Ayam SPG! Ayam Goreng Serundeng dengan Sambal Yang Menggoda

Hah? SPG? Sales Promotion Girl? Tapi jualan ayam? Gimana-gimana?

Dari namanya pasti banyak yang nebak kalau Ayam SPG ini merupakan ayam yang dijual melalui SPG, atau mungkin ada yang berpikiran SPG ini singkatan lain. Nyatanya Ayam SPG ini hanyalah ayam goreng serundeng biasa yang dijual dipinggir jalan. Denger cerita sih kenapa akhirnya disebut ayam SPG karena dari dulu yang makan di warung makan ini kebanyakan SPG Yogya Kepatihan. Iya, kedai ayam SPG ini dekat sekali dengan Grand Yogya Kepatihan.

Awalnya kenal ayam SPG ini pas pertengahan kuliah sekitar tahun 2011-an. Ada ayam goreng enak dengan sambal yang mantap. Lupa siapa yang pertama kali mengenalkan ayam SPG ini, tapi aku berterima kasih karenanya aku jadi kenal ayam goreng dengan sambel terendeus!

Sebenernya ayam ini udah terkenal dari dulu. Tahun 2011 aja kedainya punya 2 apa 3 cabang ya lupa. Uniknya, cabang mereka ini gak jauh-jauh dari tenda aslinya, masih sejajaran. Jadi kayak tetanggaan gitu. Jadi, sepanjang Jl. Balong Gede isinya didominasi sama Ayam SPG.

Ayam SPG dan cabangnya

Sekarang, ayam SPG makin banyak cabangnya. Di Balong Gede sendiri, ayam SPG udah punya tempat makan yang berbentuk rumah. Gak usah ditanya deh kalau yang berupa kedai ada berapa. Nambah banyak! Bahkan, ayam SPG mulai ekspansi ke daerah yang dekat kampus. Contohnya di UNPAD DU dan UNIKOM. Cari deh ayam SPG, pasti ada.

Yang bikin laku apa sih? Mungkin selain doa ibu dan kerja keras selama bertahun-tahun, ayam SPG ini terkenal dengan harganya yang murah dan sambalnya yang pedas. Tahun 2011 nasi+ayam dihargai cuma Rp11.000 sajaaa. Murah banget kan? Cocok buat kantong mahasiswa dan para pegawai sekitar Balong Gede.

Ayam SPG ini besar-besar lho! Kadang suka gak abis saking kegedean. Nasinya juga bebas refill, ambil sepuasnya. Mantap! Sambalnya juga! Tapi, kalau cabe lagi mahal, biasanya sambalnya dijatah. Haha.

Nasi, ayam, serundeng dan sambal udah cocok banget! Maunya lagi dan lagi. Duh, jadi ngiler. Oiya, selain ayam dan serundeng ada tambahan lainnya kayak tumisan sayur dan tempe mendoan.

Sambalnya yang pedas dan endeus banget!

Semenjak ayam SPG makin terkenal untuk khalayak umum. Jl. Balong Gede mulai dijadikan kawasan wisata kuliner Balong Gede. Seharusnya dari dulu sih! Soalnya kan lokasinya dekat kemana-mana seperti Alun-Alun Bandung, Masjid Agung Jawa Barat, Kantor Pendopo Walikota Bandung dan pusat keramaian lainnya.

Kalau kalian ke Bandung dan berencana main ke tempat-tempat itu, harus banget nyobain ayam SPG ini! Carinya ayam SPG! Mau pilih yang mana pun rasanya sama aja! Endeuuuss!

Price:

Nasi+Ayam Paha Rp20.000

Nasi+Ayam Dada Rp22.000

Sayur Rp1.000

Address: Jl. Balong Gede, Bandung

One thought on “Ayam SPG! Ayam Goreng Serundeng dengan Sambal Yang Menggoda

  1. Di jam rawan gini, itu menu ayam goreng plus sambel ijonya bikin mupeng mom..hahahaa.
    Terlihat endess banget apalagi itu harganya sangat terjangkau. Nyam-nyaaam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *