Resep Donburi ala Resto Jepang

Udah lama gak nulis resep, kali ini mau berbagi resep Donburi ala restoran Jepang yang warna orange itu, atau rice bowl-nya Kedai Ling-Ling.

Donburi merupakan sajian makanan dari Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya, biasa disajikan didalam mangkok. Donburi sering juga dikenal dengan istilah rice bowl. Di Indonesia sendiri donburi paling terkenal dan mudah ditemukan di mana-mana ya Yoshinoya. Donburi yang disajikan Yoshinoya berupa nasi didalam mangkuk dengan topping beef slice, biasanya ada tambahan topping lainnya seperti keripik bayam, saus mayonais dan lain-lain.

Donburi pertama yang pernah aku coba dan rasanya masih aku ingat sampai sekarang adalah donburi Kedai Ling-Ling, waktu itu aku pesan donburi ikan dori. Rice bowl isi potongan ikan dori, telur dan saus mayonais ini masih meninggalkan kesan bagiku, terutama telurnya. Telur didonburi ini lembut dan lumer dimulut, bener-bener bikin penasaran gimana bikinnya. Kalau ikan dorinya sih biasa aja, ikan fillet yang digoreng tepung, nothing special. Tapi telurnya ini yang gak bisa dilupakan. Beberapa kali coba bikin gagal mulu, gak bisa mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Menikmati Jajanan Asal Jepang di Kedai Ling Ling, Bandung

Pengalaman Berkunjung ke Kampoeng Sawah Bandung

Hingga akhirnya kemarin lihat teknik bikin scramble egg-nya Gordon Ramsey, lalu aku praktekin dan teksturnya mulai mirip!

Gak usah berlama-lama lagi, mari kita eksekusi.

💕 Bahan-bahan:

  • – 100 gram daging sapi slice tipis
  • – 1 butir telur ayam
  • – 1 siung bawang putih
  • – 1/2 butir bawang bombay kecil
  • – 2 sdm bumbu bulgogi/teriyaki
  • – Secukupnya margarin untuk menumis
  • – Secukupnya air matang
  • – Secukupnya penyedap dan lada putih.

Langkah-Langkah:

  • – Bersihkan daging sapi slice, sisihkan.
  • – Kocok lepas telur dan bumbui.
  • – Cincang halus bawang putih.
  • – Iris-iris bawang bombay.

Beef bulgogi

Cara membuat:

  • – Panaskan wajan dengan api kecil, masukkan margarin.
  • – Masukkan bawang putih terlebih dahulu, masak hingga wangi (tidak gosong).
  • – Kemudian masukkan bawang bombay, masak hingga layu.
  • – Setelah itu masukkan daging sapi slice.
  • – Masukkan bumbu bulgogi/teriyaki.
  • – Tambahkan air sedikit dan tunggu hingga daging matang.
  • – Sambil menunggu kita buat scramble egg-nya.

Scramble egg

Caranya:

  • – Panaskan wajan dengan api yang sangat kecil.
  • – Masukkan margarin.
  • – Masukkan kocokan telur.
  • – Aduk-aduk.
  • – Ini proses yang menentukan, tingkat kematangan telurnya tergantung seberapa lama masak telur sambil diaduk di atas wajan.
  • – Kalau mau dapat creamy-nya telur, cukup masak hingga kematangan 75%. Kalau mau matang juga gapapa.
  • – Setelah kedua bahan siap, saatnya tata dimangkuk.
  • – Tambahkan irisan bawang daun dan biji wijen kalau ada. Biar makin sedap.

Ini adalah tampilan setelah ditata dimangkuk.

Donburi homemade

Selamat makan!

Resep donburi

Oiya, kalau suka pedas bisa tambahkan bubuk cabe, kalau mau yang lebih creamy bisa tambahkan saus mayonais racikanku ini.

Cara Membuat Kimchi Resep Asli Korea

Cooking time: Resep Siomay Ayam Udang dan Chilli oil

Creamy mayo

  • – Tuang Mayonais maestro (andalan banget maestro ini, asamnya pas!) didalam wadah/mangkuk kecil.
  • – Cincang kecil bawang bombay, dikit aja jangan banyak-banyak. Masukkan kedalam wadah mayonais.
  • – 1 butir telur yang sudah direbus hingga matang, potong-potong kecil, lalu masukkan.
  • – Tambahkan 1 sdm kental manis.
  • – Cek rasa.
  • – Voila! Creamy mayo ala Irra yang mirip resto orange itu jadi! Makin sedap kalau ditambah parsley segar dan perasan jeruk lemon.

***

Ini adalah resep donburi mudah yang rasanya mirip sama rice bowl di restoran Jepang orange itu.

Selamat mencoba!!

Oiya, mampir ke akun cookpadku ya! Usernamenya: Irra Octavia! See you!

https://irraoctavia.com/

You Might Also Like

17 Replies to “Resep Donburi ala Resto Jepang”

  1. waa asik banget nih beeeb, maaciiw yaa sharingnyaaa, menarik banget, aku tu selalu suka sama makanan jepang, kapan kapan mau cobain bikin juga aaah ehehhe

  2. gampang ya cara buatnya, bisa dipraktekin di rumah lagi. jadi pengen buat besok tp harus beli sliced beef yaa hahaha

  3. Auto save deh nih resep. Aku rindu masakan jepang dan ngga bisa ke mall untuk ke salah satu resto makanan jepang.
    Mau praktekin resepnya..Makasih Mba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *