Tips mempersiapkan liburan akhir tahun!

Aloha..

Sudah bulan Desember lagi nih, bagaimana resolusi tahun 2018 apakah sudah terwujud semua atau baru sebagian? Atau bahkan belum terwujud sama sekali? Haha. Jangan sedih ya, kita sama! Walau resolusi tahun ini gagal seperti tahun-tahun sebelumnya, jangan pernah patah semangat! Masih ada tahun-tahun berikutnya kok. 😋

Daripada meratapi resolusi yang terancam akan terwujud ditahun-tahun berikutnya, lebih baik kita bahas rencana akhir tahun ini yuk! Apakah kamu udah mempersiapkan rencana untuk menutup tahun ini dengan liburan bareng keluarga? Sekedar staycation atau liburan agak jauh ke Pantai? Pasti banyak ya yang ambil cuti akhir tahun, secara banyak banget Hari Kejepit Nasionalnya (Harpitnas) belum lagi ditambah bonus akhir tahun cair. Yippee!!

“Lalu, alasan apalagi yang akan digunakan untuk gak liburan?”

Tapi, sebelum pergi liburan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika akan berlibur. Apa sajakah itu? Yuk kita simak!

1. Siapkan moda transportasi

Yang namanya liburan itu, pasti jalan-jalan ke tempat yang baru kan? Hal paling pertama yang harus kamu siapkan adalah transportasi yang dipilih. Yup! Liburanmu mau sejauh apa dan berapa lama pasti akan berpengaruh pada transportasi yang akan kamu pakai. Kalau dekat dan menginap cuma sehari semalam bisa pakai mobil. Cek kelengkapan kendaraan kamu dan jangan lupa servis ya sebelum liburan!

Kalau kamu pakai transportasi umum, sudah beli tiket dari jauh hari belum? Pembelian tiket dari jauh hari bisa mengurangi budget transportasi dan memastikan liburan kamu gak terganggu karena was-was gak dapet tiket lho! Secara kan kalau musim liburan tiket murah laku keras kayak kacang goreng. Bisa cek-cek situs booking online dari sekarang.

2. Buat itinerary

Nah ini penting nih, kalau mau liburan persiapkan itinerary perjalanan kamu selama di sana. Kenali daerah wisata di kota tujuan kamu. Hal ini memudahkan kamu untuk membuat jadwal dan memanfaatkan waktu liburanmu selama di sana. Perhatikan juga jarak antara satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya, jangan sampai waktu kamu terbuang di jalan dan liburan kamu jadi kurang maksimal.

3. Bawa barang secukupnya

Mau liburan apa pindahan? Sering kali dapat pertanyaan itu ketika lagi ritual packing. Aku termasuk orang yang menganggap semua barang penting dan dibutuhkan. Padahal gak juga. Hal pertama dan utama yang harus diperhatikan adalah sesuaikan barang bawaan kamu dengan tujuan tempat wisatamu. Jangan sampai malah salah bawa barang. Mau ke pantai, eh malah bawa mantel. Kan ga mashoook!

Tips!

  • List semua barang sebelum kamu packing, usahakan sedetail mungkin sehingga barang yang sekiranya tidak diperlukan bisa dikeluarkan.
  • Persiapkan ‘Outfit of the day (ootd)’. Kamu bisa persiapkan satu stel pakaian yang akan digunakan setiap harinya. Cari warna netral yang bisa kamu mix and match, hal ini berguna supaya barang bawaan kamu gak terlalu banyaa, juga biar cucian yang kamu bawa pulang gak terlalu banyak. Hehe.

4. Kamera is a must!

Liburan tanpa dokumentasi itu gak banget deh. Gak bisa pamer diinstagram menyimpan kenangan. Zaman sekarang, siapa sih yang gak suka ngambil gambar pas liburan? Setiap orang pasti berlomba-lomba untuk bikin foto terbaik yang bisa mereka simpan sebagai kenangan dikemudian hari. Kan kita bukan #CrazyRichIndonesian yang liburan tinggal cus pergi setiap saat gak pakai mikir lagi, udah lengkap sama fotografer pribadi. Yee kan? Sedangkan kita, mau liburan aja harus nunggu akhir tahun dulu biar modalnya cukup. Sambil nunggu bonus akhir tahun cair. 🤣

Momen liburan akan lebih indah ketika kita punya kamera terbaru dan tercanggih saat ini. Ada banyak jenis kamera yang bisa kita jadikan pilihan untuk dibawa liburan. Apapun pilihannya, kamera terbaru saat ini sudah memiliki teknologi yang canggih sehingga kita yang masih amatir bisa mengambil foto like a pro! Waah.. pasti hasil fotonya akan semakin keren nih! Ootd yang sudah dipersiapkan jadi gak mubazir deh, jangan khawatir dengan stok foto buat diupload di social media, dijamin aman. Feed Instagrampun jadi lebih keren..

Kamera sudah jadi hal wajib yang harus dibawa untuk mengabadikan momen liburan kamu. Mumpung sudah masuk akhir tahun nih, biasanya banyak tempat yang mengadakan year end sale, lumayan kan buat upgrade kamera kamu ke kamera terbaru dengan teknologi yang lebih canggih lagi. Mantul!

Tips!

  • Sebelum membeli, cari referensi sebanyak mungkin mengenai kamera yang kalian incar.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau buat liburan kamera mirrorless merupakan pilihan tepat ya! Kecil, mungil dan memiliki fitur yang banyak yang gak kalah sama kamera profesional.
  • Kalau belanja online, pastikan toko online yang kamu incar benar-benar kredible. Cari toko online yang dapat memberikan garansi terbaik.
  • Cari toko online/marketplace yang memiliki banyak pilihan kamera dan menawarkan diskon besar dan terpercaya seperti blibli.com.
  • Tunggu tanggal cantik setiap bulannya! Karena biasanya suka ada diskon tambahan ditanggal cantik itu! 😆

5. Jaga kesehatan

Hal yang harus dipersiapkan terakhir adalah dengan menjaga kesehatan kamu. Gak mau kan kamu liburan pas lagi sakit? Bukannya happy jalan-jalan, eh malah meringkuk lemas di kasur. Duh, jangan sampai deh. Sayang waktu, uang dan tenaga kalau sampai kejadian.

Baca juga: Tips untuk hidup yang lebih sehat

***

Nah, itu adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika akan merencanakan liburan akhir tahun. Walau resolusi tahun ini belum terwujud semua, setidaknya liburan akhir tahun dengan kamera terbaru bisa terwujudkan?

70 thoughts on “Tips mempersiapkan liburan akhir tahun!

  1. Iyes, saya setuju dengan tips dari Mommy Kippo, persiapan yang matang memang sangat diperlukan.
    Apalagi kita akan bersenang-senang ingin refreshing, pastinya kita sudah berangan-angan akan mendapatkan momen terbaik selama berwisata nantinya.
    Intip tabungan ah..hihiii

  2. mba… aku gak bisa bawa barang secukupnya, any ideas please? hihihi apalagi bawa si bayik ini, udah kaya mau pindahan rumah barang bawaan ku, kaya bedol desa gitu deh pokoknya 😀

  3. Setuju bangeettt, Kamera itu WAJIB HUKUMNYA hahaha.

    Saya mah dari dulu yang penting diabadikan, buat kenang-kenangan.
    Jadinya sedih banget kalau lupa bawa kamera.
    Jadi pengen intip Kamera Fuji film di BliBli 🙂

  4. Liburan akhir tahun sepertinya akan sama dengan liburan tahun-tahun sebelumnya hahaha, kumpul keluarga aja di salah satu rumah dan makan bersama XD
    Tapi boleh dicoba nih sekali-sekali diagendakan liburan yang beda dari biasanya 😉

  5. Aah jd mencium aroma2 liburaannn…. jaman skrg kamera seperti jd kebutuhan pokok juga ya mba.. apalagi untuk blogger jd perlengkapan utama juga… kalo blm punya, jaman skrg belinya pun gampang tinggal klik

  6. Mbaaaaa pas banget sih. Aku lagi cari referensi kamera nih buat mendukung profesiku sebagai blogger. Jadi kamera aku masukin ke dalam list barang yang pengen aku beli tahun depan selain laptop. Doain ya tercapai. Tapi sekarang pengen nabung dulu dari penghasilan ngeblog di pake buat itu. Semoga resolusi tahun depan ini segera tetcapai ya. Aaminn

  7. Wah salfok sama foto bawa barang secukupnya..hahah

    Tapi memang bener..liburan yang dipersiapkan dengan sebaik-baiknya bakal bikin tenang dan nyaman sepanjang perjalanan. Dan setuju dengan tips yang diberikan. Apalagi untuk kamera..waah, musti-wajib-harus yang jadi fokus! Biar tersimpan kenangannya.

  8. Mengingat sebentar lagi udah musim liburan jadi kudu nyiapin tiket jauh hari, kalo gak pengen kehabisan tiket.
    Kalo Saya, berhubung rombongan yang mau dibawa banyak, barangnya juga banyak (kaya mau pindahan). Mesti dilist dulu, supaya tak ada yang tertinggal.

  9. wuaaaa… tahun ini aku batal liburan keluar kota sama suami dan anak2.. padahal udah nyiapin banget dari jauh2 hari.. perutku semakin membesar dan ternyata udah gak sanggup pergi jauh2.. daripada gak nyaman kan ya jalan2nya juga, jadi tahun ini memilih liburan didalam kota aja, mall aja palingan atay taman deket rumah

  10. Setuju, kalau kamera itu penting, apalagi buat yang berprofesi blogger kayak kita.. buat oleh-oleh di blog kan hehehe

    Hmm kalau Desember ini rencana mau ke Jogja, tapi bukan khusus liburan melainkan kerja, tipis-tipis ya teh anggep aja liburanlah hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *