Semua Hal Yang Kamu Perlu Ketahui Tentang Cleansing Balm

Rasa lelah setelah beraktivitas seharian sering kali menjadi penghambat kita untuk membersihkan wajah. Padahal selama itu kotoran, make up dan bakteri menumpuk pada wajah dan dapat menimbulkan jerawat.

Untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan bebas dari permasalahan kulit, jangan sampai kita melewatkan langkah awal pada rutinitas perawatan kulit kita, yaitu membersihkan wajah.

Salah satu cara membersihkan wajah secara efektif adalah dengan melakukan double cleansing. Biasanya cleansing oil digunakan sebagai langkah awal dalam melakukan double cleansing.

Namun tidak semua kulit cocok dengan penggunaan cleansing oil, sebagai gantinya kamu bisa menggunakan cleansing balm atau pembersih wajah berbahan dasar balsem.

Melalui artikel ini aku mau membahas mengenai semua hal yang kamu perlu ketahui tentang cleansing balm. Yuk kita simak bersama-sama.

Apa Itu Cleansing Balm?

cleansing balm

Cleansing balm atau balsem pembersih adalah pembersih wajah yang memiliki kandungan sangat kaya dan terkonsentrasi yang memiliki fungsi untuk menghilangkan make up, kotoran, debu dan polutan tanpa menghilangkan minyak alami kulit dan membuat kulit terasa kering.

Hal ini dikarenakan cleansing balm mengandung minyak yang dapat menutrisi kulit secara insentif sehingga membuat kulit terasa lebih lembut, terhidrasi dan juga bercahaya.

Biasanya cleansing balm memiliki bentuk yang padat seperti balsem atau mentega yang akan meleleh saat menyentuh kulit yang hangat. Kamu bisa menambahkan air saat mengaplikasikan cleansing balm untuk mengemulsikan produk tersebut menjadi cairan seperti susu.

Kelebihan Cleansing Balm

Cleansing balm memiliki berbagai macam kelebihan yang diantaranya sebagai berikut:

  • Membersihkan Secara Menyeluruh

Cleansing balm bekerja untuk membersihkan kotoran, make up tebal yang tahan air dan menghilangkan SPF pada kulit wajah.

Karena berbahan dasar minyak, cleansing balm juga dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran berbahan dasar minyak pada kulit. Pembersih ini cocok digunakan untuk proses double cleansing.

  • Ramah Untuk Kulit

Beberapa pembersih wajah mengandung bahan dasar surfaktan yang akan memberikan tekstur berbusa. 

Kandungan surfaktan yang banyak dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, membuat kulit menjadi kering, merusak lapisan pelindung kelembaban dan mengganggu pH kulit.

Sedangkan cleansing balm mengandung minyak nabati yang dapat menutrisi, menghidrasi serta melembabkan kulit sehingga pembersih wajah ini akan membuat kulit terasa lebih lembut dan halus.

  • Tidak Berantakan

Cleansing balm memiliki tekstur yang padat dan akan meleleh ke dalam kulit saat diaplikasikan. teksturnya yang seperti ini tidak membuat proses membersihkan wajah menjadi berantakan. 

Jadi kamu tidak perlu khawatir cleansing balm akan mengotori wastafel ataupun terkena rambut seperti sedang menggunakan cleansing oil.

  • Alat Bantu Pijat Wajah

Dengan tekstur yang padat, cleansing balm dapat digunakan sebagai alat bantu pijat wajah. Saat membersihkan area wajah, gunakan gerakan memutar untuk merangsang sirkulasi darah dan membantu kulit menjadi lebih bercahaya.

Beberapa cleansing balm memiliki aroma yang lembut seperti aroma spa sehingga dapat memberikan pengalaman perawatan wajah yang lebih menyenangkan.

  • Membuat Kulit Terasa Lebih Baik

Membersihkan wajah dengan cleansing balm dapat memberikan sensasi kulit yang bersih dan juga lembab. Cleansing balm ini juga merupakan pembersih wajah yang ideal bagi kulit sensitif dan kering karena dapat menenangkan kulit dan mengatasi kemerahan, iritasi dan peradangan.

Formulanya yang ringan juga dapat membantu memperbaiki warna dan tekstur kulit.

  • Cocok Bagi Kulit Berjerawat

Bagi pemilik kulit berjerawat, formula cleansing balm ini sempurna untuk membersihkan wajah secara mendalam tanpa menghilangkan minyak alami kulit.

Kekurangan Cleansing Balm

apa itu cleansing balm

Meski memiliki banyak manfaat dan kelebihan, ternyata cleansing balm juga memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Dapat Menyumbat Pori-Pori

Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, pilih cleansing balm dengan formula non-comedogenic. Hal ini dikarenakan pembersih berbahan dasar minyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

  • Mengandung Bahan-Bahan Keras

Selalu perhatikan kandungan yang terdapat pada cleansing balm yang akan digunakan. Bahan-bahan keras seperti sulfat, dan alkohol yang dapat menghilangkan minyak alami kulit dan mengganggu keseimbangan pH alami.

  • Meninggalkan Residu Minyak

Cleansing balm mengandung minyak sehingga dapat memberikan efek meninggalkan residu minyak yang lengket pada wajah. Pastikan kamu membersihkan cleansing balm dengan bersih sebelum melanjutkan rutinitas perawatan kulit selanjutnya.

Cara Menggunakan Cleansing Balm

cara menggunakan cleansing balm

Ikuti langkah berikut ini untuk menggunakan cleansing balm dengan tepat.

  1. Ambil cleansing balm seukuran ujung jari.
  2. Hangatkan cleansing balm di antara ujung jari kemudian pijat ke wajah dalam kondisi kering.
  3. Basahi jari dengan sedikit air dan lanjutkan memijat wajah untuk mengemulsi balsem menjadi cairan seperti susu.
  4. Bersihkan wajah dengan kain bersih atau bilas menggunakan air hangat.

Kesimpulan

Cleansing balm menjadi pilihan pembersih wajah yang dapat kamu gunakan untuk melakukan proses double cleansing. Meski secara kandungan mirip dengan cleansing oil, aku pribadi lebih menyukai tekstur dari cleansing balm.

Pembersih wajah ini juga lebih praktis untuk dibawa kemana-mana karena teksturnya yang padat tidak membuat berantakan.

Oke itulah semua hal yang semua hal yang kamu perlu tahu tentang cleansing balm. Selanjutnya aku akan rekomendasi cleansing balm yang dapat kamu gunakan. Ditunggu yaa!

Logo irraoctavia com baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *