Manfaat Tanya Dokter Kandungan Saat Hamil

Melakukan konsultasi dengan dokter kandungan memang sangat penting, terlebih saat dalam kondisi hamil. Kehamilan merupakan suatu momen yang paling ditunggu dan membahagiakan bagimereka yang baru saja menikah atau mereka yang sudah lama menikah namun belum diberikan keturunan. Setelah mengetahui bahwa pasangan hamil, maka tidak heran bila suami dan istri akan memberikan yang terbaik supaya janin yang ada di dalam kandungan bisa tumbuh normal dan sehat sampai bayi lahir ke dunia. Tetapi memang terkadang ada beberapa kasus yang membuat bayi di dalam kandungan tidak bisa tumbuh dengan normal. Hal inilah yang menjadi kekhawatiran bagi para calon orang tua. Dan untuk memantau dan mengetahui perkembangan dan kesehatan janin atau bayi yang ada di dalam kandungan salah satunya adalah dengan melakukan konsultasi atau tanya dokter kandungan.

konsultasi online

Para orang tua yang masuk dalam kaum millennial atau mereka yang masih dalam usia muda, memang lebih terbuka terhadap segala sesuatu dan perubahan perkembangan zaman yang sudah semakin modern. Segala sesuatu saat ini sudah bisa dilakukan dengan cara instan. Salah satu contohnya adalah dalam bidang kesehatan misalnya. Ada banyak aplikasi kesehatan online yang bisa dimanfaatkan untuk bisa konsultasi langsung dengan dokter spesialis termasuk dokter spesialis kandungan. Tetapi memang pada kenyataannya aplikasi kesehatan online tersebut memang tidak sebaik bila Anda datang langsung dan bertemu dengan dokter untuk melakukan konsultasi.

Baca juga: Penyebab demam berdarah menjangkiti anak

Hal-hal yang berhubungan dengan kandungan atau masalah kehamilan memang merupakan masalah yang sepele. Hal ini sangat berkaitan dan erat hubungannya dengan kesehatan ibu dan anak. Bila ibu yang mengandung tidak sehat maka akan sangat berpengaruh pada kondisi kandungan dan kesehatan janin yang ada di kandungan. Oleh karena itu, selama kehamilan memang sangat diperlukan melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk memantau tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat konsultasi dengan dokter kandungan ketika sedang hamil:

1. Mendeteksi Penyakit Sedini Mungkin

Saat ibu tengah hamil bila kesehatannya tidak dijaga maka akan lebih mudah untuk terserang suatu penyakit yang nantinya juga akan berdampak buruk pada kesehatan bayinya yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, dengan melakukan konsultasi pada dokter kandungan, Anda juga bisa tahu lebih awal bila ada masalah dengan kandungan dan kehamilan Anda. Sehingga dokter bisa segera melakukan tindakan yang tepat dan menghindarkan dari hal yang tidak diinginkan. Seperti contohnya adalah masalah keguguran atau yang menyangkut kesehatan ibu.

2. Membantu Memantau Perkembangan Bayi

Selain bisa untuk mendeteksi penyakit dengan lebih awal, manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah dokter akan membantu Anda untuk mengetahui dan memantau perkembangan kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan. Mustahil memang apabila saat ini masih ada orang yang tidak melakukan konsultasi dengan dokter kandungan saat mereka hamil. Tetapi memang ada 1 dari 10 wanita yang memang tidak melakukan konsultasi dengan dokter kandungan saat hamil karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah faktor ekonomi.

Baca juga: Ketika anak terjatuh dari tempat tidur

halodoc

Tidak perlu bingung dengan biaya apabila Anda ingin melakukan konsultasi dengan dokter kandungan saat hamil. Saat ini sudah banyak sekali fasilitas kesehatan yang bisa Anda akses dengan gratis seperti Puskesmas atau layanan kesehatan online. Aplikasi Halodoc bisa Anda manfaatkan untuk melakukan konsultasi atau tanya dokter kandungan saat hamil. Dokternya berpengalaman dan ditambah lagi tidak perlu mengeluarkan biaya.

irraoctavia

You Might Also Like

53 Replies to “Manfaat Tanya Dokter Kandungan Saat Hamil”

  1. Konsultasi dengan dokter memang pilihan yang wajib buatku saat sedang hamil mba..
    Karena kita gak pernah tau resiko apa yang sedang kita alami saat sedang hamil..
    Jadi baiknya selalu tanya dokter kandungan.

  2. iya nih Halo dokter sangat membantu banget. Adekku pernah mencobanya dan cukup mudah juga. Next time kalau mendesak mau cobain juga. apa lagi dengan kondisi seperti sekarang yang tidak boleh keluar rumah 🙂

  3. Jadi ingat saat hamil dulu, apa apa serba jauh. Maklum di kampung, jangankan dokter kandungan, bidan desa saja jauh dengan kondisi jalan terjal. Sedih deh pas melahirkan dirujuk ke RSUD yang jarak kendaraan 3 jam.

    Sekarang, konsultasi dengan dokter kandungan bisa dilakukan secara online, lebih mudah ya

  4. Aplikasi Halodoc ini membantu sekali ya, apalagi kan biasanya ibu hamil banyak keluhannya gak mungkin tiap ada keluhan ke dokter tapi bisa konsultasi aja ya di Halodoc lebih praktis

  5. Duh, praktis banget ya zaman sekarang mah. Mau tanya dokter aja bias secara online. Jadinya kita gak nunggu waswas lama-lama. Dulu mah kudu di jadwal dokter praktek aja. Semoga Halodoc ini banyak membawa manfaat 🙂

  6. Aku belum pernah konsultasi online untuk dokter kandungan. Tapi kemarin abis konsul online dokter anak lewat aplikasi Halodoc. Dan menurutku recommended. Waktunya pas, dokternya ramah dan signal, pun harganya affordable

  7. Walaupun daku belum ganti status KTP, informasi ini perlu juga diketahui, agar kedepannya nggak cemas karena ada aplikasi kesehatan ini

  8. Asik banget jadi memudahkan pas nanya nanya soal kehamilan ya mba. Aku tuh pernah alamin mau nanya ke dokter eh pas dokter nggak piket. Jadi ini kan memudahkan ya

  9. Jadi ingat masa hamil dulu mbak, setiap saat pengennya nanya dokter terus. Sekarang jadi lebih mudah berkat aplikasi halo doc ini ya.

  10. Setuju, Mbak. Memang penting banget konsultasi sama dokter kandungan saat kita hamil. Apalagibkadang ada dokter yang kalau nggak ditanya nggak ngejelasin apa-apa jadi kita ya harus aktif

  11. Halodoc ini punya aplikasi yang sangat bermanfaat sekali. Apalagi kalau sedang hamil dan di masa pandemi dimana untuk urusan keluar rumah sangat dibatasi. Jadi, bisa chat sama dokter untuk menjaga kesehatan para bumil.

  12. Betul sekali apa yang mba bahas di artikel ini, aku pernah tanya ke adik perempuanku saat dia sedang hamil.
    Apalagi itu kehamilan anak pertama nya, tentu belum banyak pengalaman yang ia ketahui seputar ibu hamil.

    Nah menurut adikku, mengapa penting.
    karena bukan sekedar mengetahui jenis kelamin anak aja,tapi juga mengetahui perkembangan janin didalam perut sang ibu, mendengar detak jantung, perkembangan struktur tulang, otak, dan kesehatan sang ibu juga.
    apalagi saat mendekati persalinan adikku mengeluarkan semacam flek gitu, untuk cepat dibawa ke Rumah Sakit terdekat.

  13. konsultasi jauh lebih mudah sekarang ya mba, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi kedokteran yang menyediakan fitur konsultasi secara online. Sehingga kita tetap dapat menyadari keadaan dan diagnosis kesehatan diri

  14. Saya dulu saat hamil agak beresiko, jadinya hampir tiap minggu konsul dokter deh
    Dan tiap bulan opname karena flek
    Bener banget nih, penting banget konsul sama dokter saat hamil
    Kalau ada apa-apa ya bisa terdeteksi sejak dini

  15. Kemajuan dunia digital makin mempermudah konsultasi dokter. Apalagi sekarang musim pandemi, mending periksa dokter secara online aja dengan tanya-tanya dokter kandungan. Ke rumah sakit malah rawan sekarang ini.

  16. Aplikasi ini sudah lama nangkring di hp saya. Sejak 2016 sudah aktif saya gunakan sampai sekarang. Sebagai ibu anak 3 yg susah gerak, saya terbantu banget sama Halodoc.

  17. Dengan adanya aplikasi seperti ini, tidak ada alasan lagi ga bisa memeriksakan diri ke tenaga medis ya. Apalagi ibu hamil kan rentan dengan keluhan dan berbagai masalah kesehatan ya. Sangat membantu jadinya

  18. Aplikasi kesehatan seperti Halodoc ini semakin dibutuhkan di zaman sekarang, apalagi di masa-masa wabah virus ini, yang bikin kita enggak bisa ke mana-mana, cukup mengandalkan Halodoc buat tanya-tanya masalah kesehatan.

  19. Saya waktu hamil juga rutin konsultasi mengenai kehamilan saya dengan dokter kandungan karena emang penting. Bersyukurnya sekarang kita bisa konsultasi kehamilan dengan aplikasi seperti hallodoc ya

  20. Penting banget untuk tahu perkembangan bayi dalam kandungan. Supaya kita lebih awal menangani kondisi bayi atau janin. Saya pernah harus diet karena bayi terlalu besar untuk usia saat itu. Coba kalau nggak tahu sejak awal, bisa nggak terkontrol berat badan dan bisa menyulitkan pas lahiran

  21. Nah, bener banget nuh. Penting banget untuk tahu perkembangan bayi dalam kandungan. Supaya kita lebih awal menangani kondisi bayi atau janin. Saya pernah harus diet karena bayi terlalu besar untuk usia saat itu. Coba kalau nggak tahu sejak awal, bisa nggak terkontrol berat badan dan bisa menyulitkan pas lahiran

  22. Setuju mb, selain dalam rangka antisipasi penyakit dan memantau perkembangan bayi kita juga bisa menanyakan hal apa saja yang sekiranya dirasakan yaa.

  23. Saya kl hamil keseringan browsing info Mbak,, sampe2 sama dokter kandungan dibilangi saya udah kaya dokter aja soalnya kl pas sy konsul ama dokternya nyambung banget ama istilah2 medisnya, hehe

  24. Kalau hamil memang penting ya untuk konsultasi rutin ke dokter, biar tahun perkembangan dan kondisi janin yang ada di dalam perut ibu ya ,jangan sampai ga konsultasi

  25. Dengan seiring perjalanan waktu sekarang lebih mudah untuk konsultasi kehamilan. Cukup dengan sebuah aplikasi kita akan mengetahui permasalahannya.

  26. Benar sekali. App halodoc sangat membantu. Saya juga pas hamil, selain ke bidan sering Konsul dengan dokter di halodoc. Ya, secara kehamilan saya emang sedikit rewel. Tapi, Alhamdulillah proses demi proses nya berjalan lancar. Sampai sekarang anak saya sehat walaupun Afiat.

  27. Terlebih lagi disituasi seperti saat sekarang ini. Lebih baik konsultasi via halo doc aja dulu. Mau ke rs rawan banget apalagi bumil. Stay at home dan percayakan pada dokter yang sudah ahlinya saja

  28. Nah betul kak, tanya sama ahlinya (dr. Kandungan)dan bisa bertatap muka lebih baik ya ..krna dapat jawaban yg pasti dan jelas

  29. Sekarang bisa tanya atau konsultasi dengan dokter kandungan juga di aplikasi Halodoc ya Mbak, itu sangat membantu, apalagi bagi ibu hamil dengan kehamilan pertama yang memiliki banyak sekali pertanyaan di pikirannya

  30. Bertanya pada ahli merupakan jalan untuk mendapatkan informasi yang tepat. Makin mudah aja ya dengan keberadaan teknologi. Terima kasih, Mbak artikelnya

  31. Pastinya penting banget untuk selalu cek kandungan ya mbak agar selalu update keadaan di dalam. Era digital begini serba mudah pastinya para calon ibu muda terbantu banget untuk mengetahui kondisi kandungan dengan bertanya secara online juga bisa.

  32. Aplikasi Halo Doc cukup membantu ya untuk konsultasi ringan, apalagi musim covid begini, konsultasi kesehatan online makin booming.

  33. Kalau sedang hamil memang bawaannya pengen tahu apa dan kenapa. SERing galau ini baik enggak dan boleh makan ini enggak. GA habis-habis pertanyaan yang jika tidak dikeluarkan bisa jadi bahaya juga krn kepikiran terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *