Ketahui Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Ketika perusahaan ingin karyawannya memiliki performa yang bagus, sebuah perusahaan harus memperhatikan lingkungan kerja perusahaan. Sebab, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan cukup besar.

Lingkungan kerja adalah sebuah kondisi baik secara fisik, sosial, dan psikologis dalam perusahaan yang memiliki pengaruh pada kinerja dan produktivitas karyawan.

Menciptakan lingkungan kerja yang positif adalah salah satu cara menunjang produktivitas karyawan. 

Selain itu, memberikan kemudahan bagi karyawan juga menjadi bentuk support perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang baik. 

Salah satunya adalah memberikan layanan sistem pembiayaan operasional yang mudah dan aman seperti software Spenmo

Berikut ini pengaruh lingkungan kerja yang positif terhadap kinerja karyawan. Namun, sebelum itu kamu juga harus tahu seperti apa lingkungan kerja yang positif itu.

Mengenal Lingkungan Kerja yang Positif
Sumber: Unsplash

Mengenal Lingkungan Kerja yang Positif

Lingkungan kerja yang positif adalah lingkungan kerja yang seimbang, kondusif, dan optimal untuk karyawan dan perusahaan. 

Setiap perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang positif akan memiliki efek yang bagus pada citra perusahaan secara langsung maupun tidak langsung. 

Sehingga menciptakan lingkungan perusahaan yang positif adalah sebuah tantangan bagi tim manajemen di sebuah perusahaan. Simak penjelasannya lebih detail di bawah ini.

1. Lingkungan Kerja Fisik

Lingkungan kerja fisik adalah kondisi perusahaan yang berhubungan dengan bangunan dan fasilitas perusahaan untuk menunjang kinerja karyawan. 

Aspek ini bisa dilihat pada sistem keamanan, kenyamanan ruangan kerja, kebersihan kantor, sirkulasi udara, fasilitas pantry, dan fasilitas device yang memadai.

2. Lingkungan Kerja Non-Fisik

Lingkungan kerja non-fisik biasa mencakup budaya sebuah perusahaan, struktur organisasi perusahaan, sistem promosi dan jenjang karier, pola kerja, gaya kepemimpinan, dan sistem pembayaran perusahaan yang efisien.

Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Menciptakan lingkungan kerja yang positif tentunya akan memberikan pengaruh positif juga terhadap kinerja karyawan. 

Hal ini akan membentuk atmosfer lingkungan kerja lebih bersahabat serta mendorong terciptanya kreativitas dan produktivitas optimal karyawan.

Berikut pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan yang harus diketahui.

Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan
Sumber: Unsplash

1. Menjaga Produktivitas Kerja Karyawan

Memiliki lingkungan kerja yang positif akan membentuk atmosfer kerja yang positif juga terhadap karyawan, sehingga mendorong terciptanya produktivitas kerja yang optimal. 

Menurut survei dari Delloite, 75 persen dari 7.700 pegawai millenial menginginkan sistem kerja yang fleksibel agar tetap produktif.

Inilah mengapa Amazon, sebuah e-commerce legendaris membuat gedung kantor yang unik dengan hutan tropis yang terdiri atas 40.000 tanaman dan tumbuhan di Seattle untuk mendorong para karyawannya lebih kreatif dan produktif.

Selain pengaruh dari lingkungan fisik, sebuah perusahaan yang memiliki budaya tim yang suportif, inspiratif, serta peluang positif karyawan untuk berkembang juga dapat membuat karyawan semakin produktif.

Baca juga:

Millenials, Perhatikan Hal Ini Sebelum Bermain Media Sosial

Kembangkan Startup mu Dengan Startup Studio Indonesia

Apa Itu Outsourcing dan 7 Cara Efektif Meningkatkan Skill Karyawan

2. Meningkatkan Loyalitas Karyawan pada Perusahaan

Perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang positif akan berpengaruh pada tingkat kebahagiaan karyawan. Hal ini akan membentuk loyalitas karyawan pada perusahaan. 

Karyawan yang merasa bahagia dan merasa dilibatkan pada aktivitas perusahaan akan lebih memperlihatkan loyalitas terhadap perusahaan. 

Karyawan yang loyal biasanya adalah mereka yang paling bersemangat, memiliki banyak ide baru untuk memajukan perusahaan, berorientasi pada tujuan perusahaan dan selalu memberikan lebih untuk perusahaan. 

3. Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Bekerja di perusahaan dengan fasilitas memadai dan sistem kerja yang baik tentunya sangat menyenangkan. 

Lingkungan kerja yang suportif, tim yang solid dan apresiatif serta peluang-peluang yang ada di perusahaan akan memberikan motivasi pada karyawan untuk bekerja lebih semangat. 

Memiliki karyawan dengan motivasi kerja yang bagus tentunya sangat menguntungkan untuk jalannya perusahaan. Lalu, bagaimana cara agar karyawan dapat termotivasi? 

Caranya adalah menghargai setiap pencapaian yang telah diraih. Cara ini dinilai lebih potensial untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan karena perasaan dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan. 

Selain itu, adakan event tahunan seperti outing kantor atau hanya sekedar makan bersama untuk meningkatkan bonding antar karyawan. 

Baca juga:

Tips Mengatur THR Bagi Ibu Rumah Tangga

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Di Internet

Investor Wajib Tahu! Ini Strategi Cuan Tinggi dari Obligasi Ritel Indonesia

4. Membangun Rasa Kebanggaan Karyawan

Perusahaan yang memiliki budaya dan lingkungan kerja yang positif akan memiliki citra yang baik pada karyawan dan lingkungan sekitar perusahaan. 

Citra perusahaan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut, hal ini akan menumbuhkan rasa bangga dan loyalitas pada karyawan.

Terlebih pada karyawan millenial. Responsivitas karyawan milenial sangat luar biasa di sosial media. 

Ketika bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki citra yang bagus dan apresiatif terhadap kinerja karyawan tentunya akan membuat nama perusahaan semakin bagus dan meningkatkan perusahaan menjadi salah satu perusahaan top of mind pada sisi lingkungan kerja.

Membangun lingkungan dan budaya perusahaan yang positif harus bertahap dan butuh keterlibatan semua lini di perusahaan. 

Sebagai perusahaan yang peduli akan kinerja karyawan memang harus lebih mementingkan kebutuhan karyawan agar tetap kondusif, produktif, dan kreatif. 

Membangun lingkungan yang positif dapat dimulai dari mengatur manajemen perusahaan yang baik, transparan, dan efisien. 

Solusinya, gunakan Spenmo credit card reimbursement yang akan memudahkan karyawan melakukan klaim pengeluaran pembiayaan perusahaan hanya dengan sekali klik. Proses pembayaran dan reimbursement yang cepat dan mudah pun akan menguntungkan karyawan dan membuat semakin semangat.

Logo irraoctavia com baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *