Rekomendasi Kandungan Skincare untuk Kulit Kering

Kulit kering merupakan suatu kondisi dimana kadar air dan minyak pada kulit lebih sedikit dibanding jenis kulit lainnya. Biasanya kondisi kulit kering lebih sensitif dan mudah iritasi.

Faktor-faktor seperti genetik, perubahan musim, kelembaban, makanan hingga produk perawatan kulit yang tidak sesuai menjadi faktor yang dapat menyebabkan kulit kering.

Perawatan kulit kering dapat dilakukan dengan menggunakan produk skincare khusus kulit kering dengan fokus untuk melembabkan.

Melalui artikel ini aku mau membahas bagaimana perawatan yang tepat untuk merawat kulit kering dan apa saja kandungan skincare yang baik untuk kulit kering. Mari kita simak.

Rutinitas Perawatan Kulit Kering

Rutinitas Perawatan Kulit Kering

Saat kulit mengering, kulit akan mengecil dan menyebabkan retakan yang dapat memberikan rasa nyeri bahkan hingga berdarah.

Retakan pada kulit inilah yang dapat membuat kondisi kulit kering jadi sensitif dan lebih mudah iritasi karena bakteri dapat masuk ke dalam tubuh.

Untuk itu, pemilik kulit kering harus melakukan rutinitas perawatan kulit kering sebagai berikut:

  1. Cleanse

Langkah pertama untuk merawat kulit kering adalah dengan memilih pembersih yang dapat menghidrasi dan tidak mengganggu lapisan kulit luar.

  1. Toner

Saat ini banyak toner yang mengandung alkohol sebagai bahan utamanya. Tentu saja kandungan alkohol ini dapat membuat kulit menjadi kering.

Untuk meningkatkan pH kulitmu sebaiknya gunakan toner yang dapat menghidrasi dan tidak mengandung alkohol.

  1. Serum

Langkah selanjutnya adalah penggunaan serum untuk mengatasi permasalahan kulitmu. Kamu bisa menggunakan serum yang dapat menghidrasi seperti Hyaluronic Acid.

Kamu juga bisa menggunakan serum untuk mengatasi keriput, hiperpigmentasi atau jerawat.

  1. Moisturize

Pelembab merupakan salah satu kunci untuk merawat kulit kering. Pada tahapan ini pelembab yang baik akan membantu mengunci manfaat dari serum yang sudah diaplikasikan sebelumnya.

Menurut Healthline, pilih pelembab yang dapat menutrisi dan menghidras dengan baiki, selain itu gunakan produk dengan klaim noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

  1. Protect

Terakhir, selalu gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat merusak kulit. Gunakan sunscreen berbahan kimia atau mineral dengan minimal SPF 50.

Setelah mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk merawat kulit kering, selanjutnya kamu harus mengetahui kandungan skincare apa yang baik untuk kulit keringmu.

Rekomendasi Kandungan Skincare untuk Kulit Kering

rekomendasi bahan skincare

Mengatasi kulit kering dan sensitif bisa jadi sulit karena terkadang menemukan produk perawatan kulit yang dapat memberikan hidrasi yang cukup tanpa menyebabkan iritasi itu tidak mudah.

Selalu perhatikan kandungan pada skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Berikut adalah rekomendasi kandungan skincare yang berfungsi untuk menutrisi kulit kering dan sensitif.

  • Gliserin

Untuk membersihkan kulit kering, sebaiknya gunakan produk yang mengandung gliserin. Gliserin adalah bahan pelembab yang berasal dari tumbuhan. 

  • Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid menjadi salah satu kandungan skincare yang paling direkomendasikan oleh dermatologist. Karena hyaluronic Acid dapat mempertahankan kelembaban pada kulit serta menenangkan kulit kering, dehidrasi dan bersisik.

Kandungan Hyaluronic Acid dapat ditemukan pada produk perawatan kulit seperti krim, lotion dan serum.

  • Argan Oil 

Argan oil merupakan produk perawatan kulit yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit terutama untuk kulit kering.

Argan oil mengandung Vitamin E yang tinggi dan fatty acids yang keduanya dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak dan menutrisi kulit.

  • Niacinamide

Niacinamide, juga dikenal sebagai Vitamin B3 merupakan salah satu kandungan skincare yang terkenal dapat embantu merawat kulit kering.

Niacinamide memiliki efek yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi munculnya kulit kering dan bersisik. Biasanya niacinamide dapat ditemukan dalam bentuk serum.

  • Lanolin

Lanolin adalah salah satu kandungan skincare yang dapat melembabkan dan mencegah serta mengatasi kulit kering, gatal dan iritasi. Lanolin merupakan minyak alami yang dapat ditemukan pada bulu domba. 

Biasanya lanolin akan digunakan untuk mengobati puting lecet pada ibu menyusui dan ruam popok pada bayi. 

  • Shea Butter

Shea butter merupakan minyak dari pohon shea yang berasal dari Afrika Selatan.

Shea butter merupakan salah satu bahan pelembab yang dapat berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan menenangkan kulit yang iritasi. Bahan ini biasanya terdapat pada produk perawatan kulit kering.

Baca juga:

Makanan Penyebab Jerawat Yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Merawat Kulit Berjerawat Agar Tidak Muncul Jerawat Baru

Ketahui Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Merawat Kulit Kering

Tips Lain Merawat Kulit Kering

Cara merawat kulit kering

Setelah mengetahui rutinitas perawatan kulit kering dan kandungan skincare apa saja yang dapat digunakan untuk kulit kering. Selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mencegah kulit kering di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap lembab.

  • Fragrance Free

Gunakan produk skincare dengan label fragrance free. Kandungan pewangi pada skincare dapat membuat kulit menjadi iritasi.

  • Minum Banyak Air

Kelembaban kulit dapat dijaga dengan banyak minum air putih. Hal ini dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dari dalam.

  • Gunakan Pelembab Udara

Suhu udara yang kering jadi salah satu penyebab kulit kering. Kamu bisa menambahkan kelembaban udara dengan mengaktifkan pelembab udara. Udara yang lembab dapat menjaga kelembaban kulit lebih seimbang.

Kesimpulan

Untuk merawat kulit kering, lakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat agar kulit kering dapat diatasi dengan maksimal.

Gunakan produk dengan kandungan skincare yang sudah direkomendasikan untuk kulit kering.

Konsultasikan dengan dokter apabila kamu memiliki kondisi kulit khusus. Semoga membantu!

Logo irraoctavia com baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *