Kenali Ciri-Ciri Awal Kehamilan

Saat seorang wanita mengalami telat menstruasi biasanya mereka mencurigai atau berharap bahwa mereka sedang hamil. Bagi beberapa wanita, gejala awal kehamilan dimulai pada beberapa minggu pertama setelah pembuahan. Gejala kehamilan juga dapat bervariasi dalam intensitas, frekuensi dan lamanya, memang ada beberapa ciri-ciri hamil pada setiap wanita hanya saja banyak gejala awal kehamilan dapat muncul mirip dengan ketidaknyamanan pada saat pra-menstruasi rutin, ini adalah tanda-tanda yang mungkin wanita rasakan saat sedang hamil:

    1. Payudara yang lunak dan juga bengkak

Payudara wanita mungkin bisa menjadi tanda awal mula kehamilan. Saat dua minggu setelah pembuahan, perubahan hormone dapat membuat payudara Anda terasa sakit, sedikit membengkak tetapi lebih lunak. Atau payudara Anda mungkin terasa lebih penuh dan terasa lebih berat. Hanya saja tanda ini juga mirip dengan tanda pramenstruasi pada biasanya, sehingga kurang akurat. Kalian harus mengetahui ciri-ciri hamil yang lainnya.

    2. Sering Kelelahan

Sering dan cepat merasa lelah juga menempati urutan teratas di antara gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormone progesterone meningkat. Dalam kadar yang cukup tinggi, progesterone dapat membuat Anda tertidur. Pada saat yang sama, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan produksi darah dan dapat menurunkan energi Anda selama kehamilan.

    3. Pendarahan ringan atau kram

Kadang-kadang pada beberapa wanita menimbulkan tanda dengan keluarnya sedikit bercak atau pendarahan vagina. Hal ini adalah salah satu gejala awal kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, itu terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Jenis perdarahan ini biasanya sedikit lebih awal, lebih berbintik dan warnanya lebih muda dari pada darah haid normal dan tidak berlangsung lama. Beberapa wanita juga mengalami kram perut pada awal kehamilan. Kram ini mirip dengan kram menstruasi.

    4. Mual dengan atau tanpa muntah

Morning sickness, yang dapat menyerang kapan saja di siang atau malam hari, adalah salah satu gejala klasik kehamilan. Bagi sebagian wanita, mual mulai terjadi sejak dua minggu setelah pembuahan. Mual tampaknya berasal setidaknya sebagian dari tingkat estrogen yang meningkat dengan cepat, yang menyebabkan perut kosong lebih lambat. Wanita hamil juga memiliki indera penciuman yang tinggi, sehingga berbagai bau seperti makanan yang dimasak, parfum atau asap rokok dapat menyebabkan gelombang mual pada awal kehamilan. Ada beberapa petunjuk dan tips untuk membantu mengurangi efek dari mual di pagi hari.

    5. Keengganan atau keinginan akan makanan

Ketika Anda hamil, Anda mungkin mendapati hidung Anda sensitf pada makanan tertentu, seperti kopi atau makanan yang digoreng. Mengidam makanan juga biasa terjadi. Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, preferensi makanan ini dapat dihubungkan dengan perubahan hormone terutama pada trimester pertama, ketika perubahan hormone pada trimester pertama adalah yang paling drastis.

    6. Sakit kepala

Di awal kehamilan, peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan oleh perubahan hormon dapat memicu sakit kepala ringan yang sering.

    7. Sembelit

Sembelit adalah gejala awal kehamilan yang umum. Peningkatan progesterone menyebabkan makanan melewati lebih lambat melalui usus, yang dapat menyebabkan sembelit.

    8. Perubahan suasana hati

Meningkatnya hormone dalam tubuh Anda di awal kehamilan dapat membuat Anda luar biasa emosional dan menangis. Perubahan suasana hati juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

    9. Pingsan dan pusing

Saat pembuluh darah melebar dan tekanan darah turun, Anda mungkin merasa pusing dan bahkan berakhir pingsan. Di awal kehamilan, pingsan juga dapat dipicu oleh gula darah rendah.

    10. Periode terlewatkan

Mungkin gejala awal kehamilan yang paling jelas adalah ketika Anda melewatkan menstruasi. Kemungkinan tanda kehamilan ini sering menyebabkan wanita mencari lebih banyak detail tentang gejala kehamilan lainnya.

 

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *