Catat! 5 Cara Mengobati Bekas Jerawat Membandel

Bekas jerawat dapat menyebabkan kulit terlihat lebih kusam dan tidak terawat, untuk mengatasinya kita perlu mengetahui bagaimana cara mengobati bekas jerawat membandel agar dapat mengembalikan rasa percaya diri.

Bekas jerawat biasanya disebabkan oleh peradangan akibat minyak berlebih, sel kulit mati dan bakteri yang menumpuk pada pori-pori yang membesar menyebabkan pecahnya dinding folikel.

Untuk bekas luka yang dangkal, biasanya akan sembuh dengan cepat. Namun beberapa bekas luka yang lebih parah memerlukan pengobatan lebih lanjut agar kulit dapat kembali normal.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengobati bekas jerawat membandel, baik secara alami dan dapat dilakukan di rumah maupun menggunakan alat di klinik kecantikan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengobati bekas jerawat, yuk kita simak terlebih dahulu tentang bekas jerawat.

Jenis Bekas Jerawat

bekas jerawat membandel

Terdapat tiga jenis utama bekas jerawat yang sering kita temui, seperti:

  • Jaringan Parut Atrofi atau Depresi

Bekas luka satu ini timbul ketika kulit kehilangan jaringan. Terdapat tiga jenis jaringan parut atrofi yang umum terjadi pada kulit, yaitu ice pick scars, boxcar scars dan rolling acne scars.

  • Jaringan Parut Hipertrofik atau Keloid

Bekas luka akibat jerawat ini terjadi ketika tubuh memproduksi kolagen dalam jumlah yang banyak saat luka jerawat sembuh, sehingga menyebabkan penumpukan jaringan di permukaan kulit.

  • Flek Hitam (Post-Inflammatory Hyperpigmentation)

Selanjutnya ada flek hitam atau noda bekas jerawat yang paling sering kita temui saat jerawat hilang. Biasanya bekas jerawat ini akan memudar dengan sendirinya atau dipercepat dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai.

Mengapa Harus Mengobati Bekas Jerawat?

Bekas jerawat seringkali membuat kulit terlihat lebih kusam dan tidak terawat, saat menggunakan make up juga hasilnya sering kali tidak terlihat bagus sehingga mengganggu penampilan.

Tidak hanya itu bekas jerawat membandel dapat mengganggu emosional kita, menyebabkan hilangnya rasa percaya diri hingga depresi.

Baca juga:

8 Jenis Jerawat Yang Perlu Diketahui dan Cara Mengobatinya

Mitos Dan Fakta Menarik Seputar Jerawat Yang Perlu Kamu Tahu

Cara Mengobati Bekas Jerawat

microneedle

Terdapat berbagai macam cara mengobati bekas jerawat yang dapat kamu lakukan, diantaranya:

  • Chemical Peeling

Cara mengobati bekas jerawat yang pertama adalah dengan melakukan chemical peeling. Proses ini dapat mengatasi bekas luka kecil akibat jerawat dengan cara menghilangkan lapisan luar kulit dan merangsang produksi kolagen.

Kamu bisa mencari produk skincare yang mengandung alpha-hydroxy acids (lactic acid, glycolic acid, and citric acid), salicylic acid, retinoid dan azelaic acid.

  • Akupuntur

Kamu bisa mengobati bekas jerawat membandel dengan menggunakan metode akupuntur. Akupuntur dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk jaringan parut karena dapat meningkatkan sirkulasi ke area tersebut.

Selain itu, akupuntur juga dapat membantu mengurangi peradangan serta merangsang kolagen. Jika tertarik melakukan metode ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit.

  • Dermabrasi atau Mikrodermabrasi

Untuk mengatasi bekas jerawat yang meluas kamu bisa melakukan perawatan dermabrasi atau mikrodermabrasi yang dapat dilakukan di klinik kecantikan.

Metode ini dapat membantu mengatasi bekas jerawat yang tidak terlalu dalam dengan cara menghilangkan lapisan kulit dan merangsang produksi sel kulit baru.

  • Microneedling

Microneedling merupakan salah satu cara untuk mengobati bekas jerawat. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan jarum kecil untuk menusuk kulit beberapa kali sehingga menimbulkan luka mikro pada kulit.

Metode ini merangsang produksi kolagen dan mengurangi bekas jerawat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, perawatan ini harus dilakukan beberapa kali.

  • Botox

Terkadang, kulit disekitar luka bekas jerawat menjadi mengkerut. Kamu bisa melakukan perawatan dengan suntik botox untuk membuat kulit disekitarnya menjadi rileks dan dapat memperbaiki tampilan bekas jerawat.

Suntik botox memiliki hasil sementara sehingga diperlukan perawatan berulang untuk mempertahankan efeknya.

Cara Mencegah Bekas Jerawat

cara mencegah bekas jerawat

Bekas jerawat dapat dicegah dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Gunakan Produk Perawatan Yang Lembut

Bersihkan wajah dan area tubuh lainnya dengan lembut, jangan menggosoknya terlalu keras karena akan memperparah jerawat sehingga meningkatkan kemungkinan munculnya bekas luka permanen.

  • Obat Jerawat Aktif

Agar terhindar dari munculnya bekas jerawat, kamu wajib mengobati jerawat aktif dengan tepat menggunakan produk yang dijual bebas di pasaran. Jika kamu memiliki kondisi jerawat yang parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

  • Jauhi Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan bekas luka menjadi gelap dan membuat tampilannya semakin menonjol. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

  • Jangan Memencet Jerawat

Hindari kebiasaan memencet jerawat karena dapat memperburuk tampilan jerawat dan menimbulkan bekas luka permanen.

  • Lanjutkan Perawatan Jerawat Setelah Jerawat Hilang

Setelah jerawat sembuh, sebaiknya tetap lanjutkan perawatan jerawat yang telah disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencegah jerawat muncul kembali.

Kesimpulan

Terdapat berbagai cara mengobati bekas jerawat membandel yang dapat dilakukan baik di rumah maupun di klinik kecantikan. Pelajari berbagai jenis bekas jerawat untuk menentukan metode yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu juga bisa mengetahui lebih lanjut tentang perawatan dermatologis untuk mengatasi bekas jerawat yang dapat kamu lakukan di klinik kecantikan pada postingan selanjutnya!

Logo irraoctavia com baru

Comments 27

  • Akunktur buat ngilangin bekas jerawat. Jadi inget temen yang pernah pakai cara ini. Mungkin cocok dan dia telaten juga, bekas jerawatnya jadi minim banget. Makin cantik, pastinya.

  • Berhubung mengobati bekas jerawat itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, memang lebih baik diusahakan untuk mengatasi timbulnya bekas jerawat. Teringat masa remaja dulu saya suka mencetin jerawat, syukurnya tidak berbekas. Dah, pokoknya kalau sedang jerawatan, tangannya jangan gatal pengin mencetin deh yaaa.. Tips pencegahan di artikel ini sudah ok banget, tinggal diterapkan.

  • Dulu pernah ada bopeng karena pas SMA tuh jerawatku ugal ugalan buanget wkwkwk terus akhirnya sekarang udah ilang alhamdulillah emang harus rutin pake skin care sih heheh

  • Bekas jerawat memang bisa mengurangi rasa percaya diri, terutama bagi perempuan. Jadi memang harus diobati. Apalagi banyak cara pengobatan juga. Termasuk dengan akupuntur. Terus setelah melakukan pengobatan, dibantu lagi dengan produk yang menunjang, biar hasilnya maksimal.

  • Jerawatan emang ngeselin tapi lebih ngeselin lagi kalau meninggalkan bekas. Biasanya daku pake salep dari Acnes (mentholatum) buat menghilangkannya. Untung bekasnya cuma hitam, bukan sampai meninggalkan parut di kulit wajah.

  • Memencet jerawat ternyata sebuah kesalahan ya
    Selama ini kalau punya jerawat, saking gemesnya bawaannya pengen mencet aja sampai habis. Gak sadar kalau itu bisa infeksi dan meninggalkan bekas lama ya
    Gak lagi lagi deh jadinya

  • Saya cuma pernah nyoba chemical peeling karena itu tindakan yang paling minim rasa sakit.

  • Banyak cara buat atasi si jiriwit ini.
    Kudu telaten juga dalam merawat kulit wajah, sehingga bisa diatasi tanpa bikin frustasi

  • Asli sih. Emang paling sebel banget sama bekas jerawat. Apalagi yang sampai bikin muka jadi kayak ada bolong-bolongnya. Nyebelin banget.

  • Aku nggak pernah mencet jerawat sih, tapi suka kepegang aja, haha. Soalnya aku termasuk yang cuek banget soal jerawat kaya bodo amat lah gitu tapi kayanya harus aware lagi nih untuk mencegah biar nggak timbul jerawat yang bandel. Mengganggu juga lama-lama.

  • Bekas jerawat yang ngebandel tuh kadang bikin insecure banget kann. Aku masih maju mundur pengen nyoba microneedling ini. Kayanya ngga sakit sih meski pake jarum buat nusuk kullit, karena pasti udah dilakukan anastesi sebelumnya.

  • Baru tau kalau akupuntur bisa menghilangkan bekas jerawat. Langsung ngebayangin rasanya

  • kalo molly banyak flek hitam nih dari bekas jerawat. paling perawatannya pakein skincare, tapi emang lambat banget hilangnya.

  • Jerawat itu sungguh menyebalkan. Di saat dia datang rasanya bikin tangan gatal buat memencetnyq. Giliran dah ngilang meninggalkan bekasnya yg gak ilang-ilang.

    Rupanya akunpuntur bisa ya buat menghilangkan bekas jerawat. Saya baru tahu nih.

  • After treatment memang paling better tau cara mencegah jerawat datang lagi sih ya.

  • Setuju mba. Paling ampuh selain pake skincare menurutku tetap harus ke dokter kecantikan sih. Apalagi misal bekasnya sampe bikin bopeng atau pori membesar

  • Dulu seneng banget mencetin jerawat krn ga lekas pecah. Drpd mengganggu pemandangan ya otomatis aku pencet lah biar lekas hilang.

    Eh malah jerawatnya makin banyak. Makin bingung lah ya.

    Untung literasi skincare zaman now tuh bejibun banget. Beda ama zaman kita dulu. Toh perawatan skincare jg banyak yg murah meriah dan banyak jg sih yang bgs. Tinggal sesuaikan dgn budget dan kondisi kulit aja ya.

  • Bekas jerawat ya kak? Ahh sampai nyaris frustasi saya kak, dari remaja sampai udah punya anak yg sebentar lagi remaja selalu berhadapan dengan jerawat dan bekasnya ihihiii.. Btw kalau saya penasaran banget sama treatment microneedling.

  • Baru eungeuh kalau akupuntur juga bisa jadi pilihan untuk menghilangkan bekas jerawat nih. Tapi memang perawatan berkala itu penting banget sih biar kulit di area wajah yang pernah dihampiri jerawat tetap sehat terawat.

  • Pas punya jerawat dan nggak dipencet-pencet tuh rasanya kayak ada yang kurang wkwk. Padahal udah tau efeknya bakal membekas.

  • Kebayang sakitnya kalau pakai metode akupuntur. Saya jadi ingat dulu temen berjerawat sampai kemerah-merahan (mateng) kasihan banget, ehh setelah nikah malah mulus, hehe…

  • Waktu remaja pernah saking keselnya tuh jerawat pada dipencetin, eh ternyata makin parah ya jadinya. Untungnya pas lewat masa puber sudah lumayan berkurang tuh jerawatnya.
    Jadi pelajaran banget untuk ekstra hati-hati dalam penanganan jerawat ini, kalau sembrono bisa makin berabe

  • Bahkan jenis jerawat bisa berbeda-beda saat meninggalkan bekasnya yaa..
    Apakah ini tergantung dari masing-masing kondisi kulit?

    Aku sedih banget karena kemarin kena cacar dan udahannya memang meninggalkan bekas flek hitam yang belum bener-bener ilang. Butuh waktu kalau perawatannya hanya dengan skincare yaa.. Kalau ke klinik kecantikan dengan perawatan dermatologis, psti hasilnya jauh lebih flawless.

  • Aku awring banget ngomel2 sama anak anakku yang menjelang remaja, saat jerawatan jangan dipegang-pegang nanti radang bla bla bla..
    Namanya anak-anak, kadamg inhatvkadang enggak

  • Terimakasih infonya, sangat bermanfaat buatku karena kebetulan suami punya bekas jerawat yang bandel banget. Dulu saat SMA katanya lebih sering stress karena tekanan bertubi-tubi akhirnya tumbuh deh jerawat mana mesti dipencetin.

  • baru tahu kalau akupuntur bisa mengobati bekas jeraway juga, di klinik kecantikan ada juga mungkin ya selain threathment yang lain

  • Saya memiliki bekas jerawat karena wajahku sempat breakout
    selama ini mengatasi cuma dengan cara alami
    belum pernah mencoba berbagai cara diatas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *