Menikmati Kuliner Halal di Jepang!

Uno hana no niou kakine ni
Hototogisu hayamo ki nakite
Shinobine morasu
Natsu wa kinu

Samidare no sosogu yamada ni
Saotome ga mosuso nurashite
Tamanae u uru
Natsu wa kinu
Ouchi chiru kawabe no yado no
Kado tooku kuina koe shite
Yuuzuki suzushiki
Natsu wa kinu
Natsu wa kinu
Natsu wa kinu

Siapa yang pernah denger lagu diatas? Lagunya Tulus yang berjudul Natsu Wa Kinu ini bikin hati bahagia. Lagu berbahasa Jepang ini sudah ada dari tahun 1986. Menggambarkan suasana menyambut musim panas. Selain itu juga lagu ini merupakan simbol semangat dan optimisme. Coba dengerin deh, bikin semangat ya?

Setiap kali dengerin lagu ini, pasti suka kebayang suasana Jepang yang khas, berjalan ditengah-tengah hamparan bunga sakura, foto dengan latar belakang gunung Fuji dan membaca menu makanan dengan huruf kanji! Haha ujungnya makanan juga. Pokoknya, setiap denger lagu ini suka kepikiran pengen liburan ke Jepang sekeluarga.

Baca juga: My Bucket List! (Things to do in Japan)

Nah, ngomong-ngomong tentang Jepang. Kali ini mau bahas mengenai makanan halal di Jepang. Denger-denger sekarang Jepang mulai ramah sama wisatawan muslim, walau belum semua tapi tempat ibadah dan makanan halal mulai mudah dicari. Wah, menyenangkan ya!

Berikut rekomendasi kuliner halal di Jepang yang harus kalian coba yang diantaranya:

Ichiran Ramen

Yup! Ramen Jepang yang fenomenal ini sekarang udah ada versi 100% No Pork lho! Kedai Ichiran Ramen halal ini baru dibuka beberapa waktu lalu.

Seperti yang diketahui, Ichiran Ramen ini merupakan ramen paling terkenal di Jepang. Banyak wisatawan Indonesia yang tidak melewatkan kesempatannya makan ramen di sini. Sayang, ramen ini tidak bisa dinikmati oleh wisatawan muslim. Tapi sekarang gak usah sedih lagi karena Ichiran menjual ramen halal. Untuk restoran Ichiran Halal terletak di Shinjuku, Tokyo.

Sumber: Soranews24.com

Restoran ini juga menjadi tempat yang nyaman untuk makan sendirian. Mereka menyediakan bilik khusus bagi pelanggan yang memang datang sendiri.

Sumber: Tripsavvy.com

Sebagai catatan, halal disini maksudnya tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung babi ya. Untuk sertifikatnya sendiri aku belum tahu sudah ada sertifikat halal atau belum.

Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

Sumber: Tripadvisor.com

Selain Ichiran Ramen yang baru saja mengumumkan Ramen 100% No Pork, ada juga restoran Ramen lainnya yang sudah memiliki sertifikat halal yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jepang, Shinjuku Gyoen Ramen Ouka.

Sumber: Tripadvisor.com (Price ¥9.800, Feb 2019)

Restoran ramen yang berlokasi di Shinjuku, Tokyo ini menawarkan ramen dengan harga yang cukup mahal mulai dari ¥2.000-¥10.000, atau sekitar Rp250.000-1.000.000++. Cukup mahal ya? Namun walau begitu tetap menggiurkan untuk dicoba.

Oiya, hampir semua karyawan wanita di restoran ramen ini berhijab loh. Jadi makin nyaman dan tenang ya makannya.

Baca juga: Hakata Ikkousha, Ramen Jepang di Bandung

Asakusa Sushi Ken

Ke Jepang gak nyobain sushi kayaknya kurang afdol banget ya. Makanan asli Jepang ini wajib dicoba.

Ada kedai sushi halal yang enak banget dan jadi incaran wisatawan muslim. Lokasinya dekat Asakusa, yang strategis bikin wisatawan mudah menemukannya. Dari sini kita bisa lihat Tokyo Skytree loh.

Sumber: matcha-jp.com

Asakusa Sushi Ken ini merupakan restoran sushi pertama yang memiliki sertifikat halal Jepang. Jadi tenang deh makan sushinya. Selain itu restoran ini juga menyediakan mushola.

Selain dekat dengan Tokyo Skytree di dekat sini juga ada kuil yang bisa dijadikan tempat wisata. Tapi tetap hargai budaya yang ada di Jepang ya. Kita harus bisa saling bertoleransi satu sama lain.

Sekai Cafe

Sumber: matcha-jp.com

Kalau yang ini cafe halal yang populer banget bagi wisatawan muslim yang hendak berkunjung ke Jepang. Terletak di Asakusa, Sekai Cafe selalu dijadikan tempat rujukan untuk makanan halal dengan berbagai macam menu. Restoran ini menyediakan menu western, vegetarian dan juga menyediakan makanan bagi wisatawan yang memiliki resiko alergi.

Sumber: Tripsadvisor.co.uk

Cafe ini memiliki misi menjadi tempat dimana wisatawan dari seluruh dunia dapat menikmati makanan dalam satu meja yang sama. Menarik ya!

Selain itu di sini juga menyediakan mushola untuk shalat. Jadi kalau lagi makan terus waktu shalat tiba, gak usah bingung cari tempat ibadah.

Coco Curry House

Makanan khas Jepang lainnya itu adalah Nasi Kari! Kalau kalian generasi 90-an pasti pernah dong nonton film Chibi Maruko Chan, nah nasi kari ini sering banget dimakan sama keluarga Chibi. Sampai-sampai waktu kecil penasaran banget pengen nyobain rasanya Nasi Kari asli Jepang.

Coco Curry House ini menyediakan Nasi Kari halal dengan harga yang cukup terjangkau. Semua menunya dibawah ¥1.000 tergantung yang dipilih, porsinya besar. Kalau nyari nasi kari dengan Japannese Style di sini tempatnya. Nyam! Lokasinya ada di dekat Akihabara.

Sumber: Akihabara-japan.com

Kalau mau coba Coco Curry House ini, pilih yang restorannya berwarna hijau gini ya! Karena resto lainnya tidak halal.

Yoshitomoan Soba

Sumber: halalmedia.jp

Selain ramen, soba juga merupakan hidangan mie yang wajib dicoba untuk wisatawan. Dan ternyata Soba merupakan keyword paling pertama dicari wisatawan mancanegara diinternet mengalahan Sushi ditempat kedua dan Ramen ditempat ketiga. Wow! Tapi kalau di Indonesia masih lebih terkenal Ramen ya dibanding Soba.

Restoran Soba halal terkenal di Tokyo adalah Yoshitomoan Soba. Restoran ini satu-satunya yang menyajikan Soba dengan citarasa asli dari Tsugaru, Aomori yang terkenal dengan “Legendary Soba”-nya. No pork, no alcohol.

Sumber: gurunavi.com

***

Nah, itulah keenam rekomendasi kuliner halal yang harus dicoba ketika berkunjung ke Jepang. Bikin ngiler kan? Untuk yang sedang merencanakan liburan tahun ini, paket liburan ke Jepang bisa jadi pilihan loh. Jangan lupa mencicipi rekomendasi kuliner di atas ya!

Ada yang punya rekomendasi lain? Yuk share di kolom komen.

You Might Also Like

54 Replies to “Menikmati Kuliner Halal di Jepang!”

  1. Foto2 menu makanannya sukses bikin saya ngiler mom, hahaa. Makanan yang berkuah pedas dan hangat kayaknya lebih enak dan segar ya. Tapi yang penting sudah Halal, jadi gak ada rasa was-was lagi saat makan walaupun lagi ada di negeri orang.

  2. Dan saya ngiler mbaaa…
    Sejak hamil anak kedua, saya ngidam makanan Jepang khususnya ramen, dan sampai lahiran ngidamnya gak kelar2 hahaha.
    Jadinya suka makanan Jepang.

    Asyik banget dong ya kalau ke Jepang udah gak sulit nyari makanan halal, meskipun mungkin halalnya gak banget nget.
    semoga saja yang kelola orang muslim agar lebih ngerti arti halal yang sebenarnya 🙂

  3. Aah banyak banget makanan yang harus disantap nih hehehe… Semua enak enak dan suka bingit. Tapi jalma ya bisa ke Jepang nya? Hikz!

    Semoga ada waktu dan kesempatan bisa melancong ke Jepang sehingga bisa beneran menikmati 6 kuliner di atas. Amin…

  4. Mbak, yang halal-halal ini meggoda banget! Untuk ramen ala jepang yang paling enak di Jakarta adalah seirock-ya Ramen. Aku suka banget ke sana, tapi memang harganya lumayan.

    Doakan kami sekeluarga nanti bisa ke Jepang ya, dan mendatangi salah satu restoran yang direkomendasikan, hahaha

  5. Kata teman yang tinggal di Jepang skrnh tu makin banyak resto yg aware soal halal krn makin banyaknya wisatawan muslim yg datang. Trus mereka jg dapatin sertifikasinya gak mudah bahkan katanya ada training dan inspkesi2 gtu . Nyammm makanannya kyknya enak2 mbak, khususnya karinya itu 😀 Noted nih Sekai Kafe kalau ada rejeki ke Jepang 😀

  6. Alhamdulillah sudah makin mudah liburan ke Jepang karena banyak pilihan makanan halala ya..
    DAn itu bilik restoran untuk jomblo..lucu ya, Jadi biar enggak enak ati lagi duduk sendiri eh tiba-tiba ada tamu restoran yang ikutan bareng di meja kita..Palagi kalau mereka couple , bisa bikin mupeng

  7. Waah ramen dengan harga 250k ampe 1 juta, kalo ako ga akan makan, soalnya emang ga terlalu doyan juga hihii..
    Tapi ku salut sama pegawai2nya yang memperbolehkan berhijab ya, jempol banget.

  8. Ini ya salah satu kendala kalo ke luar negeri. Rada susah cari tempat makan yang halal. Tapi kayaknya sekarang mah lebih mudah. Blog-blog kayak gini bisa jadi rujukan. Tinggal google deh ya. 😀

  9. Kalau bepergian ke luar negeri memang hal yang paling membuat resah adalah kulinernya, halal atau tidaknya. Untung saat ini banyak blogger yang mengulas info2 bermanfaat spt ini. Jadi sudah ada bayangan kondisi di sana. Tfs mb. .

  10. Masalah sertifikat halal akan menjadi pegangan banget bagi semua penganut ajaran Islam di seluruh dunia. Makanya coba ingat ingat yang halal dan tidak sehingga yakin seyakin yakinnya Jepang sudah merintis menjadi kota wisata halal tingkat dunia. Juaraaa . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *