Makanan Penyebab Jerawat Yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, namun jerawat masih sering muncul? Bisa jadi karena dipicu oleh makanan penyebab jerawat.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya jerawat, seperti hormon, kotoran yang menumpuk pada pori-pori, peradangan, hingga genetika. 

Namun ada juga penelitian yang menyebutkan jerawat dapat muncul disebabkan oleh makanan.

Penasaran makanan apa saja yang dapat menyebabkan jerawat yang sebaiknya kalian hindari?

Melalui artikel ini aku mau bahas makanan apa saja yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Mari kita simak bersama-sama.

Makanan Penyebab Jerawat

Makanan yang dapat menyebabkan jerawat pada wajah
Makanan yang dapat menyebabkan jerawat pada wajah

Menurut artikel dari healthline, sejumlah penelitian menyebutkan jika pola makan memiliki peran penting dalam perkembangan jerawat di wajah.

Berikut adalah jenis-jenis makanan yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat.

1. Karbohidrat

Makanan pertama yang perlu dihindari oleh pemilik kulit berjerawat adalah makanan yang mengandung karbohidrat.

Kebanyakan orang dengan kondisi kulit berjerawat mengonsumsi lebih banyak karbohidrat dibanding orang dengan kondisi kulit normal.

Makanan olahan yang mengandung karbohidrat seperti nasi putih, roti, kerupuk, gorengan, pasta, bihun, dan makanan yang diolah dari tepung merupakan makanan yang harus dihindari karena dapat memicu munculnya jerawat.

2. Gula

Gula, si manis ini ternyata dapat menjadi pemicu munculnya jerawat loh!

Pada sebuah penelitian ditemukan jika seseorang yang sering mengonsumsi makanan tinggi gula memiliki kemungkinan 54% lebih tinggi untuk muncul jerawat.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah dan insulin sehingga membuat hormon androgen lebih aktif dan membuat sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan dapat meningkatkan produksi sebum.

Minuman manis seperti soda, kopi kekinian, tes kemasan, jus kemasan, dan minuman kemasan lainnya merupakan makanan atau minuman yang wajib kamu hindari agar jerawat bisa sembuh.

3. Produk Susu

Makanan yang mengandung susu merupakan salah satu jenis makanan penyebab jerawat yang wajib kamu hindari. 

Karena berdasarkan penelitian, susu sapi mengandung asam amino yang dapat merangsang kelenjar minyak semakin aktif dan dapat memicu munculnya jerawat.

Tidak hanya itu, laktosa yang terdapat pada susu sapi juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada seseorang. Munculnya jerawat bisa juga disebabkan oleh lactose sensitivity atau salah satu tanda dari reaksi alergi laktosa.

Makanan yang mengandung susu bisa berupa susu sapi segar, keju, mentega, es krim, yoghurt dan masih banyak lagi.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji dapat menyebabkan jerawat
Makanan cepat saji dapat menyebabkan jerawat

Selain karena hormon, jerawat juga akan muncul jika kita mengonsumsi makanan dengan tinggi kalori, lemak dan karbohidrat olahan.

Makanan cepat saji seperti burger, nugget, kentang goreng, hot dog, soda, milkshake dan makanan ultra proses lainnya menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Dilansir dari artikel healthline, seseorang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji memiliki resiko munculnya jerawat 24% lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi makanan cepat saji.

5. Whey Protein 

Whey protein merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan asam amino lisin dan glutamin. Kandungan asam amino dalam whey protein ini dapat memicu tubuh memproduksi insulin dan IGF-1 dalam jumlah yang tinggi loh!

Berdasarkan penelitian, whey protein memiliki korelasi langsung terhadap tingkat keparahan jerawat yang muncul.

Untuk itu teman-teman yang sedang rutin gym dibarengi dengan mengonsumsi whey protein, sebaiknya cari alternatif lain agar jerawat yang muncul tidak semakin parah.

Baca juga:

8 Jenis Jerawat Yang Perlu Diketahui dan Cara Mengobatinya

Berikut Cara Mudah yang Efektif Mengatasi Jerawat Punggung

Mitos Dan Fakta Menarik Seputar Jerawat Yang Perlu Kamu Tahu

Kesimpulan

Kelima makanan diatas adalah salah lima contoh dari beragam makanan penyebab munculnya jerawat yang sebaiknya dihindari.

Karena selain dapat memperparah kondisi jerawat, makanan-makanan tersebut juga dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya.

Atur pola makan dengan mengurangi makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Kamu bisa melakukan diet sehat dengan rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buah (real food).

Yuk kita perbaiki pola makan agar jerawat tidak muncul lagi dan hidup jadi lebih sehat.

Logo irraoctavia com baru

Comments 16

  • Oalah, baru tahu kalau karbohidrat dan gula bisa menyebabkan jerawat. Mulai sekarang, berarti harus kontrol jumlah konsumsi karbohidrat sama gula nih. Termasuk makanan cepat saji juga, ya. Kalau whey protein sama susu, jarang konsumsi soalnya.

  • Penyeab jerawat memang beragam ya, Mbak. Tidak hanya dari wajah yang kotor karena debu, jenis kulit, sampai makanan juga. Jadi harus dikurangi nih, makanan-makanan yang menyebabkan jerawat.

  • wah baru tahu nih kalau karbohidrat bisa menyebabkan jerawat. kalau selama ini kacang-kacangan yang kayaknya sering banget disebut sebagai makanan penyebab jerawat

  • Sebagai penggemar makanan dan minuman manis, aku sekarang berusaha banget buat mengurangi. Karena selain menimbulkan jerawat, bahaya gula darah yang tinggi juga memicu penyakit yang lebih ganas. Huhuhu, sad but i have to..

  • pejuang jerawat kudu banget aware nih masalah makanan yang dilarang ini. Supaya ngga mengganggu program penyembuhan yes, sekalian juga tetep jaga kebersihan wajah dong

  • kandungan makanan pokok kita sehari2 dapat jadi pemicu timbulnya jerawat ya, selama di imbangi dengan olahraga juga

  • Faktor asupan juga bisa ya jadi pemicu si jiriwit muncul.
    Jadinya kudu lihat segala aspek nih, dengan begitu bisa antisipasi jerawat berdatangan

  • Udah bener banget ya mengendalikan asupan karbohidrat dan gula. Bukan cuma biar berat badan terkendali, tapi juga aman dari jerawat. Masih perjuangan nih buatku.

  • Ternyata terlalu banyak karbohidrat juga bisa menyebabkan jerawat, ya. Selama ini yang dihindari itu goreng-gorengan dan makanan berlemak lainnya. Kalau mau bebas jerawat harus hati-hati mengonsumsi makanan, ya.

  • Kacang kok gak ada mbak. Adikku kalau makan langsung jerawatan loh. Yg ada di artikel ini malah roti. Lah aku pecinta roti hampir gak pernah jerawatan. Baru tau kalau roti sama nasi putih bikin jerawatan.

  • Wah pantesan aku tiap kali makan makanan manis yang terlalu banyak itu tuh suka jerawatan ternyata emang makanan yang mengandung gula itu bikin jerawatan ya Kak. Makanan cepat saji juga ya huhu Padahal aku suka banget fast food 🙁 tanpa disadari itu yang bikin jerawatan ternyata

  • wah ini mah jenis makanan yang sering kita santap. Karbohidrat dan makanan manis, ini jadi makanan sehari-hari. Sepertinya nggak bolehnya berlebihan ya, harus ada takarannya.

  • Penting banget nih untuk jaga kesehatan kulit juga selama rutin gym. Mungkin bisa coba konsultasi dengan ahli gizi atau dokter kulit untuk cari alternatif protein yang lebih cocok buat kulit. Semoga bisa tetap sehat dan dapat hasil fitness yang maksimal tanpa harus khawatir sama jerawat!

  • aku sih tahunya gula aja yang bisa bikin jerawat dan gorengan ofkors, hehehe. ternyata produk susu juga bisa ya. eh iya ya kalo yang di konsumsinya mentega terlalu over pasti jerawatan.

  • Memang ternyata makanan juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa memengaruhi munculnya jerawat ya… jadi inget istilah you are what you eat deh.. harus lebih menjaga asupan makanan sih

  • ah pas banget mukaku lagi berjerawat parah di dagu 🙁 mungkin hormon juga kali ya. tapi aku sulit sekali menghindari makanan turunan susu, gorengan dan dessert. duh. gimana muka bisa bener ini :((

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *