Tips untuk hidup yang lebih sehat ala Irra!

Aloha..

Sudah weekend lagi ya, gak kerasa. Kalau weekend gini biasanya pada ngapain nih? Jalan-jalan ketemu pacar atau nongkrong bareng temen? Apa lebih memilih diem aja di rumah sambil nonton film? Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan pas weekend gini. Momi kenal beberapa teman yang mengisi waktu malam mingguannya di Gym lho! Yup! Olah raga di malam minggu itu seru! Saat ini, semua orang sudah mulai menyadari betapa pentingnya hidup sehat. Yang dulu biasanya dugem-dugem, sekarang setiap pagi suka lari pagi, walau malamnya tetap ngalong. 😅

Tapi, sadar gak sih? Gaya hidup sekarang itu yang membuat kita sering menyepelekan masalah kesehatan? Kerja dari senin sampai jumat, mulai jam 08.30-17.30 membuat kita kadang lupa untuk menjaga kondisi tubuh, keburu capek itu alasannya. Makanya salut banget sama temen-temen yang rela pulang kerja masuk Gym dan berolahraga demi menjaga kesehatan tubuhnya atau mengorbankan malam minggunya sambil ngegym padahal jomblo. Hehe.

Nah, ini ada sedikit tips yang bisa dilakukan untuk menjaga stamina tubuh agar tetap kuat meski jarang olah raga.

1. Banyak minum air putih

Setiap harinya manusia membutuhkan minimal 8 gelas berukuran 230 ml atau setara dengan 2 liter air putih untuk menjaga tubuh tetap prima. Kurang minum air putih dapat menyebabkan Dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Air putih juga bermanfaat untuk menjaga kesegaran kulit. Pernah berasa kulit kering dan bersisik? Mungkin kamu lagi kurang minum!

Selain itu juga air putih dapat memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Sehingga membantu kita jadi tidak cepat lelah. Selain itu air putih bisa jadi alat diet lho! Percaya gak Momi pernah gak sengaja diet air putih dan hasilnya jadi kurus banget? Soalnya air putih membantu mengendalikan asupan kalori tubuh.

Meminum air putih sama dengan menyalurkan oksigen pada otak. Kekurangan oksigen membuat kita jadi kurang fokus, makanya ada iklan air mineral yang membuat cerita tentang seseorang yang hilang fokus gara-gara kurang minum air putih. Selain itu juga, air putih dapat membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Banyak banget kan manfaat air putih?

2. Kurangi makan dan minum yang berkalori tinggi

Nah ini nih, fast food dan minuman bersoda contohnya. Kalau sudah berencana mau hidup sehat, harus say good bye nih sama fast food! Karena rata-rata yang namanya fast food diolah dengan cara deep fry sehingga makanan yang disajikan pasti memiliki kalori yang tinggi. Makanan dan minuman berkalori tinggi ini gak baik bagi tubuh. Biasanya ya, kalau Momi sudah makan fast food, bawaannya suka ngantuk. Enak, kenyang, eh keterusan gak ngapa-ngapain. Akhirnya cuma lenjeh-lenjeh dan menumpuk lemak. Huft.

Gula yang terkandung dalam minuman bersoda itu sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Mereka hanya akan menumpuk dan lama terolah oleh tubuh. Karenanya kalau suka makan fast food dan minuman bersoda, olah raganya juga harus rutin. Agar kalori yang masuk tak punya waktu untuk semakin menumpuk didalam tubuh. Kalau belum siap dengan komitmen itu, lebih baik kita kurangi saja makan dan minum yang berkalori tinggi.

3. Makan sayur dan buah

Antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah dapat membantu kita untuk melawan radikal bebas. Secara ya zaman sekarang polusi ada dimana-mana, asap rokok, asap kendaraan makanan yang terkontaminasi pestisida merupakan sumber radikal bebas yang berisiko merusak sel-sel dalam tubuh dan memicu penyakit serius. Oleh karenanya kita harus mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan guna mengurangi risiko kerusakan tersebut.

Ada beragam jenis antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, diantaranya:

  •  Vitamin C merupakan antioksidan yang diketahui dapat mencegah kerusakan dengan menangkap dan menetralisasi radikal bebas. 
  • Vitamin E dapat memecah rantai radikal bebas.
  • Flavonoid merupakan antioksidan yang terdapat pada berbagai jenis makanan dan merupakan bagian terbesar dari antioksidan.

Buah dan sayur yang memiliki antioksidan berupa Vitamin C, E dan Betakaroten sangat diperlukan oleh tubuh. Ketiganya banyak terkandung dalam buah dan sayur berwarna merah, oranye, kuning, dan ungu.

4. Kurangi begadang

Seperti kata Pak Haji Rhoma Irama:

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.”

Nah, pertanyaannya adalah yang bener nulisnya begadang apa bergadang ya? Haha. Skip!

Kalau ingin hidup sehat, mulai sekarang kurangilah begadang untuk hal-hal yang gak perlu. Nungguin pacar balas chat padahal dia lagi main games, misalnya. Atau nonton drakor nonstop sampai pagi, tinggal satu episode terakhir tahu-tahu udah adzan subuh aja. Nanggung! (Yang ini pengalaman pribadi)

Waktu yang ideal untuk tidur adalah 7-9 jam per hari untuk orang dewasa dan 10-13 jam untuk anak-anak. Kalau kurang, apa yang akan terjadi? Selain mengantuk berlebihan dan sering menguap, kurang tidur akibat begadang akan berpengaruh kepada kondisi emosi, kemampuan kognitif, dan fungsi otak. Yang begadang pasti suka terganggukan emosinya. Dikit-dikit marah, di kantor kerjaan gak beres karena pusing habis begadang. Kacau!

Selain itu juga efek begadang bagi kesehatan dapat terganggunya metabolisme dalam tubuh, organ-organ yang harusnya bekerja ketika kita tidur harus bekerja ekstra keras karena jam tidur kita yang berkurang. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.

5. Jalan kaki

Nih, olahraga paling mudah dan murah adalah dengan berjalan kaki. Indonesia itu terkenal sebagai negara paling malas jalan kaki. Buktinya, mau ke warung depan aja pasti naik motor. Mau ke rumah tante di blok sebelah aja naik motor. Dikit-dikit naik motor (tunjuk diri sendiri) haha. Kapan olahraganya kan kalau gitu? Mulai sekarang, yuk lebih sering lagi jalan kaki.

Buat yang kerja, bisa juga lho olahraga dengan naik turun tangga. Badan bisa jadi lebih fit juga lho! Dulu, di kantor Momi ada gerakan naik lewat tangga. Lengkap dengan quotes-nya. Tapi kalau lantainya di lantai 30 sih ya mending naik lift, kecuali lagi iseng banget pengen naik tangga. Hehe.

6. Bahagia dan ikhlas

Tips terakhir adalah tips pamungkas! Bahagia dan ikhlas! Saat ini, selain kesehatan fisik kesehatan mental juga perlu kita perhatikan. Sudah sering kan mendengar banyak kasus bunuh diri atau depresi? Semua karena perkembangan zaman yang begitu pesat sehingga membuat kita lupa bahagia dan ikhlas. Banyaknya tuntutan yang kita hadapi sering kali membuat kita hanya fokus pada bekerja saja dan lupa kalau hidup juga perlu bahagia. Berada di lingkungan yang tidak baik juga bisa menyebabkan kita sakit.

Karenanya, mulailah bebenah diri dan sedikit demi sedikit memperbaiki lingkar pertemanan kita. Siapa tahu yang bikin kita sakit dan merasa tidak sehat itu bukan dari fisik, tapi hati. Kalau udah terserang penyakit hati, bakalan susah sembuhnya tuh! Hehe.

***

So, itu adalah kelima tips yang bisa Momi berikan untuk menjadikan hidup lebih sehat, baik jasmani maupun rohani. Sampai ketemu di tips selanjutnya yhaa!

Sumber:

https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih

https://www.alodokter.com/antioksidan-sebagai-senjata-melawan-radikal-bebas.html

https://www.alodokter.com/banyak-kondisi-buruk-menanti-anda-karena-efek-begadang

You Might Also Like

27 Replies to “Tips untuk hidup yang lebih sehat ala Irra!”

  1. Samaaa bangetttt mom Kippo 😀

    Cuman yang jalan mungkin di dalam rumah saja, jalan di tempat hahaha.
    Bahagia dan ikhlas juga kuncinya ya, selain sehat raga, kulit juga lebih sehat dan segar serta awet muda *teteup hahaha.

    Kurangi begadang saya belum bisa, secara si bayi tidurnya kacau.
    Tapi saya siasati dengan melengkapi jam tidur di waktu siang 🙂

  2. Fast food dan begadang ngerjain de el memang udah jadi habit nih *tepokjidat
    Siapa sih yang gak mau punya badan yang sehat? Semua orang pasti mau, tinggal gimana kitanya aja yang konsisten menjalani.
    Semangat sehat mom Irra.

  3. Semuanya begitu mudah tapi kenapa begitu susah dijalani. Minum air putih gampang kan tapi kenapa suka lupa. Jalan kaki juga gampang kan buat olahraga tapi kenapa malas. Huhuhuhu,, aku perlu tekad kuat dan konsisten tingkat tinggi nih

  4. Semuanya sudah pernah kulakukan deh semua poin di atas. Tapi masih susah untuk tidak begadang. Apalagi kalau lagi banyak masalah jadi nggak bahagia dan adanya galau mulu. Huhuhu.

  5. Yang No 6 yang kadang masih buruh perjuangan kalau buat ku mbak hehehe. Terlihat mudah cuma kadang susah buat jalani. Masih jadi PR buat ku untuk lebih selow hehehe. Serasa di reminder lagi nih baca tulisan mbak irra. Bahwa hidup ini harus bahagia!

  6. Makasi Mba tips sehat nya,
    Semoga saya bisa menerapkannya dalam kehidupan saya yang amat sangat nyata ini.. Working Mom dan punya 2 anak laki-laki.. dikantor yg ga mungkin bisa tdr dan kalo sudah sampai rumah baru bisa istirahat kalo anak udh pada bobo semua.. karena ga pakai nanny..

  7. soal begadang nih aku setuju banget. hal kecil yang paling cepet merenggut kesehatan kita tuh begadang, meskipun cuma nonton drakor doang misalnya, gak yang lari2an atau kerja rodi, tapi tetep gak bagus buat kesehatan.

  8. Bahagia dan Ikhlas ini yg perlu extra kita lakukan. Insha allah kunci dari semuanya ya bahagia dan ikhlas ya mba. Kalo sudah bisa melakukan semuanya serasa ringan dan buat kita awet muda krn hati legowo dan plong hidup nya

  9. Jadi inget jaman belum nikah dulu. Tiap ada waktu ngegym, langsung ngacir ke tempat gym sepulang kerja.
    Sekarang, kalo sempet aja, olahraga bekal YouTube.
    Mayan yang penting kalori udah terbakar.

  10. Jadi inget jaman belum nikah dulu. Tiap ada waktu ngegym, langsung ngacir ke tempat gym sepulang kerja.
    Sekarang, kalo sempet aja, olahraga bekal YouTube.
    Mayan yang penting kalori udah terbakar..

  11. Haha iya mbaa disini kemana2 naik motor, kalo jalan kaki malah dianggep aneh, bahkan ditanya motornya rusak yah? Wkwkk. Beda banget waktu aku ke Jepang dulu, sebaliknya yg berkendaraan motor nyaris ga ada, mekeka prefer jalan kaki atau sepedaan, so hasilnya udara yg tercipta juga bersih dan jauh dari polusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *