menggunakan foundation dengan sentuhan warna pink.
  • Neutral undertone: terakhir adalah neutral undertone, undertone ini dapat dilihat pembuluh nadi yang memiliki campuran biru dan hijau. Untuk undertone neutral, cocok menggunakan foundation yang netral juga. Tidak terlalu kuning ataupun pink.

 Memilih shade foundation yang cocok

3. Perhatikan label nama pada foundation

Untuk lebih memudahkan mencari foundation, jangan lupa selalu perhatikan label nama pada foundation yang akan dibeli. Biasanya beberapa produk sudah menuliskan label yang sesuai dengan undertone pada kemasan produk. Jika masih bingung, aku rangkumkan sedikit:

Jika warna undertone kalian Warm undertone: kalian cari foundation dengan label Beige, Golden, Caramel, Chestnut, Tan.

Untuk undertone Cool undertone: label Rose, Sabel, Porcelain cocok untuk warna kulitmu.

Sedangkan undertone Neutral undertone: Foundation dengan label Ivory, Nude, Praline, Buff.

4. Kondisi kulit

Kondisi kulit merupakan hal yang paling mendasar yang perlu kita tahu. Kondisi kulit yang umum itu seperti kulit normal, kering, berminyak dan kombinasi.

Untuk kondisi kulit yang kering cocok menggunakan foundation dengan hasil dewy. Sedangkan kondisi kulit berminyak wajib menggunakan foundation dengan label oil control, matte. Sedangkan untuk kulit kombinasi bisa menggunakan foundation dengan efek oil control dibagian yang berminyak dan foundation dengan efek dewy dibagian yang kering.

Baca yang ini juga yuk!

5. Perhatikan apakah foundation pilihanmu oksidasi atau tidak.

Ini hal penting lainnya! Perhatikan apakah foundation incaran kamu akan oksidasi setelah digunakan atau tidak. Ketika foundation yang kamu gunakan berubah warna menjadi lebih gelap, itu tandanya foundation yang digunakan teroksidasi. Oksidasi sendiri bisa disebabkan oleh reaksi antara minyak dan pigmen foundation dengan minyak alami wajah, tingkat pH pada kulit, dan kelembapan udara.

6. Test foundation dirahang!

Nah, ini nih yang jadi kesalahan yang masih aku lakukan. Ternyata, untuk menentukan warna foundation yang cocok dengan wajah kita, foundation harus di swatch di leher/rahang. Selama ini kita suka coba foundation di tangan, kan? Hayoo ngaku! Padahal warna tangan dan wajah suka berbeda. Hihi.

Caranya aplikasikan beberapa warna foundation di rahang, kemudian diamkan selama beberapa waktu. Sejam atau dua jam. Kemudian lihat foundation mana yang warnanya paling mendekati warna kulit kita. Maka itulah yang kita pilih.

Baca juga: [Review] Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash: Sabun Kecantikan Dengan Wangi Glamour Yang Memesona

***

Dulu aku sempat bingung memilih foundation yang cocok untuk kulitku, pernah coba beberapa foundation dari beberapa merk belum nemu yang cocok. Entah warnanya keterangan atau hasilnya bikin muka berat dan tambah oily. Setelah melalui berbagai trial and error, akhirnya aku menemukan foundation yang sesuai dengan kondisi kulit wajahku.

Caa memilih foundationFoundation loreal yang cocok dengan warna kulit

Loreal Infallible Pro Matte Foundation jadi pilihan terakhirku saat ini. Loreal Infallible Pro Matte Foundation ini merupakan foundation yang cocok banget untuk kulit berminyak kayak mukaku. Hasilnya Demi Matte Finish, dengan tekstur yang ringan banget. Last 24 hours: with extreme hold pigment + hydrating hyalurin, coveragenya oke banget sih menurutku, bekas jerawat bisa tertutupi dengan baik dan yang terpenting Loreal Infallible Pro Matte Foundation tidak oksidasi serta dapat mengontrol minyak diwajah karena memiliki oil control formula.

Di Indonesia sendiri Loreal Infallible Pro Matte Foundation mengeluarkan 7 warna yang sesuai dengan warna kulit wanita Indonesia. Selain itu formulanya yang ringan banget cocok untuk dipakai seharian melawan teriknya matahari Indonesia.

Pilihan shade foundation loreal

Kemasan

Dari awal aku udah suka sama kemasan Loreal Infallible Pro Matte Foundation yang berupa tube. Ukurannya gak terlalu besar dan ringkas buat dibawa kemana-mana. Hanya 30 ml saja.

Tekstur

Untuk tekstur dari Loreal Infallible Pro Matte Foundation cair tapi gak terlalu cair. Teksturnya ini mudah diaplikasikan ke wajah baik cuma pake tangan atau pakai sponge. Coveragenya medium to high, ringan banget gak kayak lagi pakai foundation.

Shade dan tektur loreal

Cara Penggunaan :

Gunakan foundation secara merata di bagian wajah dan leher dengan menggunakan tangan, foundation brush, ataupun beauty blender

Review

Aku udah pakai Loreal Infallible Pro Matte Foundation sekitar 2 bulanan, walau gak dipakai setiap hari secara ya keseharianku di rumah aja, tapi pasti aku pakai ketika akan bepergian. Pernah aku pakai dari pagi sampai malam dan hasilnya masih oke dan gak berat diwajah.

Foundation loreal

Setelah diaplikasikan wajah langsung matte, aku jarang banget menambahkan bedak. Foundation langsung meresap ke kulit, gak cakey, dan yang terpenting aku gak berasa berdosa pakai foundation walau sedang ada jerawat period yang meradang. Formulanya yang ringan bikin kulitku masih bisa bernafas dengan baik.

Shade yang cocok

Selain Loreal Infallible Pro Matte Foundation ada juga produk Loreal lainnya untuk melengkapi seri Infallible, seperti:

  • 1. Infallible 24HR Fresh Wear yang merupakan liquid foundation dengan hasil akhir matte yang mulus dan terasa nyaman sepanjang hari, tahan hingga 24 ham dan menutupi dengan sempurna. Formulanya yang khusus dapat membantu melembabkan, menyamarkan noda dan garis halus pada kulit. Infallible Concealer untuk mendapatkan hasil coverage yang sempurna dan tampilan matte sepanjang hari.
  • 2. Loreal Paris Infallible More than Concealer yang mampu menyelesaikan permasalahan kulit seperti noda bekas jerawat ataupun lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu Loreal Paris Infallible More than Concealer juga dapat digunakan untuk mencerahkan, meratakan warna kulit, dapat dijadikan contour dan highlight. Loreal Paris Infallible More than Concealer ini high coverage, waterproof dan tahan lama.

Seluruh produk Loreal Infallible Pro Matte Foundation dapat dibeli di e-commerce kesayangan kalian seperti: Shopee, Lazada, Sociolla dan Tokopedia.

Untuk informasi lebih lanjut bisa kepoin instagram Loreal (@getthelookid) dan websitenya (www.loreal-paris.co.id).

Price: Rp149.000

You Might Also Like

62 Replies to “Cara menentukan shade foundation Loreal untuk warna kulitmu!”

  1. Kalau saya biasanya lebih cocok Nude atau ivory, yang beige terlalu gelap rasanya.
    kalau foundation masih agak mudah nyarinya, tapi kalau bedak kadang sulit.
    Adanya terlalu gelap atau terlalu terang kayak pakai tepung 🙂

  2. ini mesti di pin dulu tips nya, lengkap banget soalnya aku pun masih sering keliru mba saat memilih foundation. apalagi banyak nih foundation lokal yang kaya ngga match sama kulit jadi harus di mix beberapa shade.

  3. Sama nih mbak saya juga kalau datang ke event atau pesta gitu rada minder karena liat yang lain make upnya oke oke. So sepertinya saya butuh juga nih produk dari loreal ini. Apalagi hasilnya juga matte ya di wajah. Kali aja cocok di saya

  4. duh aku tu udah lama penasaran beb sama foundationnya loreal ini, tapi setiap mampir ke makeupuccino lupa terus mau beli ihihihi, besok besok pas mampir aku mau cobain beli aaah hehehhe

  5. Kalau aku biasanya pilih warna Beige. Aku ajak jarang pakai foundie karena bener seperti apa yang mbak Irra bilang, berat di kulit! Tapi mungkin karena emang enggak cucok kali yaa. Jadi penasaran pengen nyoba yang Loreal

  6. Kalau L’Oreal saya udah percaya lah ya sama kualitasnya. Cuma ada tips gak ya kalau mau milih warna foundation yang tepat saat belanja online. Saya masih suka tebak-tebakan. Kecuali kalau memang udah pakai produk tersebut sebelumnya dan cocok

  7. Mba, saya kayaknya masuk kelompok perempuan yang ngecek warna foundation di tangan juga deh. Hihihi … ternyata diaplikasikannya di rahang ya, buat tau kecocokan warnanya.

    Ya kan kalo lagi belanja produk kosmetik, jadi gimanaaaa gitu kalo dicoba di rahang. Serasa nggak wajar tapi ya memang begitu yang benar ya mba.

  8. Kalo fondi aku habis, aku mau ganti k Loreal yg ini pokoknya. Udah dambaan banget sedari lama hihi. Secar aku pake sunscreen dari Loreal aja udah luvvv dan liat review nya dengan matte finishing yg pas

  9. Wah … Bermanfaat banget infonya kak.
    Oh ya gimana ya caranya tau apakah fondastion itu bisa oksidasi atau enggak. Apakah ada dilabel produknya ?

    Aku pakai wardah, warnanya memang gak terlalu lengkap. Selain itu kadang kalau kena debu, keringat kok malah jadi item dekil gitu ya pas pakai fondatioan. Mau ganti ….

    Untung Nemu artikel ini.

  10. Pilih Foundation memang ngak mudah tapi aku baru tahu mbak ternyata warna nadi bisa membantu menentukan warna foundation yang tepat, soalnya aku sering minta bantuan yang jaga counter kosmetik yah di tes dengan cara yang sama, makanya aku suka banget ke counter itu, next jadi pingin nyobain Loreal Infallible pro matte juga ah, ntar aku minta bantuan mbak yang jaga counter lagi plus sudah ada referensi tipsnya dari mbak, makasih ya mbak.

  11. Bagusnya foundartion dari Loreal ini, diaplikasikan langsung matte, usah pakai bedak lagi yah, ga repot.

    Btw ternyata milih foundation harus diperhatikan banyak hal ga cuma lihat jenis kulit aja.. pantesan aku suka ga pas kalau pakai foundation hehehhe yang akhirnya milih ga pake, padahal butuh banget buat menyamarkan kulit wajah biar cerah segar.

    Loreal Infallible Pro Matte Foundation ini bisa dibeli di mana aja kak? Supermarket gitu ada kan yah..

    Pengen coba.. harganya juga terjangkau nih

  12. Reviewnya lengkap mbak..
    Dan aku pun baru tahu klo ngetesnya di rahang…
    Emang klo foundationnya sesuai warna kulit kita., jatuhnya bagus bgt ya

  13. aku baru tai ngecek undertone tu lihat pembuluh nadi ya haha
    selama ini ngasal aja pilih foundation gak ngerti kalo sebenernya gak cocok wkwk
    tengkyu kak ulasannya lengkap.

  14. Saya kalau foundation masih nggak galau, yang galau itu bedak, selalu sulit cari yang cocok dengan tone wajah saya.

    Pilih yang natural, terlalu cokelat (kadang), pilih yang agak terang, jadi kek pakai topeng.
    Etdaahh..

    Btw ini matte ya, saya cocoknya yang nggak matte 🙂

  15. Yang foto paling bawah itu tidak pakai bedakkah, Mbak? Bagus hasil akhirnya.
    Terima kasih, postingan ini menambah wawasan saya tentang foundation. Biasanya saya kalo beli, bertanya sama mbak-mbak di tempat jualnya, “Warna yang cocok sama saya yang mana ya?” 😀

  16. Nah penting banget ya Mba, memilih foundation yang tepat. Aku mau cerita tentang tetanggaku yang baru-baru ini dirias mua. Bukannya cantik, malah kayak topeng monyet, gegara si mua salah pilih warna yang cocok buat kulit wajah si tetangga.

  17. shade foundation Loreal ini banyak ya, jadi lebih enak menentukan mana yang cocok dengan skintone kita. kalau lihat dipostingan ini ada beberapa yang cocok di skintone saya dan produknya menarik buat dicobain.

  18. Nah, aku sebenarnya pengen nyobain foundation Maybelline yang ini nih. Tapi belum sempat baca reviewnya. Senang banget ini dapat pencerahan disini, apalagi kondisi kulitku berminyak dan memang biasanya aku pakai yang oil control.

  19. Ternyata undertone skin saya masuk ke wilayah cool undertone. Wah, jadi semangat nih untuk beneran coba menemukan foundation yang benar benar bikin saya kelihatan natural saat mengenaikan foundation.

  20. Ahh iyaa emang tricky banget nih milih tone make up. Aku pernah lupa nomor berapa biasa pake two way cale. Trus salah Beli, alhasil mukaku kelihatan aneh huhu

  21. Aku ga pernah pake foundation kak, karena emang jarang make up ,paling pakai bedak trs lipstik aja. Tapi baca review ini tertarik nih buat mencoba pakai foundation L’oreal ini

  22. Loreal banyak mengeluarkan produk2 cakeep dengan harga terjangkau. Untuk foundation ini saya belum coba sih mbak, tapi insyaalloh next bakal nyoba. Kayaknya coveringnya di kulit bagus yaa mbak

  23. Baca post ini jadi tahu cara memilih fondie yang tepat. Ternyata memang harus disesuaikan juga dengan kondisi kulit kita ya Mbak. Well saya jadi pengen coba foundie dari loreal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *