Kenali 10 Tanda Awal Kehamilan Pertama

Saat seorang wanita mengalami telat menstruasi biasanya mereka mencurigai atau berharap bahwa mereka sedang hamil. Bagi beberapa wanita, gejala awal kehamilan dimulai pada beberapa minggu pertama setelah pembuahan.

Gejala kehamilan juga dapat bervariasi dalam intensitas, frekuensi dan lamanya, memang ada beberapa ciri-ciri hamil pada setiap wanita hanya saja banyak gejala awal kehamilan dapat muncul mirip dengan ketidaknyamanan pada saat pra-menstruasi rutin, ini adalah tanda-tanda yang mungkin wanita rasakan saat sedang hamil:

1. Payudara yang lunak dan juga bengkak

Payudara wanita mungkin bisa menjadi tanda awal mula kehamilan. Saat dua minggu setelah pembuahan, perubahan hormone dapat membuat payudara terasa sakit, sedikit membengkak tetapi lebih lunak. Atau payudara mungkin terasa lebih penuh dan terasa lebih berat. Hanya saja tanda ini juga mirip dengan tanda pramenstruasi pada biasanya, sehingga kurang akurat. Kalian harus mengetahui ciri-ciri hamil yang lainnya.

2. Sering Kelelahan

Sering dan cepat merasa lelah juga menempati urutan teratas di antara gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormone progesterone meningkat. Dalam kadar yang cukup tinggi, progesterone dapat membuat tertidur. Pada saat yang sama, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan produksi darah dan dapat menurunkan energi selama kehamilan.

3. Pendarahan ringan atau kram

Kadang-kadang pada beberapa wanita menimbulkan tanda dengan keluarnya sedikit bercak atau pendarahan vagina. Hal ini adalah salah satu gejala awal kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Jenis perdarahan ini biasanya sedikit lebih awal, lebih berbintik dan warnanya lebih muda dari pada darah haid normal dan tidak berlangsung lama. Beberapa wanita juga mengalami kram perut pada awal kehamilan. Kram ini mirip dengan kram menstruasi.

4. Mual dengan atau tanpa muntah

Morning sickness, yang dapat menyerang kapan saja di siang atau malam hari, adalah salah satu gejala klasik kehamilan. Bagi sebagian wanita, mual mulai terjadi sejak dua minggu setelah pembuahan. Mual tampaknya berasal setidaknya sebagian dari tingkat estrogen yang meningkat dengan cepat, yang menyebabkan perut kosong lebih lambat. Wanita hamil juga memiliki indera penciuman yang tinggi, sehingga berbagai bau seperti makanan yang dimasak, parfum atau asap rokok dapat menyebabkan gelombang mual pada awal kehamilan. Ada beberapa petunjuk dan tips untuk membantu mengurangi efek dari mual di pagi hari.

5. Keengganan atau keinginan akan makanan

Ketika hamil, kamu mungkin mendapati hidung terasa sensitf pada makanan tertentu, seperti kopi atau makanan yang digoreng. Mengidam makanan juga biasa terjadi. Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, preferensi makanan ini dapat dihubungkan dengan perubahan hormone terutama pada trimester pertama, ketika perubahan hormone pada trimester pertama adalah yang paling drastis.

BLACKMORES: Pentingnya ASI Bernutrisi Untuk Ibu dan Bayi Yang Istimewa

Klinik Mutiara Cikutra: Pengalaman Bersalin Yang Menyenangkan

Manfaat Tanya Dokter Kandungan Saat Hamil

6. Sakit kepala

Di awal kehamilan, peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan oleh perubahan hormon dapat memicu sakit kepala ringan yang sering.

7. Sembelit

Sembelit adalah gejala awal kehamilan yang umum. Peningkatan progesterone menyebabkan makanan melewati lebih lambat melalui usus, yang dapat menyebabkan sembelit.

8. Perubahan suasana hati

Meningkatnya hormone dalam tubuh di awal kehamilan dapat membuat kamu luar biasa emosional dan menangis. Perubahan suasana hati juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

9. Pingsan dan pusing

Saat pembuluh darah melebar dan tekanan darah turun, kamu mungkin merasa pusing dan bahkan berakhir pingsan. Di awal kehamilan, pingsan juga dapat dipicu oleh gula darah rendah.

10. Periode terlewatkan

Mungkin gejala awal kehamilan yang paling jelas adalah ketika melewatkan menstruasi. Kemungkinan tanda kehamilan ini sering menyebabkan wanita mencari lebih banyak detail tentang gejala kehamilan lainnya.

https://irraoctavia.com/

 

You Might Also Like

37 Replies to “Kenali 10 Tanda Awal Kehamilan Pertama”

  1. Wah, jadi ingat ketika dulu hamil anak pertama. Dulu tuh suasana hati jadi ga jelas deh hehehe dan kalau perut rasanya kembung gitu. Mudah lelah dan kepengen istirahata terus. Eh ternyata ga ngeh kalau aku tengah hamil 6 minggu hihihi……karena menstruasiku ga pernah stabil sejak awal.

  2. Nah, saya di nomor 10, tuh. Soalnya dulu haid saya selalu teratur. Rasanya gak pernah telat. Makanya begitu terlambat, langsung deh feeling lagi hamil. Ternyata memang bener

  3. Memang terkadang para perempuan tidak menyadari jika ia hamil.
    Maka dari itu bersegeralah ke Dokter kandungan/bidan.
    Agar hasil lebih akurat serta tidak menerka-nerka ya.
    Dan kenali gejala awal, supaya lebih mengetahui.
    Lain dari itu, melihat tontonan dirumah.

  4. Memang sebagian dari perempuan banyak yang tidak menyadari kalau dirinya hamil,
    Meskipun mereka sudah beberapa hari tidak Menstruasi.
    Untuk itu sangat penting jika obat selalu tersedia dirumah .
    Untu itu sangat penting para istri banyak mengetahui perihal agar ia mengerti/paham.

  5. Tanda nomor 1 memang mirip tanda menjelang menstruasi. Jadi ingat, dulu teman kantor nggak nyangka kalo hamil, dikira mau mens soalnya ciri-cirinya mirip.

  6. Aku ada cerita lucu. Awalnya badan kerasa capek banget. Ga tahu kenapa. Ga ngeh juga kalo telat hid. Bawa ke dokter, kata dokter aku lagi stres. Aneh kan. Pulang rumah, test pack teryata aku hamil 😀

  7. Merasa pusing dan sering kelelahan, aku banget. Akhirnya testpack dan positif sejak saat itu jadi mabukan hehe. Padahal sebelumnya biasa ajaa

  8. Yang poin 2 aku ngalamin banget teh. Tiba-tiba sering banget ngerasa capek padahal aktivitasnya masih sama sama aja kayak sebelumnya. Eh trus sadar kalau mens ku telat, trus cek pake testpack deh. Langsung keluar 2 garis merah.

  9. Kalau saya dulu anak pertama ciri2nya malah aneh yaitu batuk2 sebulan lebih, gak tau knp bisa gtu. Tapi gak ada mual muntah. Yg keliata pasti emang haid kemudian berhenti ya hehe. Itu aja norak dulu beli tespek beraneka macam hanya buat ngetes haha

  10. Iyaa…
    Padahal kehamilan itu sesuatu yang dinanti…tapi kadang side effectnya bikin perempuan jadi super duper sensi dan minta diperhatikan terus.
    Mana mudah tersinggung…dan jadi males.
    **ehh…ini aku malah curhat…tapi gak semua kehamilan sama yaa…

  11. waa makasih banyak beeeb buat sharingnyaa, berguna banget nih, soalnya beberapa bulan lalu kecolongan dan nggak sadar lagi hamil, sampe kecapean dan keguguran huhuhu, semoga next bisa lebih cepet terkenali hehe

  12. yg paling saya rasakan itu buah dada yg rasanya mengembang. bukan ada yg beda seperti rasa kaku saat mens, tapi lebih berat dan seperti balon yg ditiup perlahan

  13. Kebetulan aku lagi hamil nih (baru ngeh hamil juga) dan beberapa ciri awal kehamilan di atas memang aku rasakan. Cuma dari kehamilan pertama sampai yang sekarang (ketiga), alhamdulillah nggak pernah ngerasain morning sickness. Makanya suka nggak sadar kalau hamil. Hihihi.

  14. ya ampun Mba baca-baca cirinya bikin aku makin sayang sama ibuku, betapa perjuangannya menjadi seorang ibu di awal kehamilan aja sebegitu besarnya ya Mba, dan aku bakal menjadi ibu, ya Allah semoga semuanya lancar

  15. infonya bermanfaat banget nih, detail juga penjelasannya. memang kalo ada tanda-tanda kayak gini harusnya langsung cek ya pakai test pack, biar langsung bisa jaga kondisi badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *