4 Alasan Ini Bikin Kamu Rajin nge-blog!

Halo-halo!

Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Pernah gak sih kalian berpikir apa alasan yang menjadikan kalian suka menulis seperti sekarang? Pernah terpikirkan gak kalau para Blogger kece yang namanya udah melanglang buana itu awal mulanya menulis karena apa? Bukan, bukan kali ini bukan bahas Blogger kece yang namanya udah melambung tinggi ya, soalnya Momi juga gak kenal sama mereka. Hehe. Maklum, masih newbie. Bahasan kali ini mengenai 4 alasan umum kenapa kamu atau Momi menulis blog. Sebenernya sudah pernah diceritakan ditulisan sebelumnya, tapi kali ini Momi rangkum dan kita ambil poin umumnya ya!

Baca: Because I’m Very Happy to Share My Story!!

Nah, penasaran gak dengan 4 alasan yang bikin Momi rajin nge-blog atau bahkan kalian juga? Alasan no 3 bikin greget lho! Yuk baca sampai habis!

1. Curhat

Siapa nih yang doyan banget bikin tulisan “Dear Diary…“? Pasti hampir setiap gadis belia pernah ya merasakan yang namanya bikin tulisan tentang curahat hati (curhat) gitu? Jadi inget dulu Momi punya buku diary yang menceritakan tentang kebahagiaan pacaran sama mantan pas SMA. Tiap anniversary dikasih ke dia buat diisi juga sama dia. Duh, dulu itu Momi kreatif banget deh pacarannya karena kan dulu belum ada internet juga. 😆

Seiring berkembangnya zaman, mulai deh tuh nulis-nulis curhatan hati di tumblr (dulu sebelum di block pemerintah), kalau dibuka lagi tumblr-nya banyak banget curahan hati gadis remaja yang kalau dibaca lagi rasanya mau tutup mata aja deh. Maluu… Tapi dari situ hasrat untuk menulis online atau blogging mulai tersalurkan, dulu sih masih bodo amat, karena ya siapa sih yang bakalan baca tulisan kita kalau bukan temen atau diri sendiri. Sekarang mulai diperbaiki sedikit-sedikit karena yaa namanya jejak digital kan, siapa aja bisa lihat. Jadi udah jarang banget nih menulis tentang curahat hati lagi. Paling nulis tentang makanan aja sekarang. Hehe.

Kalau kalian, gimana blognya? Apa masih ada tulisan tentang curahan hati di sana? Karena kebanyakan anak gadis pasti memulai pengalaman blognya dengan curhat dulu.

2. Earn Money 😍

Yaa! Siapa yang bilang kalau blogging tidak menghasilkan apapun selain rasa bangga tulisan kita dibaca banyak orang, hayoo? Sebenernya, dengan menulis kita bisa menghasilkan uang lho! Gak percaya? Coba deh kalian pasang Google AdSense di blog kalian, niscaya bakalan dapat uang! Asal kalian jangan malas urus blog ya, rajin posting biar Google AdSense nya makin kenceng.

Oiya, gabung dalam komunitas blogger juga bisa memberikan peluang buat kamu menghasilkan uang lho! Selain itu kamu bisa belajar gimana cara nulis yang bener, sama kayak Momi yang lagi giat-giatnya memperbaiki kualitas tulisan di blog ini, udah Top Level Domain (TLD) masa tulisannya gak di upgrade. Ya gak? Hihi.

3. Menjadi Influencer

Yap! Menjadi blogger sama dengan influencer lho! Tulisan kita yang dibaca orang lain bisa mempengaruhi seseorang untuk memutuskan sesuatu. Pernah gak sih kita lagi bingung mau beli sesuatu secara online atau bahkan offline tapi bingung mau milih antara produk A atau B? Biasanya kalau sudah kayak gitu apa sih yang dilakukan? Cari review di Google kan yang sumbernya adalah blog orang yang sudah nyobain produk itu sendiri! See? Sangat berpengaruh kan hasil tulisan kita? Thanks to Google, jadinya tulisan kita bisa tersebar lebih luas.

Biasanya, kalau blognya bagus akan berpengaruh juga sama media sosial lainnya, kamu bisa jadi selebgram juga dan mulai membuka peluang posting foto pakai barang endorse, tapi S&K berlaku yaa! Haha.

Momi punya blogger panutan yang dia suka traveling hanya bermodalkan blog, dialah @arievrahman yang memiliki blog https://backpackstory.me kalau baca-baca blognya bikin ngiler banget melihat ia pergi jalan-jalan mulu ke Luar Negeri yang tak jarang perjalanannya itu dibayarin! Keren banget! Mulai dari Liburan sambil review kamera handphone, laptop, duh banyak deh pokoknya. Tapi tetep ya, gak bisa juga kamu baru buat blog kemarin besoknya pengen di endorse ke Luar Negeri. Perjalanan bapak Arief sampai seperti itu tidak sebentar dan tidaklah instan, oleh karenanya Momi memutuskan untuk upgrade blog supaya jadi seperti beliau. Semoga aja yaa rejekinya lancar kayak beliau. amiin…

4. Ikutan Challenge

Kalian bisa ikutan challenge 30 hari menulis dari manapun, dulu sekitar tahun 2014-an Momi pernah ikutan challenge 30 hari menulis surat cinta nonstop dari Twitter, konsepnya kita bikin surat cinta terus ditujukan sama terkasih yang setiap harinya tertujunya itu beda-beda, bisa Ibu, Ayah, Adik, Mamang Bakso, Guru, siapapun. Nanti suratnya diantarkan sama Tukang Pos/Kantor Pos ke orang yang dituju, kalau dia juga punya twitter yaaa soalnya kan suratnya online gitu, Tukang dan Kantor Pos nya juga online. Hehe. Seru kan? Selain bisa mengasah kemampuan menulis kamu, bisa juga jadi konten blog kamu biar gak sepi.

Nah, sekarang Momi juga lagi ikutan tips yang ketiga ini, ikutan challenge 30 hari menulis dengan tema yang berbeda-beda setiap harinya. Berusaha menantang diri untuk tetap konsisten menulis dan meng-upgrade tulisan. Challenge ini diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network (BP Network) dengan periode menulis dari tanggal 20 November sampai 20 Desember 2018.

Rampung tulisan pertama untuk mengawali challenge ini! Doakan tetap istiqomah ya!

35 thoughts on “4 Alasan Ini Bikin Kamu Rajin nge-blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *