Nutrisi Untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Morinaga Chil*Go!

Selama masa pandemi ini, orang tua harus dituntut untuk dapat memberikan asupan nutrisi yang baik bagi anak. Hal ini semata-mata untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tidak mudah terpapar virus dan penyakit.

Jangan sampai Si Kecil sakit di tengah pandemi ini. Pernah mendapati anakku sakit di tengah pandemi cukup bikin hati jadi gak karuan.

Setelah ditelusuri ternyata awal mula anakku sakit ketika dia lagi mogok makan selama beberapa hari, maunya makan cemilan aja. Sehingga asupan nutrisi yang masuk jadi berkurang dratis, selain itu pencernaannya juga jadi terganggu karena terlalu banyak makan cemilan dengan gizi yang kurang.

Benar-benar momen melelahkan yang tidak ingin aku ulangi lagi.

Baca juga:

Tips untuk hidup yang lebih sehat ala Irra!

Kenali Gejala Tipes Pada Anak Dan Cara Mencegahnya

Tips meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil

Berdasarkan pengalamanku merawat anak yang daya tahan tubuhnya menurun, aku mencoba beberapa hal yang dapat meningkatkan lagi imunitas anakku, seperti:

  1. Tidak Melewatkan Jadwal Imunisasi

Imunisasi merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Imunisasi dilakukan ketika sejak usia bayi hingga anak-anak. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil di masa pandemi, moms bisa memberikan vaksin Influenza untuk Si Kecil.

  1. Cukup Istirahat

Istirahat secara optimal dapat membantu Si Kecil menjaga daya tahan tubuhnya. Anak yang terlalu sering beraktivitas hingga melupakan waktu istirahat akan membuat imunitas menurun, sehingga tubuhnya bisa rentan terkena penyakit.

  1. Berjemur

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang mudah dan murah ialah dengan membiarkan anak berjemur setiap pagi selama 15 menit. Biasanya aku selalu mengajak anakku menyiram tanaman sembari berjemur. Mengajaknya berkebun juga dapat membantunya melepaskan stress.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memberikan banyak manfaat pada tubuh, salah satunya dapat melindungi kesehatan organ dalam serta menjaga daya tahan tubuh saat terserang penyakit.

  1. Kenalkan Dan Praktikkan Gerakan 5M

Pandemi ini telah banyak mengubah kebiasaan kita. Hal yang dapat terlihat dengan jelas ialah dengan menerapakan protokol kesehatan melalui gerakan 5M. Kenalkan dan praktikkan gerakan 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas) pada anak agar Si Kecil dapat melindungi diri dari virus.

  1. Berikan Asupan Sayur Dan Buah

Selama pandemi ini, aku selalu menyajikan makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur dan buah. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin yang baik bagi daya tahan tubuh. Alhamdulillah anakku suka sekali makan sayur, terutama wortel dan brokoli.

  1. Penuhi Kebutuhan Susu Si Kecil

Cara terakhir yang aku lakukan unruk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil ialah dengan memberikan susu. Susu merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat. Susu juga dapat memberikan energi dan penunjang tumbuh kembang di kecil.

10 Jenis Sayuran Dan Buah Bagi Kesehatan Jantung Kita

 

Virtual Event Bersama Morinaga Chil*Go!

Morinaga Chil*Go!

Selain ketujuh tips di atas, aku juga mengikuti beberapa kelas/webinar online yang membahas mengenai asupan nutrisi yang baik bagi anakku.

Salah satunya adalah konferensi pers Morinaga Chil*Go! yang dilakukan secara virtual dengan tema Peduli Gizi anak selama pandemi. Disana aku diberikan tambahan ilmu mengenai asupan nutrisi untuk anak.

dr. Daeng M Faqih
dr. Daeng M Faqih

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr. Daeng M Faqih, S.H., M.H., memaparkan jika daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan nutrisi harian yang diberikan. Berdasarkan penelitian, sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang baik dapat  memiliki dampak terhadap daya tahan tubuh Si Kecil.

Saluran pencernaan yang baik dapat menyerap nutrisi dalam tubuh dengan baik yang pada akhirnya akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

“Pola makan seimbang yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat (PHBS) seperti rajin cuci tangan, menghindari keramaian, memakai masker, tidur cukup, tetap beraktivitas fisik, serta stres rendah, paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit.” Jelas dr. Daeng.

Dr. Muliaman Mansyur
Dr. Muliaman Mansyur

dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals juga memaparkan bahwa setiap orang tua wajib memperhatikan nutrisi harian anak di masa pandemi dengan memberikan makanan sehat dan seimbang. Selain itu orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang tepat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Nutrisi tambahan yang diberikan dapat beripa susu, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Menurut dr. Muliaman, serat pangan inulin bisa menjadi salah satu senjata utama dalam tumbuh kembang dan menjaga kesehatan tubuh Si Kecil. Serat pangan inulin merupakan salah satu jenis prebiotik yang tinggi serat dan rendah kalori sehingga dapat menjadi pilihan yang bermanfaat bagi saluran pencernaan Si Kecil.

Selain kandungan nutrisi, dr. Muliaman juga menyatakan untuk selalu memperhatikan kandungan gula yang tidak berlebih. Karena asupan gula yang berlebih dapat menyebabkan berbabagai penyakit dikemudian hari.

Berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO) tahun 2015, asupan gula harian untuk anak-anak dibawah 12 tahun maksimal 200 kkal, setara dengan 50 gram gula atau 6 sendok makan perhari.

Devina Hermawan 2
Chef Devina Hermawan

Selain penjelasan dari para pakar, webinar bersama Morinaga Chil*Go! kemarin juga menghadirkan Chef Devina Hermawan (finalis Master Chef season 5) yang membagikan pengalamannya dalam mengurus kedua buah hatinya.

Resep Makanan Bergizi Yang Disukai Anak Usia 2 Tahun

Chef devina membagikan 2 resep makanan bergisi kreasinya dengan menggunakan Morinaga Chil*Go! yaitu Less Sugar Panna Cotta dan Creamy Baked Broccoli Potato Cheese. Lihat video pembuatannya aja bikin ngiler banget, rasanya enak dan diminati oleh anak-anak.

Chef Devina Hermawan
Chef Devina Hermawan

Morinaga Chil*Go Rasa Original!

morinaga Chil go original
Morinaga Chil*Go! rasa original

Morinaga Chil*Go! merupakan minuman susu cair steril dalam kemasan yang mengandung serat pangan inulin. Serat pangan inulin merupakan makanan bakteri baik yang berguna untuk mendukung pencernaan yang sehat sehingga daya tahan tubuh akan semakin kuat.

Susu cair anak Morinaga Chil*Go! mengandung 9 vitamin dan 5 mineral yang dapat mendukung pertumbuhan Si Kecil. Memiliki 5 varian rasa (cokelat, melon, strawberry, vanila dan original) dan semuanya merupakan kesukaan Si Kecil.

Morinaga Chil*Go! original
Si Kecil dan Susu Morinaga Chil*Go!

Morinaga Chil*Go! baru saja meluncurkan susu dengan rasa original yang mengandung gula yang lebih rendah dan cocok untuk mendukung gaya hidup sehat Si Kecil. Moms gak perlu khawatir lagi, karena Morinaga Chil*Go! merupakan nutrisi tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil selama pandemi.

https://irraoctavia.com/

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *