Target irraoctavia.com di tahun 2019!

Alhamdulillah..

Akhirnya dengan segala drama yang ada akhirnya Momi bisa menyelesaikan juga tantangan 30 hari menulis bersama Blogger Perempuan Network. Wuah! Sungguh pencapaian yang luar biasa bagi blogger newbie ini! Soalnya, walau punya blog dengan domain gratisan udah cukup lama dari 2016, Momi sempet vakum selama 2 tahun lamanya sampai seorang teman mengajak untuk ngeblog lagi. Baru aktif lagi sekitar bulan September 2018 rasanya semangat banget setelah lama vakum. Sayang di bulan Oktober rasa malas itu kembali datang dan menyebabkan blog kembali sepi. Sampai di akhir bulan Oktober itu Momi ikutan Collabs bareng Bandung Hijab Blogger dan kembali membangkitkan semangat menulis.

Baca juga: Because I’m Very Happy To Share My Story!

Hingga pertanggal 06 November 2018 Momi memutuskan untuk membeli domain dengan nama sendiri www.irraoctavia.com. Yeay! Rasanya kalau gak posting itu sayang banget. Udah bayar, masa blog dibiarin kosong melompong sih? Akhirnya mulai aktif nulis lagi walau masih agak jarang-jarang, sampai akhirnya ketemu #BPN30daychallenge2018 dan merasa tertantang dengan challenge yang diberikan. Sejak itulah Momi mulai melakukan One Day One Posting. Bener-bener rencana yang tak terduga di domain baru! Tata cara menulis mulai berkembang, bahan buat Blogwalking (BW) makin banyak, traffic mulai naik, page view apalagi dan yang bikin seneng, baru 2 minggu pakai domain baru DA sudah menyentuh angka 10 dengan PA 13. Menurut Momi sih ini pencapaian yang lumayan ya dengan segala perjuangannya ya. BW setiap hari tak terlewati, posting juga. Pokoknya segala cara digunakan deh.

Baca juga: 4 Alasan Ini Bikin Kamu Rajin nge-blog!

Dengan pencapaian yang sudah ada, apakah Momi sudah puas? Oyaa tentu saja tidaaak! Seperti yang selalu dilakukan oleh setiap orang dalam menyambut tahun yang baru, maka Momi juga punya resolusi yag berhubungan dengan blog tentunya untuk tahun 2019. Apa sajakah itu?

1. DA minimal 30!

Ternyata menaikkan DA setelah mencapai DA 10 itu tidak sesuai rencana. Momi pikir DA akan tetap semudah itu naiknya sama seperti ketika DA mulai naik dari 3 ke 7 dalam waktu seminggu dan langsung 10 dalam 2 minggu. Setelah dilaksanakan benar-benar ternyata tidak semudah itu Ferguso! Haha. Banyak hal yang perlu dievaluasi sebenarnya, selama 2 minggu itu Momi rajin sekali BW dalam satu hari minimal BW 20 blog. Setelah mencapai DA 10, kekuatan BW mulai berkurang dan jadilah DA masih mandek disitu-situ aja.

Pernah baca postingan Mbak Rey yang berjudul 8 bulan DA mencapai 30, menurut Momi itu keren banget! Semoga bisa mengikuti jejak Mbak Rey.

2. Perbanyak Blogwalking

Ini merupakan tips! Awalnya karena mengikuti jadwal BW di grup WA, lalu pas cek kok DA cepet banget naiknya, ditambah dengan status dari blogger profesional yang gak sengaja kebaca di tomeline facebook. (Maafkan mas aku lupa namanya) Yang ngasih bocoran kalau DA mau cepet naiknya harus perbanyak BW dengan komentar yang nice. Mulai deh dari situ semakin yakin kalau BE ngaruh ke DA dan ternyata iya! Ngaruh banget!

Baca juga: Why food?

Karenanya BW minimal 20 blog perhari harus mulai dilakukan lagi supaya DA cepat meningkat. Secara ya kalau mau ambil job sekarang ini selalu ditanya DA. Suka sebel letika dulu masih ada job dengan DA 10, sekarang susaaah! Pernah juga dapet tawaran job, tapi mentok di DA dan followers. Huft!

3. Meningkatkan jumlah followers

Nah ini nih! Masih PR banget. Pernah dapet tawaran job tapi mentok di followers. Sedih. Setelah memutuskan untuk menjadi fulltime blogger, Momi sedang giat-giatnya memperbaiki feed instagram dan meningkatkan jumlah followers. Supaya klien banyak yang melirik. Karena pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

Baca juga: Blogger Fulltime VS Blogger Part Time, Kamu Yang Mana?

4. Rajin post blog!

Semoga yang ini bisa berjalan sesuai rencana. Rajin ngepost blog. Buat Momi, nulis blog ini teramat sangat dipengaruhi mood. Kalau mood gak bagus, blog bisa didiemin selama bertahun-tahun. Tapi kalau lagi rajin, sehari bisa produktif banget bikin berpuluh-puluh tulisan. Oleh karena itu selama tahun 2019 harus bisa menghasilkan minimal 100 postingan blog. Setiap minggu minimal harus punya 2 postingan.

Baca juga: Sudahkah keinginanmu terwujud?

Sebenernya yang bikin susah posting selain rasa malas itu karena postingan mentok di draft. Kalau dilihat lagi ternyata draft tulisan banyak banget tapi gak dilanjut soalnya keburu males. Lah, gimana ini? Haha. Selain itu juga suka bingung mau posting apa. Ujung-ujungnya ide suka mentok aja sambil nunggu mood bagus. Huft, hidupku muter-muter aja disitu.

5. Belajar SEO

Ini yang paling penting bagi seorang Blogger! Harus belajar SEO!! Sebenernya kalau boleh jujur Momi masih buta banget sama dunian perbloggingan ini. Terus Google Analytic? Domain Rating? Tulisan SEO friendly? Dll. What kind of food they are? Momi pusing! Haha. Tapi gak mau berhenti belajar, harus belajar sambil berjalan. Pokoknya tahun depan harus bisa bikin tulisan SEO friendly dan belajar tips n trick SEO! Semangat!

6. Perbanyak sharing postingan blog

Cara untuk menambahkan jumlah pengunjung itu salah satunya dengan lebih sering sharing postingan blog di seluruh platform media sosial. Selama ini Momi suka males kalau share postingan blog sendiri. Pasalnya Momi masih suka malu kalau ada yang baca tulisan. Nah loh? Soalnya tulisannya masih kalah jauh sama temen-temen blogger pro. Jadi suka jiper duluan! Haha. Semoga tahun depan lebih banyak share lagi ya!

***

Hmm.. apalagi ya? Kayaknya target tahun depan dalam dunia blogging baru segitu aja, kalau ada yang kurang biar nanti ditambahkan lagi sambil berjalan.

Nah, itulah target Momi tahun depan yang sudah memantapkan hati untuk menjadi fulltime blogger. Semoga semua harapan ini bisa terwujud ya! Amin! Bantu aminin dong temen-temen. Hihi.

Sampai ketemu ditulisan selanjutnya ya! Terima kasih Blogger Perempuan yang telah memberikan kesempatan untuk ikutan challenge. It’s a wrap!! Yuhuuuu!!

3 thoughts on “Target irraoctavia.com di tahun 2019!

    1. Ayok mbak kita saling menyemangati. Walau seringnya aku masih telat telat bw. Tapi harus diniatin nih buat naikin DA PA

  1. Hai, Mbak. Salam kenal, ya. Membaca postingan-mu ini, tanpa sadar bikin saya termotivasi juga. Saya juga kepengin mencapai target-target di atas pada 2019. Semangat ya, Mbak! Semoga semua resolusi tercapai. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *