Serupa Tapi Tak Sama. Yuk Ketahui Perbedaan Pelembab dan Krim Siang!

Menjaga kelembaban kulit merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melembabkan kulit seperti menggunakan pelembab atau krim siang.

Pelembab dan krim siang merupakan tahapan dalam rutinitas perawatan kulit yang sangat penting karena bertugas untuk menjaga kulit tetap sehat.

Banyak yang berpikir kalau keduanya adalah produk yang serupa. Nyatanya, pelembab dan krim siang dapat memiliki arti yang berbeda loh tergantung konteksnya.

Penasaran apa perbedaan pelembab dan krim siang yang sekilas serupa tapi tak sama ini? Yuk kita simak penjelasannya di bawah!

Pengertian Pelembab dan Krim Siang

perbedaan pelembab dan krim siang

Pelembab dan krim siang merupakan istilah yang sering digunakan dalam industri kecantikan. Berikut adalah pengertian pelembab dan krim siang yang perlu kamu ketahui!

  • Pelembab   

Secara umum, pelembab merupakan produk yang dirancang untuk menghidrasi dan menutrisi kulit. Mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit, mencegah kadar air pada kulit berkurang, hingga meningkatkan hidrasi kulit secara keseluruhan.

Biasanya pelembab tersedia dalam bentuk krim, lotion, gel dan serum. Untuk jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

  • Krim Siang

Sedangkan krim siang merupakan produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk penggunaan di siang hari. Biasanya krim siang memiliki manfaat hingga bahan tambahan seperti SPF yang dapat digunakan untuk melindungi kulit pada siang hari.

Krim siang memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan krim malam.

Perbedaan Pelembab dan Krim Siang

Tidak semua pelembab dapat disebut sebagai krim siang, begitu pula dengan krim siang, tidak semua krim siang dapat memberikan kelembaban yang cukup di malam hari,

Perbedaan kedua produk ini terletak pada tujuan serta formulasinya, untuk lebih jelasnya berikut adalah perbedaan pelembab dan krim siang.

  • Pelembab 
    • Pelembab memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit
    • Memiliki kemampuan untuk memperbaiki skin barrier
    • Diformulasikan dalam bentuk lotion, krim gel dan juga serum
    • Dapat digunakan pada siang dan malam hari
  • Krim siang
    • Produk perawatan kulit berbentuk krim
    • Memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan krim malam
    • Diformulasikan secara khusus untuk dapat digunakan pada siang hari di bawah riasan
    • Mengandung bahan tambahan seperti SPF yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari
    • Mengandung antioksidan

Lebih Baik Pilih Pelembab atau Krim Siang?

krim siang

Setelah membaca perbedaan di atas, teman-teman pasti kebingungan sebaiknya menggunakan pelembab atau krim siang untuk merawat kulit. Jangan bingung karena aku ada solusinya!

Kedua produk tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Apabila kamu suka dengan produk yang ringkas, kamu bisa menggunakan krim siang untuk menjaga kulit pada siang hari karena sudah mengandung SPF untuk melindungi dari sinar UV.

Hanya saja kekurangan menggunakan krim siang, kamu wajib menggunakan krim malam untuk menjaga kulit tetap sehat saat tidur.

Sedangkan apabila kamu memiliki kulit kering, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan pelembab untuk mengembalikan hidrasi dan nutrisi pada kulit.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan ya! Karena biasanya, pelembab belum mengandung SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Apakah Boleh Menggunakan Keduanya Secara Bersamaan?

Kedua produk ini dapat digunakan bersamaan tergantung pada kebutuhan hidrasi kulitmu. Pada kondisi kulit yang super kering, kamu dapat menggunakan krim siang dan pelembab secara bersamaan.

Pastikan pelembab yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu dan tidak mengganggu penyerapan atau kinerja dari krim siang. Lakukan uji coba untuk menentukan produk perawatan kulit terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Tahapan Menggunakan Pelembab atau Krim Siang

pelembab wajah

Memasukkan pelembab atau krim siang dalam rutinitas perawatan kulit sangatlah mudah, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Bersihkan dengan pembersih wajah yang lembut
  2. Oleskan toner untuk menyeimbangkan pH kulit
  3. Aplikasikan serum yang sesuai dengan permasalahan kulitmu
  4. Oleskan pelembab atau krim siang dengan lembut ke wajah dan juga leher
  5. Oleskan sunscreen untuk perlindungan tambahan saat beraktivitas di siang hari.
  6. Tunggu hingga skincare meresap ke dalam kulit
  7. Lanjutnya merias wajah menggunakan produk favorit!

Penggunaan pelembab atau krim siang dalam rutinitas perawatan kulitmu dapat membuat kulit jadi lebih terhidrasi, melindungi, serta ternutrisi. Untuk hasil terbaik, lakukan tahapan diatas secara rutin dan lengkap.

Kesimpulan

Meski sering dianggap serupa tapi tak sama, ternyata pelembab dan krim siang memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pelembab merupakan produk perawatan kulit yang bertugas untuk menghidrasi dan menutrisi kulit pada siang dan juga malam hari. 

Sedangkan krim siang adalah pelembab yang digunakan khusus pada siang hari dan mengandung bahan tambahan seperti SPF dan antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Keduanya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Oke, itulah perbedaan pelembab dan krim siang yang dapat kamu ketahui. Selanjutnya, kamu juga bisa mengetahui apakah pelembab dapat menyebabkan jerawat dengan membuka link tersebut.

Logo irraoctavia com baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *