Ketahui Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Kulit kusam menjadi permasalahan umum yang dapat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri seseorang.

Beberapa faktor seperti kurangnya kelembaban, paparan sinar matahari berlebihan, dan polusi lingkungan dapat menyebabkan kulit kehilangan kilau alaminya.

Artikel ini akan membahas mengenai penyebab kulit kusam dan bagaimana cara mengatasi kulit kusam dengan efektif.

Apa Itu Kulit Kusam?

Kulit kusam merupakan kondisi kulit yang tidak terlihat sehat, warna kulit tidak merata, wajah terlihat lelah, muram dan tidak berseri.

Permasalahan kulit ini kerap dialami oleh siapa saja pada rentang usia remaja hingga dewasa yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Penyebab Kulit Kusam

merawat kulit wajah

Kulit kusam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan seringkali kombinasi dari beberapa faktor tersebut. Berikut adalah penyebab umum kulit kusam yang diantaranya:

  • Kulit Kering

Kulit kering merupakan awal dari kondisi kulit yang tampak kusam dan tidak berseri. Hal ini biasanya disebabkan oleh udara dingin dan kering.

Kondisi kulit yang kering dapat membuat lapisan kulit terluar lebih sulit memantulkan cahaya, sehingga memberikan kesan kulit yang kusam dan kurang bercahaya. 

Baca juga: Ketahui Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Merawat Kulit Kering

  • Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari menjadi penyebab kulit kusam yang paling sering dialami. Karena paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan pigmentasi yang tidak merata dan penuaan dini.

  • Kurangnya Kelembaban

Dehidrasi atau kurangnya kelembaban pada kulit dapat membuat kulit tampak lebih kusam dan kering. 

Faktor-faktor seperti udara kering, terlalu sering mandi dengan air panas, atau kurangnya pemakaian pelembab dapat mempengaruhi kelembaban kulit.

  • Polusi Lingkungan

Selain kurangnya kelembaban dan paparan sinar matahari berlebih, polusi udara dan zat-zat kimia lingkungan juga dapat merusak kulit dan menyebabkan penampilan 

  • Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulit secara alami mengeluarkan sel-sel kulit mati secara teratur untuk memberi jalan pada sel-sel yang baru. 

Terkadang, sel-sel kulit yang sudah mati ini tidak terkelupas sebagaimana mestinya sehingga menumpuk dan menyebabkan kulit kering, bersisik dan bercak-bercak.

Baca juga: Pengertian Facial Treatment, Jenis, Manfaat Serta Biayanya

  • Merokok

Kebiasaan merokok dapat mempercepat proses penuaan dini loh! Hal ini dikarenakan produksi kolagen pada kulit akan terganggu dan elastisitas kulit menjadi menurun.

Tidak hanya itu, merokok juga dapat membuat sel kulit menjadi stres sehingga mempercepat proses penuaan.

  • Kurang Tidur

Kulit lelah yang disebabkan oleh kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak lebih kusam. Saat tidur, tubuh secara alami memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit.

  • Penuaan

Menjadi tua merupakan bagian hidup yang tidak dapat dihindari, begitu pula dengan penuaan kulit. Proses penuaan ini dapat menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kusam.

Untuk dapat mengurangi dampak kulit kusam pada usia senja, sebaiknya mulai lakukan rutinitas perawatan kulit dengan fokus untuk menghidrasi dan memberikan nutrisi pada kulit agar kulit lebih sehat dan terlihat lebih cerah.

Baca juga: Rekomendasi Produk Kecantikan Happy White Untuk Mencerahkan Wajah

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Untuk mengatasi kulit kusam, diperlukan perawatan kulit secara rutin agar kulit tampak lebih sehat dan berseri. Berikut adalah cara mengatasi kulit kusam dengan efektif:

  1. Jaga Kelembaban Kulit

Kurangnya kelembaban pada kulit dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Penggunaan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit secara teratur dapat membantu menjaga kelembaban kulit. 

Pilih pelembab yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau gliserin untuk memberikan hidrasi maksimal.

  1. Perlindungan Dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit kusam. 

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. 

Penggunaan sunscreen akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah penuaan dini.

  1. Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup memberikan waktu bagi tubuh untuk meregenerasi dan memperbaiki sel-sel kulit.

Kekurangan tidur dapat menyebabkan kulit terlihat lelah dan kusam. Usahakan untuk tidur 7-9 jam setiap malam untuk mendukung kesehatan kulit.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

Merokok diketahui dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit, sehingga dapat menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan kilau alaminya.

Berhenti merokok atau segera mengurangi kebiasaan merokok dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

  1. Rutin Eksfoliasi

Terakhir adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Karena eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membuka pori-pori, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Gunakan eksfoliator yang lembut 1-2 kali seminggu untuk menjaga kulit tetap segar dan bersih.

Baca juga:

Mengenal 10 Jenis Perawatan Wajah Di Klinik Kecantikan

5 Kandungan Skincare Yang Harus Dihindari Kulit Berjerawat

Kesimpulan

membersihkan wajah

Penyebab kulit kusam sangat bervariasi, mulai dari kurangnya kelembaban, paparan sinar matahari berlebihan, hingga polusi lingkungan. 

Salah satu penyebab utama adalah kulit kering, yang dapat diatasi dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. 

Mengatasi kulit kusam dapat dilakukan dengan rutin melakukan perawatan kulit yang tepat dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat lagi.

Selalu ingat, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan berkilau dibutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam merawat kulit.

Logo irraoctavia com baru

Comments 6

  • kulit aku banget nih, sebenernya kulitku kering sih tapi kalo baca dari sini kayanya cenderung kusam juga yah karna ciri-cirinya sama semua..
    tapi kuncinya tuh pake basic skincare dan yang paling penting moisturizer dan sunscreen hihi

  • Penumpukan sel kulit mati ini beneran deh kemarin aku eksfoliasi aja berasa banget beda nya… Harus rutin tiap bulan exfoliasi biar ga numpuk ke tebelan dan kusam ya

  • bermanfaat banget ini ilmunyabiar bisa menjaga kulit tetap cerah..kadang2 tu berasa kulit kusam padahal basic skincare nya sudah sesuai..ternyata ekfoliasai juga bisa jadi salah satu cara mengatasi kulit kusam

  • Setuju banget Kak Irra kalau kulit kusam itu bikin tingkat kepercayaan diri. Wah kalau dilihat dari penyebabnya Kayaknya aku lebih ke kurang tidur sama jarang exfoliasi soalnya kulit aku cenderung berminyak sih tapi kadang-kadang kelihatan kusam emang. Kayaknya aku harus mulai memperbaiki jam tidur sama lebih rajin eksfoliasi sesuai anjuran

  • Kulitku kusam banget kak semenjak jadi ibu yang sering begadang. Memang harus rutin eksfo sih. Biar kulit mati minggat

  • Kulit aku mudah banget kusam kalau aktivitas di luar ruangan. Kena sinar matahari, debu, polusi, paket lengkap banget. Makanya selalu rutin perawatan biar tetap kinclong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *