10 Kandungan Skincare Terbaik Untuk Perawatan Kulit Berjerawat

Ada banyak produk perawatan kulit berjerawat yang tersedia di pasaran. Sebagai pemilik kulit berjerawat tentu kita harus cermat dalam memilih kandungan produk perawatan kulit yang sesuai.

Jerawat disebabkan oleh bakteri, sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan peradangan. Jerawat biasanya ditandai dengan munculnya benjolan kecil berisi nanah di atas kulit.

Untuk mengatasi jerawat membandel, diperlukan penggunaan produk yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang kita alami.

Melalui artikel ini aku mau membahas mengenai bahan-bahan terbaik pada skincare yang dapat digunakan untuk merawat kulit berjerawat yang dirangkum dari berbagai sumber. Mari kita simak bersama-sama.

10 Kandungan Terbaik Untuk Perawatan Kulit Berjerawat

kandungan pada skincare

Untuk merawat kulit berjerawat, pilihlah kandungan skincare yang sesuai agar jerawat dapat teratasi dengan baik. Berikut adalah rekomendasi kandungan pada skincare untuk perawatan kulit berjerawat.

1. Salicylic Acid

Salicylic Acid merupakan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang biasa digunakan untuk kulit berminyak dan mengobati jerawat. Bahan skincare satu ini memiliki sifat anti inflamasi dan eksfoliasi yang dapat menjaga pori-pori tetap bersih dengan mengelupas sel kulit mati secara lembut.

Selain itu, salicylic acid juga dapat mengatur dan menyeimbangkan produksi minyak pada wajah. Produk ini dapat meresap ke dalam pori-pori dan mengeluarkan kotoran, minyak dan bakteri sehingga sangat ideal untuk mengatasi komedo dan jerawat.

2. AHA

AHA (Alpha Hydroxy Acids) merupakan salah satu bahan terbaik untuk perawatan kulit berjerawat. AHA adalah bahan pengelupasan kimiawi yang dapat membantu pergantian sel kulit, yang berarti jika semakin cepat sel-sel kulit terisi kembali maka semakin cepat pula jerawat sembuh.

3. Niacinamide

Selanjutnya ada Niacinamide, kandungan skincare ini memiliki banyak manfaat untuk hampir semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat. Niacinamide bekerja dengan memperkuat skin barrier dan mengatasi hiperpigmentasi dan jaringan parut akibat jerawat.

Selain itu niacinamide juga menjaga pori-pori tetap bersih serta mengencangkan pori-pori wajah.

4. Sulfur

Sulfur atau belerang adalah bahan skincare yang sering kita lihat pada produk perawatan kulit berjerawat. Belerang memiliki fungsi untuk mengurangi kelebihan produksi minyak pada wajah, mengurangi sebum dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Jangan terlalu sering menggunakan produk yang mengandung belerang karena dapat membuat kulit menjadi kering. Gunakan pelembab setelah menggunakan produk perawatan yang mengandung belerang.

5. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil menjadi bahan favorit untuk mengatasi jerawat! Bahan skincare ini memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang sedang iritasi. 

Jangan lupa untuk mencampur tea tree oil dengan VCO sebelum menggunakannya ke kulit, karena untuk sebagian orang penggunaan essential oil murni terlalu keras untuk kulit.

Tips Layering Skincare Yang Benar

Baca juga:

Apakah Pelembab Dapat Menyebabkan Jerawat?

Mengenal Jerawat Hormonal dan Bagaimana Cara Mengatasinya

6. Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide merupakan bahan skincare yang terkenal dapat mengatasi kulit berjerawat. Kandungan ini bekerja dengan menghilangkan bakteri penyebab jerawat di permukaan kulit, mengurangi peradangan dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Meski dapat mengatasi jerawat dengan baik, Benzoyl Peroxide dapat membuat kulit menjadi kering dan sensitif. Lakukan uji sensitivitas sebelum menggunakan produk dengan kandungan benzoyl Peroxide.

7. Retinol

Selanjutnya ada Retinol, kandungan pada skincare yang berasal dari turunan vitamin A ini sangat bagus untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit termasuk jerawat. Kandungan ini bekerja dengan meningkatkan pergantian sel, mencegah pori-pori tersumbat dan mengurangi produksi sebum.

Tidak hanya itu, retinol juga dapat mengatasi garis-garis halus, kerutan dan juga bekas jerawat. Selalu perhatikan kadar konsentrasi retinol yang akan digunakan. Sebaiknya mulai dari tingkat konsentrasi yang rendah dan meningkat secara bertahap untuk menghindari kulit iritasi dan menjadi kering.

8. Centella Asiatica

Centella Asiatica merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat mengatasi jerawat. Memiliki sifat anti inflamasi, centella asiatica dapat membantu memperbaiki skin barrier dan menenangkan kulit yang teriritasi serta meningkatkan regenerasi kulit.

Centella asiatica juga dapat menjaga kelembaban kulit dan melindunginya dari faktor lingkungan seperti kerusakan akibat sinar matahari dan juga polusi.

9. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid merupakan bahan skincare yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit tetap terhidrasi. 

Kandungan ini sangat baik untuk mencegah kelenjar minyak bekerja secara berlebihan dalam memproduksi sebum. Karena produksi sebum yang berlebih dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

10. Witch Hazel

Terakhir ada Witch Hazel, kandungan tanin yang terdapat pada witch hazel dapat memberikan efek anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi jerawat dan astringent yang berfungsi untuk melembabkan kulit. 

Selain itu, witch hazel juga memiliki sifat anti bakteri untuk mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang biak di kulit.

Kesimpulan

Rutinitas Perawatan Kulit Kering

Itulah 10 bahan-bahan terbaik yang dapat digunakan untuk merawat kulit berjerawat. Cek jenis jerawat yang kamu miliki sebelum memilih produk perawatan kulit berjerawat.

Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulitmu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan kulit berjerawat yang tepat.

Logo irraoctavia com baru

Comments 20

  • Nahhh penting banget nih cari tau dulu kandungannya sebelum membeli skincarenya, khususnya untuk kulit yang berjerawat. Jadi hasilnya akan lebih optimal. Kita juga nggak akan salah beli produk skincare lagi. Terima kasih lho infonya yang sangat bermanfaat ini.

  • Sering banget Nemu bahan Niacinamide pada setiap skincare yang direview

    Pantas ya secara kandungan nya memiliki manfaat untuk hampir semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat.

    Saya suka niacinamide menjaga pori-pori tetap bersih serta mengencangkan pori-pori wajah ini

  • ternyata skincare dengan kandungan Retinol, Niacinamide, dan AHA bisa untuk jenis kulit berjerawat ya. kirain buat anti aging dan mencerahkan kulit wajah aja,. aku juga pake nih produk yang mengandung Witch Hazel. meski gak berjerawat yang parah karena jerawat nya muncul akibat gak cuci muka, produk ini tuh bagus sih. aku suka.

  • Merawat kulit berjerawat ini memang jadi permasalahan sendiri ya, Mbak. Jadi pilih produk yang memang mengandung 10 bahan di atas. Jadi hasilnya nanti maksimal.

  • Selama ini cuma tau Salicylic Acid , ternyata yang lain juga bagus untuk kulit berjerawat. Noted, nanti kalau cari skincare cek dulu kandungannya

  • Jerawat ini jadi masalah sejuta umat deh, cuma penanganannya nggak selalu sama. Termasuk urusan milih skincare. Tapi setidaknya lebih tenang kalau udah tau kandungan apa yang harus ada dalam skincare ini.

  • Daku lagi coba² pakai reti nol nih kak. Masih yang kandungannya kecil gitu, biar gak kaget kulitnya meski ya dwg-degan sih hihi

  • Sebaiknya kita menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit kita ya. Karena skincare untuk kulit berjerawat beda dengan skincare untuk kulit kering atau kulit normal.
    Dengan mengetahui jenis kulit kita, perawatan menggunakan skincara pasti hasilnya akan maksimal.

  • Memilih skincare harus sesuai dengan jenis kulit masing-masing ya
    Kulit berjerawat juga butuh skincare yang bisa mengatasi jerawat

  • Wah iya kalau kulit berjerawat memang harus sangat selektif dalam memilih skincare

  • Sering dengar nama-nama bahan di atas. Cuma, gak tahu kalau bagus buat jerawat. Lebih sering dengernya untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit gitu.

  • Wah, baru tau nih kalo salicylic acid bisa bantu ngatur minyak di wajah! Kayanya cocok banget buat jerawat dan komedo ya. Gak sabar pengen coba produk yang mengandung bahan ini buat bikin kulit makin sehat. Makasih infonya!

  • Sepakat, pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit, secara jika tidak cocok dan tetap dipaksakan maka hasilnya juga tidak sesuai dengan keinginan

  • Oh, witch hazel termasuk salah satu jajaran bahan aktif yang bagus untuk atasi jerawatyaa..
    Aku pernah beli produk tertentu dengan kandungan bahan ini. Karena klaimnya bikin wajah terhidrasi sempurna.

    Tapi paling suka sama rangkaian Tea Tree Oil.
    Meski sembuhnya juga butuh waktu yaa.. Tapi aman banget dan gak ninggalin bekas jerawat. Cakeepp deh…

  • yang sedang memiliki jerawat pastinya membaca artikel ini jadi tahu banyak cara memilih skincare untuk kulit berjerawat

  • Urusan skincare dalam kondisi apapun baik normal maupun berjerawat memang sebaiknya konsultasi terlebih dahulu untuk mengatasi permasalahn yang kita miliki ya. Biar dapat produk yang tepat

  • nah ini, penting infonya untuk aku nih. wajahku berjerawat, kalo datang bulan jadi lebih banyak 🙁 pengen deh terbebas dari jerawat, huhu..

  • Bye bye jerawat deh ya kalo udah pake skin care yg sesuai sama kandungan yg bisa bikin jerawat ogah muncul lagiii..

  • Nah kalau kayak Niacinamide, hyaluronic acid, centella asiatica aku udah pernah pakai Skin Care yang kandungannya itu dan emang cocok banget buat ngatasi jerawat. Tapi ternyata kayak retinol juga bisa ya Kak jadi penasaran pengen nyobain Skin Care yang ada retinolnya

  • Jerawat sebiji aja deritanya ampun deh. Untung sekarang ada skincare untuk kulit berjerawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *