5 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib selalu digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, maupun di dalam ruangan.

Kenapa di dalam ruangan juga? Sebab paparan sinar UVA dan UVB mungkin saja dapat menembus kaca/jendela. Sehingga diperlukan perlindungan ekstra dari sunscreen.

Memilih sunscreen untuk kulit berjerawat ternyata gampang-gampang susah, memilih produk yang salah justru dapat memperburuk kondisi jerawat. 

Kali ini aku mau memberikan rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat yang tersedia di pasaran.

Sebelumnya, mari kita ketahui manfaat apa saja yang didapat saat menggunakan sunscreen dan tips memilih sunscreen untuk kulit berjerawat.

Manfaat Sunscreen Untuk Kulit

rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat

Sunscreen memiliki peran penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, penggunaan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dapat memberikan manfaat lain seperti:

  • Mengurangi resiko terkena kanker kulit
  • Mencegah sengatan matahari
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, flek, dan keriput
  • Menghentikan melasma yang sudah ada dan mencegah munculnya bercak baru
  • Mengurangi munculnya bintik hitam akibat jerawat, psoriasis, dan lain-lain.

Tips Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat

Bagi pemilik kulit berjerawat, memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu dapat membantu memperbaiki kondisi kulit. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan tips memilih sunscreen sebagai berikut:

  1. Perhatikan Kandungan Pada Sunscreen

Pemilik kulit berjerawat sebaiknya pilih sunscreen yang mengandung niacinamide, zinc oxide, antioksidan dan fragrance-free untuk merawat kulit berjerawat.

  1. Gunakan Sunscreen Khusus Wajah

Sebaiknya gunakan sunscreen yang diformulasikan untuk wajah dibandingkan sunscreen yang digunakan untuk seluruh tubuh. Karena teksturnya yang berat dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

  1. Gunakan Physical Sunscreen

Physical sunscreen merupakan salah satu jenis sunscreen yang cocok digunakan bagi pemilik kulit berjerawat.

  1. Tekstur Ringan

Saat memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, pastikan kamu memilih produk yang memiliki tekstur ringan sehingga tidak terasa greasy di wajah.

  1. Non-Comedogenic

Jerawat dapat muncul karena pori-pori tersumbat dan menyebabkan bakteri berkembang biak. Sebaiknya pilih sunscreen dengan klaim non-comedogenic untuk menghindari munculnya jerawat baru.

5 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat

Setelah mengetahui manfaat sunscreen untuk kulit, kali ini aku mau memberikan rekomendasi sunscreen yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat, sebagai berikut:

1. Azarine Tone Up Mineral Sunscreen Serum

Azarine Tone Up Mineral Sunscreen

Sunscreen pertama yang aku rekomendasikan adalah Azarine Tone Up Mineral Sunscreen Serum. Physical sunscreen satu ini mengandung SPF 50 PA+++ yang dapat menangkal paparan sinar UVA dan UVB.

Tidak hanya itu, Azarine Tone Up Mineral Sunscreen Serum juga memiliki efek tone up yang dapat membuat wajah terlihat cerah seketika, menjadikan kulit terasa lebih lembab dan juga kenyal.

2. Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen Gel

Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen Gel

Selanjutnya ada Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen Gel. sunscreen ini merupakan salah satu physical sunscreen yang diformulasikan dengan ceramide, panthenol, hyaluronic acid, aloe vera dan HEV blue light technology.

Formulanya ini tidak hanya melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, tetapi juga dapat membuat kulit jadi lebih sehat dan terhindar dari jerawat.

Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen Gel memiliki klaim dapat digunakan oleh anak-anak usia 5 tahun, ibu hamil dan juga ibu menyusui.

3. Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++ 

Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++

Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++ merupakan salah satu physical sunscreen favoritku karena memiliki tekstur yang ringan dan nyaman untuk kulit berjerawatku.

Sunscreen ini mengandung Centella Asiatica, Niacinamide, vitamin C, dan Zinc Oxide yang merupakan bahan-bahan yang bersahabat dengan kulit berjerawat.

4. Tulus Zinc Defense Lotion SPF 30 PA+++

Tulus Zinc Defense Lotion SPF 30 PA+++

Next ada sunscreen Tulus Zinc Defense Lotion SPF 30 PA+++ yang merupakan physical sunscreen yang bersahabat dengan kulit berjerawat.

Sunscreen ini memiliki klaim sweatproof dan waterproof sehingga cocok digunakan dalam berbagai aktivitas, termasuk berolahraga.

Kandungan 20% zinc oxide dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, selain itu fomulanya juga dapat mencegah penuaan dini, menyamarkan garis halus dan juga aman digunakan untuk kulit sensitif.

5. Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++

Terakhir ada Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum SPF 50+ PA++++ yang menawarkan berbagai macam fungsi hanya dalam satu produk saja.

Somethinc Holyshield! Sunscreen ini merupakan salah satu physical sunscreen yang dapat melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB, sekaligus menjadi color correction untuk membuat warna kulit tampak lebih cerah dan merata.

Sunscreen ini mengandung Natural Alpha-Bisabolol, Multivitamin A, E, B5, F, dan B7, serta Horse Chestnut Seed yang memiliki manfaat antioksidan dan juga menyamarkan kemerahan pada wajah.

Kesimpulan

Itulah 5 rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat dariku. Untuk pemilik kulit berjerawat, sebaiknya gunakan physical sunscreen untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen saat sedang beraktivitas di luar maupun dalam ruangan.

Jangan lupa untuk membaca kembali tulisanku mengenai apakah sunscreen dapat menyebabkan jerawat? Nantikan juga postingan terbaru mengenai perbedaan physical sunscreen dan chemical sunscreen untuk kamu ketahui.

Logo irraoctavia com baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *