Korean Movie Review: #Alive (2020)

Alive 2020 poster

Sudah banyak film yang aku tonton selama di rumah aja, salah satunya adalah film dari Korea yang berjudul #Alive atau dalam bahasa Korea #Saraitda (2020).

Bagi pecinta film, film dengan genre horor dan zombie yang sedang ditunggu saat ini adalah  Train to Busan 2: Peninsula (2020), yang merupakan sekuel dari film zombie Train to Busan ditahun 2016. Aku adalah salah satu penikmat film yang menunggu kehadiran film ini. Film ini sudah tayang sejak pertengahan Juli lalu di negeri asalnya Korea dan akan tayang tanggal 12 Agustus 2020 di Indonesia.

Sambil menunggu kehadiran film Train to Busan 2: Peninsula (2020), salah satu temanku menyarankan untuk menonton film #Alive (2020) yang bercerita mengenai Zombie juga.

Movie Review: Hereditary (2018)

Movie Review: Peppermint (2018)

Film dan Series Netflix Yang Wajib Ditonton

Jalan cerita film #Alive (2020) yang menarik.

Alive 2020

Berkisah tentang Joon-woo (Yoo Ah in) seorang gamers yang sering menghabiskan waktunya dengan bermain game di rumah. Suatu saat ketika ia sedang ebrmain game online, salah satu teman menyuruhnya untuk melihat televisi yang pada saat itu ada pemberitaan mengenai sebuah wabah misterius yang dapat mengubah seseorang menjadi kanibal. Pada saat bersamaan lingkungan di apartemennya mulai chaos, banyak penghuni apartemen yang kabur dan tidak sedikit pula yang digit dan terjangkit wabah misterius itu.

Hingga ketika ia membuka pintu apartemennya, ada tetangganya yang masuk dan terlihat mencurigakan. Karena Joon-Woo tidak percaya dengan siapapun, ia meminta tetangganya untuk keluar dari rumahnya. Namun saat itu tetangganya meminta izin untuk menggunakan toilet sebentar. Setelah selesai dari toilet, Joon-Woo segera memintanya untuk pergi tetapi tetangganya menolak untuk langsung pergi. Benar saja firasat Joon-Woo, ternyata tetangganya sudah digigit oleh zombie. Pada saat itu Joon-Woo melihat tetangganya berubah menjadi zombie yang berusaha mengincarnya. Pada akhirnya Joon-Woo berhasil melawan zombie itu.

Alive movie Ketika joon-woo berhasil selamat

Siaran televisi menyarankan agar warganya tetap berdiam diri di rumah dan menunggu bantuan. Siaran berita juga memberitakan jika wabah tersebut dapat mengubah manusia menjadi kanibal, dikatakan tubuhnya masih bergerak dan dapat berpikir selayaknya manusia, hanya saja bentuknya seperti zombi.

Zombie film alive 2020 Zombie di film #Alive (2020)

Hari kedua, ketika ia melihat polisi di daerahnya (yang menurutku gak tau mau kemana) sedang melawan zombie. Jumlah yang tidak seimbang (polisinya sendirian dan wanita) tentu saja dikalahkan oleh para zombie yang banyak. Di sini Joon-woo dipenuhi keraguan antara mau menolong atau membiarkan, hingga ketika polisi wanita tersebut sudah hampir dimakan, Joon-Woo teriak. Bukannya selamat justru rumahnya dibobol oleh zombie berbadan besar yang memang sejak awal menunggu di sekitar rumahnya. Akhirnya Joon-woo harus berjuangan menyelamatkan hidupnya.

Dan diapun selamat.

Rebahan versi film alive Hanya bisa rebahan saja

Hari demi hari dilalui Joon Woo, ia memposting foto di SNS pribadinya berharap ada bantuan yang datang. Joon Woo hidup dalam ketidak pastian, ia harus bertahan dengan stok makanan yang tidak banyak, kehausan dan mulai berhalusinasi tentang keluarganya. Hingga suatu saat Joon-Woo berniat untuk mengakhiri hidupnya. Pada saat itu juga dia melihat secercah harapan. Ternyata penghuni apartement di gedung depan masih hidup dan menyelamatkan hidupnya, dia adalah Yoo-bin (Park Shin Hye). Yoo-bin merupakan wanita tangguh yang berhasil bertahan selama ini. Akhirnya Joon-wo memiliki teman seperjuangan.

Yoo-bin park shin hye alive Yoo-bin

Saat itu Yoo-bin melihat Joon-woo kelaparan, Yoo-bin berusaha memberinya makanan dengan cara melemparkan bola yang diikat tali ke apartemen Joon-woo. Sayang, karena jaraknya yang jauh bola malah terjatuh ditengah. Saat itu Joon-woo pun menggunakan drone untuk menghubungkan tali antar apartemennya. Ternyata disini petaka dimulai lagi. Bola yang terjatuh dengan talinya tersebut membuat zombie dapat memanjat ke kediaman Yoo-bin. Di sini adegan kembali tegang karena Yoo-bin sempat pingsan disaat zombie mulai memanjat ke atas.

Beneran deh, aku tuh paling gak suka adegan yang bikin tegang kayak gini. Bener-bener bikin spot jantung. Beberapa kali aku memalingkan muka dari TV karena aku gak malu lihat kelanjutannya. Tegang bro!

Singkat cerita Joon-woo yang kelaparan mulai keluar dari apartemennya dan mencari sisa-sisa makanan ke kamar tetangga, hingga akhirnya ia menemukan walkie talkie yang digunakan untuk berkomunikasi dengan  Yoo-bin.

Park Shin hye

Yoo-bin yang sadar bahwa dengan berdiam saja di apartemen tidak bisa menyelamatkan mereka, akhirnya Yoo-bin mengajak Joon-woo ke lantai 8 yang menurut pengamatannya di lantai tersebut tidak dihuni orang. Ternyata setelah sampai lantai 8, mereka bertemu dengan salah satu penghuni yang menyelamatkan mereka dari zombie yang mengejar.

Pada awalnya mereka sudah curiga terhadap Ahjussi itu, namun karena Ahjussi sangat baik dan memiliki makanan yang enak dan melimpah mereka akhirnya luluh. Ternyata benar saja, ada maksud buruk dibalik diberikannya makanan oleh Ajusshi. Joon-wo dan Yoo-bin dibius. Yoo-bin yang lemas dibawa Ahjussi ke salah satu kamar yang ternyata di dalamnya sudah menunggu istrinya yang sudah berubah menjadi zombie.

Di ruangan terkunci itu Yoo-bin berusaha menghindar dari zombie, hingga akhirnya zombie dan Ahjussi-pun tewas ditembak Yoo-bin. Ketika Joon-woo merasa ketakutan terhadap Yoo-bin, pada saat itu pula ada helikopter melintas didekat mereka. Mereka yang kembali bersemangat untuk hidup lari ke atas apartemen mengejar helikopter. Mereka bertarung melawan zombie hingga akhirnya ada pasukan militer yang menembaki zombie dan merekapun selamat.

***

Selama setengah film aku dibuat bosan karena adegannya hanya sebatas rebahan gak bisa kemana-mana di dalam rumah saja. Persediaan makanan yang menipis, halusinasi, hingga tingkah laku Joon-woo yang bikin kesal. Di sini Joon-woo memiliki karakter pengecut dan plinplan. Banyak keputusan-keputusannya yang bikin greget.

Film ini cukup menarik. menampilkan kondisi yang terjadi ketika awal-awal wabah merebak. Berdiam diri di rumah saja juga tidak baik.

Kalau kalian tipe pemikir kayak aku yang suka bertanya-tanya, kok ada zombie tapi tv masih siaran normal? atau katanya gak ada internet tapi listrik masih ada? Kalian akan menemukan jawabannya diakhir.

Ketika film berakhir, narator akan menjelaskan kalau militer mulai bisa mengendalikan keadaan. Selain itu kondisi chaos hanya terjadi dipemukiman padat penduduk saja, yang berarti daerah lain masih normal.

[Review] Drama Korea VIP (2019)

5 Rekomendasi Film Terbaik Buat Kamu!

***

Sekian review #Alive (2020) yang digadang-gadang ceritanya lebih menarik dibandingkan Train to Busan: Peninsula (2020). Tertarik untuk menonton?

https://irraoctavia.com/

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *