Roti John Resep Peranakan Yang Fenomenal

Pernah denger Roti John? Apa baru denger? Sebenarnya, Momi juga baru denger tentang roti ini sekitar sebulan yang lalu. Waktu itu, di twitter sempat lewat thread tentang Roti John ini. Kenapa sempet hits? Karena bentuknya yang unik dan antriannya yang panjang serta tidak buka cabang. Setidaknya itulah yang disampaikan si pembuat thread waktu itu. Pas lihat fotonya, Momi cukup ngiler ya, tangtingtung murah juga untuk roti sepanjang lengan tangan (yang buat thread), harganya cuma sekitar Rp 40.000 lengkap dengan isian yang komplit dan bisa dimakan sama banyak orang. Makanya Roti John ini bisa juga disebut Roti Monster, karena ukurannya gede banget!

Lalu, apa itu Roti John?

Menurut wikipedia Roti john adalah roti lapis dengan isian telur dadar yang merupakan cemilan yang menjadi salah satu hidangan populer, utamanya di Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Seperti saudaranya Es Kepal Milo, ternyata Roti John ini masih berasal dari Negeri Jiran Malaysia. Hmm… atas nama makanan, kita hidup damai!!

Sebenarnya, Roti John ini udah ada dari dulu kok. Kalau main ke Eatboss bisa ketemu sama roti lapis panjang dan besar ini. Pas tahun 2014-an Momi pernah mesen ini rame-rame. Kalau mau makan dengan prosi besar dan murah bisa mampir ke sana.

Baca juga: Eatboss, feel like a boss.

Tapi kok baru viral sekarang ya? Yha, namanya juga Indonesia. Apa aja bisa dibikin viral sekarang ini.

Kebetulan, deket rumah Momi di komplek sebelah ada stand Roti John yang baru buka sekitar 2 bulanan ini. Pertama tahu di sini ada Roti John, Momi gak langsung beli, karena saat itu ada nasi padang menanti. Tapi karena udah sempet liat menunya, jadilah penasaran dan kemarin akhirnya Momi beli juga! Yeay!

Lokasi Roti John ini terletak di halaman depan sebuah cafe (lupa namanya) berdampingan dengan JNE Mekar Wangi. Disampingnya ada banyak jajanan lainnya, ada Thai Tea Hayang Tea juga lho di sini. Kalau kalian main ke komplek Mekar Wangi, di sini udah jadi tempat nongkrong sore-sore. Terbukti dari banyaknya jajanan enak dan murah-murah. Kalau mau cari Roti John ini search aja JNE Mekar Wangi di Google, nah disitu tempatnya.

Sebenarnya ada apa dengan warna ungu ya? Beberapa merk Roti John lain yang pernah dilihat menggunakan warna ungu sebagai warna dasar logonya, padahal mereka beda lho. Hmm…

Untuk menunya cukup terjangkau ya? Paling mahal Rp 38.000, itupun disesuaikan dengan isiannya. Menarik. Tapi saat itu Momi cuma beli yang isinya ditambah sayuran, biar tahu rasa aslinya gimana.

Ukuran rotinya cukup besar. Sepanjang talenan. Jadi inget roti Baguette yang panjang khas Perancis itu. Cuma bedanya, roti Baguette keras dan roti John ini lembut banget.

Awalnya Momi kira roti ini bakalan dibakar, jadi kayak roti bakar gitu. Ternyata rotinya hanya dilapisi telur yang dipanaskan diatas ketel. Jadi telurnya langsung meresap ke rotinya. Kemudian langsung ditaburi daging olahan yang katanya resep peranakan itu dan sayuran, ditutup dengan saus sambal, tomat dan mayonais. Sudah. Langsung dipotong jadi 8 bagian. Lumayan banyak juga ya!

Dibungkusnya lucu banget, gak mainstream. Kayak beli Baguette di toko roti gitu.

Ukurannya gede banget ya, kalau dimakan sendirian gak shanggup. Enak dimakan rame-rame sambil ditemani cokelat panas. Duuhh…

Rasa

Ini yang terpenting nih, Rasa! Gimana rasanya? Sebenernya agak bingung ya sama rasanya, diawal jelas sekali ada telur yang melapisi roti, tapi pas dimakan telurnya gak berasa. Mungkin karena 1 telur dipakai untuk satu buah roti yang besar jadinya lapisannya tipis banget. Untuk dagingnya, sepertinya pakai daging ayam, karena seratnya halusss banget (atau kebanyakan bahan lainnya? 😆). Tapi rasanya kurang menonjol, kayak kurang bumbu gitu, kalau bukan karena saosnya, rasanya mungkin akan hambar dan sayurannya itu masih mentah. Sayuran memang mentah ya, tapi mungkin pemilihan sayurnya harus tepat. Wortel yang digunakan terlalu tua, sehingga agak keras.

So far, rasanya standar ya. Cenderung kurang bumbu. Kalau dagingnya dibuat lebih manis lagi sedikit saja kayaknya rasanya bakalan lebih mantap lagi.

Buat yang penasaran boleh dicobain. Roti John lagi menjamur sekarang, gak perlu ke Mekar Wangi buat nyobain, kalau deket sih ya gak apa-apa. 😆

Kalau sudah coba Roti John dan recommended bisa kasih tahu ya di komen!

You Might Also Like

10 Replies to “Roti John Resep Peranakan Yang Fenomenal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *