10 Lagu Tulus Terbaik dan Fakta Dibalik Lirik Cerdasnya!

Hai hai…

Mau cerita ah, jadi bulan lalu tepatnya tanggal 20 November 2018, Momi masih berkesempatan untuk menghadiri konser si ganteng kesayangan, Tulus. Kalau ditanya sudah ngefans dari kapan, gak usah ditanya deh. Dari awal Tulus hadir, promosi dari kampus ke kampus, dari mulai manggung di Tanah sampai panggung besar mewah dan megah, I already became his biggest fans. Dari orang yang nanya “Hah, Tulus? Siapa?” Momi udah punya albumnya. Dari awal udah suka banget sama Tulus, suaranya, tinggi badannya, besarnya, duh, idaman bangeeeet… 😍😍

Setiap Tulus bikin konser, pasti selalu hadir. Mulai dari konser pertamanya yang bernama Konser Diorama (9 Mei 2013) di Dago Tea House, HTM Rp 75.000, Konser Gajah (25 September 2014) di Sabuga, HTM Rp 100.000 something. Meet n greet pas bulan puasa, buka bersama di Vanilla Bistro HTM Rp 75.000, sampai akhirnya kemarin Konser Monokrom (2 November 2018) di Sabuga dengan HTM Rp 200.000 itupun festival C dan cuma dapet pinggiran doang, meet n greet-nya sekarang udah sampai jutaan lho. Beruntung banget dulu ikutan meet n greet pas Tulus belum terkenal banget. Partner nonton konser siapa lagi kalau bukan adek tercinta. Maklum, jomblo lama membuat Momi lebih suka menghabiskan waktu nonton konser dan liburan sama adek sendiri.

Semenjak berkeluarga terlebih lagi sudah punya anak, yang namanya konser, bioskop, festival musik yang gitu-gitu sudah mulai dikurangi bahkan gak pernah terpikirkan sama sekali untuk dateng lagi. Walau sebenarnya Konser Tunggal Tulus yang ketiga ini udah Momi nantikan sejak lama, tapi sampai beberapa hari sebelum hari H masih belum terpikirkan untuk hadir seperti yang lalu-lalu. Namun, perasaan itu muncul lagi ketika adek cerita kalau dia dapat tiket konsernya. Beruntung punya kakak yang mau direpotin buat jaga baby kippo, alhasil berangkatlah kita nonton Tulus berempat sama adikku tersayang.

Sepanjang konser ini mulut kayaknya gak bisa diem. Bernyanyi mengikuti alunan musik pengiring. Perasaan senang dan bahagia semakin menjadi, melepaskan beban dan membantuku merefresh kehidupan. Iya, jadi Ibu itu berat. Mamak butuh hiburan.

Perasaan bahagianya masih ada sampai sekarang. Momi menulis cerita ini sambil melihat-lihat kembali foto sewaktu Konser kemarin. Dengan penuh suka cita, Momi mau membagikan 10 lagu Tulus terbaik sepanjang masa yang selalu ada di playlist! Yuk intip!

1. Tuan Nona Kesepian (Album: Tulus)

Hampir semua lagu yang ada di album pertama adalah kesukaan Momi. Lirik dan nada musiknya seolah menandakan kalau ini tuh Tulus. Sudah jadi trademark-nya banget.

Lagu ini bercerita tentang si Tuan yang memiliki ego yang tinggi dan imajinasi Nona yang terlalu berharap akan sang Tuan.

Nona jatuh cinta pada tuan
Tuan menunggu yang lain
Nona tak peduli walau tuan
Tak pernah peduli sekitarnya

2. Sewindu (Album: Tulus)

Siapa yang gak tahu lagu ini? Single pertama Tulus yang mengguncang dunia. Karena lagu ini pula nama Tulus langsung melambung. Tapi, adakah yang tahu makna dibalik lagu ini apa?

Jadi ceritanya waktu awal-awal Tulus hadir, dia pernah di wawancara di sebuah stasiun radio di Bandung gitu, terus ditanya bercerita tentang apa sih lagu ini. Orang yang mendengarnya pasti akan menyangka kalau lagu ini bercerita mengenai seseorang yang dengan sabarnya menanti orang terkasih untuk menyadari arti hadirnya.

Sudah sewindu ku di dekatmu
Ada di setiap pagi, di sepanjang hari mu
Tak mungkin bila engkau tak tahu
Bila ku menyimpan rasa yang ku pendam sejak lama

Pokoknya inti lagunya pasti tentang PHP, pasti pada ngira gitu kan? Padahal, arti lagu ini sebenarnya menceritakan tentang seekor Anjing yang sangat menyayangi majikannya dan sudah bersama 8 tahun lamanya, lalu kecewa karena majikannya lebih memilih pria lain yang baru datang dikehidupannya. Gak nyangka kan? Awalnya juga sama! Gak nyangka, kalau baca lagi liriknya, ya juga.

Setiap pagi ku menunggu di depan pintu
Siapkan senyum terbaikku agar cerah harimu
Cukup bagiku melihatmu tersenyum manis
Di setiap pagimu, siangmu, malammu

3. Jatuh Cinta (Album: Tulus)

Ini mungkin merupakan lagu Tulus teromantis yang pernah ada. Karena lagu ini dibuat untuk Ibunda tercinta. Gimana coba rasanya dicintai dengan begitu sangat oleh anak lelakinya? Seneng banget pasti! Sampai dibikinin lagu segala.

Senyumnya selalu terbayang-bayang
Caranya bicara ooo aku suka
Dia punya semua pesona
Dia punya semua yang ku damba
Sosok yang cantik anggun menarik gerak menawan
Tutur cemerlang hati yang tulus tak bisa aku lewatkan

Melting!!

4. Sepatu (Album: Gajah)

Bercerita tentang sepasang kekasih yang saling mengasihi tapi tidak bisa bersatu namun tak bisa berpisah juga. Nah lho! Bingung kan?

Cinta memang banyak bentuknya
Mungkin tak semua bisa bersatu

Semua lagu Tulus itu memang penuh makna dan presepsi. Kalau menelisik video klipnya, kayaknya sih bercerita tentang sepasang kekasih yang ternyata mereka adalah saudara tiri, karena memiliki satu ayah yang sama. Hmm..

5. Gajah (Album: Gajah)

Kalau yang satu ini pasti sering denger dan udah pada tahu kan? Lagu yang bercerita tentang bullying yang dilakukan teman-temannya sewaktu kecil malah menjadikan motivasi bagi dirinya.

waktu kecil dulu mereka mengatakan
mereka panggilku gajah
kini ku beri tahu puji dalam olokan
mereka ingatku marah
jabat tanganku panggil aku gajah

Dengan lagu ini juga Tulus mengajak kita semua untuk lebih peduli lagi akan keberadaan Gajah di Indonesia dan Dunia dengan membuat campaign Teman Gajah.

6. Bumerang (Album: Gajah)

Lagu ini bercerita mengenai Tuan si pemberi harapan yang akhirnya pergi meninggalkan si Nona hanya untuk nama yang lain. Nona berharap karma akan menghantamnya.

Sementara kau sibuk dengan permainanmu
Dengan hati yang lain nama yang lain
Sibuk merakit bumerang tuk menyerangmu
berbalik menyerangmu

Ini lagu favorit Momi bangeeet! Dulu pernah punya gebetan kayak gitu, hanya suka puisi dan lagu yang ditujukan untuk dirinya, tapi tak peduli denganku. Haha.

7. Mengagumimu Dari Jauh (Album: Unreleased Song)

Kalau merasa teman Tulus, pasti tahu lagu ini. Pertama kali denger itu pas acara meet n greet di Vanilla Bistro itu. Pertama kali denger dan langsung suka!

Cinta memang mungkin inilah cinta
Apapun lagumu aku jiwai
Cinta memang mungkin inilah cinta
Tanpa ku miliki rindu terasa

Agak lupa dulu alasan lagu ini gak jadi dirilis karena apa. Walaupun gitu, kalian harus wajib dengerin. Karena emang seenak itu lagunya. Lagu ini dinyanyiin juga pas Konser Gajah 4 tahun silam.

8. Labirin (Album: Monokrom)

Pertama denger lagu ini tuh ngerasa ada yang beda. Tulus seperti kehilangan auranya. Lagunya enak, tapi gak Tulus banget, gitu. Ternyata, setelah secara gak sengaja mendengar wawancara Dhipa Barus di Radio, dia bilang kalau lagu Labirin ini adalah lagu Tulus feat. Petra. Pernyataan ini diperkuat ketika konser Monokrom kemarin secara tiba-tiba Petra diundang ke panggung untuk menyanyikan lagu ini barengan. Pantesan yaa kayak bukan Tulus banget.

Kucari tau tentangmu
Tanggal dan tahun lahirmu
Kupelajari rasi bintang menebak pribadimu

Fun fact! Tulus sama Petra punya banyak lagu yang dibikin barengan lho! Keren ya..

Baca juga: Irra dan Libra: Melihat Karakter Seseorang Dari Zodiak-nya

9. Manusia Kuat (Album: Monokrom)

Lagu ini merupakan official song of Asian Para Games 2018. Lagu yang membangkitkan semangat dan sangat cocok sekali untuk mengiringi para Atlit berjuang atas nama Indonesia walau dengan fisik yang terbatas.

Kau bisa hitamkan putihku
Kau takkan gelapkan apapun
Kau bisa runtuhkan jalanku
Kan ku temukan jalan yang lain

10. Natsu Wa Kinu (Japanese)

Yang terakhir ini merupakan lagu berbahasa Jepang kedua setelah sebelumnya Tulus menyanyikan lagu Kutsu (Sepatu) versi Jepang. Natsu Wa Kinu sudah ditulis sejak tahun 1896. Lagu ini menggambarkan suasana menyambut musim panas. Selain itu, lagu ini merupakan lagu legendaris yang kerap dijadikan simbol semangat dan optimisme.

***

Itulah ke-10 lagu Tulus beserta fakta didalamnya. Gimana? Mulai mengenal Tulus lebih dekat kan? Sebenarnya untuk makna dibalik setiap lagu dapat berbeda-beda, sebagaimana orang mengartikannya. Namun, inilah fakta dari lirik-lirik cerdas Tulus yang artinya bisa multitafsir. Jadi, yang mana lagu kesukaanmu?

You Might Also Like

13 Replies to “10 Lagu Tulus Terbaik dan Fakta Dibalik Lirik Cerdasnya!”

  1. Aaaaa mau nangis, aku iri tth bisa nonton. Aku nggak bisa nonton karena lagi hectic kerjaan.
    Aku suka tulus semuanyaa, apa lagi srkarang pas dia jadi pelopor teman gajah sama yang program guru itu (lupa namanya)

  2. Marah tentu jadi hal yang lumrah ketika orang-orang menertawakan kamu karena menganggap kamu banyak kekurangan. Tapi jangan habiskan waktumu untuk jadi orang yang pemarah. Namun, dibalik omongan orang yang kadang nyelekit dan nyakitin, terselip doa dari mereka agar kamu jadi seseorang yang lebih baik. Seperti lagu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *